Autotips

Berkendara Aman Saat Hujan Deras

21 Januari, 2019

Image Berkendara Aman Saat Hujan Deras

Musim hujan jangan jadi penghalang Anda untuk beraktivitas. Jika mobil Anda termasuk ke dalam kategori mobil MPV, maka mobil Anda terbilang lebih aman dikendarai saat hujan deras daripada jenis mobil sedan yang memiliki bodi lebih rendah.

Berkendara bersama keluarga saat hujan deras pun tetap bisa aman asalkan selain Anda lebih berhati-hati dalam membawa kendaraan, Anda juga bisa perhatikan beberapa hal mendasar berikut ini:

  1. Periksa Kondisi Semua Lampu Mobil

Lampu mobil memiliki peran penting saat mobil berjalan di bawah guyuran hujan. Lampu mobil berfungsi untuk mendeteksi obyek yang ada di depan sekaligus memperjelas pandangan pengendara.

Untuk lampu yang perlu dicek adalah lampu besar (head lamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign kiri dan kanan serta lampu darurat. Lalu cek bagian arah lampu, misalnya headlight agar lebih jelas dalam melihat sekitar dan orang lain melihat kendaraan Anda. Jangan sampai headlight yang Anda gunakan malah mengganggu penglihatan pengendara lain.

  1. Jangan Sampai Pandangan Terhalang

Sebelum berkendara, bersihkan kaca mobil di bagian depan dan kaca bagian belakang dari berbagai debu dan kotoran yang menempel agar tidak menghalangi pandangan Anda. Pastikan karet wiper mobil Anda masih dalam kondisi bagus dan wiper berfungsi dengan baik.

Kaca mobil yang berembun saat hujan juga menjadi penghalang padangan saat Anda berkendara. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menghidupkan AC (air conditioner) dan mengarahkan ke bagian kaca atau Anda juga bisa sedikit membuka kaca mobil untuk membuat aliran udara berjalan, sehingga ruangan tidak lembab karena embun yang menghalangi pandangan saat mengemudi.

  1. Berhenti Ketika Jarak Pandang Hanya 1 Meter

Jika hujan turun sangat deras sekali dan membuat jarak pandang Anda terbatas misal hanya 1 meter saja, maka pikirkanlah untuk menepi dan berhenti mengemudi. Jarak pandang menjadi acuan keselamatan berkendara saat hujan lebat.

Selain soal jarak pandang, kondisi jalan juga jadi pertimbangan penting. Jika Anda merasa tidak nyaman dalam mengendalikan kendaraan, seperti setir sering tertarik ke arah kiri atau kanan akibat jalan licin, sebaiknya juga segera menepi dan berhenti demi keselamatan.

  1. Pastikan Tekanan Udara pada Ban Normal

Tekanan udara dalam ban penting untuk menghindari mobil melayang saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. Jika ban dalam kondisi tipis, maka jangan mengambil resiko. Sebab ban yang menipis itu akan mudah membuat mobil tergelincir, bukan hanya pada saat kondisi hujan, tapi juga pada cuaca normal atau panas.

  1. Jaga Jarak Aman Kendaraan

Saat kondisi hujan, selain jalan yang licin dan konsentrasi terganggu, jarak pandang juga akan menjadi terbatas. Untuk itulah, menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal menjadi salah satu tindakan yang tepat selama berkendara ketika hujan. Biarkan mobil di depan Anda menjauh dengan jarak sekitar 6 detik dari mobil Anda, atau hingga di luar jarak pandang Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Selalu Waspadai Genangan dan Selokan

Saat hujan umumnya banyak terdapat genangan air, Anda disarankan lebih hati-hati untuk memperhatikan kondisi lubang jalan, genangan air, hingga selokan, agar tidak terjebak atau terperosok di dalamnya.

  1. Pilih Mobil Yang Menawarkan Banyak Fitur Pendukung

Salah satu mobil keluarga terbaik yang bisa Anda pilih untuk dikendarai di segala musim baik musim kemarau maupun musim hujan adalah Wuling Cortez 1.5. Mobil Wuling Cortez 1.5 ini dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti:

  • Adjustable projector headlamp

Fitur ini memberikan keunikan dimana lampu depan dengan fitur ini menjadi lebih terang dan bercahaya sehingga Anda bisa berkendara dibawah guyuran hujan dengan lebih aman dan nyaman.

  • Rear wiper:

Fungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dan belakang mobil dari kotoran, debu, minyak, binatang-binatang kecil atau dari air hujan.

  • Rear fog lamp

Untuk membantu penglihatan pada jalanan yang berkabut akibat hujan deras atau saat berada di suhu yang dingin.  Fog lamp dapat meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari sekalipun tidak ada kabut. Artinya, lampu ini bisa berfungsi sebagai tambahan penerangan dari lampu utama.

Semua fitur tersebut membuat Anda sekeluarga terasa nyaman berkendara di dalam mobil Wuling sekaligus menjadikan Wuling Cortez 1.5 menjadi pilihan Mobil MPV terbaik keluarga Anda. Anda bisa segera menghubungi dealer resmi terdekat untuk melakukan test drive, dan buktikan sendiri berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan yang ditawarkan Wuling Cortez.