MELINTASI TOL TIDAK BISA LAGI MENGGUNAKAN UANG TUNAI - Wuling Motors

Autotips

MELINTASI TOL TIDAK BISA LAGI MENGGUNAKAN UANG TUNAI

22 Desember, 2017

Image MELINTASI TOL TIDAK BISA LAGI MENGGUNAKAN UANG TUNAI

Sejak tanggal 31 Oktober 2017, pembayaran tol di seluruh wilayah Indonesia tidak bisa lagi menggunakan uang tunai. Pembayaran harus dilakukan dengan menggukan e-money. Kartu e-money (electronic money) adalah kartu yang memiliki fungsi sebagai uang digital. Kartu e-money ini termasuk dalam kartu prabayar yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam media server atau chip. Saldo di kartu e-money adalah nilai dari uang Anda yang tersimpan, uang di e-money bisa digunakan untuk beragam pembayaran di merchant/toko yang menerima pembayaran dengan e-money.

Beberapa keunggulan penggunaan e-money untuk pembayaran tol :

  1. Tidak perlu antre panjang
    Jika Anda sudah terlebih dahulu menggunakan e-money tentu sudah merasakan manfaatnya. Tidak  perlu mengantre panjang di gerbang tol. Gardu tol yang melayani pembayaran tunai cenderung lebih panjang antreannya dibandingkan Gerbang Tol Otomatis (GTO).
  2. Tidak usah membawa uang tunai berlebih
    Kini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengumpulkan “uang kecil” untuk membayar tol, atau membawa uang lebih di dompet. Tinggal isi ulang saja saldo e-money Anda sesuai kebutuhan, maka kartu e-money pun siap dibawa bepergian.
  3. Proses pembayaran cepat
    Karena metode pembayaran yang digunakan cashless, proses transaksi di gerbang tol pun semakin cepat. Ini karena Anda tinggal menempelkan kartu pada gardu tol otomatis dan palang gerbang tol pun akan otomatis terbuka.
  4. Tidak repot mengurus kembalian
    Apabila menggunakan uang pecahan besar untuk membayar tol, pastinya Anda akan menerima dan menunggu uang kembalian. Hal ini terkadang cukup merepotkan jika uang kembalian yang diterima adalah uang receh. Banyak pengemudi yang tidak sempat menghitung uang kembalian tersebut karena harus berkonsentrasi dalam berkendara,  jadi uang kembalian asal diletakkan saja pada dashboard mobil.
  5. Bisa menggunakan E-Toll Pass
    E-Toll Pass merupakan sebuah mesin yang dipasangkan di sisi atas dashboard mobil dekat kaca depan untuk melakukan pembayaran tol secara otomatis. Sehingga, pengemudi tidak lagi repot untuk membuka kaca dan menempelkan kartu e-toll pada gardu tol.
    Sayangnya, belum semua pintu tol menerapkan sistem seperti itu. Mungkin di suatu hari nanti semua gerbang tol sudah dilengkapi dengan sistem tersebut, seiring dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan seluruh pembayaran tol lewat kartu.

Pada awal penggunaan e-money untuk pembayaran tol seperti saat ini tentu mengalami banyak kendala, berikut beberapa tips supaya Anda lebih aman dan nyaman dalam menggunakan kartu e-toll :

  1. Jangan lupa tanda tangan
    Bagi Anda pengguna kartu e-toll jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di bagian belakang kartu e-toll agar tidak tertukar. Pastikan cek kembali kartu Anda setelah membayar tol ataupun pembayaran lainnya agar tidak terjadi kesalahan.
  2. Gunakan kartu e-toll bergambar unik
    Pilihlah kartu –kartu berdesain unik agar kartu Anda susah untuk dipalsukan atau ditukar oleh oknum –oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak akan mudah tertukar dengan kartu milik orang lain.
  3. Tempelkan stiker pada kartu e-toll Anda
    Anda bisa membeli ataupun mendesain stiker-stiker yang menarik, saat ini sudah banyak beberapa store online yang memproduksi stiker untuk kartu e-toll. Dengan menempelkan stiker pada kartu e-toll maka kartu Anda akan berbeda dengan kartu milik orang lainnya. Selain mudah dibedakan Anda juga dapat meminimalisir tertukarnya kartu baik disengaja maupun tidak saat bertransaksi dimana pun.
  4. Selalu cek saldo e-money
    Biasakan untuk selalu mengecek saldo e-money Anda, dengan cara menempelkan kartu Anda di NFC Smartphone Anda. Baik sebelum ataupun setelah penggunaan saldo. Selain untuk mengetahui saldo yang tersedia, Anda juga bisa memastikan tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  5. Membeli dan mengisi saldo kartu e-toll ditempat yang dapat dipercaya
  • Merchant retail, seperti: Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven dan Hypermart
  • Jika Anda ingin mengisi saldo, bisa Anda lakukan di gerai atau ATM yang berlogo e- money dan merchant retail yang telah bekerja sama, seperti Indomaret, Alfamidi/Alfaexpress, Alfamart dan Circle K

6. Berikut adalah e-money yang dapat digunakan sebagai kartu e-toll :

  • E-Toll Card BPJT. Merupakan e-money keluaran Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
  • Mandiri E-Money. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.
  • BRI Brizzi. Merupakan e-money keluaran Bank BRI.
  • BNI Tapcash. Merupakan e-money keluaran Bank BNI.
  • BTN Blink. Merupakan e-money keluaran Bank BTN.
  • BCA Flazz. Merupakan e-money keluaran Bank BCA.
  • Gaz Card. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.
  • Indomart Card. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.

Kenyamanan Anda berkendara di jalan tol semakin nyaman karena tidak perlu lama mengantri di gerbang tol. Bepergian ke luar kota bersama keluarga di akhir minggu jadi makin seru dan hemat waktu. Setiap orang tentu menginginkan kenyamanan berkendara yang makin baik untuk mendapatkan kualitas hidup yang makin baik.

https://www.finansialku.com/e-toll-card-mandiri-e-money/

https://www.cermati.com/artikel/bayar-tol-wajib-gunakan-e-money-berlaku-oktober-2017

http://otomotif.kompas.com/read/2017/09/12/180200415/kendala-transaksi-e-money-ini-solusi-jasa-marga


 

Quick Help