Pahami Cara Kerja Electric Parking Brake

Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur-fitur di dalam mobil pun semakin canggih. Semakin canggihnya fitur tentu memudahkan para pengemudi ketika berkendara. Misalnya saat kita bicara soal rem tangan pada mobil.

Kebanyakan mobil-mobil jaman dulu dibekali rem tangan dengan tuas yang harus ditarik ke atas untuk mengaktifkannya. Namun semakin ke sini, tuas rem tangan justru sudah mulai ditinggalkan. Para pabrikan memilih untuk menggunakan rem tangan elektronik atau Electronic Parking Brake (EPB) sebagai gantinya.

Secara tampilan, Electronic Parking Brake memang lebih modern dan simpel. Tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem tangan, melainkan hanya menekan tombol.

Rem tangan tradisional bekerja dengan cara sederhana, yaitu menarik tuas ke atas, maka akan ada dua kabel yang juga tertarik ke rem belakang. Dengan memberikan tekanan kepada kabel-kabel tersebut, bantalan rem menempel pada cakram untuk menahan roda belakang tetap di tempatnya.

Sedangkan rem tangan elektronik tentu lebih modern karena keseluruhan sistemnya sudah elektrik. Dengan hanya menekan tombol EPB, motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram.

Sederhananya, saat pedal rem ditekan sensor pada brake, pedal akan mengirimkan sinyal untuk menunjukan jika rem dalam kondisi aktif. Saat Anda akan menjalankan mobil kembali pun hanya tinggal menekan tombol EPB yang sedang aktif agar roda tak lagi terkunci.

Mobil yang telah mengusung fitur EPB pun memiliki sejumlah keuntungan. Seperti saat parkir tak memerlukan usaha berlebih untuk mengunci roda agar mobil tidak berjalan. Hanya tinggal menekan tombol maka rem tangan akan aktif dengan sendirinya. Ada juga yang melengkapi fitur rem tangan elektronik ini dengan Auto-Hold Parking Brake.

Fitur yang satu ini merupakan sensor untuk menangkap ketika mobil berhenti dan pengendara menginjak rem. Fitur ini cukup berguna ketika berada di jalanan menanjak. Anda tinggal menekan tombol untuk mengaktifkannya dan mencegah mobil mundur dengan sendirinya. Untuk kembali menjalankan mobil, maka Anda cukup menginjak pedal gas.

Kedua fitur tersebut juga membuat interior mobil tampil lebih elegan dan kekinian. Konsol tengah pun semakin luas karena absennya tuas rem. Ruang kabin akan terasa lebih luas dan konsol tengah bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lainnya.

Biasanya rem tangan elektronik ini identik dengan mobil-mobil premium dengan banderol harga miliaran. Tapi di era modern sekarang, mobil MPV dengan harga terjangkau dan masuk kelas menengah seperti Wuling Cortez CT pun sudah dibekali fitur canggih tersebut. Fitur inilah yang membawa kenyamanan pengguna Cortez CT ketika mengendarainya di berbagai kondisi jalanan.

Bahkan Cortez CT juga disematkan fitur Automatic Vehicle Holding sebagai fitur keselematan lainnya yang berguna jika mobil berada di tanjakan. Membuat rem aktif saat mobil tidak bergerak dan non aktif jika pedal gas diinjak.

Wuling Motors Berpartisipasi dalam Big Bang Jakarta 2019

Siapkan satu unit seri Confero S bagi pengunjung yang beruntung pada Touch The Car Challenge

Jakarta, 22 Desember 2019Pameran cuci gudang pertama dan terbesar di Indonesia, Big Bang Jakarta resmi dibuka kemarin (21/12). Wuling Motors (Wuling) turut ambil bagian dalam mendukung gelaran tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2017 lalu. Khusus untuk kompetisi Touch The Car pada tahun ini, 1 (satu) unit Confero S ACT disediakan bagi pengunjung yang berhasil memenangkan tantangan yang telah dipersiapkan. Selain itu, booth Wuling mengambil lokasi di koridor Gedung Pusat Niaga JIEXPO, lengkap dengan lini produk andalannya dan beragam promo menarik selama pameran. Pengunjung juga dapat mencoba secara langsung berkendara dengan unit test drive yang telah disediakan.

Menyambut libur panjang akhir tahun, Wuling turut serta dalam pameran tahunan Big Bang Jakarta 2019 untuk memberikan kebahagiaan menyambut tahun baru bagi para konsumen. Beragam promo dan penawaran istimewa kami siapkan bagi pengunjung booth Wuling selama gelaran ini,” ujar Ricky Christian selaku Regional Sales Manager Wuling Motors.

Wuling bekerja sama dengan Expoindo mengadakan Touch The Car Challenge di ajang Big Bang Jakarta tahun ini dengan menyediakan 1 unit Wuling Confero S ACT sebagai objek mobil pada challenge ini. Peserta harus menyentuh unit MPV Wuling tersebut selama 12 hari pameran berlangsung yang tentunya diiringi dengan berbagai tantangan yang berbeda setiap harinya. Pemenang yang berhasil memenuhi tantangan tersebut berhak membawa pulang hadiah utama mobil Wuling seri Confero S ini.

Selain Touch The Car Challenge, Wuling juga membuka booth yang berlokasi di koridor Gedung Pusat Niaga JIEXPO Kemayoran. Satu unit display Smart Technology SUV, Wuling Almaz dengan inovasi Wuling Indonesian Command (WIND) ditampilkan selama pameran berlangsung. Beragam promo juga disediakan untuk konsumen mulai dari DP menarik hingga cicilan ringan untuk transaksi yang dilakukan selama periode kegiatan berlangsung.

Bagi setiap pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan lini produk Wuling, tersedia unit test drive yang terdiri dari Cortez CT ‘The New Advanced MPV’ serta Smart Technology SUV, Almaz ‘Drive Unlimited Way’ di area yang sudah disiapkan. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berkesempatan memenangkan lini produk Wuling melalui program nasional Drive & Win periode kedua dengan mendaftar terlebih dahulu di laman driveandwin.wuling.id sebelum melakukan test drive pada pameran ini.

Mari datang ke booth Wuling di Big Bang Jakarta 2019, nikmati promo menarik yang kami tawarkan selama periode pameran dan raih kesempatan memenangkan lini produk dari Wuling Motors,” ajak Ricky.

###

Tentang Wuling Motors

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) resmi berdiri di Indonesia pada Juli 2017. Komitmen jangka panjang perusahaan ditunjukkan melalui peresmian pabrik dan Supplier Park seluas 60 hektar di Cikarang, Jawa Barat. Produk pertama dari Wuling Motors, seri Confero yang diluncurkan pada Agustus 2017, telah mendapat penghargaan ICOTY 2017 di kategori small MPV, ICOTY 2018 kategori Best Value for Money oleh Majalah Mobilmotor, serta Rookie Of The Year versi OTOMOTIF AWARD 2018. Kemudian, Cortez yang didebut Februari 2018 meraih predikat Best Medium MPV di ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor, dan Best Total Cost Ownership Medium MPV pada Gridoto Award 2019. Cortez CT juga memenangkan gelar Best of Medium MPV Gasoline versi OTOMOTIF AWARD 2019 dan Best Medium MPV di Gridoto Award 2019. Wuling Motors juga menghadirkan produk Light Commercial Vehicle (LCV) pertamanya melalui Formo yang diperkenalkan di November 2018. Produk ke-empat Wuling, Smart Technology SUV, Almaz, diluncurkan pada Februari 2019 dan telah meraih beragam penghargaan. Mulai dari Apresiasi Inovasi 2019 kategori Teknologi oleh Koran Sindo dan Sindonews.com, Carvaganza Editors’ Choice Award 2019, FORWOT Car Of The Year 2019, serta predikat Car of The Year dan Best Medium SUV versi Gridoto Award 2019. Wuling Motors berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Elegansi Interior Confero S untuk Kenyamanan Keluarga

Interior di dalam mobil tak kalah pentingnya dengan tampilan eksterior. Oleh karena itu, sebelum membeli mobil, bagian interior juga menjadi pertimbangan penting. Buat mereka yang memiliki banyak anggota keluarga dan juga sering bepergian dengan membawa banyak barang bawaan, tentu akan memilih mobil berkabin luas nan nyaman.

Pilihan mobil keluarga yang memiliki kabin luas nan lega adalah Wuling Confero S ACT. Wuling Confero S ACT yang dirilis pada Juli 2019 ini memiliki ruang interior yang spacious dan dirancang khusus untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Dengan dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.730 mm (dengan roof rail) membuat kabin di dalam lega hingga  baris ketiga sekalipun dan keluarga betah berkendara dengan Wuling Confero S.

Interior berbalut dominasi warna hitam 

Tak cuma itu, tampilan interior Wuling Confero S terbaru pun tampil lebih elegan lewat balutan warna hitam yang mendominasi. Warna hitam ini menyeluruh pada interior Wuling Confero S model terbaru mulai dari dasbor hingga detail pada door trim.

Interior mobil tampak lebih mewah dan juga sporty berkat jok berlapis semi leather dibalut aksen jahitan berwarna merah. Joknya juga memiliki seat adjuster agar pengendara dapat menyesuaikan posisi duduknya sehingga berkendara akan lebih nyaman. Apalagi dengan adanya fitur jok Captain Seat menambah tampilan semakin esklusif.

Tampilan luxury pada dasbor

Tampilan luxury dan elegan pada dasbor pun begitu terlihat. Detail desain yang menyematkan aura modern serta adanya sistem head unit yang sudah touchscreen dengan layar berukuran 8 inci, tampilan meter cluster yang modern dan jam klasik yang tersemat di antara AC pada dasbor menambah kesan luxury dan berkelas.

Fitur interior yang memberi kenyamanan penumpang 

Masih pada interior, Wuling membekali Confero S model terbaru dengan fitur Lamp Height Adjuster. Fitur ini memungkinkan mobil bisa mengatur ketinggian lampu depan sehingga pengendara lain dari lawan arah tak merasa silau. Anda yang akan berpergian jauh pun tak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel saat berada di jalan. Sistem charger USB tersedia hingga baris ketiga.

Pada bagian AC, terdapat dual blower yang membuat ruang kabin tidak panas. Bahkan AC di bangian belakang untuk penumpan hadir untuk menambah kenyamanan penumpang tanpa khawatir kepanasan di tempat tersebut.

Seperti itulah gambaran elegan dari interior Confero S terkini. Sudah pasti Anda dan keluarga betah berlama-lama di dalam kabin. Perjalanan jauh pun tidak terasa berkat perpaduan kabin luas dan luxurious design.

Kenapa Anda Harus Servis Mobil Secara Rutin?

Melakukan servis secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Servis mobil secara rutin memang tak menjamin mobil bebas dari kerusakan, namun setidaknya hal itu bisa mengurangi intensitas komponen-komponen yang rusak.

Selain itu ada beberapa alasan Anda harus rajin membawa mobil ke bengkel untuk melakukan servis, berikut penjelasannya.

Memastikan keselamatan di jalan

Alasan utama melakukan servis mobil secara rutin adalah demi keselamatan Anda, keluarga, dan siapapun yang naik di dalam mobil tersebut.

Saat terjadi kecelakaan tak jarang diakibatkan oleh mobil yang juga tak rutin melakukan servis. Sistem pengereman, kurangnya oli mesin, karet wiper kaca yang sudah rusak, mungkin terdengar sepele. Padahal hal-hal kecil tersebut mungkin saja menjadi penyebab utama kecelakaan yang serius.

Dengan melakukan servis mobil secara rutin, Anda dapat mengetahui bahwa ada yang tak beres pada mobil dan bisa segera diperbaiki.

Mencegah malfungsi komponen mobil dan biaya tak terduga

Saat melakukan perjalanan jauh, Anda mungkin pernah melihat ada mobil yang harus berhenti di pinggir jalan karena mengalami kerusakan. Pastinya Anda tak ingin hal itu terjadi pada Anda bukan? Untuk mencegahnya, melakukan servis secara rutin lah jawabannya.

Anda juga bisa menghindari biaya di luar perkiraan seperti menyewa towing karena harus membawa mobil mogok di pinggir jalan ke bengkel dan juga harus mengeluarkan uang ekstra karena naik kendaraan lain. Malfungsi komponen mobil juga bisa dicegah karena melakukan servis secara rutin. Para mekanik akan menemukan penyebabnya dan memperbaiki sebelum sesuatu hal yang lebih parah pada mobil bisa terjadi.

Meningkatkan performa mobil

Rutin servisi dapat menjaga performa mobil agar kondisi seperti barun. Mobil yang rutin dirawat akan lebih responsif, halus ketika dikendarai, dan juga nyaman untuk pengendara.

Memastikan efisiensi bahan bakar

Setiap mobil memiliki standar efisiensi bahan bakarnya sendiri. Namun yang sering terjadi, para pengendara mengeluhkan mobilnya boros bensin tidak sesuai dengan klaim pabrikan. Salah satu penyebabnya adalah karena mobil jarang diservis secara rutin.

Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra ketika mengisi bensin. Padahal, dengan melakukan servis rutin, seluruh komponen mobil dapat bekerja dengan baik dan berpengaruh terhadap pengisian bahan bakar yang lebih hemat.

Memperpanjang umur mobil

Perawatan berkala dapat mencegah malfungsi komponen mobil, meningkatkan performa, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan juga membuat mobil lebih panjang umur. Servis rutin ini juga memastikan kondisi kendaraan Anda sangat baik. Kondisi mobil yang baik juga turut berpengaruh terhadap seberapa panjang usia mobil tersebut.

Mengurangi polusi

Setiap berkendara, mobil berbahan bakar konvensional akan mengeluarkan gas karbondioksida dan karbonmonoksida. Salah satu cara untuk mengurangi gas karbon tersebut adalah melakukan servis rutin, kok bisa? Ini karena mobil yang tak diservis secara rutin bisa berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang kadar karbonnya lebih besar. Sementara dengan melakukan servis, Anda bisa semua komponennya baik sehingga tak berdampak pada emisi gas buang yang buruk.

Rasakan Sensasi Menyetir Almaz, Cortez, dan Confero!

Sistem kemudi pada mobil berfungsi untuk mengendalikan roda kendaraan. Tapi mungkin juga banyak yang belum tahu terkait cara kerja di dalam sistem kemudi tersebut. Misalnya pada MPV Wuling Confero dan Cortez tersemat fitur Rack and Pinion dalam sistem kemudinya. Apa itu Rack and Pinion?

Sistem kemudi Rack and Pinion

Sistem kemudi Rack and Pinion sendiri makin umum digunakan pada mobil-mobil penumpang jaman sekarang yang memiliki bobot lebih ringan. Rack and Pinion terdiri dari beberapa komponen yaitu roda kemudi, pelindung poros kemudi, tie rod, gigi pinion, steering shaft, poros pemindah, knuckle arm, gigi rack, boot, ball joint tie rod, dan cross joint.

Sistem kemudi ini diklaim lebih efisien bagi pengendara dalam mengendalikan roda depan. Cara kerjanya pun sederhana, ketika setir diputar maka steering shaft akan berputar yang membuat pinion juga ikut memutar. Akibat putaran pinion, rack bergerak ke samping yang kemudian gerakannya diteruskan ke tie rod menuju knuckle arm pada roda depan.  Hal itu membuat satu sisi roda akan terdorong sedangkan sisi lainnya tertarik dengan begitu roda akan berputar ke arah yang sama.

Sistem kemudi Rack and Pinion memiliki keuntungan karena konstruksinya lebih ringan dan sederhana, pemindahan momen relatif lebih baik sehingga sistem kemudi lebih ringan juga. Sensasi berkendara ini dapat Anda rasakan ketika mengendarai dua MPV andalan Wuling yaitu Confero dan Cortez.

Steering Switch pada Almaz

Sedangkan untuk model Almaz, kemudi setirnya sudah mengusung Steering Switch. Sistem kemudi Steering Switch ini membuat mobil memiliki tampilan lebih wah! Pasalnya, kemudi setir tak hanya digunakan untuk sekadar mengendalikan roda depan, namun juga mengontrol MID (Multi Information Display). Instrument Cluster hanya dapat dikontrol pada saat ignition switch pada posisi ‘ON’.

Ayo, Ikuti kompetisi Drive & Win!

Untuk merasakan langsung sistem kemudi ringan yang ada pada Cortez dan Confero serta menjajal tampilan mewah Steering Switch pada Almaz, Anda bisa mengikuti program Drive and Win yang ditawarkan Wuling. Wuling Drive & Win adalah program nasional untuk yang melakukan test drive, pemesanan (SPK) & pembelian (DO) mobil Wuling di seluruh Dealer resmi Wuling di Indonesia.

Tak cuma itu, program Wuling Drive and Win Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan satu unit mobil dari sembilan mobil yang telah disiapkan Wuling Motors yakni 3 (tiga) unit Almaz Smart Enjoy CVT-7 Seater, 3 (tiga) unit Cortez CT 1.5T CVT-Comfortable, dan 3 (tiga) unit Confero S 1.5L ACT setiap periodenya.

Untuk periode kedua yang berlangsung (1 September 2019 – 31 Desember 2019), Wuling Motors melakukan pengundian pada 27 Januari 2020 dengan hadiah berupa 1 (satu) unit Almaz, 1 (satu) unit Cortez dan 1 (satu) unit Confero S ACT bagi pemenang yang beruntung.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti kompetisi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti, wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui driveandwin.wuling.id untuk mendapatkan unique barcode yang akan dikirimkan ke email Anda. Lalu, melakukan test drive, pemesanan atau pembelian. Kemudian nantinya akan memperoleh nomor undian untuk test drive (1 nomor undian), pemesanan (4 nomor undian), dan pembelian (15 nomor undian). Syarat dan ketentuan berlaku selengkapnya dapat dilihat di driveandwin.wuling.id, ya.

3 Pemenang Periode Pertama Drive & Win Wuling

Pada periode pertama (September-Oktober 2019) Wuling sudah diumumkan tiga pemenang beruntung yang mendapatkan Almaz, Cortez, dan Confero. Adalah Suherman dari Jambi yang memenangkan satu unit Wuling Almaz, lalu ada Elnawati dari Pontianak yang mendapatkan satu unit Wuling Cortez CT, dan satu unit Confero S ACT dimenangkan oleh Harianto dari Bekasi. Selamat para pemenang!

Apa Perbedaan ABS, EBD, ESC, dan BA Pada Mobil?

Anda mungkin sering mendengar istilah ABS, EBD, BA, hingga ESC ketika bicara tentang fitur keselamatan di dalam mobil. Keempat fitur tersebut sering dikaitkan dengan keamanan ketika seseorang berkendara. Tapi tahukah Anda arti sesungguhnya dari keempat istilah tersebut?

ABS

Tiga diantara fitur tersebut yakni ABS, EBD, dan BA berkaitan dengan sistem pengereman di mobil. Dimulai dari ABS yang merupakan singkatan dari Anti-lock Braking System. Sesuai dengan namanya, ABS mencegah roda mobil terkunci saat mobil mengerem secara mendadak di situasi tertentu.

Mudahnya, mobil yang telah dibekali ABS masih dapat menghindar ketika mengerem secara mendadak. Sedangkan mobil tanpa ABS, pada saat Anda mengerem secara mendadak roda mobil akan terkunci sehingga tabrakan pun tak terhindarkan. ABS terdiri dari tiga komponen utama yakni sensor kecepatan di masing-masing roda, katup dari hidrolik yang mengarah ke setiap pompa rem untuk mengembalikan tekanan rem hidrolik dikontrol oleh komputer, dan juga modul kontrol.

EBD 

Selain ABS, ada juga EBD yang merupakan Electronic Brakeforce Distribution. EBD bertanggung jawab mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda mobil. Sistem EBD masih berhubungan dengan ABS. EBD menggunakan ABS untuk menyesuaikan pengereman di semua roda tergantung kebutuhannya.

EBD secara otomatis akan menyesuaikan pengereman di setiap roda dan memastikan as roda depan dan belakang tak terkunci. Dengan EBD, pengereman rdi bagian belakang lebih optimal tergantung dengan bobot kendaraan itu sendiri. EBD juga dapat menambah traksi kendaraan saat berada di jalan.

EBD terdiri dari beberapa komponen yakni sensor kecepatan roda, sensor bobot kendaraan, brake force modulators, dan Electronic Control Unit (ECU).

BA

Braking Assist dikenal juga dengan Emergency Braking Assist ini berfungsi saat pengendara berhenti di situasi darurat. Sistem rem akan bekerja lebih cepat ketika melakukan pengereman mendadak apabila sudah dilengkapi dengan fitur Brake Asssist.

Sistem ini bekerja berkat sensor ECU yang akan mendeteksi pengereman darurat yang dilakukan pengendara. Misalnya saat pengendara menginjak pedal rem cukup dalam, ECU akan membaca bahwa mobil dalam keadaan darurat sehingga daya pengereman akan ditingkatkan. Brake Assist tersedia di mobil yang telah dilengkapi oleh ABS.

ESC

ESC atau Electronic Stability Control merupakan fitur yang memungkinkan mobil stabil dalam mencegah kecelakaan. Dengan ESC, sensor di roda bisa mendeteksi selip dan juga pengereman. Nantinya jika ada hal yang tak sesuai terdeteksi pada sensor tersebut maka ESC akan kembali menyesuaikan.

Misalnya, sudut kemudi tiba-tiba berubah atau ban terdeteksi kehilangan traksi ketika berbelok maka ESC akan kembali menstabilkan mobil.

Keempat sistem pengereman tersebut disebut-sebut dapat menambah keamanan di mobil dan juga mencegah kecelakaan. Bagi Anda yang mengendarai Wuling Cortez, beruntung sekali karena MPV ini telah mengusung tiga dari keempat sistem pengereman tersebut lho. Yakni ABS, EBD, BA. Sudah pasti Anda akan merasa aman selama di perjalanan meski berada dalam kondisi darurat sekalipun. Menyetir lebih mantap ketika melalui perjalanan berbelok atau terjal dan rusak yang membuat Anda harus mengerem tiba-tiba.

Hadiah Program Wuling ‘Drive & Win’ Periode Pertama Diserahkan ke Para Pemenang

Penyerahan unit dari Wuling kepada tiga pemenang di Jambi, Pontianak, dan Bekasi

Cikarang, 11 Desember 2019 – Setelah mengumumkan tiga pemenang program Wuling ‘Drive & Win pada acara Super Wuling Experience Weekend (26/9) lalu, Wuling Motors (Wuling) melakukan penyerahan unit yang diselenggarakan di tiga kota berbeda yakni Jambi, Pontianak dan Bekasi. Hadiah yang diserahkan terdiri dari 1 unit Confero S ACT, 1 unit Cortez CT tipe Comfortable CVT, dan 1 unit Almaz Smart Enjoy CVT 7-seater.

“Saya mengetahui program ini saat mengunjungi diler Wuling Arista Siliwangi Bekasi. Saya diarahkan oleh salesperson untuk mendaftarkan diri di website Wuling ‘Drive & Win’, kemudian saya pun melakukan test drive Almaz. Setelah cocok, saya memutuskan untuk membeli Almaz. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan produk Wuling lainnya melalui program ini,” ujar Harianto, pemenang hadiah Wuling Confero S ACT asal Bekasi.

 

Kemudian, 1 unit Cortez CT juga diserahkan kepada Elnawati yang berdomisili di Pontianak. Varian terbaru dari seri Cortez ini dibekali mesin 1.500cc Turbocharger dan Continuously Variable Transmission (CVT). Medium MPV Wuling ini dilengkapi dengan beragam fitur modern, seperti One Press Engine Start, Keyless Remote, Keyless Entry, Emergency Stop Signal (ESS), fitur keselamatan lengkap, serta didukung dengan kenyamanan berkelas.

 

“Saya dan suami tertarik membeli Cortez 1.8. Lalu, kami memutuskan untuk mendatangi diler Wuling Arista Pontianak. Kami suka dengan beragam fitur canggih dan kenyamanan yang dimiliki Cortez 1.8 ini, ditambah harga yang ditawarkan pun sangat oke. Akhirnya, kami membeli Cortez 1.8 dan ikut dalam program ‘Drive & Win’ oleh salesperson di diler tersebut,” terang Elnawati, pemenang Cortez CT tipe Comfortable CVT.

 

Berlanjut ke pemenang ketiga, Suherman asal Jambi merupakan peserta yang beruntung mendapatkan Almaz Smart Enjoy CVT 7-seater. Smart Technology SUV ini dilengkapi dengan WIND (Wuling Indonesian Command) yang merupakan teknologi perintah suara yang user friendly bagi konsumen Indonesia. Selain itu, Almaz didukung oleh mesin 1.500cc turbo yang mampu memproduksi tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT yang halus, dengan pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-speed manual simulation yang responsif.

“Pada awalnya saya ingin membeli Wuling Confero karena sesuai dengan kebutuhan keluarga saya dan desainnya pun menarik. Saat saya datang ke diler, ternyata program ‘Drive & Win’ sedang berlangsung. Lalu, saya pun mendaftarkan diri serta melakukan pembelian unit seri Confero di diler tersebut. Saya sangat senang bisa mendapatkan Almaz melalui program ‘Drive & Win’. Hadiah ini akan saya berikan untuk adik saya agar Ia juga bisa merasakan sensasi berkendara bersama produk Wuling,” kata Suherman, pemenang hadiah Almaz Smart Enjoy CVT 7-seater.

Sebagai informasi tambahan, periode kedua program ‘Drive & Win’ masih dibuka hingga Desember 2019 dan akan diundi pada Januari 2020. “Kesempatan masih terbuka untuk memenangkan 3 produk Wuling di periode selanjutnya. Ayo daftarkan diri Anda di driveandwin.wuling.id dan kunjungi diler terdekat untuk mengikuti program Wuling ‘Drive & Win’,” ajak Zia Ul Rahman, Marketing Strategy and Promotion Manager Wuling Motors.

###

Tentang Wuling Motors

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) resmi berdiri di Indonesia pada Juli 2017. Komitmen jangka panjang perusahaan ditunjukkan melalui peresmian pabrik dan Supplier Park seluas 60 hektar di Cikarang, Jawa Barat. Produk pertama dari Wuling Motors, seri Confero yang diluncurkan pada Agustus 2017, telah mendapat penghargaan ICOTY 2017 di kategori small MPV, ICOTY 2018 kategori Best Value for Money oleh Majalah Mobilmotor, serta Rookie Of The Year versi OTOMOTIF AWARD 2018. Kemudian, Cortez yang didebut Februari 2018 meraih predikat Best Medium MPV di ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor, dan Best Total Cost Ownership Medium MPV pada Gridoto Award 2019. Cortez CT juga memenangkan gelar Best of Medium MPV Gasoline versi OTOMOTIF AWARD 2019 dan Best Medium MPV di Gridoto Award 2019. Wuling Motors juga menghadirkan produk Light Commercial Vehicle (LCV) pertamanya melalui Formo yang diperkenalkan di November 2018. Produk ke-empat Wuling, Smart Technology SUV, Almaz, diluncurkan pada Februari 2019 dan telah meraih beragam penghargaan. Mulai dari Apresiasi Inovasi 2019 kategori Teknologi oleh Koran Sindo dan Sindonews.com, Carvaganza Editors’ Choice Award 2019, FORWOT Car Of The Year 2019, serta predikat Car of The Year dan Best Medium SUV versi Gridoto Award 2019. Wuling Motors berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Big Bang Festival Jakarta!

Halo Keluarga Wuling! Wuling Motors akan hadir di event Big Bang Festival Jakarta yang diselenggarakan pada 21 Desember 2019 – 1 Januari 2020 di JIEXPO Kemayoran Jakarta dan jangan lewatkan juga kesempatan memenangkan 1 unit Confero S dengan mengikuti ‘Touch the Car’ selama event berlangsung. Yuk ajak keluarga dan kerabat terdekat Anda untuk datang ke booth Wuling Motors dan raih kesempatan bawa pulang Confero S!

Untuk registrasi dan info lebih lanjut hubungi:
– Ziah (083874862968)
– Wildan (087791026531)
– bigbangttc@gmail.com

Fitur WIND yang Membuat Berkendara Bersama Almaz Semakin Seru!

Fitur Voice Command alias perintah suara semakin umum ditemukan pada jenis mobil zaman sekarang. Fitur ini biasanya tersemat untuk memudahkan si pengendara ketika berada di jalanan.

Wuling menghadirkan fitur Voice Command Berbahasa Indonesia yang disebut WIND (Wuling Indonesian Command) pada SUV perdananya Almaz. Fitur WIND pada Almaz memudahkan pengendara untuk memerintahkan mobil hanya dengan suara.  Perintah apa saja yang bisa ditangkap oleh WIND?

Pengaturan jendela

Dengan fitur WIND, Anda bisa membuka dan menutup jendela hanya dengan mengatakan “Halo Wuling, Buka Jendela!” tak lama jendela akan terbuka dengan sendirinya. Tak hanya membuka, menutup jendela pun bisa dilakukan dengan perintah serupa melalui suara.

Ini tentunya akan membantu pengendara untuk tetap fokus mengarahkan pandangan mata ke depan dan tidak repot mencari tombol pembuka dan penutup jendela. Apalagi saat akan memasuki gerbang tol, fitur WIND akan sangat membantu.

Pengaturan Sunroof

Fitur WIND tak hanya membantu untuk membuka dan menutup jendela. Bahkan untuk membuka dan menutup sunroof sekalipun bisa dilakukannya. Anda tak perlu repot menekan tombol pembuka sunroof, hanya tinggal mengucap ‘Halo Wuling, Buka Sunroof,’ dan “Halo Wuling, Tutup Sunroof” maka Sunroof akan terbuka dan tertutup secara otomatis.

Selain itu, Anda juga bisa memerintahkan “Buka Sunroof Sampai Setengah”, dan “Buka Sunroof Sedikit” dan “Tutup Sunroof Sedikit”.

Pengaturan AC

Anda merasa kepanasan saat berada di dalam mobil? Fitur WIND bisa membantu untuk mendinginkannya. WIND akan mengerti jika Anda mengatakan “Halo Wuling, saya merasa kepanasan,” atau “Saya Kedinginan”. Tak lama, mobil merespon dengan menurunkan atau menaikkan suhu AC. Begitu pula jika merasa kedinginan atau kepanasan, WIND bisa membantu menaikkan suhu AC dengan bermodalkan suara saja.

Anda juga dapat mengatur suhu AC tertentu sesuai dengan keinginan, menaik-turunkan kecepatan kipas, membuka-tutup sirkulasi udara, hingga mengaktifkan defroster kaca depan lewat WIND.

Selain itu, Anda bisa mengatur suhu dengan berkata “Atur Suhu hingga 23 derajat” misalnya. Atau memerintahkan mengaktifkan ventilasi kaki, mengencangkan atau mengecilkan angin, hingga memerintahkan mengaktifkan sirkulasi dalam.

Mengetahui jam tanpa harus  cek dasbor

Agar mata pengendara tetap fokus ke depan, WIND juga bisa memberikan informasi dasar seperti informasi tanggal dan jam, sehingga tidak mengganggu fokus Anda. Seperti bertanya “Jam berapa hari ini” atau bertanya “tanggal berapa hari ini” bahkan fitur ini bisa memberi tahu tanggal esok dan lusa.

Melakukan panggilan telepon

Panggilan telepon pun bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur WIND. Anda tak perlu repot mengambil ponsel dan mencari nama yang akan ditelepon ketika mengendarai Almaz. Cukup menyambungkan koneksi ponsel ke fitur tersebut, Anda sudah bisa menyebutkan nama seseorang yang akan ditelepon, kemudian fitur WIND langsung menghubungkannya. Contohnya menghubungi orang bernama Budi (nama sesuai dengan di kontak ponsel) maka yang Anda katakan fitur WIND adalah “Halo Wuling, Hubungi Budi,” tak lama akan tersambung.

Selain menyebutkan nama, juga dapat menyebutkan nomor satu persatu jika kontaknya belum terdaftar. Atau meminta WIND untuk membuka history call alias sejarah panggilan untuk lebih memudahkan.

Mengoperasikan sistem hiburan

Ada rasa bosan mendengarkan satu stasiun radio ketika sedang berkendara dan ingin menggantinya. Tanpa WIND penggantian stasiun radio bisa dilakukan secara manual tapi bisa dibilang itu membahayakan.  Dengan WIND, mata Anda tetap fokus ke depan dan mengatakan “Halo Wuling, Setel ke 102 FM,” maka stasiun radio akan terganti dengan sendirinya. Atau permintaan seperti “Saluran berikutnya” dan “Saluran sebelumnya” pun bisa. Menaik-turunkan frekuensi hingga menyalakan dan mematikan radio juga bisa dilakukan dengan WIND.

Apabila ingin mengubah dari radio ke media lain, WIND juga dapat melakukannya. Cukup katakan “Halo Wuling, ganti ke USB,” maka WIND bisa melakukannya untuk Anda. Pun demikian dengan menyalakan musik dari Bluetooth dan juga AUX hingga memilih satu lagu yang ingin didengarkan hanya cukup mengucap judul lagunya. Volume pun bisa diatur dengan mudah lewat WIND.

Mengatur volume suara

WIND bahkan membantu Anda untuk mengatur volume suara seperti, “Besarkan suara”, “Kecilkan suara” atau mematikan dan menyalakan volume bisa dilakukan. Perintah seperti mengatur volume ke maksimum dan minimum juga bisa disesuaikan langsung oleh WIND.

Membuka fitur-fitur lain

Tak perlu repot menekan tombol di dasbor untuk mencari tahu tekanan ban. Informasi tekanan ban pun bisa dilakukan dengan perintah suara di WIND. Perlu dicatat, WIND memiliki beberapa perintah khusus yang bisa dilakukan tanpa harus terlebih dahulu menyebut “Halo Wuling” seperti “Hidupkan AC“’, “Buka Jendela“, “Besarkan Suara”, selain hal-hal tadi perintah instan juga bisa dilakukan untuk mematikan dan menyalakan sirkulasi udara, buka-tutup sunroof, memutar dan menghentikan lagu, memilih lagu selanjutnya, juga memilih stasiun radio sebelumnya dan berikutnya.

Menjaga Mobil Rapih dan Bersih Saat Bepergian dengan Anak

Menjaga mobil agar tetap bersih saat bepergian bersama anak merupakan salah satu tantangan tersendiri. Terlepas dari berapa usia si kecil, anak-anak cenderung meninggalkan sesuatu ketika bepergian dengan mobil. Entah itu pembungkus makanan, mainan, atau juga mengacak-ngacak barang yang disimpan di dalam mobil. Mobil kotor pun tak dapat terhindarkan.

Meski begitu Anda tak perlu khawatir berlebihan. Beberapa tips sederhana berikut bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dalam mobil ketika bepergian bersama anak.

Lapisi jok mobil

Cara paling terbaik untuk menjaga jok kursi Anda dari kotoran adalah dengan melapisinya. Anda bisa melapisinya dengan lap biasa atau dengan plastik. Lap lebih mudah untuk diangkat namun perlu mencucinya agar tetap bersih. Sedangkan jika memilih lapisan plastik cenderung lebih mudah untuk dibersihkan.

Membuat tempat sampah di dalam mobil

Apabila tempat sampah di dalam mobil tak mampu menampung kotoran yang dibuang oleh si kecil, siapkan sebuah keranjang yang di lapisi plastik. Keranjang berlapis plastik ini nantinya digunakan sebagai tempat penampungan sampah mini selama bepergian bersama anak.

Membawa tisu basah

Anak-anak di segala usia penasaran akan suatu hal. Mereka akan memegang apa saja yang membuatnya penasaran padahal tangannya kotor bekas memegang makanan atau minuman. Anda disarankan untuk menyimpan tisu basah di dalam mobil. Dengan begitu, jika ada bekas makanan dan minuman yang menempel di dasbor mobil dari tangan si kecil, misalnya Anda bisa langsung membersihkannya.

Rajin vakum mobil

Apabila Anda sering melakukan perjalanan dengan si kecil, sebaiknya rajin-rajin melakukan vakum agar interior mobil tetap bersih. Apalagi terkadang kita tak menyadari ada kotoran yang tertinggal di karpet mobil, maka dengan vakum kotoran tersebut bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

Anda juga bisa membawa vakum cleaner portable yang ukurannya lebih kecil. Dengan begitu, vakum cleaner bisa ditaruh di dalam mobil, sehingga bisa dibawa kemana-mana agar mobil tetap bersih meskipun bepergian dengan anak.

Berhenti di rest area

Agar si kecil tak bosan di dalam mobil, sebisa mungkin untuk Anda berhenti jika menemukan menemukan rest area. Anda juga bisa beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa punya waktu merapihkan kabin mobil seperti membuang sampah yang sudah terkumpul. Dengan begitu mobil kembali bersih dan si kecil nyaman di dalamnya.

Memanfaatkan kompartemen mobil

Membawa barang-barang ketika bepergian bersama si kecil tentu membutuhkan ruangan ekstra di dalam mobil. Tapi tak semua mobil menyediakan banyak kompartemen dan kabin luas di dalamnya. Jika mobil Anda berukuran kecil, tentu ini cukup menjadi kesulitan tersendiri.

Namun Anda tak akan merasa khawatir kekurangan tempat di dalam kabin mobil apabila mengendarai Wuling Cortez. Pasalnya, Cortez memiliki kabin luas dan banyak kompartemen di dalamnya, Ibu bisa membawa dan menaruh banyak barang kebutuhan anak. Anda bisa menyelipkan barang-barang si kecil di kompartemen. Dengan begitu, seluruh kebutuhan si kecil bisa terbawa, mobil tetap bersih dan perjalanan tetap menyenangkan.

Bagimana? Sudah semakin tertarik dengan Wuling Cortez? Kalau begitu saatnya Anda ikut promo Super Mom. Pada promo ini, bagi yang membeli mobil Wuling Cortez CT, bukan hanya dapat promo harga sekaligus dapat hadiah super keren. Selengkapnya klik https://wuling.id/promo-super-mom ini.