PENTINGNYA MENGGANTI OLI MESIN MOBIL

Pemilihan oli mesin yang tepat dan pemeliharaannya memiliki peranan penting untuk performa mobil. Pada saat mesin dihidupkan, oli disirkulasikan ke seluruh komponen mesin oleh pompa oli. Oli mesin menjadi satu bagian yang sangat penting untuk mendukung kerja mesin. Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik.

Oli mesin memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Sebagai pelumas
    Pada saat mesin dihidupkan, oli mesin disirkulasikan ke setiap komponen mesin oleh pompa oli. Oli melewati bagian-bagian yang bergerak, dan membentuk lapisan film untuk melumasi komponen tersebut. Dengan cara ini, komponen di mesin terjaga dari kerusakan dan keausan.
  2. Sebagai perapat
    Saat oli mesin bersirkulasi di dalam mesin, oli akan membentuk lapisan tipis. Lapisan ini akan merapatkan celah antara dua benda yang bergerak. Sebagai contoh, didalam mesin terdapat silinder dan ring piston sebagai bagian penghasil tenaga di mesin. Oli pada bagian ini akan merapatkan celah keduanya, sehingga kompesi maupun tenaga pembakaran tidak bocor. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan akan maksimal.
  3. Pembersih
    Ketika oli bersirkulasi di area mesin, oli yang sudah tersaring di filter oli melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder, metal dan sebagainya. Ketika daerah tersebut terdapat kotoran, seperti sisa karbon pembakaran, maupun partikel logam akibat gesekan, maka oli bersih tersebut akan mendorong /membawa kotoran tersebut. Akibatnya bagian yang terdapat pertikel logam dan bagian sisa karbon akan bersih kembali. Untuk itulah, oli mesin perlu diganti secara berkala, karena kualitas oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam.
  4. Penyerap panas
    Ketika mesin dihidupkan, terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk diubah menjadi tenaga. Pada saat yang bersamaan, oli bersirkulasi pada bagain dalam mesin. Ketika oli mesin melewati bagian mesin dengan temperatur tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder, maka panas komponen tersebut akan diserap. Hal ini dapat menjaga temperatur mesin dan mencegah keausan yang berlebihan pada bagian mesin.

Kualitas dari sebuah oli dapat turun seiring berjalannya waktu pemakaian. Untuk itu seharusnya oli mesin diganti secara periodik. Ada berbagai jenis oli yang berada di pasaran dan masing-masing memiliki kualitas yang berbeda-beda. Semakin baik kualitasnya maka semakin lama pula jangka waktu pemakaian oli mesin. Komponen yang biasanya paling sering rusak karena kualitas oli yang buruk adalah bantalan-bantalan (misal : bantalan poros engkol), piston, dinding silinder, dan lain sebagainya. Oli yang tepat bagi kendaraan Anda adalah oli yang dapat memberikan performa paling baik, keawetan mesin paling tinggi, serta harga yang paling masuk akal. Jangan sampai Anda membuang-buang uang untuk membeli oli berspesifikasi tinggi, namun sebenarnya performa mesin yang dihasilkan sama saja dengan oli dengan harga yang lebih terjangkau. Cara paling mudah dan aman adalah mengikuti petunjuk pabrik. Pabrikan mobil telah melakukan riset dan pengujian panjang untuk menentukan spesifikasi sebuah oli. Itu sebabnya genuine oil yang sudah dipilih atau dikeluarkan oleh pabrikan mobil itu akan cocok dengan berbagai kondisi di pengendaraan yang wajar.

Kebanyakan pabrik oli menyarankan olinya diganti secara periodik, ada yang menyarankan setiap 3000 km diganti, 5000 km diganti, dan ada yang 10.000 km baru diganti. Untuk lebih tepatnya bisa tanyakan pada ahlinya ketika Anda pergi ke bengkel. Berikut beberapa akibat terlambatnya mengganti oli mesin mobil :

  1. Pemakaian oli yang sudah lama akan menurunkan kualitas oli, sehingga kualitas dari peran oli sebagai pelumas komponen mesin juga akan berkurang. Sehingga peforma mesin akan turun, BBM lebih boros dan komponen-komponen mesin yang bergesekan akan lebih cepat aus, lebih lanjut lagi akan menyebapkan panas yang berlebihan (over heating) Hal ini akan membuat kepala silinder melengkung, dimana untuk memperbaikinya harus turun mesin dan di selep.
  2. Kondisi diperparah apabila telat ganti olinya sudah lama sekali, misal sudah telat 20.000 km. Dengan begitu biasanya oli juga akan berkurang, bahkan ada juga mobil yang kehabisan oli karena telat ganti oli. Sehingga harus turun mesin karena kerusakan pada bantalan poros engkolnya.

Jika tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada mobil Anda, lakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Mulai dari sekarang, sering-sering lah memeriksa catatan servis ganti oli mobil Anda. Dan apabila sudah jatuh tempo untuk ganti oli, jangan menunda-nunda, langsung pergi ke bengkel dan ganti oli dengan kualitas oli yang terbaik.
  • Periksa jumlah atau kuantitas oli setiap bulan, jika kurang maka ditambah dengan oli yang baru sampai penuh (digaris F pada deep stick oil). Jangan lupa juga untuk mengganti saringan oli, biasanya bengkel merekomendasikan mengganti filter oli setiap 20.000 km.

http://www.otomotifinfo.com/fungsi-oli-mesin.html

http://www.bisaotomotif.com/2015/10/beberapa-akibat-sering-telat-ganti-oli.html

https://artikel-teknologi.com/memilih-oli-mesin-yang-tepat-untuk-mobil-anda/

TIPS MENGENDARAI MOBIL DI TANJAKAN

Apakah Anda pernah menjumpai mobil yang tiba-tiba mundur ketika sedang berada di antrian gedung parkir bertingkat? Tidak seperti mengemudi di jalanan datar, mengemudi mobil di jalan tanjakan lebih sulit dan harus lebih terampil mengemudi apalagi jika mobil yang dikendarai adalah mobil bertransmisi manual atau si pengemudi masih pemula alias baru bisa mengemudi.

Apa bedanya mengemudikan mobil di tanjakan dengan kondisi jalan rata? Tentunya berbeda. Jika kondisi jalan rata, tentu Anda tidak akan banyak melibatkan penggunaan kopling, gas dan rem. Tidak demikian halnya dengan kondisi jalan menanjak. Untuk kondisi jalan tanjakan yang tidak terlalu tinggi, posisi gigi perslening 2 atau 3 sudah mencukupi. Tapi, jika tanjakan cukup tinggi, kondisi gigi perslening baiknya diturunkan ke posisi 1 saja. Kalau tetap dipaksakan, dikhawatirkan mobil tidak akan menanjak, tetapi malah akan turun.

Jika sedang melewati tanjakan dan macet. Maka mau tidak mau, mobil pun harus diberhentikan. Bagi Anda yang baru belajar menyetir, kondisi ini bisa membuat berkeringat dan panas dingin. Bahkan tekadang, saking paniknya mobil malah mundur dan menabrak mobil di belakangnya. Atau ada juga penggunaan cara yang salah, sehingga bau kampas kopling sangat menyengat. Pada prinsipnya jika Anda mengalami hal ini, jangan panik. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya .

Untuk mobil bertransmisi manual :

1. Menggunakan rem tangan

  • Posisikan kaki kiri Anda pada pedal kopling dengan menginjaknya dengan full.
  • Kaki kanan tetap bersiaga menginjak pedal gas.
  • Sementara tangan kiri kita bersiap mengendalikan tuas rem tangan.
  • Saat berhenti, tarik rem tangan dan injak pedal kopling hingga mobil tertahan ditanjakan namun mesin masih hidup.
  • Pastikan posisi gigi ada pada posisi 1
  • Saat akan jalan, tekan lock pada tuas rem tangan dan secara berlahan turunkan rem tangan.
  • Disaat yang bersamaan, injak pedal gas secara hingga sekitar 2000 RPM disertai dengan mengangkat kopling hingga posisi setengah (jangan lepas keseluruhan)
  • Karena kita akan menggunakan sistem setengah kopling, kita harus menjaga RPM mesin diatas 2000 RPM dengan kecepatan mobil yang tidak terlampau tinggi.
  • Saat mobil di depan kembali berhenti, langsung angkat tuas rem tangan dan injak pedal kopling.
  • Hal yang perlu diingat, lakukan langkah pengaturan rem tangan dan kopling secara bersamaan agar mobil tidak mundur.

2. Menggunakan pedal rem

  • Untuk cara ini terbilang cukup sulit sehingga disarankan untuk yang sudah expert mengendalikan mobil manual.
  • Saat mobil terhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri dan injak pedal rem dengan kaki kanan.
  • Ketika akan jalan, pindahkan kaki kanan ke pedal gas sambil langsung menekannya hingga RPM sekitar 2000 dengan cepat.
  • Disaat yang bersaman, angkat pedal kopling pada posisi setengah agar mobil tidak mundur kebelakang.

3. Menginjak pedal rem dan kopling bersamaan

  • Langkah ketiga hanya  bisa dilakukan pada mobil yang memiliki pedal kopling dan rem yang berdekatan.
  • Ketika mobil berhenti di tanjakan injak dua pedal sekaligus yakni pedal rem dan kopling menggunakan kaki kiri.
  • Secara otomatis, mobil berhenti dan mesin masih hidup.
  • Pastikan transmisi ada di posisi gigi 1
  • Saat akan jalan, injak pedal gas hingga sekitar 2.000 RPM dan secara bersamaan, angkat kaki kiri untuk mengangkat kopling dan rem secara berlahan hingga posisi setengah.
  • Hal ini juga akan menimbulkan teknik setengah kopling namun pedal rem juga telah stand by. Sehingga ketika mobil didepan berhenti kita langsung menekan kaki kiri untuk memberhentikan mobil tanpa mematikan mesin.

Dari ketiga terknik tersebut diatas,  teknik yang kedua adalah teknik yang tersulit. Butuh latihan dan keterampilan yang ekstra untuk bisa melakukannya. Bagi Anda masih baru belajar mengemudikan mobil, sangat tidak disarankan menggunakan cara tersebut.

Langkah–langkah diatas ditujukan untuk mobil  bertransmisi manual. Bagaimana dengan mobil bertransmisi otomatis? Mengemudikan mobil matic di tanjakan lebih mudah karena Anda cukup mengendalikan dua pedal yakni pedal rem dan gas. Jika tanjakan cukup tajam atau mengalami macet di tanjakan, rubahlah tuas persneling ke tombol yang ditujukan untuk melalui tanjakan yang curam (tiap mobil matic memiliki kode tombol yang kadang tidak sama). Posisi tersebut juga bisa digunakan jika Anda melalui jalanan yang menurun, karena pengeremannya melalui engine breaking. Anda tidak perlu terlalu sering mengjnjak pedal rem.

Jika merasa belum yakin dengan keahlian Anda melalui tanjakan, sebaiknya hindari hal ini. Karena kemungkinan terjadinya macet di tanjakan tidak dapat Anda hindari. Tidak hanya membahayakan diri Anda sendiri, tetapi juga membahayakan orang lain. Untuk pengemudi pemula, berlatihlah terlebih dahulu melalui jalan tanjakan. Setelah merasa yakin dan berani, baru mencoba di medan sesungguhnya.

http://bintangotomotif.com/tipscara-mengemudikan-mobil-dan-berhentimacet-di-tanjakan/

http://www.autoexpose.org/2017/09/mengemudi-mobil-di-tanjakan.html

KACA FILM, PERLU ATAU TIDAK?

Melihat mobil-mobil yang berseliweran di sekitar kita, nampaknya hampir semua menggunakan kaca film. Bahkan ada yang sangat gelap sehingga sama sekali tidak terlihat dari luar. Bagaimana sebenarnya manfaat dan regulasi mengenai penggunaan kaca film?

Penggunaan kaca film saat ini tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris mobil. Tetapi juga memiliki beberapa manfaat :

  1. Mengurangi intensitas sinar matahari
    Manfaat utama dari pemasangan kaca film pada mobil Anda adalah untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin. Dengan demikian, maka suhu kabin akan terasa lebih nyaman dibandingkan kaca yang tidak dipasang kaca film. Selain itu, paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dan sinar infra merah tentu pada kulit tentu memiliki efek yang kurang baik bagi kulit. Dengan kaca film, kita dapat mengurangi semua risiko tersebut.
  2. Membuat lebih irit BBM
    Meski terdengar tidak berhubungan, namun penggunaan kaca film dengan benar terbukti dapat menghemat konsumsi BBM 10% hingga 20%. Hal ini dikarenakan mobil yang menggunakan kaca film cenderung memiliki kondisi kabin dengan suhu yang lebih baik. Dengan demikian AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk. Kerja AC yang tidak berat ini yang kemudian membuat kerja mesin dan konsumsi BBM tidak terlalu boros.
  3. Fitur keamanan berkendara
    Memang tidak ada orang yang menginginkan mengalami hal yang tidak diinginkan. Namun saat berkendara, apapun bisa saja terjadi. Penggunaan kaca film sangat membantu jika terjadi hal yang dapat menyebabkan kaca mendapat tekanan atau benturan. Lapisan film yang terpasang akan ‘memegang’ pecahan kaca agar tidak berhamburan, apalagi sampai mengenai penumpang. Kaca yang pecah akan tetap merekat pada film.
  4. Menjaga privasi penumpang
    Tidak sedikit orang yang merasa risih jika berada dalam mobil dengan kondisi kaca yang transparan. Atas alasan ini maka orang memasang kaca film yang redup agar tidak terlalu terlihat oleh orang lain. Hal ini juga dapat mejadi alasan keamanan untuk menghindari orang mengintip ke dalam kabin saat mobil parkir. Namun ada pula orang yang memilih kaca film yang tidak terlalu redup. Biasanya hal ini dipilih pemilik mobil yang telah melakukan modifikasi pada interior dan ingin memperlihatkannya.
  5. Tampil lebih keren
    Membuat tampilan kendaraan lebih keren dan modis dengan kaca film juga bisa menjadi alasan Anda harus memasang kaca film pada mobil. Apalagi sekarang sudah banyak model dan warna pada kaca film yang dapat disesuaikan dengan mobil Anda serta modifikasi yang dilakukan.

Banyak orang belum mengetahui bahwa ada beberapa bahan dasar untuk kaca film. Berikut adalah macam varian kaca film dan spesifikasinya :

  1. Bahan metal
    Biasanya tidak terlalu optimal menyerap panas, di beberapa produk berspek seperti ini grade-nya basic. Sebab kandungan bahan ini harganya cukup murah. Jika yang menggunakan jaringan antena mobil di dalam akan dikeluarkan terlebih dahulu.
  2. Nano keramik
    Penggunaaan bahan nano keramik ini melalu proses pencelupan sehingga akan lebih tahan lama masa pakainya. Ada beberapa produk seperti Vkool tipe Super Cool dan Ice Berg. Harganya bervariasi dari Rp 1,8 Juta , Rp 3 juta sampai 6 jutaan.
  3. Organic windows
    Harganya kisaran Rp 1,5 jutaan. Umumnya terdapat dua varian, hitam dan silver dengan kemampuan refleksi ‘sedang’ karena tidak hitam pekat. Ada juga varian lain yang memiliki warna agak kehijauan.

Bagaimana regulasi mengenai penggunaan kaca film? Perihal aplikasi kaca film atau window tint di Indonesia memang diatur secara detail di Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan RI no.22 tahun 2009. Namun kita dapat pula merujuk pada aturan internasional seperti dari Society of Automotive Engginer (SAE), Department Of Transportation US (DOT), Australia Road Safety Standard atau Window Film Association of Australia and New Zealand (WFAANZ) sebagai tambahan referensi. Beberapa poin penting yang tertera :

  • Yaitu tentang tingkat kegelapan yang diperbolehkan dari pemakaian kaca film, rentangnya 35-40 persen. Itupun cuma untuk kaca mobil samping dan belakang. Untuk kaca depan hanya diperbolehkan maksimal 20 persen. Hal ini bertujuan agar pengemudi tetap memiliki kemampuan melihat dengan baik (fine vision ability). Terutama saat harus berkendara malam hari.
  • Pemakaian kaca film pada mobil atau kendaraan bermotor tidak boleh yang berpotensi memantulkan cahaya yang tinggi (high reflective film). Karena dapat menyilaukan pengguna jalan lain sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Jika Anda bingung menentukan jenis kaca film apa yang harus dipilih, maka utamakan seberapa baik kaca film tersebut mampu menyerap panas agar dapat meminimalisir panas kabin, jangan mementingkan sisi gelapnya saja. Kaca film yang terlalu gelap juga akan membuat kualitas pandangan keluar tidak jernih.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02121914/pilih-kaca-film-tidak-bisa-asal-gelap

http://www.asapmobil.com/kaca-film-pada-mobil-apa-manfaat-dan-kegunaannya/

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02121914/pilih-kaca-film-tidak-bisa-asal-gelap

YANG HARUS DILAKUKAN SUPAYA MOBIL TIDAK MENGALAMI OVERHEAT

Pernahkah Anda mengalami mobil mogok di jalan akibat overheat? Pasti merasa panik dan bingung. Biasanya ini terjadi ketika jalanan macet, dan cuaca panas. Mogoknya mobil Anda membuat jalanan makin macet. Menjadi sangat repot karena mobil yang berada di tengah macetnya lalu lintas harus dibawa ke tepi jalan terlebih dahulu, dan butuh bantuan orang lain untuk mendorongnya hinga ke tepi jalan.

Musim panas yang diikuti suhu meninggi pada siang hari, plus macet parah bisa jadi pemicu mesin mobil mendadak panas. Padahal kedua faktor tersebut bukan penyebab utama mesin mobil overheat. Karena dalam kondisi mobil yang fit, suhu panas dan macet yang parah tidak akan menyebabkan mesin mobil overheat. Penyebab terjadinya mesin mobil yang overheat adalah sebagai berikut :

  1. Sirkulasi air radiator kurang lancar
    Sirkulasi air radiator yang kurang lancar biasanya disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Kotoran tersebut menempel di kisi-kisi radiator mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna.
  2. Cairan berkurang
    Salah satu manfaat selalu memeriksa kondisi air sebelum bepergian adalah untuk mengetahui volume air, masih cukup atau berkurang. Jika berkurang cukup banyak (sebotol air mineral 600 ml atau lebih) menandakan adanya kebocoran. Bisa berasal dari selang yang sudah getas, sambungan selang, atau seal dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik.
  3. Motor kipas lemah
    Ketika putaran kipas yang bekerja untuk mendinginkan radiator melemah, maka proses pendinginan pun menurun. Biasanya hal ini teridentifikasi ketika ngebut, temperatur naik, namun ketika pelan suhu cenderung aman. Bisa juga dari kipas tambahan (bagi yang menggunakan), untuk mencari tahu cukup dengan menyalakan AC. Jika ada kerusakan maka kipas tidak akan berputar atau temperatur lambat laun naik.
  4. Kadar oktan
    Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai, biasanya dengan nilai oktan yang lebih rendah, hal ini bisa mengakibatkan mobil knocking (ngelitik). Jika terus dibiarkan maka kecenderungannya mesin akan panas.
  5. Penanggulangan darurat
    Mesin mobil mengalami gejala overheat biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan memperlihatkan peningkatan suhu. Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.

Untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil Anda, lakukan beberapa hal berikut :

  1. Memeriksa kondisi radiator dan kebocoran sistem pendingin
    Bagian yang harus diperiksa adalah upper tank dan lower tank terutama yang terbuat dari bahan plastik. Karena letaknya yang berdekatan langsung dengan mesin yang panas membuat upper tank sering mengalami retak dan mengakibatkan bocornya air radiator.
  2. Memeriksa kondisi tutup radiator
    Pada tutup radiator terdapat karet, yang jika sudah mulai mengeras akan mengakibatkan air pendingin mesin keluar radiator tidak melalui tabung reservoir.  
  3. Menggunakan radiator coolant
    Air radiator yang tidak diberi radiator coolant biasanya akan berwarna kuning, yang disebabkan oleh reaksi antara air yang dipanaskan dan logam. Larutan logam yang timbul seringkali menjadi kerak dan menyumbat saluran radiator.
  4. Memeriksa kondisi slang radiator dan klem slang radiator
    Slang radiator harus diganti jika slang sudah mulai mengeras dan tidak lentur lagi ketika ditekan.
  5. Memeriksa hembusan/kecepatan kipas angin radiator dan kebersihan permukaan radiator
    Kotoran berupa debu atau daun-daun yang terselip akan membuat kerja kipas angin radiator untuk membuang panas radiator menjadi tidak optimal. Jangan lupa untuk mengecek performa kipas angin radiator, masih berfungsi dengan layak atau tidak.
  6. Memeriksa ketinggian oli melalui oli stick
    Fungsi oli mesin selain melumasi mesin-mesin yang bergesekan adalah juga untuk mendinginkan mesin. Pastikan kondisi oli mesin sesuai dengan yang seharusnya.
  7. Memeriksa kondisi v-belt yang memutar water pump
    Jika v-belt sudah nampak retak-retak, segeralah untuk menggantinya. Kondisi yang demikian rawan sekali untuk putus.

Jika Anda mengalami mobil mogok akibat overheat, cobalah untuk bersikap tenang dan tidak panik. Yang harus diingat adalah, hindari untuk memaksa menghidupkan mesin kembali. Biasanya setelah dianggap cukup dingin, Anda akan mencoba menghidupkan mesin. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan, karena saat temperatur dingin, pemuaian mungkin berkurang. Tetapi, komponen tidak akan kembali persis ke bentuk semula. Benturan antar logam akan berlangsung berulang-ulang. Nah, itulah yang pada akhirnya membuat kerusakan lebih parah. Biaya perbaikan pun pasti lebih besar. Jika perlu gunakan mobil derek untuk membawa mobil Anda ke bengkel langganan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

http://otomotif.kompas.com/read/2014/10/01/1600006/Waspadai.Penyebab.Utama.Mesin.Mobil.Panas

https://otomotrip.com/tips-mobil-agar-mesin-tidak-cepat-panas-atau-overheating.html

 

TIPS MENYIAPKAN DANA PENDIDIKAN UNTUK BUAH HATI TERCINTA

Sudahkah Anda menyiapkan dana pendidikan untuk buah hati tercinta? Jika saat ini usia putra-putri Anda masih balita, ini adalah saat yang tepat untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk dana pendidikan mereka. Untuk pendidikan dasar dan menengah, mungkin  masih dapat terjangkau tetapi bagaimana dengan biaya untuk kuliah mereka kelak? Biayanya tidak sedikit lho, jangankan perguruan tinggi swasta, untuk perguruan tinggi negeri pun saat ini biayanya mahal. Sebagai orang tua pasti Anda ingin membekali pendidikan yang terbaik, bukan?

Berikut adalah beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan untuk anak :

  1. Tidak melakukan perencanaan
    Kesalahan dalam merencanakan dana pendidikan anak yang paling fatal adalah tidak melakukan perencanaan. Jika Anda sebagai orang tua, tidak memiliki persiapan dan rencana untuk pendidikan anak, maka Anda sudah melakukan kesalahan fatal.
  2. Terlambat mulai merencanakan
    Keterlambatan tersebut terjadi bukan karena orang tua tidak sadar pentingnya perencanaan, melainkan karena orang tua MENUNDA.  Ciri-ciri penundaan yang sering terjadi :
  • Untuk membeli barang-barang konsumtif. Jika Anda ingin membeli mobil, pertimbangkan untuk memilih mobil yang sesuai budget dan memiliki nilai lebih untuk keluarga.
  • Menganggap masih cukup waktu untuk menabung, karena anak masih kecil
  • Ayah dan ibu saling melempar tanggung jawab tentang dana pendidikan anak

3. Mengabaikan kenaikan harga / inflasi
Ada beberapa orang yang salah melakukan perencanaan dana pendidikan, karena mengabaikan faktor inflasi atau kenaikan biaya pendidikan. Rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia adalah 15% – 20% per tahun

4. Salah menentukan waktu
Terkadang ada orang tua salah menentukan perkiraan antara waktu dan biaya yang dibutuhkan. Pada saat Anda menentukan periode waktu, perlu disesuaikan dengan umur anak saat ini.

5. Menabung atau berinvestasi terlalu sedikit
Kesalahan berikutnya adalah Anda menabung atau berinvestasi terlalu sedikit. Perlu diingat, semua perhitungan keuangan selalu dilandaskan asumsi-asumsi perhitungan. Dalam melakukan perhitungan, idealnya Anda menggunakan asumsi-asumi yang realistis.

6. Berinvestasi tanpa rencana
Selain itu Anda juga perlu mengetahui sebaiknya Anda menabung atau berinvestasi diproduk mana? Berapa jumlahnya? Kapan waktunya? Banyak sekali produk-produk keuangan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak, mulai dari tabungan pendidikan berjangka, deposito, asuransi pendidikan, investasi reksa dana dan produk investasi lainnya.

Sangat penting untuk menentukan produk investasi atau tabungan untuk pendidikan yang tepat. Simak beberapa tahap di bawah ini, yang bisa dilakukan untuk merencanakan biaya pendidikan anak dengan tepat:

  1. Melihat kondisi keuangan
    Catat dan hitung semua aset yang dimiliki saat ini, baik itu yang berupa dana tunai ataupun berbagai investasi lainnya. Tinjau kembali semua persediaan dana yang dimiliki saat ini, lalu hitung nilai proyeksinya di masa yang akan datang ketika anak akan menempuh pendidikan di bangku kuliah nanti (misalnya 18 tahun mendatang).
    Hal ini akan membantu Anda untuk dapat melihat kemampuan keuangan Anda saat ini, dalam memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang. Jika telah mengetahui kemampuan, maka Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah lagi.
  2. Hitung jumlah biaya pendidikan anak di masa yang akan datang
    Langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan jumlah biaya yang akan dibutuhkan anak untuk pendidikannya di masa yang akan datang. Lakukan hal ini secara bertahap, mulai dari jenjang pendidikan yang paling rendah, hingga kelak anak akan duduk dan menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah. Jumlahnya mungkin akan sangat besar, jadi jangan sampai kaget dengan hal ini.
  3. Hitung kekurangan biayanya
    Setelah melakukan perhitungan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang dan mendapatkan angka yang akurat, maka Anda sudah bisa menghitung jumlah kekurangan dana yang Anda butuhkan untuk hal tersebut. Bandingkan dengan jumlah dana yang dimiliki sekarang, sehingga bisa dengan mudah menemukan nilai kekurangannya di masa yang akan datang.
    Kekurangan inilah yang harus diantisipasi sejak awal, yakni dengan melakukan investasi atau menyiapkan sejumlah dana pendidikan dengan cara membeli produk asuransi pendidikan.
  4. Beri produk asuransi pendidikan yang tepat
    Hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi pendidikan. Anda akan memiliki sejumlah pilihan produk yang dapat dipertimbangkan, tentunya dengan cara mengumpulkan berbagai informasi yang akurat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk yang lainnya, sehingga dapat menemukan dan membeli sebuah produk terbaik yang paling tepat untuk kebutuhan keuangan ini.

Meski asuransi pendidikan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dana pendidikan tersebut, namun produk ini akan sangat membantu untuk lebih mudah dan ringan dalam mengatasi kebutuhan dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Pilih produk yang terbaik, agar kebutuhan dana ini dapat terpenuhi dengan baik di masa yang akan datang.

https://www.finansialku.com/6-kesalahan-saat-merencanakan-dana-pendidikan-anak/

https://www.cermati.com/artikel/khusus-para-orangtua-siapkan-dana-pendidikan-anak-melalui-asuransi-pendidikan



MELINTASI TOL TIDAK BISA LAGI MENGGUNAKAN UANG TUNAI

Sejak tanggal 31 Oktober 2017, pembayaran tol di seluruh wilayah Indonesia tidak bisa lagi menggunakan uang tunai. Pembayaran harus dilakukan dengan menggukan e-money. Kartu e-money (electronic money) adalah kartu yang memiliki fungsi sebagai uang digital. Kartu e-money ini termasuk dalam kartu prabayar yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam media server atau chip. Saldo di kartu e-money adalah nilai dari uang Anda yang tersimpan, uang di e-money bisa digunakan untuk beragam pembayaran di merchant/toko yang menerima pembayaran dengan e-money.

Beberapa keunggulan penggunaan e-money untuk pembayaran tol :

  1. Tidak perlu antre panjang
    Jika Anda sudah terlebih dahulu menggunakan e-money tentu sudah merasakan manfaatnya. Tidak  perlu mengantre panjang di gerbang tol. Gardu tol yang melayani pembayaran tunai cenderung lebih panjang antreannya dibandingkan Gerbang Tol Otomatis (GTO).
  2. Tidak usah membawa uang tunai berlebih
    Kini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengumpulkan “uang kecil” untuk membayar tol, atau membawa uang lebih di dompet. Tinggal isi ulang saja saldo e-money Anda sesuai kebutuhan, maka kartu e-money pun siap dibawa bepergian.
  3. Proses pembayaran cepat
    Karena metode pembayaran yang digunakan cashless, proses transaksi di gerbang tol pun semakin cepat. Ini karena Anda tinggal menempelkan kartu pada gardu tol otomatis dan palang gerbang tol pun akan otomatis terbuka.
  4. Tidak repot mengurus kembalian
    Apabila menggunakan uang pecahan besar untuk membayar tol, pastinya Anda akan menerima dan menunggu uang kembalian. Hal ini terkadang cukup merepotkan jika uang kembalian yang diterima adalah uang receh. Banyak pengemudi yang tidak sempat menghitung uang kembalian tersebut karena harus berkonsentrasi dalam berkendara,  jadi uang kembalian asal diletakkan saja pada dashboard mobil.
  5. Bisa menggunakan E-Toll Pass
    E-Toll Pass merupakan sebuah mesin yang dipasangkan di sisi atas dashboard mobil dekat kaca depan untuk melakukan pembayaran tol secara otomatis. Sehingga, pengemudi tidak lagi repot untuk membuka kaca dan menempelkan kartu e-toll pada gardu tol.
    Sayangnya, belum semua pintu tol menerapkan sistem seperti itu. Mungkin di suatu hari nanti semua gerbang tol sudah dilengkapi dengan sistem tersebut, seiring dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan seluruh pembayaran tol lewat kartu.

Pada awal penggunaan e-money untuk pembayaran tol seperti saat ini tentu mengalami banyak kendala, berikut beberapa tips supaya Anda lebih aman dan nyaman dalam menggunakan kartu e-toll :

  1. Jangan lupa tanda tangan
    Bagi Anda pengguna kartu e-toll jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di bagian belakang kartu e-toll agar tidak tertukar. Pastikan cek kembali kartu Anda setelah membayar tol ataupun pembayaran lainnya agar tidak terjadi kesalahan.
  2. Gunakan kartu e-toll bergambar unik
    Pilihlah kartu –kartu berdesain unik agar kartu Anda susah untuk dipalsukan atau ditukar oleh oknum –oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak akan mudah tertukar dengan kartu milik orang lain.
  3. Tempelkan stiker pada kartu e-toll Anda
    Anda bisa membeli ataupun mendesain stiker-stiker yang menarik, saat ini sudah banyak beberapa store online yang memproduksi stiker untuk kartu e-toll. Dengan menempelkan stiker pada kartu e-toll maka kartu Anda akan berbeda dengan kartu milik orang lainnya. Selain mudah dibedakan Anda juga dapat meminimalisir tertukarnya kartu baik disengaja maupun tidak saat bertransaksi dimana pun.
  4. Selalu cek saldo e-money
    Biasakan untuk selalu mengecek saldo e-money Anda, dengan cara menempelkan kartu Anda di NFC Smartphone Anda. Baik sebelum ataupun setelah penggunaan saldo. Selain untuk mengetahui saldo yang tersedia, Anda juga bisa memastikan tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  5. Membeli dan mengisi saldo kartu e-toll ditempat yang dapat dipercaya
  • Merchant retail, seperti: Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven dan Hypermart
  • Jika Anda ingin mengisi saldo, bisa Anda lakukan di gerai atau ATM yang berlogo e- money dan merchant retail yang telah bekerja sama, seperti Indomaret, Alfamidi/Alfaexpress, Alfamart dan Circle K

6. Berikut adalah e-money yang dapat digunakan sebagai kartu e-toll :

  • E-Toll Card BPJT. Merupakan e-money keluaran Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
  • Mandiri E-Money. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.
  • BRI Brizzi. Merupakan e-money keluaran Bank BRI.
  • BNI Tapcash. Merupakan e-money keluaran Bank BNI.
  • BTN Blink. Merupakan e-money keluaran Bank BTN.
  • BCA Flazz. Merupakan e-money keluaran Bank BCA.
  • Gaz Card. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.
  • Indomart Card. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.

Kenyamanan Anda berkendara di jalan tol semakin nyaman karena tidak perlu lama mengantri di gerbang tol. Bepergian ke luar kota bersama keluarga di akhir minggu jadi makin seru dan hemat waktu. Setiap orang tentu menginginkan kenyamanan berkendara yang makin baik untuk mendapatkan kualitas hidup yang makin baik.

https://www.finansialku.com/e-toll-card-mandiri-e-money/

https://www.cermati.com/artikel/bayar-tol-wajib-gunakan-e-money-berlaku-oktober-2017

http://otomotif.kompas.com/read/2017/09/12/180200415/kendala-transaksi-e-money-ini-solusi-jasa-marga


 

TIPS AMAN NAIK TAXI

Seringkali Anda mendengar tentang berbagai kejahatan yang terjadi pada penumpang taxi. Padahal di kota besar, taxi adalah kendaraan umum yang paling sering menjadi pilihan. Terlebih jika malam hari, dimana kendaraan umum lain sudah tidak beroperasi dan taxi adalah pilihan satu-satunya. Ada baiknya jika Anda adalah wanita untuk tidak naik taxi seorang diri di malam hari. Ajaklah teman yang searah dengan tujuan Anda.

Saat ini selain taxi konvensional, ada juga taxi online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa perbedaan taxi online dan taxi konvensional :

  1. Tarif
    Model transportasi online memberikan kepastian tarif yang harus dibayar oleh konsumennya saat memesan. Hal ini dinilai yang menjadi daya tarik masyarakat untuk menggunakan transportasi berbasis online.
  2. Promo
    Taxi online sering melakukan program promo, hal ini menarik penumpang karena bisa melakukan perjalanan dengan potongan harga, bahkan terkadang gratis untuk jarak-jarak tertentu.
  3. Pelayanan dan keamanan
    Saat ini kedua model transportasi ini memiliki pelayanan yang hampir sama. Namun dari segi keamanan, taksi konvensional dianggap lebih aman karena ada perusahaan yang mengelola taksi tersebut.
  4. ‎Teknologi
    Penggunaan teknologi dan aplikasi telah ada sejak lama, bahkan sebelum adanya model transportasi online. Namun, hal ini kurang dimanfaatkan oleh angkutan konvensional, sehingga saat penggunaan teknologi ini meledak saat ini angkutan konvensional ‎jauh tertinggal.
  5. Tampilan kendaraan
    Transportasi online punya keunggulan dalam hal ini. Lantaran yang dipergunakan adalah kendaraan pribadi atau rental, maka tidak terkesan sebagai angkutan umum. Hal ini menjadi nilai tambah sebagai daya tarik bagi penumpang dari kalangan tertentu.

Tidak ada yang menjamin 100% keamanan penumpang, baik taxi online maupun taxi konvensional. Anda sendiri yang harus lebih awas dan berhati-hati dalam menentukan jenis taxi apa yang Anda pilih. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya perjalanan Anda aman ketika naik taxi, terlebih jika Anda adalah wanita :

  • Untuk taxi konvensional, ada image di masyarakat bahwa armada taxi tertentu dianggap lebih aman dibanding yang lain. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menentukan pilihan.
  • Untuk taxi online : sebelum naik pastikan nomor plat mobil, jenis mobilnya sama dengan yang tertera di aplikasi. Cek pengendaranya dengan menelpon nomernya, kalau perlu telpon di depan orangnya.
  • Setelah membuka pintu, lihat pada pintu apakah pintu dalam kondisi child lock. Apabila iya, batalkan niat Anda naik taxi tersebut, karena berarti pintu sengaja dikondisikan tidak bisa dibuka dari dalam. Tetapi apabila Anda tetap mau naik taxi tersebut, matikan child lock nya, sehingga Anda bisa membukanya dari dalam.
  • Periksa jok belakang mobil sebelum masuk dengan cara menariknya ke depan, apabila bisa bergerak, sebaiknya batalkan niat Anda untuk naik taxi tersebut, siapa tahu ada orang yang bersembunyi di bagasi dan berniat melakukan perampokan terhadap penumpang.
  • Usahakan masuk taxi dari sebelah kanan (kalau memungkinkan), karena ini akan membantu Anda mengecek keamanannya,
  • Apabila di rasa aman, silakan duduk di belakang sopir, tujuannya adalah :
  • Supaya sopir tidak mudah mengawasi Anda.
  • Anda mempunyai cukup waktu untuk bertahan atau untuk kabur apabila si sopir menunjukkan gelagat tidak baik bahkan upaya perampokan, karena posisinya sulit untuk menjangkau Anda.
  • Ada senjata di mobil yang bisa Anda pakai sebagai senjata, yaitu seatbelt sopir yang bisa Anda pakai untuk menahan gerak si sopir bahkan bisa memaksa sopir untuk menghentikan kendaraan.
  • Untuk taxi konvensional : sebelum tutup pintu, cek kartu anggota, apabila tidak sama, batalkan niat Anda untuk naik taxi tersebut. Bila dirasa sudah aman, langkah berikutnya adalah foto nomor lambung taxi, kirimkan nomor lambung taxi ke saudara atau teman, kalau perlu send location ke mereka.
    Untuk taxi online : Bila dirasa sudah aman, langkah berikutnya adalah print screen order Anda, kirimkan print screen order ke saudara atau teman, kalau perlu send location ke mereka.
  • Saat ini semua kamera sudah bisa memotret dan rekam video, kalau Anda merasa perlu, bilang kepada sopirnya mau foto/rekam wajahnya.  Apabila sopir memang berniat jahat, pasti dia tidak mau di foto atau direkam, dan memilih tidak mengangkut Anda, berarti Anda aman dan selamat.

Semua tips diatas dapat Anda lakukan kurang dari 3 menit. Luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan hal tersebut diatas supaya perjalanan Anda aman dan selamat sampai ke tempat tujuan. Tidak hanya berkendara dengan kendaraan pribadi yang dapat memberikan kenyamanan, tetapi tentunya setiap orang menginginkan moda transportasi yang dipilihnya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan, bukan?

http://bisnis.liputan6.com/read/2689374/5-fakta-taksi-online-vs-konvensional

http://www.otakpenjahat.com/penjahat-jalanan/tips-aman-naik-taxi-konvensional-dan-taxi-online/

TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS

Anda berencana membeli mobil? Hampir setiap orang tentunya ingin membeli mobil yang baru, tetapi kondisi keuangan tiap keluarga berbeda-beda. Membeli mobil pun harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Tidak perlu berkecil hati, sebab membeli mobil bekas pun tidak jadi masalah, selama Anda mengetahui tips yang tepat sehingga Anda membeli barang yang berkualitas, meskipun bekas.

Berikut beberapa tips nya : 

  1. Periksa berapa kilometer yang sudah ditempuh
  • Periksa pencapaian kilometer pada meter dashboard kemudian lihat juga tahun dan bulan pembelian mobilnya, kemudian asumsi rata rata pemakaian setiap hari mobil berjalan (100 kilometer) langsung bisa menaksir yang tertera di meternya masih asli atau sudah diubah.
    Kalau mendapat informasi rajin service di bengkel resmi malah lebih mudah mendapat data KM terakhirnya.
  • Kalau ada gantungan penggantian oli mesin coba perksa KM terakhir penggantian oli mesinnya.

2. Memeriksa bagian mesin

  • Periksa ruang mesinnya bagian atas dan bawah dalam kondisi bersih atau banyak debu & kebocoran oli.
  • Periksa jumlah oli mesin dan kualitas oli mesinnya dengan merasakan kelengketan dan baunya.
  • Kemudian mesinnya di hidupkan dengarkan saat hidup pertama apakah ada suara suara yang abnormal (Idling)
  • Naikkan rpm sampai 3.000 kemudian dengarkan kembali apakah ada suara yang abnormal
  • Gas mesin dengan tiba tiba sampai 5.000 rpm sesaat dan lepas kembali ke posisi idle periksa pada gas buang knalpot apakah ada warna putih atau bersih gas buangnya , dengarkan juga bunyi pada mesinnya. Kalau gas buang berwarna putih dan ada bunyi abnormal pada mesin indikasi sudah terjadi keausan atau kebocoran oli mesinnya (mesin kurang baik kondisinya).

3. Lakukan test-drive

  • Apakah mesin ada bunyi bunyi yang abnormal (ngelitik) berarti ruang bakarnya sudah kotor banyak kerak perlu tambahan biaya perawatan mesin .
  • Tenaga mesin terasa berat. Saat test jalan ini juga bisa di rasakan masuk gigi perpindahannya mudah atau sulit masuk ( 1,2,3,4-5 / R ) Manual atau Matic.

4. Saat melakukan test drive mobil bekas, perhatikan beerapa hal ini :

  • Jangan menyalakan audio dll saat melakukan test drive , supaya Anda dapat merasakan kondisi mobil.
  • Rasakan saat mulai jalan dari 0 – 50 km/jam apakah ada hal hal atau suara suara yang tidak normal.
  • Rasakan saat kecepatan 50 – 120 km / jam biasanya akan terdengar suara ( ban , bearing roda , gardan , transmisi ) apabila kondisinya kurang bagus akan timbul bunyi.
  • Saat kecepatan 120 km/jam di jalan tol rasakan juga apakah mobil dalam kondisi limbung atau mengayun ayun dengan keras, bila terasa maka aka nada tambahan biaya perbaikan shock absorber atau ban.
  • Pilih kondisi jalan yang bervariasi antara aspal, beton, con block dan jalan yang berlubang sambil dengarkan apakah ada bunyi pada bagian bawahnya untuk memastikan bagian kaki kakinya dalam kondisi baik.

5. Saran dan tips lainnya untuk membeli mobil bekas

  • Pastikan surat surat BPKB & STNK asli sesuai antara nomer mesin dan chasisnya
  • Cari mobil bekas yang jelas asal usul histori perbaikannya
  • Cari mobil bekas yang mulus atau asli dan body nya tidak bekas tubrukan, kebanjiran,atau karatan karena biaya perbaikan body lebih mahal dibandingkan dengan komponen mobil lainnya
  • Cari tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya
  • Cari referensi teman, saudara yang sumbernya jelas

Berikut adalah beberapa kesalahan yang pada umumnya dilakukan jika membeli mobil bekas :

  • Tidak mempelajari riwayat mobil
    Tampilan fisik mulai dari cat hingga keaslian bodi penting diperhatikan. Namun, hal yang jauh lebih penting untuk dicermati adalah riwayat mesin. Pastikan bahwa pemilik lama mobil itu rajin merawat mulai dari ganti oli, filter, hingga mengganti komponen yang rusak.
  • Melakukan test drive sekadarnya
    Kerusakan atau ketidakberesan mesin mobil belum akan terasa saat mobil dijalankan dalam beberapa ratus meter. Permasalahan di mesin atau komponen lain, baru akan terlihat saat mobil menempuh beberapa puluh kilometer.
  • Menuruti emosi sesaat
    Pembeli sering kali hanya menuruti emosi sesaat. Mereka umumnya langsung menjatuhkan pilihan dan menyatakan oke saat tampilan mobil yang diincarnya bagus, dan sekilas kondisi mesinnya tidak bermasalah.
  • Tidak memikirkan biaya perawatan
    Membeli mobil bekas terkadang tak ubahnya membeli persoalan orang lain. Apalagi jika mobil yang Anda beli sudah berusia di atas 5 tahun.

Supaya Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, sebaiknya ajaklah orang yang memahami seluk beluk mesin mobil. Ajaklah montir yang terpercaya, sehingga mobil yang Anda pilih adalah mobil yang berkualitas meskipun mobil bekas. Atau Anda dapat memilih Wuling sebagai mobil pilihan keluarga?

https://otomotif.tempo.co/read/885850/tip-membeli-mobil-bekas-ini-yang-harus-diperhatikan

https://otomotif.tempo.co/read/308180/empat-kesalahan-saat-membeli-mobil-bekas

Wuling Beri Bantuan Fasilitas Pendidikan di Cikarang

Bentuk kontribusi Wuling untuk mendorong kemajuan pendidikan

Cikarang, 20 Desember 2017 – PT SGMW Motor Indonesia, pemilik brand Wuling Motors (Wuling), memberikan bantuan fasilitas sekolah kepada SD Negeri 03 Sukamahi, Cikarang Pusat pada 18 Desember 2017 lalu. Kegiatan yang terlaksana melalui kerja sama dengan PT SAIC International Indonesia, PT Puninar Anji NYK Logistics Indonesia (PANLI) serta PT ShuangYing International Indonesia ditujukan untuk mendorong kemajuan pendidikan dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan. Bantuan fasilitas ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan (Sustainable CSR).

Dalam acara yang dihadiri oleh Komandan Kodim 0509/Kab. Bekasi Letkol. ARH. Henri Yudi Setiawan, S.I.Pem., Ketua PGRI Cikarang Pusat Endah Sulyana, perwakilan UPTD Kecamatan Cikarang Pusat dan komite orang tua siswa SD Negeri 03 Sukamahi, Wuling Motors memberikan bantuan fasilitas yang berupa ratusan set meja dan kursi untuk siswa, rak buku, lemari dokumen, papan tulis dan peralatan untuk pengecatan ulang dan renovasi sekolah.

Vice President Wuling Motors David Chen mengatakan, “Peningkatan kesejahteraan tidak hanya dapat terlaksana melalui jalur ekonomi semata. Kami percaya bahwa dalam jangka panjang, dukungan untuk pendidikan tidak hanya akan memperluas pengetahuan, namun juga dapat menyejahterakan masyarakat.” Program ini sesuai dengan nilai-nilai Perusahaan, yaitu ‘Learning and Innovation’, dimana Perusahaan percaya bahwa proses pembelajaran yang berkelanjutan akan bedampak pada kesuksesan Perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SDN 03 Sukamahi, Jumsari memberikan apresiasinya terhadap bantuan yang diberikan oleh Wuling Motors, PT SAIC International Indonesia, PT Puninar Anji NYK Logistics Indonesia (PANLI) dan PT ShuangYing International Indonesia. Demikian halnya yang disampaikan Ketua PGRI Endang Sulyana yang menyatakan bahwa apa yang dilakukan keempat perusahaan ini patut menerima apresiasi setinggi-tingginya atas kepedulian terhadap sektor Pendidikan di Indonesia.

Seusai membuka tirai pada papan di depan sekolah sebagai simbol penyerahan bantuan, David Chen, Jumsari, para pimpinan perusahaan serta tamu undangan melakukan kunjungan ke dalam ruang kelas untuk mengecek fasilitas belajar yang telah diserahterimakan kepada pihak sekolah. “Dengan kontribusi fasilitas belajar yang memadai, kami berharap anak-anak dapat belajar dengan lebih semangat untuk menjadi generasi muda yang cerdas dan berpendidikan demi masa depan Indonesia yang lebih baik,“ tambah Mr. David.

Wuling Motors Umumkan Nama MPV Keduanya Di Akhir Tahun 2017

Wuling memperkenalkan seri terbaru dari lini produk MPV, Wuling Cortez

Sentul, 18 Desember 2017 – Wuling Motors (Wuling) hari ini secara resmi mengumumkan nama produk MPV keduanya untuk pasar Indonesia yakni Cortez, pada acara ‘Media First Impression and Year End Gathering’ di kawasan Sentul, Jawa Barat.  Selain mengumumkan nama produk, Wuling juga memberikan kesempatan eksklusif kepada 28 awak media yang hadir untuk mencoba Wuling Cortez secara perdana di Sirkuit Internasional Sentul.

Nama Cortez memiliki sinonim dalam bahasa inggris yakni respectful, graceful dan courteous. Dengan membawa nilai-nilai tersebut, Wuling dengan bangga mengumumkan Cortez sebagai the New Choice of MPV untuk Indonesia.

“Cortez hadir sebagai pilihan baru untuk pelanggan di kelas MPV di Indonesia. Hal ini yang menjadi landasan mengapa Cortez memiliki fitur lengkap untuk kelasnya. Mobil ini dilengkapi dengan pilihan fitur baru, kenyamanan berkendara yang baru, dan rasa elegan yang baru. Secara singkat, Cortez adalah The New Choice of MPV bagi konsumen untuk Drive For A Better Life,” jelas Cindy Cai, Vice President VSSM Wuling Motors.

Wuling menyediakan 7 unit Wuling Cortez berkonfigurasi 7-seater (captain seat) dalam acara ini. Perihal data spesifikasi, MPV kedua Wuling ini mengusung mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.800 cc. Kompetensinya memproduksi tenaga 129 HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 Nm di 3.600 hingga 4.600 rpm yang dipadukan dengan transmisi i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission).

Selama mencoba di area sirkuit, rekan media diajak untuk merasakan berbagai fitur yang dimiliki The New Choice of MPV Wuling Cortez. Fitur-fitur tersebut ialah Automatic Vehicle Holding (AVH) yang berfungsi untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun, ataupun datar dan Electronic Stability Control (ESC) yang berfungsi untuk menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali.

Selain itu, fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) merupakan kombinasi sistem pengereman canggih untuk mencegah roda terkunci dan kehilangan kendali di permukaan jalan yang licin, mendistribusikan gaya pengereman kendaraan, serta membantu daya pengereman agar lebih maksimal. Terakhir, fitur kamera belakang yang dilengkapi dengan 2 sensor depan dan 4 sensor belakang untuk memudahkan memarkir kendaraan.

Mengenai waktu peluncuran Wuling Cortez, Cindy Cai mengatakan “Mohon tunggu kejutannya pada kuartal pertama tahun 2018 nanti.”