TIPS AMAN NAIK TAXI - Wuling Motors

Autotips

TIPS AMAN NAIK TAXI

22 Desember, 2017

Image TIPS AMAN NAIK TAXI

Seringkali Anda mendengar tentang berbagai kejahatan yang terjadi pada penumpang taxi. Padahal di kota besar, taxi adalah kendaraan umum yang paling sering menjadi pilihan. Terlebih jika malam hari, dimana kendaraan umum lain sudah tidak beroperasi dan taxi adalah pilihan satu-satunya. Ada baiknya jika Anda adalah wanita untuk tidak naik taxi seorang diri di malam hari. Ajaklah teman yang searah dengan tujuan Anda.

Saat ini selain taxi konvensional, ada juga taxi online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa perbedaan taxi online dan taxi konvensional :

  1. Tarif
    Model transportasi online memberikan kepastian tarif yang harus dibayar oleh konsumennya saat memesan. Hal ini dinilai yang menjadi daya tarik masyarakat untuk menggunakan transportasi berbasis online.
  2. Promo
    Taxi online sering melakukan program promo, hal ini menarik penumpang karena bisa melakukan perjalanan dengan potongan harga, bahkan terkadang gratis untuk jarak-jarak tertentu.
  3. Pelayanan dan keamanan
    Saat ini kedua model transportasi ini memiliki pelayanan yang hampir sama. Namun dari segi keamanan, taksi konvensional dianggap lebih aman karena ada perusahaan yang mengelola taksi tersebut.
  4. ‎Teknologi
    Penggunaan teknologi dan aplikasi telah ada sejak lama, bahkan sebelum adanya model transportasi online. Namun, hal ini kurang dimanfaatkan oleh angkutan konvensional, sehingga saat penggunaan teknologi ini meledak saat ini angkutan konvensional ‎jauh tertinggal.
  5. Tampilan kendaraan
    Transportasi online punya keunggulan dalam hal ini. Lantaran yang dipergunakan adalah kendaraan pribadi atau rental, maka tidak terkesan sebagai angkutan umum. Hal ini menjadi nilai tambah sebagai daya tarik bagi penumpang dari kalangan tertentu.

Tidak ada yang menjamin 100% keamanan penumpang, baik taxi online maupun taxi konvensional. Anda sendiri yang harus lebih awas dan berhati-hati dalam menentukan jenis taxi apa yang Anda pilih. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya perjalanan Anda aman ketika naik taxi, terlebih jika Anda adalah wanita :

  • Untuk taxi konvensional, ada image di masyarakat bahwa armada taxi tertentu dianggap lebih aman dibanding yang lain. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menentukan pilihan.
  • Untuk taxi online : sebelum naik pastikan nomor plat mobil, jenis mobilnya sama dengan yang tertera di aplikasi. Cek pengendaranya dengan menelpon nomernya, kalau perlu telpon di depan orangnya.
  • Setelah membuka pintu, lihat pada pintu apakah pintu dalam kondisi child lock. Apabila iya, batalkan niat Anda naik taxi tersebut, karena berarti pintu sengaja dikondisikan tidak bisa dibuka dari dalam. Tetapi apabila Anda tetap mau naik taxi tersebut, matikan child lock nya, sehingga Anda bisa membukanya dari dalam.
  • Periksa jok belakang mobil sebelum masuk dengan cara menariknya ke depan, apabila bisa bergerak, sebaiknya batalkan niat Anda untuk naik taxi tersebut, siapa tahu ada orang yang bersembunyi di bagasi dan berniat melakukan perampokan terhadap penumpang.
  • Usahakan masuk taxi dari sebelah kanan (kalau memungkinkan), karena ini akan membantu Anda mengecek keamanannya,
  • Apabila di rasa aman, silakan duduk di belakang sopir, tujuannya adalah :
  • Supaya sopir tidak mudah mengawasi Anda.
  • Anda mempunyai cukup waktu untuk bertahan atau untuk kabur apabila si sopir menunjukkan gelagat tidak baik bahkan upaya perampokan, karena posisinya sulit untuk menjangkau Anda.
  • Ada senjata di mobil yang bisa Anda pakai sebagai senjata, yaitu seatbelt sopir yang bisa Anda pakai untuk menahan gerak si sopir bahkan bisa memaksa sopir untuk menghentikan kendaraan.
  • Untuk taxi konvensional : sebelum tutup pintu, cek kartu anggota, apabila tidak sama, batalkan niat Anda untuk naik taxi tersebut. Bila dirasa sudah aman, langkah berikutnya adalah foto nomor lambung taxi, kirimkan nomor lambung taxi ke saudara atau teman, kalau perlu send location ke mereka.
    Untuk taxi online : Bila dirasa sudah aman, langkah berikutnya adalah print screen order Anda, kirimkan print screen order ke saudara atau teman, kalau perlu send location ke mereka.
  • Saat ini semua kamera sudah bisa memotret dan rekam video, kalau Anda merasa perlu, bilang kepada sopirnya mau foto/rekam wajahnya.  Apabila sopir memang berniat jahat, pasti dia tidak mau di foto atau direkam, dan memilih tidak mengangkut Anda, berarti Anda aman dan selamat.

Semua tips diatas dapat Anda lakukan kurang dari 3 menit. Luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan hal tersebut diatas supaya perjalanan Anda aman dan selamat sampai ke tempat tujuan. Tidak hanya berkendara dengan kendaraan pribadi yang dapat memberikan kenyamanan, tetapi tentunya setiap orang menginginkan moda transportasi yang dipilihnya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan, bukan?

http://bisnis.liputan6.com/read/2689374/5-fakta-taksi-online-vs-konvensional

http://www.otakpenjahat.com/penjahat-jalanan/tips-aman-naik-taxi-konvensional-dan-taxi-online/

Quick Help