Autotips

Ini Dia fungsi Penting Sunroof

25 Oktober, 2018

Image Ini Dia fungsi Penting Sunroof

Ketika Cortez 1.8 pertama kali diperkenalkan, banyak decak kagum yang terdengar dari undangan acara peluncuran yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski di 8 Februari 2018. Dengan rentang harga yang dimulai dari Rp218 juta untuk tipe 1.8 C, menjadikannya benar-benar sebuah New Choice of MPV. Karena menawarkan banyak fitur dan tampilan yang berbeda.
Sebut saja salah satunya fitur sunroof. ‘Jendela’ yang terletak di sisi langit-langit kabin Cortez ini dapat dibuka tutup sesuka hati. Tombolnya pun memungkinkannya untuk dibuka secara manual, maupun otomatis—tekan dua kali dengan cepat, maka otomatis sunroof akan membuka hingga posisi maksimalnya. Tekan sekali dan tahan untuk membukanya sesuai dengan lebar yang Anda inginkan. Menarik, bukan?
Fitur yang umumnya hanya tersedia di seri mobil menengah ke atas dan cenderung mewah ini menjadikannya sebuah kejutan spesial untuk penggemar Wuling di Tanah Air. Kapan lagi memiliki mobil dengan harga terjangkau namun memiliki fitur yang mewah dan berkelas?! Fakta ini juga sekaligus membuat kita semua tersadar bahwa banyak lapisan masyarakat yang belum sepenuhnya memahami apa fungsi dari keberadaan sunroof ini. Yuk, telusuri beberapa informasi penting di bawah ini:

1.     Udara Segar dan Pencahayaan Maksimal
Dengan adanya sunroof, maka Anda memiliki ekstra ventilasi yang bisa Anda buka sewaktu-waktu. Membuka sunroof berarti memberikan akses ekstra untuk udara dan sinar matahari memasukki ruang kabin Cortez Anda.
Saat Anda memarkir mobil di area parkir yang panas terlalu lama, maka cukup tekan tombol buka pintu melalui remote Cortez Anda dari jauh, maka semua jendela termasuk sunroof akan terbuka secara otomatis dan memberikan akses untuk udara di dalam kabin berventilasi. Jadi, saat Anda memasukki kabin, dijamin suhunya tidak pengap.
2.    Waktu dan Tempat yang Tepat
Pagi hari merupakan waktu yang pas untuk mencoba fitur mewah ini. Dengan sinar matahari yang belum terlalu terik ditambah dengan udara yang masih segar dan sejuk, apalagi jika Anda tinggal di daerah pegunungan. Atau jika Anda membawa Cortez Anda untuk camping, Anda bisa atur kursi baris depan hingga posisi mendatar dengan posisi sunroof terbuka lebar sambil melihat cerahnya langit dan bintang di malam hari.
3.    Hindari Kondisi Ini
Tentunya waktu yang kurang baik menggunakan fitur ini adalah di siang bolong saat matahari sedang panas-panasnya. Anda tidak ingin kulit kepala dan wajah Anda terbakar, dong? Terlebih lagi saat Anda melalui jalur yang cukup berdebu, sebaiknya tutup rapat-rapat sunroofnya agar kabin Cortez Anda tetap bersih dan nyaman.
Menariknya dari Cortez 1.8 ini adalah fitur multi information display yang terpasang di balik setir kemudi. Layer MID ini mampu menampilkan suhu di luar mobil, sehingga Anda bisa mempertimbangkan apakah ini saat yang tepat untuk membuka sunroof.
Bukan hanya panas, ketika langir di atas mulai terlihat mendung sebaiknya segera tutup rapat sunroof agar Anda tidak ‘kecolongan’ dan membuat seisi kabin kebanjiran dengan air hujan.
4.    Merawat Sunroof dengan Mudah
Keberadaan fitur canggih berarti Anda juga harus ekstra perhatian dengan perawatan. Tidak hanya spesifik untuk fitur sunroof saja, tetapi fitur lain secara keseluruhan. Namun, demi merawat sunroof pada Cortez Anda tetap berfungsi baik, maka selalu lakukan hal ini:
·      Jangan lupa menutup sunroof saat tidak digunakan, walaupun posisi mobil Anda di dalam garasi. Mungkin memang tidak ada sinar matahari, tetapi debu dan nyamuk masih mungkin masuk, lho…
·      Gunakan lap berbahan sintetis lembut untuk mengusap seluruh sisi bukaan sunroof setelah selesai digunakan. Hal ini bertujuan agar debu dan partikel pasir tidak mengganjal rel dan sambungannya.
·     Secara rutin bawa Cortez Anda ke bengkel resmi agar kondisi fisik, sambungan kabel dan motor elektriknya tetap terawat.