SEBERAPA SERING KITA PERLU BERLIBUR?

Tidak terasa musim libur kenaikan sekolah anak dan libur Lebaran lewat sudah. Pasti banyak di antara Anda yang menghabiskan waktu dengan pergi berlibur bersama keluarga.

 

Bagi keluarga dengan anak-anak usia sekolah, liburan boleh dikata sebuah keharusan. Liburan menjadi momen yang dinanti anak-anak dan sayang jika dilewatkan. Jika selama ini Anda jarang meluangkan waktu untuk berlibur, yuk segera atur schedule dan budget supaya Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga tercinta.

 

Di sela rutinitas pekerjaan yang padat, liburan perlu dijalani untuk menghindarkan diri dari kejenuhan. Beragam cara bisa kita lakukan untuk mengisi liburan. Rekreasi ke tempat wisata, berbelanja barang yang diinginkan, atau memuaskan hobi, pastinya sangat menyenangkan. Apa pun bentuk liburan yang Anda sukai, ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat liburan:

  • Hidup lebih lama

Sebuah survei State University of New York menemukan bahwa pria yang rutin liburan, risiko kematian berkurang sebesar 20 persen. Pria yang tidak melakukan liburan dalam lima tahun memiliki tingkat kematian dan risiko penyakit jantung lebih tinggi.

  • Memperbaiki kesehatan mental

Sebuah studi oleh Wisconsin Medical Journal menemukan bahwa wanita yang sering berlibur jarang mengalami depresi, tegang, atau lelah. Wanita yang jarang berlibur cenderung mengalami stres di rumah dan kurang tidur.

  • Membenahi hubungan

Liburan adalah waktu yang ideal untuk menyambung kembali dan merevitalisasi hubungan sosial, baik antar anggota keluarga maupun dengan teman.

  • Mengulang kembali masa kecil

Liburan memungkinkan Anda mengulang kembali kebebasan eksplorasi saat kanak-kanak. Anda bisa menikmati waktu tanpa gangguan juga menentukan waktu tidur dan bangun kapan saja Anda mau. Anda bisa bersenang-senang tanpa khawatir dengan konsekuensi pekerjaan di rumah.

  • Mendapat kepercayaan diri

Dengan berlibur, secara tidak langsung Anda menyatakan kepada diri Anda (dan orang lain) bahwa menghargai diri sendiri dengan reward berupa waktu untuk menyenangkan diri itu penting.

  • Menjadi lebih kreatif

Rutinitas yang sama setiap hari mengurangi kesempatan mendapat inspirasi dan cara berpikir baru. Bepergian akan menempatkan Anda pada situasi lain yang membuat otak berpikiran beda.

  • Menjadi lebih produktif

Menghabiskan 1-2 minggu dalam setahun untuk berlibur akan menjadikan hari-hari yang lain lebih produktif. Setelah berlibur, Anda menjalani hari-hari dengan badan dan pikiran yang segar.

Rencanakan Liburan

Apakah musim liburan kemarin terlewat karena anda belum merencanakan dengan baik? Berikut beberapa hal yang harus disiapkan untuk liburan mendatang:

  • Tentukan destinasi liburan.
  • Tentukan anggaran (budgeting) dan mulailah menabung. Jika destinasi liburan Anda di luar kota, tentunya butuh dana lebih.
    • 25% dana untuk transportasi

Tentukanlah jenis tranportasi yang akan digunakan ke tempat tujuan wisata. Carilah informasi mengenai tiket hemat dan biaya tranportasi ke tempat wisata.

  • 20% dana untuk penginapan

Carilah informasi mengenai penginapan pada tempat tujuan rekreasi Anda untuk mendapatkan tempat yang cocok dengan budget.

  • 15% dana untuk kebutuhan makanan. Biaya makan per hari dikali jumlah hari liburan. Untuk berhemat, pergilah ke restoran yang menyediakan menu paket untuk mencicipi beberapa menu makanan sekaligus atau pasar yang menjual makanan khas lokal.
    • 15% dana untuk ke tempat wisata

Budget ini untuk pembelian tiket tempat wisata yang akan kita kunjungi. Carilah informasi sebelumnya untuk estimasi harga tiket dan waktu kunjungannya.

  • 15% dana untuk buah tangan/oleh-oleh

Buah tangan biasanya adalah hal paling boros dalam liburan. Buatlah daftar barang yang akan dibeli dan daftar penerima oleh-oleh. Carilah informasi diskon.

  • 10% untuk biaya tak terduga

Biaya ini dapat digunakan jika sewaktu-waktu Anda sakit atau mengalami pencurian di tempat wisata atau keadaan tak terduga lainnya.

  • Tentukan waktu liburan yang tepat, apakah Anda mengambil cuti khusus atau bersamaan dengan liburan sekolah anak-anak.

Luangkan waktu setidaknya sekali dalam setahun untuk melakukan liburan, sesuaikan dengan kemampuan dan budget. Liburan tidak harus selalu mahal dan menghabiskan banyak biaya, yang penting adalah kualitas liburan tersebut sehingga setelahnya Anda menjadi lebih fresh dan happy.

 

http://www.lifeclever.com/7-great-benefits-of-taking-a-vacation-and-how-to-do-it/

http://manfaat.co.id/manfaat-liburan/amp