Autotips

Panasnya Cuaca dan Pengaruhnya pada Mobil

5 Oktober, 2018

Image Panasnya Cuaca dan Pengaruhnya pada Mobil
Jaman dahulu masyarakat Indonesia biasanya sudah bersiap menghadapi musim hujan di tengah hingga akhir tahun. Namun, akibat pengaruh pemanasan global, maka perubahan iklim pun turut kita alami; di bulan-bulan menjelang akhir tahun ini kita lebih sering diterpa panasnya sinar matahari ketimbang derasnya air hujan. Tidak jarang suhu udara di luar bias mencapai di atas 30°C tidak hanya mengakibatkan silau, tetapi juga membuat badan kita lebih cepat mengeluarkan keringat.
Di saat-saat seperti ini menggunakan Confero atau Cortez untuk beraktivitas kemana-mana menjadi pilihan yang tepat. Pasti Anda setuju bahwa hembusan pendingin udara Wuling begitu dingin, hingga terkadang orang yang duduk di samping Anda butuh selimut agar tidak kedinginan. Walaupun fungsi ini menjadi sangat bermanfaat, namun kita masih perlu hati-hati dalam menggunakannya jika ingin fitur ini awet, terlebih mobil Wuling Anda secara keseluruhan.
Pahami pengaruh panas…
Saat panas terik menyerang, ternyata tidak hanya fisik Anda yang terganggu, namun juga fisik mobil Anda. Panas cuaca membuat udara pun ikut mengalami perubahan. Kejadian yang paling mudah dikenali adalah saat Anda membuka pintu mobil, setelah diparkir berjam-jam di bawah terik matahari, seketika itu juga semburan hawa panas menyeruak keluar dari dalam mobil dan menerpa wajah Anda. Beruntung dengan kunci mobil Wuling, sebelumnya anda dapat dengan mudah membuka kaca mobil dari kejauhan agar udara di dalam mobil sempat bersirkulasi sebelum Anda masuk kedalam kabin mobil Wuling Anda.
Hentikan kebiasaan ini…
Saat cuaca di luar begitu terik, maka udara di dalam mobil pun seolah di dalam microwave yang secara terus menerus menjadi panas. Di saat itu terjadi, otomatis tangan kita akan meraih tombol AC untuk mengencangkan hembusannya. Baiknya pastikan suhu kabin sudah tidak terlalu panas, dengan membuang semua hawa panas dari dalam mobil anda bisa menggunakan AC dengan tidak terlalu kencang.
Yang terjadi pada mesin…

Saat panas terjadi, tidak hanya kabin mobil saja yang rasanya seperti dekat api unggun, tetapi di dalam mesin pun terjadi pemanasan yang dapat mengganggu kinerjanya. Selalu cek ketinggian pelumas dan air radiator, jangan sampai di bawah ambang batas, sehingga mesin tetap terbantu untuk terus bekerja saat mobil digunakan. Lalu, jika Anda menggunakan accu basah, maka harap selalu dipastikan ketinggian airnya agar selalu di ambang batas aman.

Bagaimana dengan ban?
Nah, selain keunggulan fitur buka kaca melalui remote, satu kelebihan lain dari Wuling adalah Anda dapat mengecek kadar udara di dalam setiap ban melalui fitur TPMS alias tire pressure monitoring system yang bias Anda akses dari layar MID di balik setir kemudi. Keseimbangan tekanan pada setiap ban akan menjaga kondisi berkendara semakin halus dan tanpa cemas, karena saat cuaca panas, maka udara di dalam ban pun akan meninggi, apalagi ketika mereka bergesekan dengan aspal yang juga panas, bias dipastikan ban akan mudah meletus jika tekanan tidak dijaga sesuai ambang batas.