Grand Opening Wuling Di Kota Makassar

Dengan pengalamannya selama 30 tahun lebih di dunia otomotif, Kumala Motor Grup  selaku dealer resmi Wuling di Sulawesi kembali menghadirkan cabangnya yang ke-4, setelah sebelumnya hadir di Trans Studio, Manado dan Kendari. Berlokasi di Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 98B Kelurahan Buakana, Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bangunan 2 lantai tersebut menempati lahan seluas  1469,50 m2 dengan luas bangunan 1113,75 m2.

Jam operasional untuk bengkel dan showroom  adalah pukul 08.30 – 17.00 di hari Senin – Jumat dan untuk hari Sabtu pukul 08.30 – 14.00. Terdapat pula fasilitas mobile service yang siap melayani anda bahkan di waktu weekend sekalipun.

Bagi anda yang tinggal di kota Makassar dan sekitarnya, saat ini Wuling siap untuk melayani anda hingga tahun-tahun ke depan. Masukan dari anda mengenai pelayanan kami akan menjadi masukan bagi kami untuk melayani anda lebih baik di kemudian hari. Untuk dealer di cabang Pettarani-Makassar, anda dapat menghubungi kami di (0411) 420980 untuk melakukan reservasi bengkel ataupun mendapatkan beragam informasi mengenai Wuling. Wuling hadir dengan mobil berkualitas tinggi, harga terjangkau yang sangat masuk akal dan dapat anda andalkan. Karena Wuling, Drive For A Better Life.

Program Layanan Purna Jual Wuling Pastikan Kenyamanan Pelanggan

Biaya perawatan terjangkau dan jaminan suku cadang berkualitas tinggi

 

Pelanggan bisa tenang jika membeli mobil Wuling. Wuling Motors (Wuling) memastikan untuk memberikan layanan purna jual terbaik sejak pelanggan membeli Mobil Wuling. Diler Wuling yang sudah beroperasi akan bertambah menjadi 50 dealer akhir tahun ini. Mulai dari garansi sampai dengan suku cadang dan layanan pelanggan akan menjadi prioritas utama Wuling untuk menciptakan kenyamanan pelanggan.

 

Dalam layanan purna jual ini, Wuling memberikan garansi umum sampai 3 tahun atau 100.000 km, garansi komponen utama dan transmisi sampai 5 tahun, dan garansi suku cadang sampai satu tahun. Wuling juga membebaskan biaya jasa perawatan rutin hingga 50.000 km atau 2,5 tahun, sesuai syarat dan ketentuan. Wuling ingin mewujudkan Drive For A Better Life dengan layanan purna jual terbaik bagi para pelanggan.

 

Bekerja sama dengan penyedia komponen otomotif ternama seperti YFKSS, Nexteer, dan Asahima Flat Glass, Wuling memastikan suku cadang berkualitas dan selalu tersedia dengan harga yang terjangkau. Dengan membangun Supplier Park, yang memanfaatkan setengah dari area pabrik, Wuling mampu mengefektifkan waktu dan biaya dalam menyediakan suku cadang yang terjangkau dan terpercaya untuk semua mobil Wuling.

 

Setiap jaringan dealer Wuling juga akan memberikan pelayanan perawatan kendaraan yang biayanya lebih murah sampai 20%. Adanya Wuling Mobile Service (WMS) juga membuat sistem perawatan mobil Wuling lebih mudah karena pemilik bisa merawat kendaraannya di mana pun ia mau tanpa biaya apa pun. Dalam situasi darurat, Wuling Mobile Service juga bisa menjadi pilihan pelanggan. Jika butuh informasi dan bantuan, pelanggan bisa menghubungi Wuling Call Center di 0800-100-5050 yang aktif selama 24 jam.

 

Untuk menjamin kepuasan pelanggan, Wuling juga merekrut teknisi terbaik yang sebelumnya harus menjalani pelatihan intesif di Wuling Training Center.

 

 

Wuling Tawarkan Program Spesial untuk Confero dan Confero S

Cashback dan gratis biaya jasa, suku cadang dan material perawatan berkala

 

Pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Wuling Motors (Wuling) menawarkan beragam promosi menarik. Wuling meluncurkan program promosi, penjualan, dan layanan purna-jual bagi pelanggan yang membeli seri Confero. Tak ketinggalan, Wuling juga mengadakan sesi test drive bagi pelanggan yang ingin merasakan pengalaman mengendarai The Real Spacious Family MPV, Confero dan Confero S.

 

Tidak tanggung-tanggung, Wuling memberikan gratis biaya jasa, suku cadang, dan perawatan material sampai 2,5 tahun atau 50.000 km ditambah cashback senilai Rp3 juta untuk pembelian seri Confero. Semua ini dilakukan Wuling agar keluarga Indonesia bisa merasakan nilai yang Wuling ingin terapkan yaitu Drive For A Better Life.

 

Wuling bekerja sama dengan tujuh grup dealer yang tersebar di penjuru Indonesia. Pada akhir 2017 ini, sejumlah 50 dealer akan memberikan layanan 3S (Sales, Service, Spare Part) bagi para pelanggan Wuling. Agar pelanggan semakin mudah membeli mobil Wuling, Wuling juga menjalin kerja sama dengan perusahaan pembiayaan ternama. Hal ini dilakukan agar pelanggan mendapat skema pembiayaan yang terbaik.

 

Di even GIIAS 2017, Wuling menyediakan sesi test drive bagi pengunjung yang ingin merasakan langsung kenyamanan Confero S. Pengunjung cukup mendaftarkan diri ke booth Wuling di Hall 6, booth 6A, Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City, Tangerang, selama GIIAS 2017 berlangsung mulai 10—20 Agustus 2017.

 

Daftar Harga (On The Road Jabodetabek)

Confero                                                           IDR 128.800.000

Confero S 1.5C                                                IDR 150.900.000

Confero S 1.5C with Semi-Leather                 IDR 152.900.000

Confero S 1.5C with Captain Seat                IDR 153.900.000

Confero S 1.5L                                                 IDR 162.900.000

Confero S 1.5L with Semi-Leather                  IDR 164.900.000

Confero S 1.5L with Captain Seat                  IDR 165.900.000

 

 

Wuling Motors Siap Melayani Indonesia

Jaringan diler Wuling, rekanan pembiayaan, dan layanan purna jual memberikan kenyamanan untuk pelanggan Indoneasia

 

Pada 2 Agustus 2017 Wuling Motors secara resmi meluncurkan MPV pertamanya, seri Confero. Peluncuran Confero dan Confero S diawali dengan komitmen Wuling untuk masyarakat Indonesia. Wuling mengerti bahwa dibutuhkan komitmen penuh untuk dapat melayani pelanggan Indonesia.

 

Pengenalan Wuling dan penjualan mobilnya tidak akan terlaksana tanpa struktur bisnis yang serasi, oleh sebab itu Wuling telah bekerja sama dengan diler yang professional dan terpercaya seperti Astra, Armada, Kumala, Maju Motor, Perdana, Prima, dan Wahana untuk secara resmi membuka 50 jaringan diler yang sudah dijanjikan di seluruh wilayah Indonesia. Jaringan ini akan memudahkan akses ke Wuling dan untuk melakukan pembelian.

 

Namun, terkadang melakukan pembelian bisa menjadi rumit, oleh karenanya Wuling juga telah bekerja sama dengan institusi pembiayaan terpercaya, yaitu Mandiri Tunas Finance, Mega Auto Finance, Adira Finance, Oto Multiartha, BCA Finance, dan Maybank Finance. Kami bekerja sama untuk menyediakan kenyamanan lebih untuk pelanggan Indonesia yang ingin memiliki seri Confero.

 

Terakhir, kepercayaan merupakan factor penting bagi kesuksesan Wuling untuk memberikan layanan yang tepat bagi pelanggannya. Untuk mencapai hal tersebut, Wuling telah menyediakan layanan purna jual untuk setiap pembelian seri Confero dan Confero S; garansi 3 tahun atau 100.000 KM, garansi 5 tahun untuk mesin dan komponen utama transmisi, garansi 1 tahun untuk suku cadang, dan gratis biaya pelayanan hingga 50.000 KM atau 2,5 tahun. Wuling berharap pelanayannya memungkinakn konsumen agar berkendara lebih baik (Drive For A Better Life).

 

Anda juga dapat merasakan The Real Spacious Family MPV dengan mengunjungi rumah Wuling di Hall 6, booth 6A, di Indonesian Exhibition Exhibition (ICE) – BSD City, Tangerang. DAftar untuk uji kemudi sekarang!

Wuling Motors Mengusung Konsep “My Wuling My Home” di GIIAS 2017

Booth Wuling di 6A, Hall 6 di ICE-BSD City

 

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dibuka untuk public sejak 10—20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Center (ICE), BSD City, Tangerang. Ini adalah kali kedua bagi Wuling Motors untuk berpartisipasi di ajang pameran otomotif ini dan kali pertama untuk memperkenalkan seri Confero semenjak peluncuran resminya di 2 Agustus 2017.

 

Enam mobil  Wuling; Confero, Confero S (C and L), modifikasi Confero S, dan layanan bergerak resmi juga turut ditampilkan di pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Mengusung konsep “My Wuling My Home”, pengunjung akan dimanjakan dengan kenyamanan dan kelegaan rumah dari façad hingga ke sisi dalam rumah Wuling. Anak-anak pun bisa diajak bermain di arena anak, smeentara para orang tua dipersilahkan untuk duduk di area ruang tamu di dalam, dan kursi pijat pun juga disediakan untuk menambah perasaan nyaman.

 

Di area teras ada satu Confero S modifikasi. Sesuaikan Wuling Anda menurut kebutuhan Anda; pasang bagasi ekstra di sisi atap mobil, bermain dengan velg favorit Anda, intinya Anda bisa sesukanya dengan Wuling seperti di rumah sendiri. Masih di area depan rumah, Wuling juga memperkenalkan Wuling Mobile Service (WMS) resminya yang dibuat khusus untuk kenyamanan semua pelanggan Wuling di jalan. Jika pelanggan ingin mencoba serunya berkendara dengan Confero S, silakan mendaftar di meja depan.

 

Sebagai fasilitas untuk pelanggan, Wuling juga telah bekerja sama dengan berbagai institusi pembiayaan seperti Mandiri Tunas Finance (MTF), Mega Auto Finance (MAF), Adira Finance, Oto Multiartha, BCA Finance dan Maybank Finance. Untuk setiap pembelian seri Confero di GIIAS 2017 akan ada potongan harga special sebesar Rp3.000.000 dan tambahan promo yaitu gratis biaya jasa dan komponen hingga 50.000 KM atau 2,5 tahun (syarat dan ketentuan berlaku).

 

Hiburan penuh seni seperti pertunjukan sulap oleh Denny Darko, tarian EKI Dance Company, Saung Angklung Udjo, dan Jamaica Café disuguhkan bagi pengunjung GIIAS setiap akhir pekan. Menambah semua keceriaan, Wuling juga telah menyiapkan beberapa hadiah untuk sesi permainan di rumah Wuling. Jadi, segera kunjungi booth Wuling di GIIAS 2017 untuk merasakan nyamannya Confero dan Confero S, The Real Spacious Family MPV.

 

Drive For A Better Life bersama Wuling Motors.

MPV, KENDARAAN FAVORIT MASYARAKAT INDONESIA

Sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1900 oleh seseorang berkebangsaan Perancis, Nicolas Joseph Cugnot, mobil telah mengalami perkembangan pesat. Saat ini, banyak sekali tipe mobil yang beredar di pasaran. Setiap tipe memiliki ciri, bentuk, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing, di antaranya:

  1. Convertible

Pada mobil convertible, atap mobil dapat dilipat maupun dipasang sesuai selera sehingga pengendara mobil ini dapat merasakan sensasi berkendara secara tertutup maupun terbuka. Pada umumnya, terdapat 2 macam mobil convertible, yaitu soft convertible dan hard convertible. Pada mobil soft convertible, atap mobil terbuat dari bahan vinyl atau kanvas sehingga memudahkan proses pelipatan. Adapun untuk mobil hard convertible, umumnya menggunakan bahan plastik atau baja. Pada beberapa mobil convertible, cara pelipatan atap dapat dilakukan secara otomatis maupun manual.

  1. Coupe

Istilah Coupe sendiri berarti adalah bentuk badan mobil yang memiliki 2 pintu. Karena tidak ada definisi baku mengenai arti dari “coupe” itu sendiri, banyak produsen mobil yang memiliki definisi sendiri mengenai “coupe”. Seiring dengan berkembangnya zaman, mobil coupe kini memiliki beberapa jenis yang membuatnya memiliki lebih dari 2 pintu dengan berbagai variasi sport di dalamnya. Ciri-ciri lain pada mobil coupe adalah kondisi atap yang cenderung menurun dari bagian depan menuju bagian belakang.

  1. Hatchback

Hatchback merupakan salah satu jenis mobil yang paling digemari anak muda. Hatchback atau “City Car” umumnya memiliki 5 pintu, 4 pintu khusus untuk penumpang dan 1 pintu lainnya digunakan sebagai pintu bagasi. Bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi mobil sehingga ruang barang dapat Anda akses dari kursi penumpang bagian belakang. Mobil hatchback berukuran mid-size sehingga sangat menguntungkan bila dikendarai di jalanan kota.

  1. SUV

Mobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil yang memiliki prioritas dapat digunakan di berbagai medan. Tak heran jika SUV menjadi favorit para pria. SUV  biasanya menggunakan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive yang kemudian berkembang menjadi seven seater (7 penumpang).  Desain dari mobil SUV memang ditujukan untuk dapat mengangkut banyak penumpang.

  1. Sedan

Sudah cukup lama sedan menjadi favorit banyak orang karena desainnya yang mewah dan anggun. Mobil sedan didesain dengan bodi mobil yang cukup pendek dan memanjang. Oleh karena ground clearance mobil sedan terbilang pendek, kelemahan utama dari tipe mobil ini adalah bodinya yang sulit menerjang jalanan yang banjir.

  1. Station Wagon

Konsep mobil ini sejenis dengan hatchback. Perbedaannya terdapat dalam hal ukuran mobil. Tipe mobil station wagon merupakan jenis mobil yang memiliki desain atap mobil yang relatif panjang dan memiliki kargo yang cukup luas dibagian belakang. Sama sepeti hatchback, mobil ini  memiliki 5 pintu mobil, 4 untuk penumpang sedangkan satu pintu lainnya digunakan untuk akses ke bagasi/kargo. Meski ruang kargo tak seluas mobil MPV, ruang kabin untuk penumpang hampir setara dengan tipe mobil sedan.

  1. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Minivan atau MPV (Multi Purposes Vehicle) memang didesain dengan sangat nyaman serta memiliki sistem handling yang sama dengan mobil sedan. Didesain dengan interior maksimum sehingga membuat pengguna nyaman selama berkendarai. Konsep mobil MPV didesain untuk keluarga dan dapat menampung penumpang lebih banyak. Jika hatchback dikenal juga dengan nama “City Car”, MPV mempunyai nama lain “Family Car”. MPV menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia.

Jenis MVP

Karena MPV termasuk jenis mobil yang digemari masyarakat Indonesia, mari kita berkenalan dengan jenis-jenis mobil MPV di antaranya:

Low MPV

Segmen Low MPV sepertinya menjadi sasaran utama masyarakat Indonesia. Dengan harga relatif terjangkau, Anda dapat memuat 7 orang sekaligus di mobil Anda. Selain kapasitas di dalamnya, banyak dari segmen Low MPV yang sudah dibekali kenyamanan dalam kabin interiornya. Walau berisi 7 orang, Anda akan tetap merasa nyaman di dalamnya.

Medium MPV

Medium MPV memiliki bentuk yang sedikit lebih besar daripada Low MPV dikarenakan memang mengutamakan kelegaan kabin serta kenyamaan saat berkendara jauh. Segmen medium MPV memiliki harga yang masih dapat dijangkau kalangan menengah.

Compact MPV

Masih terbilang baru di Indonesia, Compact MPV memiliki kapasitas sama seperti Low MPV. Namun, yang membuatnya lebih mahal adalah fitur-fitur yang ditawarkan lebih canggih dan lengkap daripada Low MPV.

Luxury MPV

Luxury MPV menjadi pilihan Anda yang sangat mengutamakan kenyamanan dan kelegaan kabin serta fitur lengkap dan canggih. Luxury MPV umumnya dibanderol dengan harga lebih dari 500 juta hingga lebih dari 1 milyar rupiah, sehingga tidak heran jika mobil ini menawarkan sebuah kenyamanan kelas atas bagi keluarga Anda.

 

Sumber

http://www.sewamobilbali1st.com/sejarah-ditemukan-mobil-di-dunia-pertama-kali/

http://showroommobil.co.id/info-mobil/jenis-jenis-mobil/

http://www.ototaiment.com/2015/03/16/533/mengenal-jenis-jenis-mobil-berdasarkan-bentuknya/

http://www.carusermagz.com/2016/12/jenis-jenis-mobil-pengertian-dan-fungsinya.html

http://otomotif.liputan6.com/read/2071795/mana-yang-jadi-pilihan-orang-indonesia-mobil-mpv-atau-city-car

TETAP AMAN BERKENDARA DENGAN SAFETY DRIVING

Dalam hal berkendara, kita diwajibkan untuk tetap fokus setiap saat agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian, baik secara individu maupun lingkungan sekitar. Dampak yang ditimbulkan akibat kelalaian dan kesengajaan saat berkendara adalah kecelakaan lalu lintas. Dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) disebutkan, sanksi bagi pengendara yang lalai yaitu jeratan penjara hingga maksimal 12 tahun atau sanksi denda maksimal Rp 24 juta.

Beberapa tips di bawah ini dapat Anda terapkan selama berkendara agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, di antaranya:

  1. Smart Driving

Smart driving menjadi faktor penting saat Anda berkendara. Ketika Anda mengurus SIM (Surat Ijin Mengemudi), Anda harus mengikuti beberapa tes yang bersifat teoritis maupun praktik. Hal ini berguna agar Anda mengetahui hal-hal penting ketika Anda berkendara di jalan.

Smart Driving di antaranya yaitu:

  • Taati rambu-rambu lalu lintas,
  • Hindari “blind spot” ketika berkendara
  • Nyalakan lampu baik saat siang maupun pada saat lingkungan mulai gelap
  • Usahakan jangan memotong jalur kendaraan lain sembarangan
  • Jaga kecepatan serta jarak dengan kendaraan lain baik dari sisi samping dan depan
  • Siap sedia klakson sehingga pengendara lain mengetahui posisi Anda.

 

  1. Fokus saat berkendara

Banyak kecelakan terjadi karena pengemudi tidak fokus saat berkendara. Fokus menjadi kunci utama bagi pengemudi untuk tetap aman selama di perjalanan. Selama berkendara, jangan pernah melakukan kegiatan yang mengganggu konsentrasi, termasuk menggunakan ponsel atau barang elektronik lainnya.

  1. Berkendara dengan santai

Santai berarti tidak berkendara secara liar dengan mengebut dan agresif. Selalu hati-hati dengan pengemudi yang lain. Jaga jarak sekitar 2 detik dengan kendaraan depan Anda. Ketika cuaca buruk, jaga jarak hingga selisih 4 detik.

  1. Rencanakan secara teratur

Ketika berkendara, cobalah untuk merencanakan hal-hal yang dapat membantu Anda tetap fokus. Contohnya, merencanakan waktu pemberhentian untuk sekedar bersantai membeli minuman serta makanan ringan, mengatur kondisi kursi, kemudi, dan spion untuk membantu melihat sekeliling Anda. Jika Anda ingin melakukan sesuatu, seperti minum atau makan di mobil, usahakan untuk berhenti dan menepi beberapa menit.

Jika Kondisi Kendaraan Tidak Prima

Ketika ingin melakukan perjalanan, pastikan Anda telah melakukan kontrol keseluruhan terhadap kendaraan. Jangan sampai ketika Anda telah di perjalanan, kendaraan mengalami masalah akibat komponen yang rusak. Dampak yang terjadi ketika kendaraan tidak dalam kondisi prima di antaranya:

Kecelakaan

Ketika kendaraan tidak dalam kondisi baik, namun masih dipaksakan untuk berjalan, kecelakaan bisa terjadi. Umumnya, beberapa komponen seperti rem, oli, dan ban mobil menjadi penyebab utama kecelakaan. Rem blong biasanya disebabkan oleh minyak rem habis, kampas rem aus, piston rem rusak, selang minyak rem tersumbat, dan minyak rem kotor. Oleh karenanya, perlu pemeriksaan berkala terhadap komponen penting pada kendaraan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan.

Kerusakan pada kendaraan

Selain kecelakaan yang berkibat fatal bagi Anda dan kendaraan lain, hal lainnya yang dapat terjadi adalah adanya kerusakan pada mobil Anda. Jika Anda terus menerus menggunakan mobil meski mobil rusak, kondisi mobil akan makin parah. Akibatnya, di tengah perjalanan bisa saja tiba-tiba mobil Anda mati dan tidak mau menyala karena komponen tertentu mengalami kerusakan parah akibat pemakaian berlebihan tanpa perawatan berkala.

Untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil, ada beberapa cara sederhana untuk merawat mesin mobil Anda agar  kondisinya tetap prima dan awet. Anda jadi bisa mengendarainya dengan tenang dan harga purna jualnya lebih tinggi. Selain itu, laju kendaraan bisa lebih halus, seimbang dan terjaga keamanan, serta kenyamanannya. Beberapa tips untuk menjaga kondisi kendaraan antara lain:

  • Mengganti oli secara berkala dan tepat waktu, baik secara jarak tempuh maupun secara waktu pemakaian oli. Pilihlah oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.
  • Kontrol air radiator secara rutin dengan dibersihkan agar aliran airnya lancar.
  • Bersihkan filter karburasi dari kotoran maupun kerak.
  • Lakukan penyesuaian beban yang diangkut serta daya angkut pada kendaraan. Jangan sampai Mesin bisa rusak karena bekerja ekstra serta dapat menimbulkan kecelakaan.
  • Hindari pengereman mendadak agar kampas rem tidak cepat habis.
  • Perhatikan kaki-kaki seperti ban, rem, per, skok, karet/seal yang akan memengaruhi kenyamanan dalam perjalanan.
  • Lakukan tune up secara berkala memastikan lagi mesin dan semua komponen pendukungnya bekerja dengan baik.

 

Sumber

http://yamaha-kaltim.co.id/8-prinsip-safety-riding-yang-wajib-anda-ketahui/

https://www.nationwide.com/driving-safety-tips.jsp

https://edorusyanto.wordpress.com/2011/09/07/sanksi-kelalaian-dan-kesengajaan/

http://www.bisaotomotif.com/2015/10/6-penyebab-utama-rem-mobil-blong-yang.html

http://www.balitoursclub.net/cara-merawat-mesin-mobil/

MENGECEK PERSIAPAN MOBIL SEBELUM PERJALANAN JAUH

Kondisi kendaraan yang prima memberi rasa aman saat perjalanan jauh. Pemeriksaan kondisi kendaraan penting dilakukan untuk mengantisipasi perjalanan jauh atau perjalanan yang sangat mendadak. Agar perjalanaan terasa nyaman, tips cek kondisi mobil berikut layak untuk diikuti.

  1. Periksa oli mesin

Sebelum melalukan perjalanan jauh, cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik/tuas oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik. Level oli seharusnya berada di antara tanda L dan F, tambahkan secukupnya hingga mendekati garis F.

  1. Periksa air radiator dan reservoir

Pastikan air radiator dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level. Jangan lupa periksa selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila selang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

  1. Periksa filter dan selang bensin

Pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu, pastikan juga filter bensin tidak tersumbat.

  1. Periksa putaran kipas pendingin

Bila kipas diputar dengan belt, periksalah kondisi fisik belt. Bila belt telah retak-retak, segera ganti. Cek juga ketegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar motor listrik, pastikan kondisi motor listrik masih baik dan layak.

  1. Ganti Timing belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil. Umumnya jarak tempuh berkisar sekitar 50000 km. Setelah melakukan perjalanan jauh, sesegera mungkin ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.

  1. Cek Aki

Aki menjadi salah satu komponen penting dalam mesin. Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel.

  1. Periksa Ban

Cek kondisi ban jika ada benda tajam yang merusak ban. Periksa juga tapak ban, sudah halus atau masih bertekstur. Periksa pula tekanan angin ban. Setiap jenis mobil memiliki tekanan ban yang berbeda. Mobil MPV umumnya memiliki tekanan ban yang normal sekitar 30—34 psi, semakin besar dimensi dan bobot mobil, tekanan ban harusnya semakin besar.

  1. Lihat Kondisi Rem

Periksa level minyak rem di reservoir terhadap kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem, adakah kebocoran pada selang dan master rem. Periksa apakah ada basah di bagian dalam pelek sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

  1. Periksa Lampu

Cek seluruh lampu. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal.  Bila ada lampu yang mati, segera ganti dengan yang baru.

  1. Pastikan Kondisi Wiper Baik

Wiper sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wiper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal.

Masalah di Jalan
Saat sedang di perjalanan, terkadang terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga jadwal dan rencana kita berantakan. Beberapa permasalahan yang mungkin terjadi saat kita sedang di perjalanan di antaranya:

Mobil mogok ketika sedang dalam perjalanan

Banyak kasus mobil tiba-tiba mogok saat perjalanan jauh. Umumnya permasalahan ini terjadi pada mobil yang berumur lebih dari 5 tahun. Anda tidak perlu panik. Cukup buka kap mesin dan lihat kondisi bagian dalam mesin, adakah kabel-kabel yang terputus atau tersumbat. Salah satu penyebab mogok adalah kerusakan pada kabel-kabel penghubung antar-komponen. Jika tidak terdapat kerusakan pada bagian penghubung, cek komponen-komponen seperti terminal koil, aki, alternator (termasuk semua komponennya), dan karburator untuk mengetahui permasalahan yang sedang terjadi.

Jika tiba-tiba indikator oli menyala saat perjalanan, tak perlu panik. Lampu indikator yang terus menyala dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya yaitu jenis oli tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau tidak sesuai rekomendasi pabrikan. Selain itu, juga dikarenakan jumlah oli tidak sesuai standar volume, sensor dan katup peranti tekanan oli rusak, atau saringan oli sudah aus. Segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat dan ganti oli dengan yang baru.

Ban bocor

Anda bisa mengganti ban bocor dengan ban serep. Namun, Anda perlu mengetahui spesifikasi ban serep Anda, apakah bersifat sementara ataukah permanen. Jika bersifat sementara, setelah mengganti ban, cobalah langsung menuju tempat tambal ban untuk memperbaiki ban Anda yang bocor.

Sumber

https://otomotif.tempo.co/read/news/2011/05/08/123332988/ini-cara-mendeteksi-dan-mengatasi-mobil-mogok

https://otomotif.tempo.co/read/news/2011/02/16/123313718/inilah-delapan-masalah-utama-mobil-dan-penyebabnya

http://apritos.com/1092/tips-cek-persiapan-mobil-sebelum-perjalanan-jauh/

http://otospector.co.id/cara-periksa-komponen-kaki-kaki-mobil/

MENJAGA KONDISI KAKI-KAKI MOBIL AGAR TETAP NYAMAN DIGUNAKAN

Menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindarkan Anda dari hal buruk selama perjalanan. Sebagaimana manusia, mobil pun mempunyai komponen berjalan selain mesin yang menjadi jantung dan otak dari mobil itu sendiri.

Komponen bagian bawah atau kaki-kaki pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting yang membuat mobil berjalan sehingga perlu dijaga dan dirawat agar tetap nyaman digunakan. Komponen kaki-kaki tersebut memiliki beberapa bagian di antaranya:

Tie rod & Balljoint

Tie rod berfungsi untuk meneruskan putaran dari steer mobil ke roda-roda sehingga roda dapat berputar ke kanan atau kiri sesuai dengan kemudi yang dipacu. Ball joint berfungsi sebagai sumbu roda atau pengikat antara knuckle atau as roda terhadap sayap (arm) untuk melakukan pergerakan belok ke kanan dan kiri. Pemeriksaan yang paling mudah Anda terapkan adalah dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda tempat tie rod berada. Tie rod memiliki sebuah komponen berupa bantalan bola untuk bergerak.

Apabila Anda mendengar suara yang timbul dari komponen tersebut, berarti bantalan bola sudah mulai kendur dan aus. Pemeriksaan fisik komponen juga dapat Anda lakukan. Apabila tie rod beserta ball joint tersebut telah luka atau sudah tidak halus berarti komponen sudah aus.

ShockBreaker

Shockbreaker memiliki fungsi untuk meredam guncangan atau hentakan ketika mobil melaju di berbagai kondisi jalan seperti jalan yang rusak, berlubang, bergelombang, dan sebagainya. Untuk mendeteksi kerusakan pada shockbreaker, Anda cukup mendengarkan apakah terdapat suara gemuruh yang bising dan keras ketika mobil sedang dikendarai.

Bushing Stabilizer

Bushing Stabilizer terletak di link stabilizer yaitu komponen penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Cara mendeteksi bushing stabilizer yang bermasalah dapat Anda lakukan dengan mendengar adanya suara mendecit atau suara gemuruh ketika Anda mencoba untuk mengerem mobil.

Bushing Arm

Bushing arm merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting terhadap kinerja suspensi kendaraan. Bushing arm memiliki bentuk seperti tabung besi dan diisi dengan karet. Komponen ini berfungsi sebagai titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya. Pemeriksaan dan pendeteksian kondisi bushing arm dapat Anda lakukan dengan mencermati arah laju mobil yang dikemudi. Bila kemudi cenderung melenceng ke kanan atau ke kiri serta bagian roda terdengar suara gemuruh, hal tersebut menandakan bushing arm telah bermasalah.

Bearing

Bearing atau bantalan roda merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi penting bagi putaran roda dan kestabilan laju mobil. Untuk mendeteksi kerusakan komponen satu ini cukup mudah, dengarkan apakah terdapat suara bising pada roda kendaraan. Bearing yang bermasalah dapat Anda ketahui jika roda yang diputar mengeluarkan suara yang bergemuruh.

Ban

Kasus yang kerap terjadi pada ban ialah beberapa bagian ban yang terkikis setelah mobil melakukan perjalanan jauh. Meski tingkat terkikisnya ban kadang tidak terlihat dengan jelas, namun efeknya akan cukup terasa. Ketika hal tersebut terjadi, perotasian atau penggantian ban merupakan langkah tepat untuk mengatasi permasalahan agar ban tetap awet dan kenyamanan suspensi terus terjaga.

Mengingat fungsinya yang cukup vital, penting untuk Anda melakukan maintenance kaki-kaki mobil Anda. Untuk menjaga kondisi kaki-kaki mobil selalu prima, dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjaga tekanan angin ban dalam kondisi ideal.
  2. Menghindari rute dengan kondisi jalan yang jelek, jika terpaksa melewati jalan yang jelek, jagalah konsentrasi dan hindari lubang serta kurangi kecepatan.
  3. Melakukan pengecekan dan servis berkala di bengkel spesialis kaki-kaki mobil, cobalah untuk tidak menunda pebaikan kaki-kaki mobil bila sudah dirasakan ada gejala tidak normal.
  4. Gunakan ukuran pelek dan ban sesuai anjuran pabrikan, coba untuk tidak memodifikasi kaki-kaki mobil melewati batas kemampuan mobil itu sendiri.
  5. Tidak membebani mobil dengan muatan melewati batas yang ditoleransi.
  6. Berkendara secara wajar dan santun di jalan.

 

Sumber

http://www.carusermagz.com/2016/11/tips-cara-menjaga-kebersihan-interior-kabin-mobil.html

http://www.beritaterbaru.id/2016/09/memilah-dan-mengorganisir-barang-di-dalam-mobil-ruang-di-mobil-akan-terus-terjaga-kebersihan-dan-kerapiannya.html

blog.belionderdil.co.id/mendeteksi-kerusakan-komponen-kaki-kaki-mobil/

https://shirosetiawan.wordpress.com/2013/01/26/tips-menjaga-kesehatan-kaki-kaki-mobil/

SEBERAPA SERING KITA PERLU BERLIBUR?

Tidak terasa musim libur kenaikan sekolah anak dan libur Lebaran lewat sudah. Pasti banyak di antara Anda yang menghabiskan waktu dengan pergi berlibur bersama keluarga.

 

Bagi keluarga dengan anak-anak usia sekolah, liburan boleh dikata sebuah keharusan. Liburan menjadi momen yang dinanti anak-anak dan sayang jika dilewatkan. Jika selama ini Anda jarang meluangkan waktu untuk berlibur, yuk segera atur schedule dan budget supaya Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga tercinta.

 

Di sela rutinitas pekerjaan yang padat, liburan perlu dijalani untuk menghindarkan diri dari kejenuhan. Beragam cara bisa kita lakukan untuk mengisi liburan. Rekreasi ke tempat wisata, berbelanja barang yang diinginkan, atau memuaskan hobi, pastinya sangat menyenangkan. Apa pun bentuk liburan yang Anda sukai, ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat liburan:

  • Hidup lebih lama

Sebuah survei State University of New York menemukan bahwa pria yang rutin liburan, risiko kematian berkurang sebesar 20 persen. Pria yang tidak melakukan liburan dalam lima tahun memiliki tingkat kematian dan risiko penyakit jantung lebih tinggi.

  • Memperbaiki kesehatan mental

Sebuah studi oleh Wisconsin Medical Journal menemukan bahwa wanita yang sering berlibur jarang mengalami depresi, tegang, atau lelah. Wanita yang jarang berlibur cenderung mengalami stres di rumah dan kurang tidur.

  • Membenahi hubungan

Liburan adalah waktu yang ideal untuk menyambung kembali dan merevitalisasi hubungan sosial, baik antar anggota keluarga maupun dengan teman.

  • Mengulang kembali masa kecil

Liburan memungkinkan Anda mengulang kembali kebebasan eksplorasi saat kanak-kanak. Anda bisa menikmati waktu tanpa gangguan juga menentukan waktu tidur dan bangun kapan saja Anda mau. Anda bisa bersenang-senang tanpa khawatir dengan konsekuensi pekerjaan di rumah.

  • Mendapat kepercayaan diri

Dengan berlibur, secara tidak langsung Anda menyatakan kepada diri Anda (dan orang lain) bahwa menghargai diri sendiri dengan reward berupa waktu untuk menyenangkan diri itu penting.

  • Menjadi lebih kreatif

Rutinitas yang sama setiap hari mengurangi kesempatan mendapat inspirasi dan cara berpikir baru. Bepergian akan menempatkan Anda pada situasi lain yang membuat otak berpikiran beda.

  • Menjadi lebih produktif

Menghabiskan 1-2 minggu dalam setahun untuk berlibur akan menjadikan hari-hari yang lain lebih produktif. Setelah berlibur, Anda menjalani hari-hari dengan badan dan pikiran yang segar.

Rencanakan Liburan

Apakah musim liburan kemarin terlewat karena anda belum merencanakan dengan baik? Berikut beberapa hal yang harus disiapkan untuk liburan mendatang:

  • Tentukan destinasi liburan.
  • Tentukan anggaran (budgeting) dan mulailah menabung. Jika destinasi liburan Anda di luar kota, tentunya butuh dana lebih.
    • 25% dana untuk transportasi

Tentukanlah jenis tranportasi yang akan digunakan ke tempat tujuan wisata. Carilah informasi mengenai tiket hemat dan biaya tranportasi ke tempat wisata.

  • 20% dana untuk penginapan

Carilah informasi mengenai penginapan pada tempat tujuan rekreasi Anda untuk mendapatkan tempat yang cocok dengan budget.

  • 15% dana untuk kebutuhan makanan. Biaya makan per hari dikali jumlah hari liburan. Untuk berhemat, pergilah ke restoran yang menyediakan menu paket untuk mencicipi beberapa menu makanan sekaligus atau pasar yang menjual makanan khas lokal.
    • 15% dana untuk ke tempat wisata

Budget ini untuk pembelian tiket tempat wisata yang akan kita kunjungi. Carilah informasi sebelumnya untuk estimasi harga tiket dan waktu kunjungannya.

  • 15% dana untuk buah tangan/oleh-oleh

Buah tangan biasanya adalah hal paling boros dalam liburan. Buatlah daftar barang yang akan dibeli dan daftar penerima oleh-oleh. Carilah informasi diskon.

  • 10% untuk biaya tak terduga

Biaya ini dapat digunakan jika sewaktu-waktu Anda sakit atau mengalami pencurian di tempat wisata atau keadaan tak terduga lainnya.

  • Tentukan waktu liburan yang tepat, apakah Anda mengambil cuti khusus atau bersamaan dengan liburan sekolah anak-anak.

Luangkan waktu setidaknya sekali dalam setahun untuk melakukan liburan, sesuaikan dengan kemampuan dan budget. Liburan tidak harus selalu mahal dan menghabiskan banyak biaya, yang penting adalah kualitas liburan tersebut sehingga setelahnya Anda menjadi lebih fresh dan happy.

 

http://www.lifeclever.com/7-great-benefits-of-taking-a-vacation-and-how-to-do-it/

http://manfaat.co.id/manfaat-liburan/amp