10 Barang yang Harus Dibawa Saat Pulang Kampung

27 February, 2024
clock-bold
5 menit membaca

Image 10 Barang yang Harus Dibawa Saat Pulang Kampung

Memang menyenangkan kalau ada kesempatan pulang ke tanah kelahiran bertemu dengan sanak saudara. Apalagi kalau Anda sudah lama tidak mudik. Nah, biar perjalanan mudik lancar, Anda pasti butuh persiapan. Misalnya soal berapa banyak baju yang dibawa saat mudik, apa saja barang yang harus ada di tas dan lain sebagainya. Kalau masih bingung, yuk simak 10 barang yang harus dibawa saat pulang kampung berikut ini.

Dokumen Penting

1. Dokumen Penting

Tiap kali bepergian, dokumen penting itu wajib dibawa. Saat bawa mobil sendiri, Anda perlu membawa SIM, STNK, dan KTP. Jangan sampai perjalanan Anda terganggu hanya karena urusan dokumen penting data diri Anda tertinggal.

2. Obat-obatan

Sebelum melakukan perjalanan pulang kampung, disarankan untuk menjaga kondisi agar tetap prima. Tapi di tengah jalan, mungkin saja kondisi kesehatan terganggu. Jadi barang yang harus dibawa saat pulang adalah obat-obatan mendasar. Mulai dari obat anti mabuk, obat pusing, dan lain sebagainya yang mungkin Anda butuhkan, jadi tak perlu kesulitan cari obat di tengah jalan.

3. Bantal Leher

Dalam perjalanan jarak dekat, kebanyakan orang tidak akan merasa tubuhnya pegal-pegal. Setidaknya karena tubuh tidak akan berada dalam posisi yang sama terus-menerus dalam waktu lama. Beda dengan perjalanan jauh, apalagi kalau Anda harus tidur di perjalanan. Posisi kepala yang miring menyentuh bahu bisa menyebabkan leher sangat pegal begitu bangun.

Tapi itu bisa dihindari. Salah satunya dengan bantal leher yang berguna sebagai penopang selama di perjalanan. Barang bawaan mudik lebaran ini akan membuat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman, tak perlu khawatir leher dan kepala terasa pegal dan sakit.

4. Perlengkapan Reparasi Mobil

Sebelum melakukan perjalanan pulang kampung, sangat disarankan untuk mengecek kondisi mobil terlebih dulu. Jadi tidak akan ada masalah di tengah jalan. Meski begitu, Anda tetap harus menyiapkan perlengkapan reparasi mobil untuk bersiaga jika terjadi sesuatu.

Bagaimana jika Anda tidak punya kemampuan reparasi mobil walau hanya sederhana? Buat Anda pengguna Almaz RS tak perlu khawatir. Mobil yang nyaman untuk perjalanan mudik jarak jauh ini sudah dilengkapi dengan layanan servis prioritas dari Wuling selama 24 jam. Layanan darurat yang diberikan sudah termasuk servis darurat 24 jam untuk pengantaran bahan bakar, ganti ban, baterai, dan kunci yang tertinggal. Lalu, ada juga layanan derek gratis.

Selain itu, Almaz RS juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan canggih yang lebih menjamin perjalanan Anda. Mulai dari Forward Collision Warning, Collision Mitigation System, Lane Keeping Assist, hingga Anti Lock Braking System.

Ban Cadangan

5. Ban Cadangan

Berencana pulang kampung naik mobil? Sebagai persiapan perjalanan jauh naik mobil, Anda wajib mengecek kondisi ban. Ban harus dicek terlebih dulu sebelum berangkat, tidak boleh terlalu empuk maupun terlalu keras. Tapi di tengah jalan mungkin saja ada masalah dengan ban, jadi Anda harus menyiapkan ban cadangan, lengkap dengan dongkrak dan alat gantinya agar tetap aman.

6. Kartu Tol

Dalam perjalanan darat, Anda pasti melewati jalan tol, jadi kartu tol adalah barang yang harus dibawa saat pulang kampung jarak dekat maupun jarak jauh. Bukan hanya kartu tolnya saja, tapi kartu tol yang sudah terisi saldonya. Cari tahu dulu berapa biaya yang dibutuhkan untuk tarif jalan tol hingga sampai di kota tujuan.

Persiapkan sejak awal, jadi Anda tidak perlu kerepotan mengisinya. Memang sekarang Anda bisa mengisi saldo kartu tol via smartphone. Tapi, bayangkan kalau di lokasi ternyata tidak ada sinyal, Anda bisa kehabisan pulsa di tengah jalan. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan panjang, hanya karena kartu tol ketinggalan atau lupa mengisi saldo. Selain mengganggu perjalanan Anda, bisa mengganggu perjalanan orang lain juga.

7. Makanan & Minuman

Selama perjalanan jauh, tentu Anda membutuhkan makanan dan minuman. Tak mudah menemukan tempat makan yang tepat di saat lagi lapar. Menahan lapar terlalu lama bisa menyebabkan sakit maag. Jadi disarankan membawa makanan dan minuman seperlunya.

Hindari makanan yang terlalu pedas atau yang sulit dimakan. Pilihan camilan yang sehat dan tak bikin repot adalah buah pisang. Mudah dikupas, mudah disantap dan cukup mengenyangkan untuk mengisi perut lapar di tengah jalan.

8. Kantong Plastik

Bagi yang sudah terbiasa melakukan perjalanan darat dalam jarak jauh, mungkin tidak jadi masalah. Tapi selalu ada yang merasa mual dan pusing dalam perjalanan pulang kampung. Penting untuk menyiapkan kantong plastik, kalau-kalau terasa mual di tengah jalan.

Selain itu, kantong plastik juga banyak gunanya, salah satunya sebagai tempat sampah. Selama di perjalanan, kumpulkan dulu sampah di satu tempat. Setelah menemukan tong sampah, lalu semuanya dapat dibuang sekaligus agar mobil menjadi lebih bersih dan teratur.

9. Power Bank

Alat komunikasi sudah pasti dibawa karena sekarang sulit terlepas dari smartphone. Karena jarak perjalanan yang jauh, bukan tidak mungkin akan kehabisan baterai di tengah jalan. Apalagi kalau kondisi jalan lagi macet-macetnya. Jadi pastikan Anda tidak lupa membawa power bank.

Saat ini ada power bank dengan kapasitas baterai yang besar, hingga mengisi dari lebih dari 1 gadget. Gunakan yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Selain itu, jangan lupa bawa charger, mungkin saja bisa mengisi daya gadget saat di tempat peristirahatan atau tempat makan.

10. Nomor Darurat

Simpan nomor darurat di smartphone Anda. Entah itu nomor telepon keluarga di kota-kota yang akan dilewati, nomor telepon bengkel di kota yang akan dilewati, dan lain sebagainya. Tidak ada yang menginginkan terjadi sesuatu di tengah jalan, tetapi Anda harus bersiap-siap. Kalau sudah memiliki nomor darurat, Anda tak akan lagi bingung mencari pihak yang harus dihubungi.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer