TIPS MERAWAT AC MOBIL SUPAYA TETAP DINGIN

Anda tentu merasa tidak nyaman jika AC mobil terasa tidak dingin, terlebih jika berkendara di siang hari. Udara luar yang panas, membuat Anda makin merasa gerah. Tidak hanya untuk mengatasi panasnya udara luar, tetapi AC juga berfungsi untuk menghilangkan kabut pada kaca depan mobil ketika musim hujan. Jadi boleh dibilang, AC punya fungsi yang cukup vital.

Pada umumnya orang sering keliru, jika AC mobil terasa kurang dingin diambil kesimpulan bahwa freon kurang dan diisilah freon tersebut. Perlu Anda ketahui, jika kondisi AC normal maka freon baru akan habis dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, jika freon Anda cepat habis artinya ada kebocoran pada sistem pendingin AC mobil Anda.

Sebelum memutuskan untuk menambah freon, kenalilah hal-hal yang biasanya menyebabkan AC mobil tidak dingin :

  1. Perhatikan kebocoran pada selang atau pipa AC

    Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia pemakaian part.

  2. Cek kondisi evaporator dan kondensor

    Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia pemakaian part, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil.

  3. Cek kondisi kompresor

    Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC. Pastikan juga putaran pada kompresor berputar dengan kencang.

  4. Kesalahan pemakaian jenis freon

    Jenis freon AC yang beredar di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu R134a dan R12. R134a dapat dijumpai pada mobil keluaran 1994 ke atas, sedangkan R12 dapat ditemukan pada mobil buatan tahun 1994 ke bawah. Kesalahan pemakaian jenis freon inilah yang menyebabkan hembusan AC tidak dapat bekerja optimal. Efek negatif lainnya, dapat merusak selang karet AC sehingga timbul kebocoran pada selang.

Meskipun ada tempat untuk perbaikan dan perawatan AC, tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan sendiri supaya AC mobil terawat. Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan :

  1. Jaga kebersihan pada kabin mobil

    Kabin yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil.

  2. Hindari membuka lebar kaca saat AC menyala

    Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.

  3. Hindari merokok dalam kondisi AC mobil menyala

    Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

  4. Bersihkan kondensor AC mobil

    Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC, bersihkan juga kondensor saat Anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

  5. Bersihkan filter kabin

    Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala. Dan jangan menunda-nunda.

  6. Lakukan selalu servis berkala pada AC mobil

    Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan sehingga tidak sampai terjadi kerusakan yang parah.

  7. Pengharum ruangan

    Karena tidak semua pengharum ruangan cocok untuk mobil , maka dari itu disarankan untuk membeli pengharum ruangan yang dikhususkan untuk mobil, jangan sekali-kali menggunakan pengharum ruangan rumah untuk mengharumkan ruangan kabin mobil Anda

  8. RPM Mobil

    Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga RPM mobil, putaran RPM yang kecil juga akan sangat berpengaruh terhadap perfoma AC mobil.

Meskipun bukan bagian vital dari mesin mobil, AC sangat mempengaruhi kenyamanan Anda berkendara. Kondisi AC yang dingin, membuat Anda berkendara menjadi lebih baik.

https://autonetmagz.com/6-tips-merawat-ac-mobil-agar-tetap-dingin/55049/

https://www.otomaniac.com/cara-merawat-ac-mobil/

https://www.otosia.com/tips/jangan-salah-pakai-freon-ac.html