OLAHRAGA YANG AMAN UNTUK JANTUNG ANDA

Anda mungkin pernah mendengar orang yang mengalami serangan jantung atau stroke pada saat berolahraga atau setelah berolahraga. Sebenarnya bagaimana tips memilih olahraga yang aman untuk jantung Anda?

Nah, agar tetap bisa berolahraga tanpa membahayakan kesehatan jantung, yang terpenting adalah selalu memantau denyut jantung. Menurut Ismoyo Sunu, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, untuk mengetahui denyut jantung yang aman saat berolahraga, rumusnya adalah 220 dikurangi usia pasien. Misalnya, usia Anda 40 tahun. Maka 220 dikurangi 40 hasilnya adalah 180. Kemudian 80 persen dari 180 adalah 144 atau artinya denyut nadi maksimal 144 kali per menit. Jadi saat olahraga sebaiknya menggunakan alat monitor denyut jantung. Bisa juga dengan mengecek nadi di pergelangan tangan sebelum dan setelah olahraga. Jika sudah menunjukkan angka tersebut, sebaiknya Anda menghentikan kegiatan olahraga Anda secara berangsur-angsur lalu beristirahat terlebih dahulu.

Lakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya cidera atau bahkan membuat sakit jantungnya kumat. Untuk berolahraga secara sehat, setidaknya ada tiga fase yang akan dilalui.

  1. Fase Warm Up atau Pemanasan

    Sebelum memulai olahraga, lakukan pemanasan selama 5-10 menit. Yakni dengan stretching atau peregangan dan beberapa aktifitas lainnya yang dapat meningkatkan denyut nadi, untuk mengkondisikan tubuh agar siap memulai olahraga dan menghindari cidera.

  2. Fase Olahraga

    Pilih olahraga yang aman untuk jantung Anda, olahraga sebaiknya berkisar antara 30-45 menit saja. Lakukan olahraga setelah menjalani fase pemanasan agar tubuh kita tidak kaget.

  3. Fase Cool Down atau Pendinginan

    Pendinginan dilakukan sekitar 5-10 menit setelah melakukan olahraga. Hal ini dilakukan dengan gerakan yang ringan dan berintensitas rendah, gunanya untuk membuat tubuh kembali pulih setelah berolahraga.

Berikut adalah olahraga yang relatif aman jika dilakukan oleh Anda yang memiliki masalah dengan jantung :

  • Jalan kaki

    Olahraga ini paling aman untuk dilakukan oleh siapapun karena tergolong ringan dan tidak membuat jantung kelelahan.

  • Jalan Cepat atau Jogging

    Olahraga ini juga cukup mudah untuk dilakukan, sama seperti jalan kaki, hanya saja membutuhkan usaha dan tenaga yang ekstra, membuat pembuluh darah yang sempit menjadi melebar, yang tertutup jadi terbuka, dan membentuk pembuluh darah baru sehingga aliran darah menjadi lancar dan melancarkan kinerja jantung juga.

  • Senam Aerobik

    Olahraga ini dikatakan aman karena tidak terlalu memberi tekanan pada otot, apalagi setiap gerakan senam aerobik bisa dilakukan dengan santai, tidak usah terlalu menggebu-gebu.

  • Meditasi atau Yoga

    Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mengatur pernafasan dan konsentrasi pikiran. Melenturkan otot, menurunkan tekanan darah, melegakan pernafasan, membuat Anda merasa rileks dan memberikan ketenangan batin kepada pelakunya. Untuk olahraga ini bisa dilakukan dengan instruktur yang berpengalaman agar memberikan hasil yang lebih baik.

  • Bersepeda

    Bersepeda tergolong olahraga yang mudah dilakukan, tetapi membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Pilihlah lokasi yang normal, jangan yang ekstrim karena malah membuat jantung bekerja lebih keras. Kecepatan bersepeda juga yang sedang-sedang saja.

  • Berenang

    Berenang memacu denyut jantung dan membuat detak jantung Anda berjalan secara normal.

Anda yang memiliki masalah dengan jantung, tidak perlu khawatir untuk berolahraga. Pilihlah olahraga yang tepat, untuk mendapatkan tubuh yang lebih bugar dan sehat. Jika Anda adalah orang yang aktif menyetir mobil, kesehatan jantung harus menjadi perhatian. Akan fatal akibatnya jika Anda mengalami serangan jantung ketika sedang menyetir. Tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Periksakan kondisi jantung Anda secara rutin untuk pengalaman berkendara yang lebih baik dan jangan lupa untuk rutin berolahraga. Selamat berolahraga!

http://drjantung.com/olahraga-untuk-aritmia-jantung

http://lifestyle.kompas.com/read/2016/09/23/180500523/anjuran.olahraga.yang.aman.untuk.pasien.jantung