Pesta Para Pecinta Modifikasi

Hobi modifikasi adalah hal yang lumrah di kalangan para pecinta mobil. Biasanya tingkat pergaulan berbanding lurus dengan selera gaya dan kepiawaian bermain modifikasi pada mobil. Terlepas dari umur, namun mereka yang sering disebut ‘anak mobil’ ini senang sekali berkumpul, biasanya terbentuk dari suatu komunitas atau malah berkumpul menjadi suatu komunitas sendiri. Kini para individu pecinta modifikasi dan juga teman-teman satu komunitas bisa ikut bersenang-senang di ajang modifikasi internasional yang akan diadakan di Tanah Air. Acara yang sedianya akan membuat gebrakan di bulan November 2018 ini akan diberi nama Indonesia Modification Expo (IMX). Acara ini digagas oleh Asosiasi Pemodifikasi dan Aftermarket atau National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Di awal tahun, tepatnya 10 hingga 12 Februari 2018, NMAA sudah mulai menjajal gagasannya dengan tampil di Osaka Automesse. Dengan mengusung tema Great Indonesia, Andre Mulyadi sebagai founder NMAA menyatakan bahwa usaha asosiasi melalui acara ini adalah untuk memamerkan mereka aftermarket asli Tanah Air, serta menampilkan hasil modifikasi seniman dalam negeri agar bisa lebih banyak dilihat oleh dunia. Osaka Automesse sendiri adalah sebuah perhelatan ‘Car and Customizing Motor Show’ yang diadakan di Kansai dan setiap tahunnya menjaring paling tidak 200.000 pengunjung. Mulai diadakan sejak 1997, acara di tanggal 10 Februari kemarin adalah perhelatannya yang ke-22.

            Yang sukses diboyong ke Jepang dalam pameran ini adalah unit Mercedes-Benz E250 W212 milik Chandra Kenzo, produk ban local Accelera, suspensi udara Revolt.id, produk lampu Yoong Motor, rumah airbrush Tomy Airbrush, distro otomotif ZC Distromotive, dukungan Bank BJB sebagai bank lokal juga yang turut membantu menyukseskan berjalannya pameran Great Indonesia ini. Acara serupa di Jepang sebenarnya sudah banyak sekali, seperti Nagoya Auto Trend dan Fukuoka Custom Car Show. Sementara di belahan bumi lain ada SEMA Motor Show yang tahun lalu didaulat di Las Vegas.

SEMA Motor Show ini adalah perayaan produk aftermarket terbaik dan modifikasi tergila dari Amerika dan sekitarnya. Walaupun Anda tergiur dengan mobil yang dipajang di acara ini, sayangnya sebagian besar tidak dijual. Uniknya, para producen mobil menjadikan acara ini sebagai ajang survey mereka—artinya jika ada yang menjadi ketertarikan pasar, biasanya mereka akan memproduksi versi sejenis. Jika Amerika dirasa terlalu jauh untuk berpartisipasi, mungkin keluarga Wuling bisa mulai melirik negara tetangga. Di Thailand juga diadakan acara serupa, yaitu Bangkok International Auto Salon. Perhelatan di Bangkok berani menjulukki dirinya sendiri sebagai ASEAN’s Biggest and Most Exciting Modified Car Show. Pesta megah bagi para pecinta modifikasi ini akan diadakan tanggal 4 hingga 8 Juli 2018.

Menyambut IMX yang rencananya akan diadakan di November 2018 nanti, kira-kira sudah ada ide modifikasi apa dari keluarga Wuling untuk mendandani seri Confero dan Corteznya agar tampil lebih keren dan seru? Bersiaplah dari sekarang, mumpung masih ada jarak 9 bulan ke depan. Semangat drive for a better life!

 

 

http://otomotif.kompas.com/read/2018/01/25/194703715/lagi-modifikator-lokal-bawa-nama-indonesia-go-international

https://www.thesun.co.uk/motors/4816590/sema-motor-show-2017-the-best-modified-cars-on-show-in-las-vegas-from-monster-trucks-to-muscle-cars/

http://www.automesse.jp/en/

Modifikasi Roda: Memahami Standar Sebelum Memenuhi Selera

Ketika modifikasi menjadi suatu hobi, banyak sekali yang bisa dikulik para pecinta otomotif ini. Mulai dari melapisi kap mobil dengan finishing doff dengan tujuan melindungi lapisan cat asli, mengganti knalpot, hingga merombak sound system mobil dengan versi yang paling fancy. Namun yang terutama dan penting ternyata adalah roda. Walaupun mesin dan performa keseluruhan mobil sudah mantap, namun roda memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil saat dikendarai. Keluarga Wuling butuh cengkraman dari bahan karet yang bagus dan berkualitas saat berkendara di jalan.

Ketika membeli mobil dari dealer, tentunya pihak pabrikan sudah melakukan perhitungan dan pertimbangan tertentu agar setiap detail dari mobil tersebut sudah berfungsi sedemikian rupa baiknya agar mendukung performa mobil secara keseluruhan; dari cat mobil, mesin, kaki-kaki, hingga rodanya. Namun terkadang hobi mengulik suku cadang mobil membuat tangan ‘gatal’ untuk bereksplorasi dan menyesuaikan dengan selera pemiliknya.

Ketika awal diluncurkan, Wuling melengkapi seri Confero Snya dengan ban berjenis Champiro Eco 195/60 R15 produksi pabrikan lokal, yaitu GT Radial dari PT Gajah Tunggal, Tbk. Di ajang GIIAS 2017, sebulan setelah peluncuran resminya, Confero S disajikan dengan tampilan lebih trendi. Confero S Sport Family Van saat itu disematkan 2 pasang ban Toyo DRB berukuran 205/55/16 dan dibuat lebih menawan dengan pelek Work Emotion CR 16 inci. Di sini terlihat ban versi pabrikan dengan versi modifikasi hanya berbeda tipis baik itu dari segi lebar, indeks beban, hingga diameter ban/peleknya. Jadi, bisa disimpulkan hasil modifikasi ini terbilang masih dalam ambang aman untuk menahan beban mobil serta daya cengkraman saat berjalan.

Sedangkan pada Cortez, spesifikasi bannya adalah 205/55/R16, sedikit lebih besar dari ‘kakaknya’. Bagi yang suka dengan tampilan roda besar, maka berekspresi dengan Cortez bisa dijadikan pilihan. Namun, sebelum Anda segera melakukan transaksi pastikan bahwa ban yang akan Anda beli memiliki rating AA atau minimal A. Mengingat kondisi alam Indonesia hanya ada panas dan hujan, maka pilihan ban tidak menjadi terlalu sulit ketimbang jika tinggal di area bersalju. Selalu tanyakan kepada dealer ban terpercaya untuk membantu Anda memilih ban yang pas untuk Cortez atau Confero Anda.

Tujuan lain dari modifikasi adalah untuk penyegaran. Terkadang kita sudah terlalu sayang dengan mobil kita, sehingga dari pada menjualnya kita berusaha membuat penyegaran dalam tampilannya agar tetap terlihat menarik. Mengingat ukuran ban mobil yang cukup besar dan tidak semudah ban motor untuk ditambal, maka selalu siap sedia 2 atau minimal 1 ban cadangan yang kompatibel dengan ban lainnya. Ingat juga bahwa normalnya setiap bulan ban mobil akan berkurang tekanannya sebanyak 1 psi, jadi selalu pastikan keamanan berkendara dengan mengecek tekanan setiap ban Anda sebelum beraktivitas. Nah, salah satu keuntungan membeli Wuling adalah keluarga Wuling bisa lansung mengakses informasi tekanan ban melalui layer MID di balik setir kemudi dengan kelebihan fitur TPMS atau Tire Pressure Monitoring System. Untuk info lebih mendalam tentant perawatan ban bisa baca di artikel ini. Lega kan, jika sudah memahami betul nyamannya menggunakan Wuling? Salam untuk keluarga Wuling di rumah dan selalu buat hidup lebih baik!

http://nasmoco.co.id/2011/yang-dianjurkan-dan-tidak-dianjurkan-saat-membeli-ban-mobil/

http://otodriver.com/article/view/giias-2017-wuling-confero-s-versi-modifikasi-hadir-jadi-inspirasi/5_XJtwPwMjfOLfF4zPSG6RRV3yO2GzQ9wRXSnE6Fjn0

https://www.mobil123.com/berita/gt-radial-jamin-kualitas-ban-wuling-confero/46658

 

Wuling Cortez Menyapa Kota Bandung

The New Choice of MPV resmi diluncurkan untuk pasar Jawa Barat 

 

Bandung21 Februari 2018 – Wuling Motors (Wuling) mengakhiri rangkaian acara peluncuran produk keduanya, Cortez, The New Choice of MPV di kota Bandung. Berlokasi di Trans Studio Mall, PT Arista Jaya Lestari, selaku mitra diler Wuling di regional Jawa Barat, juga menghadirkan berbagai program promo menarik bagi pelanggan yang melakukan pembelian selama acara berlangsung.  

 

“Setelah roadshow ke beberapa daerah, kini giliran kami memperkenalkan Wuling Cortez di Bandung. Menurut kami, kota yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta ini, tergolong pasar otomotif yang potensial. Dengan membawa serta Cortez, kami berharap The New Choice of MPV ini dapat menjawab kebutuhan konsumen di wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung akan medium MPV,” jelas Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors. 

 

Perihal spesifikasi mekanisnya, Wuling Cortez dibekali dengan mesin 1.800 cc dengan daya maksimum 129 HP dan torsi 174 Nm. Kemampuan tersebut dihantarkan oleh dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission). Tak hanya itu, pada transmisi i-AMT ini ditawarkan dua mode berkendara yaitu Otomatis dengan pilihan mode Eco (E) serta Sport (S) atau Manual 5-percepatan.  

 

Cortez juga disematkan dengan perangkat keselamatan yang mumpuni, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), Electric Parking Brake (EPB), hingga Electronic Stability Control (ESC). Selain itu, medium MPV ini juga dilengkapi Advanced 8” Entertainment System, Convenient Electric Front Seat Adjuster dan Classy Electric Sunroof yang memastikan kenyamanan berkendara. 

 

Mengenai pilihan warna, terdapat 5 opsi untuk Cortez yaitu Burgundy RedStarry BlackDazzling SilverSand Brown dan Pristine White. Selain itu, pelanggan juga dapat memilih antara dua varian dari medium MPV Wuling ini yaitu Wuling Cortez 1.8C dan Wuling Cortez 1.8L. 

 

Selain mengunjungi peluncuran medium MPV Wuling di Trans Studio Mall Bandung selama 21-25 Februari 2018, pelanggan juga dapat mencoba Cortez dengan mengunjungi diler Wuling Bandung Soekarno Hatta atau diler Wuling Bandung Suci. Bagi konsumen yang tinggal di luar kota Bandung, dapat mendatangi jaringan resmi Wuling di Cirebon dan Cianjur. 

 

Promo Regional Launch Bandung* : 

– Perpanjangan garansi umum menjadi 5 Tahun / 100.000 Km 

– Hadiah langsung untuk pembelian selama acara berlangsung 

– Program cicilan ringan 

*) syarat dan ketentuan berlaku 

 

Harga OTR Wuling Cortez di Bandung : 

Cortez 1.8C 6MT : Rp 223.500.000Cortez 1.8L Lux+ 6MT : Rp 259.500.000 

Cortez 1.8C i-AMT : Rp 233.500.000Cortez 1.8L Lux+  i-AMT : Rp 269.500.000 

Cortez 1.8C Lux+ i-AMT : Rp 238.500.000 

Mempelajari Bedanya Kapasitas Mesin

Bagi keluarga Wuling yang senantiasa mengikuti perkembangan Wuling di Tanah Air tentunya sudah tahu bahwa setelah mengeluarkan seri Confero dengan kapasitas mesin 1.500 cc, kini Wuling resmi memasarkan Cortez dengan kapasitas 1.800 cc. bagi para pecinta mobil tentunya perihal kapasitas mesin ini sudah tidak asing dan paham betul apa bedanya. Namun, kami di Wuling juga ingin menyajikan artikel bermanfaat bagi keluarga baru Wuling yang baru ingin menjajal nikmatnya berkendara dengan Wuling.

Letak utama fungsi kapasitas mesin terhadap kinerja mobil adalah di kemampuannya untuk mengatur tenaga dan kecepatan yang dihasilkan, serta efisiensi konsumsi bahan bakar. Mobil dengan kapasitas 1.500 cc seperti di mesin Confero S mampu untuk dikendarai dengan kecepatan standar dan memadai untuk penggunaan di dalam kota, misalnya dari rumah ke kantor, mall, kampus, dll. Efisiensi konsumsi bahan bakar pun otomatis lebih irit jika dibandingkan dengan mesin berkapasitas 1.800 cc.

Besar ukuran dan bobot mobil serta kapasitas kabin untuk menampung beban juga menjadi penentu seberapa besar kemampuan mesin untuk menghasilkan tenaga. Maka dari itu, mobil dengan ukuran badan yang lebih besar serta lebih berat pasti membutuhkan kapasitas mesin yang lebih tinggi, agar seimbang dengan tenaga yang dihasilkannya. Saat mengendarai mobil dengan kapasitas mesin yang besar, Keluarga Wuling juga harus memastikan apakah ukuran ban yang digunakan sudah cukup untuk menahan beban serta menghasilkan performa yang diharapkan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ban dan velg mobil sebelum memutuskan untuk bermain modifikasi, baca artikel ini ya.

Jika dalam keseharian Anda banyak barang bawaan sehingga menambah berat beban mobil, maka dianjurkan menggunakan cc yang lebih besar (di atas 1.500 cc). Misalnya selain mengangkut orang/penumpang, Anda juga mengangkut benda berat seperti beberapa kwintal karung dagangan, kemudian sering menghadapi medan yang jauh dan menanjak. Namun jika mobil lebih sering digunakan sendiri hingga beberapa orang di dalam kota, maka cukup menggunakan 1.500 cc saja. Karena jika menggunakan cc yang lebih besar, maka tenaga yang dihasilkan akan mubazir, tidak terpakai maksimal dan malah cenderung boros bensin.

Mungkin langkah awal yang bisa Keluarga Wuling lakukan sebelum memutuskan kapasitas mesin mobil Wuling manakah yang pas dengan kebutuhan transportasi sehari-hari, mulailah buat perkiraan dan perhitungan;

  1. Catatlah berapa jam dalam sehari mobil digunakan untuk berkendara.
  2. Seberapa sering Anda menempuh jarak jauh (luar kota, +/-40 km) dalam seminggu.
  3. Bandingkan bobot isi mobil (penumpang atau barang bawaan) apakah lebih sering kosong atau lebih sering penuh dan berat.
  4. Pelajari kebiasaan diri sendiri saat menyetir; apakah Anda tergolong orang yang cukup santai atau sering ngegas – selalu ingat pesan Wuling untuk berhati-hati dalam berkendara, lho.
  5. Perhatikan dana yang ada di kantong Anda; seberapa cukup dana yang tersedia untuk mengisi bensin dalam sebulan dan perawatan berkala mobil Anda. Amati betul pengeluaran ini, karena sering kali kita tidak terasa mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk ‘air minum’ dan ‘dandan’ mobil kita.

Terakhir, pastikan Anda mulai paham dalam melakukan perawatan mobil Anda dengan benar – tidak hanya eksterior, namun juga dari sisi mesin. Perhatikan juga asuransi dan layanan purna jual yang ditawarkan oleh Wuling Motors saat melakukan pembelian agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wuling Cortez Hadir di Surabaya

Produk MPV kedua Wuling, The New Choice of MPV resmi dipasarkan di Kota Pahlawan 

Surabaya19 Februari 2018 – Termasuk dalam rangkaian acara peluncuran The New Choice of MPV, kini Wuling Cortez secara resmi hadir di ibukota provinsi Jawa Timur. Bertempat di Ciputra World, PT Arista Jaya Lestari, mitra diler Wuling di Surabaya, juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mencoba MPV terbaru dari Wuling Motors (Wuling). Ditambah lagi tersedia program promo menarik bagi pelanggan yang melakukan pembelian selama acara berlangsung.  

“Surabaya merupakan pasar otomotif yang terus berkembang. Maka dari itu, kami turut membawa Wuling Cortez dalam rangka menghadirkan pilihan MPV baru bagi pelanggan di kota ini. Dengan mengusung fitur yang lengkap dan kompetitif, kami optimis Cortez dapat disambut hangat oleh konsumen Surabaya,” terang Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani. 

Wuling Cortez didukung dengan mesin 1.800 cc yang bertenaga 129 HP dan torsi 174 Nm. Kompetensi tersebut dipandu oleh dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission). Menariknya, transmisi i-AMT ini menawarkan dua mode berkendara yaitu Otomatis dengan pilihan mode Eco (E) serta Sport (S) atau Manual 5-percepatan.  

Berbicara fitur yang dimiliki oleh Cortez, medium MPV ini dilengkapi dengan perangkat keselamatan yang lengkap seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), Electric Parking Brake (EPB), hingga Electronic Stability Control (ESC). Untuk menunjang kenyamanan selama perjalanan, Cortez disematkan Advanced 8” Entertainment System, Convenient Electric Front Seat Adjuster dan Classy Electric Sunroof. 

Wuling menawarkan Cortez dalam 5 pilihan warna yaitu Burgundy RedStarry BlackDazzling SilverSand Brown dan Pristine White. Selain itu, pelanggan juga dapat memilih antara dua varian dari medium MPV Wuling ini yaitu Wuling Cortez 1.8C dan Wuling Cortez 1.8L. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wuling Cortez, pelanggan dapat mendatangi pameran di Ciputra World dari tanggal 19-25 Februari atau mengunjungi diler Wuling Surabaya HR Muhammad dan Wuling Surabaya Tunjungan. Sedangkan untuk diluar Surabaya juga terdapat jaringan resmi Wuling lainnya yang tersebar di Jawa Timur, yakni Malang, Sidoarjo, Gresik, Kediri, Mojokerto, Jember dan Banyuwangi. 

Promo Regional Launch Surabaya* : 

– Perpanjangan garansi umum menjadi 5 Tahun / 100.000 Km 

– Bunga 0% untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan 

– Hadiah langsung untuk pembelian selama acara berlangsung 

*) syarat dan ketentuan berlaku 

 

Harga OTR Wuling Cortez di Surabaya dan Jawa Timur : 

Cortez 1.8C 6MT : Rp 226.000.000Cortez 1.8L Lux+ 6MT : Rp 262.000.000 

Cortez 1.8C i-AMT : Rp 236.000.000Cortez 1.8L Lux+  i-AMT : Rp 272.000.000  

Cortez 1.8C Lux+ i-AMT : Rp 241.000.000

Pilihan Baterai Mobil

Di awal kemunculan mobil belum menggunakan teknologi ini, karena adanya keterbatasan teknologi pada masa itu. Untuk klakson saja menggunakan bel/lonceng dan lampu depan menggunakan tenaga gas. Baru semenjak tahun 1971 baterai untuk mobil mulai diciptakan.

Jenis aki pun sudah mulai beragam semenjak itu. Setiap produsen otomotif memungkinkan agar mobilnya bisa disuplai tenaga dari aki kering atau pun basah, tergantung kebutuhan pemilik/pengguna kendaraan. Selain itu, jenis aki sendiri ada yang primer (sekali pakai, kemudian buang) dan sekunder (bisa diisi ulang). Bagi yang sudah akrab dengan permesinan mobil dan memang pecinta otomotif mungkin hal ini sudah tidak asing, namun bagi Keluarga Wuling yang baru mulai mengenal otomotif, ini adalah artikel yang bermanfaat agar bisa memilih aki dengan benar.

Sebagai perkenalan, baterai basah mendapatkan tenaganya dari elektrolit cair, sementara aki kering mendapatkan tenaganya dari zat berbentuk pasta/gel. Kedua zat ini sama-sama merendam sel aki agar tetap bertenaga. Walaupun begitu masing- masing memiliki kelebihannya sendiri yang perlu Keluarga Wuling pahami dari kisaran harga, cara perawatan, dan yang cocok dengan gaya berkemudi Anda.

 

Aki Konvensional

Saat pertama kali dibeli, aki ini akan dalam keadaan kering, dan kemudian perlu diisi dengan cairan elektrolit untuk merendam selnya. Karena wujudnya yang cair, maka lebih mungkin bagi cairan elektrolit ini untuk menguap di kondisi tertentu; misalnya saat suhu udara panas atau dikarenakan panasnya mesin mobil. Menyadari kondisi ini, maka pemakai mobil harus ekstra rajin mengecek kadar cairan di dalam aki dan mengukur kadar batas upper dan lower level cairan elektrolitnya. Jika Anda membutuhkan baterai untuk mobil yang tahan lama dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang sangat panjang, maka aki basah adalah pilihan yang tepat. Namun, harus diingat mengenai perawatannya yang ekstra telaten.

 

Aki MF

Istilah aki MF atau maintenance-free kini mulai dikenal kalangan pecinta otomotif untuk menyebut aki kering – dikarenakan sifatnya yang butuh sedikit sekali perawatan dibanding saudara tuanya si aki konvensional (basah). Seperti yang sudah disebutkan di atas, sel aki jenis ini juga perlu direndam tipe zat yang membantunya untuk dapat terisi tenaga, bedanya zat pada aki MF ini berjenis gel. Jika Keluarga Wuling sering berkendara di area yang jalannya berantakan, sehingga menimbulkan getaran dan guncangan yang cukup sering dan kuat, maka aki MF ini adalah pilihan yang tepat, karena jika zat perendam selnya basah/cair, maka lebih mungkin risiko tumpahan cairan kimia terjadi di saat perjalanan. Masa hidup aki MF ini tergantung dari sisa gel di dalamnya; umumnya aki jenis ini mampu bertahan antara setahun hingga setahun setengah, bahkan bisa dua tahun dengan kondisi perawatan yang tidak perlu bolak balik diisi cairan. Jadi jika mobil Anda menggunakan jenis aki MF ini, Anda bisa menggunakannya sampai benar-benar habis, atau soak, baru kemudian menggantinya dengan yang baru. Dari sisi harga memang lebih mahal, namun sepertinya lebih nyaman dengan minimnya perawatan dibanding yang harus Anda lakukan terhadap aki konvensional (basah).

 

Selain kini Keluarga Wuling memiliki pilihan baru dalam mengendarai MPV dengan hadirnya Cortez, pilihan aki yang tepat untuk mendukung sarana berkendara Anda juga kini bisa dijadikan pertimbangan lebih lanjut. Salam Drive for a Better Life!

 

https://en.wikipedia.org/wiki/Automotive_battery

https://sciencing.com/wet-vs-dry-cell-battery-5510631.html

http://otomotif.kompas.com/read/2017/01/20/162200015/salah.kaprah.soal.aki.kering.dan.basah

http://otomotif.kompas.com/read/2017/06/29/093600315/aki.kering.atau.basah.pilih.mana.

http://jagatotomotif.id/aki-kering-vs-aki-basah-mana-yang-lebih-baik

Pilih Depan atau Belakang?

Roda sebagai penggerak mobil tentunya punya peranan besar untuk menahan beban dan akselerasi saat berkendara. Banyak pabrikan mobil yang menjajal kedua jenis sistem penggerak ini berdasarkan berbagai hasil riset mereka di pasar dan apa yang dianggap paling dibutuhkan oleh target pasarnya tersebut. Perdebatan di kalangan pecinta mobil pun tak terelakkan; banyak pendukung roda penggerak belakang dan banyak pula yang berpendapat bahwa roda penggerak depan jauh lebih bermanfaat untuk keseharian mereka.

Karena misi kami adalah mengajak keluarga Wuling berkehidupan yang lebih baik, maka kami akan sajikan beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih jenis roda penggerak pada mobil pilihan Anda. Hukum fisika sangat berpengaruh di sini.

 

Kebiasaan Berkendara

Hal pertama yang perlu disadari adalah kapan dan di mana Anda memakai mobil Anda; jika lebih sering digunakan dalam kegiatan berkantor sehari-hari dan hanya di dalam kota, maka mobil dengan roda penggerak depan adalah pilhan yang tepat. Dikarenakan kontur jalanan yang cenderung datar dan sering dihadapkan dengan kemacetan, maka sistema penggerak roda depan ini akan sangat membantu dan bermanfaat, karena daya dorongnya dari sisi depan, maka akselerasi yang diciptakan saat mengemudi akan lebih cepat tercipta. Sehingga mobil Anda dapat lebih leluasa bergerak dan laju mobil juga bisa lebih cepat dari saat digas.

 

Fisik Jalanan

Jika Anda sering melalui jalur menanjak, maka roda penggerak belakang adalah pilihan yang lebih sesuai. Karena saat mobil menanjak ada momentum yang perlu diciptakan sehingga mobil mampu menahan beban di sisi belakang sebelum terus melaju ke depan. Namun, di jalan datar dan khususnya di saat basah, misalnya selepas hujan, roda penggerak depan akan lebih bermanfaat agar menciptakan traksi sehingga mobil tidak mudah slip.

 

Keiritan Bensin

Ketika sampai di pembahasan bensin pasti selalu menjadi bagian yang paling dicari oleh Keluarga Wuling. Seperti yang sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya, bahwa keiritan konsumsi bahan bakar tidak hanya ditentukan oleh satu namun berbagai faktor; sistem roda penggerak juga adalah salah satunya. Roda penggerak belakang akan lebih memakan bahan bakar, dikarenakan guna menggerakan roda belakang diperlukan as yang panjang yang berpengaruh kepada berat mobil, sehingga menggenjot konsumsi BBM. Dengan traksi dan akselerasi yang diciptakan roda depan, maka konsumsi bensin pun akan cenderung lebih irit, sehingga membuat mobil dengan roda penggerak depan menjadi pilihan yang lebih tepat.

 

Biaya Produksi

Biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil dengan roda penggerak belakang relatif lebih mahal dibandingkan dengan mobil yang menggunakan roda penggerak depan, sehingga berpengaruh pada harga mobil tersebut saat dijual pertama kali. Mobil dengan roda penggerak depan membutuhkan lebih sedikit komponen mekanis dibandingkan sistema roda penggerak belakang.

 

Wuling selalu semangat dalam memberikan pilihan yang terbaik pada konsumen kami. Dengan dirilisnya Cortez, kini setiap golongan masyarakat diberikan pilihan baru yang lebih beragam untuk memuaskan pengalaman mengendarai MPV. Selalu pastikan untuk memberikan yang terbaik pada keluarga Anda demi kehidupan yang lebih baik.

 

https://www.rentalmobilbali.net/mobil-penggerak-roda-belakang/

https://cars.usnews.com/cars-trucks/fwd-vs-rwd

http://otomotif.kompas.com/read/2017/11/18/102200015/penggerak-roda-depan-vs-belakang-mana-yang-lebih-unggul

Wuling Motors Luncurkan Cortez di Kota Budaya

The New Choice of MPV telah hadir untuk pelanggan Yogyakarta 

Yogyakarta, 14 Februari 2018 – Diawali dengan peluncuran Wuling Cortez di Jakarta pada tanggal 8 Februari lalu dan rangkaian acara serupa di kota-kota besar Indonesia, kini The New Choice of MPV tersebut resmi hadir untuk masyarakat Yogyakarta. Seremoni peresmian produk kedua Wuling Motors (Wuling) diadakan di Jogja City Mall oleh PT Automobil Jaya Mandiri, mitra diler Wuling di Yogyakarta yang juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mencoba MPV terbaru dari Wuling. Ditambah lagi tersedia program promo menarik bagi pelanggan yang melakukan pembelian selama acara berlangsung.  

“Kali ini kami memperkenalkan Wuling Cortez, medium MPV terbaru kami yang dihadirkan sebagai pilihan baru di Yogyakarta. Hal ini merupakan bentuk nyata komitmen kami untuk mendekatkan diri kepada konsumen selaras dengan semangat Drive For A Better Life,” terang Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani. 

Wuling Cortez ditawarkan dengan depot tenaga berkapasitas 1.800 cc dan daya 129 HP serta torsi 174 Nm. Spesifikasi tersebut didukung dengan dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission). Ditambah lagi, transmisi i-AMT ini menawarkan dua mode berkendara yaitu Otomatis dengan pilihan mode Eco (E) serta Sport (S) atau Manual 5-percepatan.  

Perihal fiturnya, The New Choice of MPV ini memiliki peranti keselamatan yang lengkap seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), Electric Parking Brake (EPB), hingga Electronic Stability Control (ESC). Untuk mendukung akomodasinya, Cortez disematkan Advanced 8” Entertainment System, Convenient Electric Front Seat Adjuster dan Classy Electric Sunroof. 

Wuling Cortez memiliki 5 pilihan warna yaitu Burgundy RedStarry BlackDazzling SilverSand Brown dan Pristine White. Selain itu, medium MPV ini juga ditawarkan antara dua varian yaitu Wuling Cortez 1.8C dan Wuling Cortez 1.8L. 

Peluncuran Wuling Cortez ini dilanjutkan dengan pameran di Jogja City Mall selama 14-18 Februari 2018. Selain mengunjungi acara tersebut, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi mengenai medium MPV ini dengan mengunjungi diler resmi Wuling Yogyakarta yang berlokasi di Jl.Ring Road Utara no.67. 

Promo Regional Launch Yogyakarta* : 

– Perpanjangan garansi umum menjadi 5 Tahun / 100.000 Km 

– Hadiah langsung untuk pembelian selama acara 

*) syarat dan ketentuan berlaku 

 

Harga OTR Wuling Cortez di Yogyakarta : 

Cortez 1.8C 6MT : Rp 227.000.000Cortez 1.8L Lux+ 6MT : Rp 263.000.000 

Cortez 1.8C i-AMT : Rp 237.000.000Cortez 1.8L Lux+  i-AMT : Rp 273.000.000 

Cortez 1.8C Lux+ i-AMT : Rp 242.000.000

Wuling Cortez Menyapa Kota Medan

The New Choice of MPV resmi diluncurkan untuk pasar Sumatra Utara 

Medan12 Februari 2018 – Melanjutkan serangkaian acara peluncuran Cortez di kota-kota besar Indonesia, kali ini Wuling Motors (Wuling) membawa produk keduanya ke kota Medan. Berlokasi di Atrium Plaza Medan Fair, PT Arista Jaya Lestari, mitra diler Wuling di Sumatra Utara, juga memberikan program promo menarik bagi pelanggan yang melakukan pembelian selama acara berlangsung.  

“Medan merupakan pasar otomotif yang potensial dan terus berkembang di pulau Sumatra. Melalui kehadiran Wuling Cortez kami ingin menyajikan pilihan baru bagi konsumen Sumatra Utara. Didukung dengan fitur yang lengkap dan harga yang kompetitif, kami optimis Cortez dapat menjadi pilihan baru,” terang Dian Asmahani, selaku Brand Manager Wuling Motors. 

Perihal spesifikasi mekanisnya, Wuling Cortez dibekali dengan mesin 1.800 cc dengan daya maksimum 129 HP dan torsi 174 Nm. Kemampuan tersebut dihantarkan oleh dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission). Tak hanya itu, pada transmisi i-AMT ini ditawarkan dua mode berkendara yaitu Otomatis dengan pilihan mode Eco (E) serta Sport (S) atau Manual 5-percepatan.  

Cortez juga disematkan dengan perangkat keselamatan yang mumpuni, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), Electric Parking Brake (EPB), hingga Electronic Stability Control (ESC). Selain itu, medium MPV ini juga dilengkapi Advanced 8” Entertainment System, Convenient Electric Front Seat Adjuster dan Classy Electric Sunroof yang memastikan kenyamanan berkendara. 

Mengenai pilihan warna, terdapat 5 opsi untuk Cortez yaitu Burgundy RedStarry BlackDazzling SilverSand Brown dan Pristine White. Selain itu, pelanggan juga dapat memilih antara dua varian dari medium MPV Wuling ini yaitu Wuling Cortez 1.8C dan Wuling Cortez 1.8L. 

Selain mengunjungi peluncuran medium MPV Wuling di Plaza Medan Fair selama 12-18 Februari 2018, pelanggan juga dapat mencoba Cortez dengan mengunjungi diler Wuling Medan Ring Road atau diler Wuling Medan SM Raja.  

Promo Regional Launch Medan* : 

– Perpanjangan garansi umum menjadi 5 Tahun / 100.000 Km 

– Bunga 0% untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan  

– Hadiah langsung untuk pembelian selama acara 

*) syarat dan ketentuan berlaku 

 

Harga OTR Wuling Cortez di Medan : 

Cortez 1.8C 6MT : Rp 229.500.000Cortez 1.8L Lux+ 6MT : Rp 265.500.000 

Cortez 1.8C i-AMT : Rp 239.500.000Cortez 1.8L Lux+  i-AMT : Rp 275.500.000 

Cortez 1.8C Lux+ i-AMT : Rp 244.500.000 

Pengukir Prestasi Otomotif Indonesia

Menjelang diadakannya Asian Games 2018 di Indonesia, sebagai tuan rumah sudah banyak perbaikan dan persiapan yang dilakukan pemerintah sekaligus para atletnya. Semangat dan antusiasme yang tinggi juga terlihat dari para penggemar olahraga, terlebih mereka yang sempat menyaksikan test game dan beberapa pertandingan persahabatan. Dengan semangat yang sama, Wuling pun ingin mengajak para Keluarga Wuling untuk mengenali lebih jauh dunia balap mobil di Indonesia.

Menyadari maraknya pertandingan balap mobil di dunia, termasuk antusiasme pecinta otomotif di Indonesia, maka pemerintah saat itu ingin Indonesia turut menjadi negara yang patut diperhitungkan dalam segmen olahraga balapan. Di awal 1990 dibangunlah Sirkuit Sentul yang merupakan sirkuit resmi tempat diadakannya pertandingan kendaraan bermotor, baik itu mobil maupun motor. Masa kejayaannya saat itu adalah dengan diadakannya MotoGP di tahun 1996 dan 1997. Namun, sayangnya pihak penyelenggara F1 tidak sepakat bahwa sirkuit Sentul cukup memadai untuk melaksanakan balap mobil paling bergengsi itu, dikarenakan sudutnya yang dianggap terlalu pendek. Ukurannya pun dipangkas sekitar 40% dari desain awalnya, karena peruntukan awal pembangunan sirkuit ini adalah untuk kendaraan roda dua.

Meskipun ajang balap mobil belum menjadi ajang yang digandrungi di skala nasional, namun tidak mematahkan semangat pembalap-pembalap mobil nasional untuk tetap beraksi. Rifat Sungkar, Ananda Mikola, Moreno, dan Rio Haryanto adalah beberapa pebalap yang namanya sering didengungkan ketika membicarakan ajang balap mobil. Sebagai ‘anak bungsu’ dalam perlombaan balap mobil, namun Rio sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia melalui berbagai pertandingan dan prestasi yang diukirnya.

Faktanya, pertandingan balap tidak hanya digemari lelaki saja, namun perempuan juga memiliki ketertarikan yang kurang lebih sama dengan munculnya nama Alexandra Asmasoebrata di kancah atlet balap mobil. Andra mengawali ketertarikannya di dunia otomotif berkat pengaruh sang ayah, yaitu Alex. Kiprahnya pun sudah menyentuh kategori internasional. Mirip dengan Alex Asmasoebrata, ada Chandra Gautama yang juga merupakan pebalap senior di Indonesia dan yang menginspirasi sang anak, Diandra Gautama, untuk turut mengukir prestasi di bidang balap mobil dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Kisah para atlet balap mobil ini sebetulnya hampir mirip satu sama lain. Rifat Sungkar pun mengawali ketertarikannya pada dunia otomotif atas pengaruh sang ayah, Helmy Sungkar, yang juga diturunkan dari kakeknya, S. Gondokoesoemo yang memulai kiprahnya di dunia otomotif nasional sebagai importir terbesar kendaraan Amerika di era ‘50an.

https://www.gridoto.com/read/01203409/kilas-balik-masa-kejayaan-sirkuit-sentul-coba-tebak-tahun-berapa?page=all#!%2F

http://fastnlow.net/sejarah-balap-indonesia-jatuh-bangun-sirkuit-sentul/

http://www.lensaterkini.web.id/2016/02/8-pembalap-indonesia-yang-harumkan-nama.html

http://dimaszon.blogspot.co.id/2012/11/5-pembalap-otomotif-indonesia.html

Image Source :
https://tirto.id/rifat-sungkar-raih-podium-ketiga-kejuaraan-ixor-2016-bysW