Autotips

Fungsi Fitur Keselamatan

4 April, 2018

Image Fungsi Fitur Keselamatan

Perkembangan jaman membuat kebutuhan manusia akan teknologi semakin tinggi. Salah satunya adalah kemajuan teknologi dalam bidang otomotif yang mampu membantu manusia mengemudi lebih nyaman saat di tengah kemacetan, tanjakan, jalanan yang licin, dan beragam kendala lainnya saat berkendara. Salah satu teknologi yang dikembangkan General Motors adalah Automatic Vehicle Holding(AVH). Ini adalah salah satu teknologi yang disematkan sebagai fitur keselamatan pada mobil kedua Wuling Motors, yaitu Cortez.

Dalam memproduksi mobil, Wuling selalu berfilosofi pada kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu sebelum memproduksi secara massal, para tenaga ahli di pabrik SGMW di Cikarang benar-benar memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan konsumen di jalanan Indonesia dan apa te   knologi yang bisa kami tawarkan untuk membuat kehidupan dan berkendara menjadi lebih baik lagi. AVH adalah salah satu dari sekian banyak fitur keselamatan yang terdapat di seri Cortez, selain itu ada pula hill hold control(HHC), electronic stability control(ESC), electric parking brake(EPB), electric front seat adjuster, anti-lock braking system(ABS),electronic brake-force distribution(EBD)dan Brake Assist (BA).

‘Kemewahan’ dalam teknologi keselamatan ini merupakan kelebihan yang diharapkan dapat memberikan manfaat lebih saat mengendarai Wuling. Jalanan di Indonesia yang memiliki ragam kontur—mendatar, menanjak, menurun, berpasir, dan berliku perlu dihadapi dengan rangkaian fitur keselamatan ini agar pengemudi dan penumpang selalu merasa aman dalam perjalanan. Pembuktiannya sudah sempat dirasakan oleh para jurnalis yang kami undang untuk menjelajahi sisi tengah hingga timur Jawa di akhir Februari hingga awal Maret kemarin.

Fungsi AVH dapat diaktifkan setelah Anda menekan tombol (A) pada deret kontrol di dekat tuas persneling/transmisi. Dalam kondisi jalan apapun, fitur ini akan berfungsi saat Anda menginjak rem agak dalam—fitur ini akan terus menyala hingga Anda menginjak pedal gas, sehingga keamanan dalam berkendara semakin terjaga.

Di lain sisi, fitur HHC akan selalu aktif agar dapat selalu menjaga keselamatan pengendara maupun penumpang. Saat Anda berada pada posisi tanjakan, maka fitur HHC akan aktif selama 1 hingga 2 detik dan membuat mobil Anda berhenti pada posisi stabil (tidak maju dan tidak mundur) untuk memberi Anda jeda waktu berpindah kaki dari pedal rem ke pedal gas.

ABS adalah sistem keamanan yang disematkan pada rem mobil. Seiring perkembangan teknologi, maka sistem tersebut kini sudah disempurnakan dengan teknologi EBD yang membuat proses pengereman menjadi lebih stabil, khususnya pada saat di tikungan, sehingga membuat mobil Anda terhindar dari ngesot atau tergelincir. Penyempurnaan ini menjadi lebih baik dengan adanya fitur ESC. Pada jalanan yang licin, proses pengereman akan menjadi lebih sulit dan di sini lah fungsi ESC menjadi sangat dibutuhkan, sehingga tidak masalah jika pengemudi mengerem dalam kondisi panik. Teknologi ini ditanamkan dengan memanfaatkan sensor pada kecepatan roda, dan posisi setir. Pada dasarnya, pengemudi hanya bisa mengontrol pengereman pada empat ban sekaligus, sedangkan sistem ESC ini mampu mengerem pada masing-masing ban sehingga dapat menstabilkan posisi mobil saat setir diputar dan pedal rem diinjak agar tidak tergelincir. Namun teknologi ini tidak sepenuhnya dapat menjaga Anda, jika jalanan yang terlampau licin, kecepatan yang terlalu tinggi, dan kondisi ban yang kurang baik (tekanan kurang) dapat mengurangi keefektifan teknologi ESC. Jadi selalu pastikan keamanan kondisi mobil Anda dan kecepatan saat mengemudi.

Terakhir, electric front seat adjuster. Fitur pengatur posisi kursi bertenaga elektrik umumnya hanya ada pada mobil menengah hingga mewah, di pasar Indonesia umumnya di mobil yang memiliki harga mulai dari 300 jutaan ke atas. Namun, Wuling menyadari betul bahwa kenyamanan dan kemewahan tidak harus selalu mahal.Maka setelah melalui proses survei yang memadai terhadap konsumen Indonesia, kini teknologi tersebut disematkan juga pada seri Cortez. Begitupun untuk airbag yang tidak hanya terletak di sisi depan, namun juga di samping.

Keamanan dan kenyamanan dan kemewahan terlihat begitu dekat dari jangkauan Anda saat Anda mengenal Wuling Motors lebih dekat. Semua ini Wuling implementasikan demi kepuasan pelanggan dan bukti komitmennya untuk membuat kehidupan selalu lebih baik.

http://gmauthority.com/blog/gm/general-motors-technology/gm-chassis-suspension-technology/gm-auto-vehicle-hold-technology/

https://www.thoughtco.com/electronic-stability-control-533858