Autotips

Modifikasi Roda: Memahami Standar Sebelum Memenuhi Selera

23 Februari, 2018

Image Modifikasi Roda: Memahami Standar Sebelum Memenuhi Selera

Ketika modifikasi menjadi suatu hobi, banyak sekali yang bisa dikulik para pecinta otomotif ini. Mulai dari melapisi kap mobil dengan finishing doff dengan tujuan melindungi lapisan cat asli, mengganti knalpot, hingga merombak sound system mobil dengan versi yang paling fancy. Namun yang terutama dan penting ternyata adalah roda. Walaupun mesin dan performa keseluruhan mobil sudah mantap, namun roda memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil saat dikendarai. Keluarga Wuling butuh cengkraman dari bahan karet yang bagus dan berkualitas saat berkendara di jalan.

Ketika membeli mobil dari dealer, tentunya pihak pabrikan sudah melakukan perhitungan dan pertimbangan tertentu agar setiap detail dari mobil tersebut sudah berfungsi sedemikian rupa baiknya agar mendukung performa mobil secara keseluruhan; dari cat mobil, mesin, kaki-kaki, hingga rodanya. Namun terkadang hobi mengulik suku cadang mobil membuat tangan ‘gatal’ untuk bereksplorasi dan menyesuaikan dengan selera pemiliknya.

Ketika awal diluncurkan, Wuling melengkapi seri Confero Snya dengan ban berjenis Champiro Eco 195/60 R15 produksi pabrikan lokal, yaitu GT Radial dari PT Gajah Tunggal, Tbk. Di ajang GIIAS 2017, sebulan setelah peluncuran resminya, Confero S disajikan dengan tampilan lebih trendi. Confero S Sport Family Van saat itu disematkan 2 pasang ban Toyo DRB berukuran 205/55/16 dan dibuat lebih menawan dengan pelek Work Emotion CR 16 inci. Di sini terlihat ban versi pabrikan dengan versi modifikasi hanya berbeda tipis baik itu dari segi lebar, indeks beban, hingga diameter ban/peleknya. Jadi, bisa disimpulkan hasil modifikasi ini terbilang masih dalam ambang aman untuk menahan beban mobil serta daya cengkraman saat berjalan.

Sedangkan pada Cortez, spesifikasi bannya adalah 205/55/R16, sedikit lebih besar dari ‘kakaknya’. Bagi yang suka dengan tampilan roda besar, maka berekspresi dengan Cortez bisa dijadikan pilihan. Namun, sebelum Anda segera melakukan transaksi pastikan bahwa ban yang akan Anda beli memiliki rating AA atau minimal A. Mengingat kondisi alam Indonesia hanya ada panas dan hujan, maka pilihan ban tidak menjadi terlalu sulit ketimbang jika tinggal di area bersalju. Selalu tanyakan kepada dealer ban terpercaya untuk membantu Anda memilih ban yang pas untuk Cortez atau Confero Anda.

Tujuan lain dari modifikasi adalah untuk penyegaran. Terkadang kita sudah terlalu sayang dengan mobil kita, sehingga dari pada menjualnya kita berusaha membuat penyegaran dalam tampilannya agar tetap terlihat menarik. Mengingat ukuran ban mobil yang cukup besar dan tidak semudah ban motor untuk ditambal, maka selalu siap sedia 2 atau minimal 1 ban cadangan yang kompatibel dengan ban lainnya. Ingat juga bahwa normalnya setiap bulan ban mobil akan berkurang tekanannya sebanyak 1 psi, jadi selalu pastikan keamanan berkendara dengan mengecek tekanan setiap ban Anda sebelum beraktivitas. Nah, salah satu keuntungan membeli Wuling adalah keluarga Wuling bisa lansung mengakses informasi tekanan ban melalui layer MID di balik setir kemudi dengan kelebihan fitur TPMS atau Tire Pressure Monitoring System. Untuk info lebih mendalam tentant perawatan ban bisa baca di artikel ini. Lega kan, jika sudah memahami betul nyamannya menggunakan Wuling? Salam untuk keluarga Wuling di rumah dan selalu buat hidup lebih baik!

http://nasmoco.co.id/2011/yang-dianjurkan-dan-tidak-dianjurkan-saat-membeli-ban-mobil/

http://otodriver.com/article/view/giias-2017-wuling-confero-s-versi-modifikasi-hadir-jadi-inspirasi/5_XJtwPwMjfOLfF4zPSG6RRV3yO2GzQ9wRXSnE6Fjn0

https://www.mobil123.com/berita/gt-radial-jamin-kualitas-ban-wuling-confero/46658