Autotips

Komponen Mobil Yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

22 Januari, 2019

Image Komponen Mobil Yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

Setiap orang pasti mendambakan mobil keluarga yang terbaik untuk dikendarai setiap hari baik saat cuaca panas ataupun saat cuaca sedang hujan deras. Agar mobil tetap baik performanya, Anda perlu mengecek komponen-komponen apa saja yang wajib diperiksa, dirawat dan diganti terutama selama musim hujan tiba. Berikut adalah beberapa komponen yang perlu Anda periksa.

  1. Karet pada kendaraan

Periksa kondisi karet-karet pada kendaraan seperti pada bagian pintu dan jendela. Karet yang kondisinya sudah tidak baik bisa membuat air hujan merembes ke dalam kabin dan membuat kenyamanan berkendara berkurang.

  1. Defogger atau penghilang embun pada kabin

Beberapa tipe kendaraan punya defogger yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca depan atau belakang. Sayangnya perangkat ini jarang diperiksa kondisinya, padahal punya peran penting saat musim hujan. Anda pun bisa memeriksanya sendiri karena cukup mudah melakukannya. Cukup aktifkan defogger beberapa saat kemudian sentuh kaca depan atau belakang, jika terasa hangat maka defogger bekerja. Jika tidak artinya ada masalah pada perangkat ini.

  1. Rem

Kinerja rem yang maksimal membuat keamanan berkendara saat hujan lebih terjamin.

Maka dari itu komponen pengereman wajib diperiksa saat musim hujan mengingat perannya cukup penting. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat kondisi kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak.

  1. Bagian kelistrikan

Bagian kelistrikan yang mencakup aki dan kabel-kabel tentu perlu diperiksa secara menyeluruh ketika musim hujan. Cek kondisinya agar tidak terjadi hubungan arus pendek serta kondisi dinamo starter. Kesiapan kelistrikan di musim hujan menghindarkan dari masalah-masalah yang mungkin bisa terjadi.

  1. Wiper

Seringkali karet pada wiper sudah tipis dan tidak mampu menyingkirkan air dengan maksimal. Akibatnya pandangan pada kaca terhalang bekas air. Anda bisa periksa kondisi wiper dan segera ganti jika kerjanya sudah tidak maksimal.

  1. Body mobil secara keseluruhan

Anda harus rajin mencuci bodi terutama bagian bawah kendaraan saat musim hujan. Kotoran bekas lumpur jika tidak segera dibersihkan biasanya akan menimbulkan bintik jamur pada bodi kendaraan serta karat pada komponen bawah kendaraan.

Selain memeriksa komponen-komponen di atas, memiliki mobil keluarga dengan fitur safety yang canggih akan meminimalisir bahaya yang Anda terima saat berkendara di musim hujan. Mobil Wuling cortez 1.8, salah satu mobil MPV andalan Wuling yang memiliki fitur safety yang dilengkapi dengan Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH) yang mampu menahan mobil saat berada di tanjakan, apalagi saat hujan karena bisa sangat bahaya.

Kedua fitur pada Mobil Wuling cortez 1.8 ini sama-sama berfungsi untuk menahan laju kendaraan ketika berkendara di medan miring. Lalu apa bedanya? Untuk HHC, fitur ini berfungsi untuk menahan laju mobil ketika berkendara di jalanan menanjak. Ketika transmisi diposisikan pada modus drive (D) dan rem dilepas, sistem secara otomatis akan menahan mobil untuk tidak mundur dalam beberapa detik.

Sementara AHV bisa menahan mobil tanpa batasan waktu. Pengendara bisa mengaktifkan fitur tersebut pada tombol yang berada di konsol tengah tepat di bahwa Electric Parking Brake (EPB). Kehadiran fitur AVH ini sangat membantu sekali ketika kita sedang dalam kondisi stop and go di tanjakan maupun turunan. Anda dan keluarga pun tidak perlu khawatir saat berada di tanjakan atau turunan saat hujan deras karena Mobil Wuling cortez 1.8 telah dilengkapi kedua fitur safety di atas.