Mengkilap atau Tidak?

Bagi kebanyakan pemilik mobil, tampil berkilau dan bersih bersinar adalah hal yang hakiki. Apalagi jika mobil yang dimiliki adalah keluaran tahun lama, tapi ingin selalu terlihat seperti baru. Jadi, ke mana pun pergi mobilnya akan selalu menjadi pusat perhatian. Adakah yang sudah pernah memoles mobilnya?

Teknik poles mobil ini biasa disebut auto detailing. Ada beberapa tahapan yang perlu keluarga Wuling perhatikan di saat hendak melakukan teknik ini, baik dilakukan sendiri atau pun dengan bantuan teknisi yang lebih ahli, yaitu:

  1. Mencuci

Tentunya hal utama yang perlu dilakukan agar mobil selalu terlihat bersih adalah dengan mencucinya. Bayangkan segala macam debu dan air hujan serta zat-zat kimia lainnya yang dihadapi mobil dan membuatnya terlihat kusam. Namun, ingat, mencuci mobil pun harus dilakukan dengan teknik dan peralatan yang benar, jika salah, maka tampilan mobil malah akan jadi semakin parah. Jangan menggunakan sembarang sabun, tetapi carilah sampo khusus mobil sehingga kualitas cat mobilmu tetap terjaga.

  1. Koreksi cat

Saat mobil melaju di jalan, banyak sekali benda yang menyerangnya dari segala sisi; sinar UV dari matahari, air hujan, kerikil, ranting pohon, bahkan mungkin pengendara lain yang mengemudi dengan gradak-gruduk di sisi kanan kirimu. Kemudian saat kamu perhatikan sudah ada baret-baret di beberapa bagian bodi mobil atau efek oksidasi dari zat kimia dari air hujan dan garam yang membuatnya terlihat tak sedap dipandang. Di tahap inilah kamu akan membutuhkan kemampuan tenaga ahli untuk melakukan teknis compounding, polishing, serta glazing. Tujuan utamanya adalah membuat cat mobil tetap bagus dan melindungi bagian logam pada bodi mobil agar tidak karatan atau berkorosi. Melalui tiga teknik tadi, cat pada bodi mobilmu akan dilapisi dan kembali disempurnakan supaya terlihat tetap kinclong dan menarik.

  1. Proteksi

Setelah mobil dikoreksi catnya, maka tampilan pun akan kembali kinclong, namun hal itu tidak cukup, karena lapisan catnya belum diberikan pelindung. Lantas perlindungan seperti apakah yang baik atau disarankan untuk mobil Wulingmu? Wax atau sealant adalah bahan yang paling umum digunakan untuk melindungi tidak hanya mobil mobilmu, tapi juga ke ban dan kaca mobilmu, sehingga debu tidak mudah menempel. Kini, para penyedia jasa proteksi cat mobil akan menawarkan jenis perlindungan baru, yaitu nano ceramic coating. Bedanya terletak di kualitas; jika wax atau sealant mampu memberikan perlindungan dalam jangka waktu bulanan, maka nano ceramic coating mampu meberikan perlindungan hinggu setahun lebih. Fungsinya lebih kuat dan mampu memberikan efek hidrofobik (seperti efek daun talas yang menolak air), lebih tebal proteksinya sehingga mampu melindungi dari asam alami seperti zat kimia dan garam dari air hujan, dan tentunya melindungi dari sinar UV yang dapat menyebabkan oksidasi pada permukaan mobil. Seiring majunya teknologi, kini juga sudah ada jenis coating yang dinamakan clear bra—ini adalah sejenis plastic film yang bertugas mengamankan permukaan cat mobil dari segala kemungkinan baret dari kerikil, namun jenis pelapisan ini tegolong cukup mahal.

  1. Perawatan

Perawatan harus rajin dilakukan secara berkala, jadi pastikan jika kamu memiliki mobil maka kamu juga memiliki waktu yang cukup untuk berduaan dengan si mobil di tempat jasa cuci mobil dan detailing. Biasanya yang akan dilakukan di tempat jasa detailing untuk tujuan perawatan adalah memberikan efek last touch dan koreksi cat lagi jika diperlukan. Biasanya per enam bulan sekali adalah periode yang minimal untuk kunjungan ke tempat jasa detailing.

Semua perawatan ini pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka pastikan kamu kumpulkan informasi dari kanan kiri tentang alternatif tempat pelayanan jasa cuci mobil dan auto-detailing (biasanya ada yang sudah menjadi satu) yang tidak hanya terjangkau tetapi juga informatif tentang kebutuhan perawatan mobilmu. Poles terus mobil Wulingmu agar kelima berliannya tetap mengkilap!

Merawat Ban Mobil

Hal paling menyenangkan saat berkendara dengan mobil pribadi adalah kamu bisa menentukan sendiri kapan mau berangkat, ke mana ingin pergi, dan barang apa saja yang mau dibawa. Namun, harus disadari bahwa yang terpenting bukan hanya menjaga kebersihan kabin mobil dan menjaganya agar tetap wangi, tetapi kita juga perlu selalu menjaga performa mobil di sisi eksterior. Mesin sudah pasti kita rawat secara berkala, begitupun kebersihan bodi mobil.

Yang menyebalkan adalah sesaat setelah cuci mobil, lalu cuaca di langit berubah mendung. Rasanya ingin sekali mobil ini kita bungkus jas hujan. Selain mesin dan bodi, yang harus kita pastikan selalu berfungsi dengan baik adalah ban mobil. Satu saja dari empat roda ini bermasalah maka perjalananmu yang telah kamu atur sedemikian rupa bisa rusak seketika.

Perkara ban mobil yang paling utama adalah ban botak/gundul dan tekanan angin yang tidak seimbang. Tentunya di Wuling kami punya beberapa tip dan trik agar ban mobilmu tetap di kondisi prima dan senantiasa berfungsi maksimal di saat kamu membutuhkannya. Ikuti beberapa hal di bawah ini:

  1. Ban botak

Tentunya semakin sering mobilmu dibawa bepergian, pasti permukaannya juga akan mengalami kebotakan dan penipisan. Jika ini terjadi maka kemungkinan slip semakin besar terjadi, terlebih di jalanan yang basah saat hujan misalnya. Salah satu trik untuk mengatasinya adalah menukar ban di depan ke belakang. Saat berjalan, maka ban depanlah yang lebih sering mengalami gesekan dengan permukaan jalan, apalagi saat direm dan berbelok—sementara ban belakang cenderung mengikuti pergerakan ban depan saja. Standarnya kamu bisa mempraktikkan ini setiap jarak tempuh 5.000 km. Dengan demikian frekuensi kamu menggesek kartu untuk membeli ban baru semakin berkurang dan kamu bisa tersenyum lebih lebar.

  1. Tekanan yang aman

Memastikan agar setiap ban sudah terisi dengan tekanan yang dianjurkan menjadi penting karena kamu pasti tidak ingin sisi mobil tinggi sebelah atau kurang empuk saat berjalan. Jika tekanan terlalu rendah, maka gesekan antara ban dan permukaan jalan akan semakin kuat dan ban pun akan lebih cepat panas, sehingga kemungkinan botak pun bisa lebih cepat terjadi. Sedangkan jika ban dipompa berlebihan, maka kemungkinan slip saat berjalan mungkin terjadi, karena permukaan ban yang menyentuh jalanan lebih sedikit. Jika kamu membawa penumpang terlalu banyak dan barang bawaan yang terlalu berat juga akan berpengaruh ke tekanan ban mobil. Lalu, bagaimana cara termudah untuk mengecek tekanan apakah sudah pas atau belum? Di seri Confero S, Wuling sudah menyediakan fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang bisa diakses di layar MID (Multi Information Display) yang terletak di antara kedua odometer. Bagaimana mobil Wuling bisa secanggih ini? Tutup pentil pada setiap ban mobil Wulinglah yang menyimpan sensor yang kemudian dibaca sistem dan disajikan di layar MID tadi.

  1. Perawatan berkala

Ini adalah faktor terpenting dalam berkendara. Setiap sisi mobil sangat-sangat perlu untuk dirawat secara berkala. Ban pun perlu untuk selalu dicek kesehatannya secara rutin. Perawatan paling sederhana adalah dengan mengecek sendiri kebersihan banmu—cek apakah ada batu kerikil yang terselip di celah kembangannya, cek apakah kamu baru saja melewati jalur berlumpur, baru kemudian bawalah ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih rutin dan teliti.

Terakhir, pastikan untuk bertanya ke tenaga penjual Wuling di showroom terdekat apakah ban kamu termasuk yang digaransikan atau tidak. Karena bagi Wuling, kualitas kehidupan pelanggan untuk menjadi lebih baik adalah harapan yang ingin selalu diwujudkan untuk masyarakat Indonesia.

Wuling Mulai Membuka Pemesanan Wuling Cortez

Wuling berikan program penawaran khusus untuk pemesan perdana Cortez

Cikarang, 8 Januari 2018 – Wuling Motors (Wuling) sudah mulai membuka keran pemesanan untuk Wuling Cortez, The New Choice of MPV, yang merupakan produk kedua Wuling setelah seri Confero. Pilihan baru dari Wuling yang hadir pada segmen medium MPV ini dapat dipesan di seluruh diler resmi Wuling.

“Kami membuka pemesanan Wuling Cortez untuk memberikan pengalaman yang istimewa bagi pelanggan untuk dapat memiliki pilihan baru dari Wuling. Dapatkan berbagai penawaran khusus dengan mengunjungi diler resmi Wuling terdekat dan melakukan pemesanan produk kedua kami,” kata Vice President of Vehicle Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors Cindy Cai.

Meskipun Wuling Cortez belum diluncurkan secara resmi, pelanggan sudah bisa melakukan pemesanan. Konsumen yang melakukan pemesanan perdana Cortez sebelum peluncuran resminya akan memperoleh promo khusus berupa aftersales voucher senilai Rp3.000.000 serta perpanjangan masa garansi umum kendaraan menjadi 5 tahun, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Produk MPV kedua Wuling sendiri mengusung mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.800 cc. Kompetensinya memproduksi tenaga 129 HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 Nm yang dipadukan dengan transmisi i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission) yang diproduksi khusus oleh Aisin untuk Cortez. Transmisi i-AMT ini memiliki dua mode berkendara, yaitu E dan S yang merupakan singkatan untuk Eco dan Sport. Untuk varian, MPV kedua Wuling ini nantinya akan memiliki 2 tipe, yakni Cortez 1.8 C dan Cortez 1.8 L.

Wuling Cortez menonjol di kelasnya dengan fitur berlimpah seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), Airbag, Head unit 8”, tombol pengendali fungsi audio dan panggilan telepon via Bluetooth di kemudi, serta Sunroof dan fitur-fitur lainnya.

“Dengan dibukanya keran pemesanan disertai oleh program ini, kami berharap dapat memberikan kemudahan serta nilai lebih bagi pelanggan untuk mendapatkan produk kami. Semua ini sejalan dengan semangat kami untuk Drive For A Better Life,” tambah Cindy Cai.

Menguatkan komitmen dan layanan kepada konsumen di Tanah Air, Wuling berencana untuk mengembangkan jaringan penjualan dan layanan purna jualnya menjadi 80 jaringan 3S (Sales, Service, Spare Part) pada tahun ini. Pada 2017 lalu, tercatat Wuling sudah memiliki 50 outlet resmi.