7 Tips Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

18 September, 2023
clock-bold
3 menit membaca

Image 7 Tips Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

Anda tentu merasa tidak nyaman jika AC mobil tidak dingin, terlebih jika berkendara di siang hari. Tidak hanya mengatasi panasnya udara luar, tetapi AC juga berfungsi menghilangkan kabut pada kaca depan mobil ketika musim hujan. Bisa dibilang AC punya fungsi yang cukup vital, karena itu sebaiknya ketahui cara merawat AC mobil yang benar melalui tips berikut.

Apa yang membuat Ac tidak cepat dingin? Bisa jadi karena kebocoran pada selang atau pipa AC akibat usia pemakaian dan kerusakan evaporator dan kondensor dikarenakan usia pemakaian atau terkena benda kotor.

Penyebab lainnya adalah kesalahan pemakaian jenis freon. Jenis freon AC yang beredar di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu R134a dan R12. R134a dapat dijumpai pada mobil keluaran 1994 keatas, sedangkan R12 ditemukan pada mobil buatan tahun 1994 ke bawah. Kesalahan pemakaian jenis freon inilah yang menyebabkan hembusan AC tidak dapat bekerja optimal. Efek negatif lainnya, merusak selang karet AC sehingga timbul kebocoran pada selang.

Meskipun ada tempat untuk perbaikan dan perawatan AC, tidak ada salahnya melakukan perawatan sendiri supaya AC mobil terawat. Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

Jaga Kebersihan Kabin

Jaga Kebersihan Kabin

Kabin mobil yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Aki Mobil Awet

Jangan Buka Kaca dan Merokok Saat AC Nyala

Jangan Buka kaca atau Merokok Saat AC Nyala

Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan dan jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

Bersihkan Kondensor AC

Bersihkan Kondensor AC Mobil

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC, bersihkan juga kondensor saat Anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

Bersihkan Filter Kabin

Bersihkan Filter Kabin AC Mobil

Jangan lupa untuk selalu membersihkan filter dan merawat kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala. Dan jangan menunda-nunda.

Servis Berkala

Servis Berkala Mobil

Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan sehingga tidak sampai terjadi kerusakan yang parah.

Baca juga: Cara Membersihkan Sunroof Agar Awet

Pengharum Ruangan

Pengharum Ruangan di AC Mobil

Karena tidak semua pengharum ruangan cocok untuk mobil, maka dari itu disarankan untuk membeli pengharum ruangan yang dikhususkan untuk mobil, jangan sekali-kali menggunakan pengharum ruangan rumah untuk mengharumkan ruangan kabin mobil Anda

RPM Mobil

RPM Mobil

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga RPM (revolutions per minute) mobil, putaran RPM yang kecil juga akan sangat berpengaruh terhadap perfoma AC mobil Anda.

Meskipun bukan bagian vital dari mesin mobil, AC sangat mempengaruhi kenyamanan Anda berkendara. Yuk, lakukan cara merawat AC mobil seperti di atas agar tetap nyaman berkendara!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer