Tips Berkendara Aman dengan si Buah Hati - Wuling Motors

Autotips

Tips Berkendara Aman dengan si Buah Hati

31 Desember, 2018

Image Tips Berkendara Aman dengan si Buah Hati

Keluarga Wuling apakah sudah tahu apa fungsi yang tersembunyi di kursi baris kedua pada mobil Wuling Anda? Perhatikan baik-baik pada lingkaran seperti kancing berwarna krem dengan ukiran orang yang sedang duduk di kursi mobil. Bukan, itu bukan sebagai penanda bahwa orang boleh duduk di kursi tengah. Ukiran tersebut menggambarkan sosok bayi yang duduk di atas kursi khusus bayi yang kemudian disematkan di kursi baris kedua. Memangnya bayi boleh kita biarkan duduk sendirian di kursi tengah?

Di beberapa negara maju seperti Jerman, pemerintah sudah membuat aturan lalu lintas yang sangat rapi, salah satunya adalah larangan untuk memangku anak di kursi depan. Artinya orang yang boleh duduk di mobil, khususnya di kursi depan, hanyalah orang-orang yang sudah memiliki tinggi badan yang memadai. Hal ini bisa kita ketahui dari sabuk pengaman yang tertanam di sisi kanan pengemudi dan sisi kiri penumpang depan. Jika bahu tidak mencapai tinggi pangkal sabuk, maka orang tersebut belum diperbolehkan duduk di depan. Dan hanya boleh ada satu penumpang saja yang duduk di depan, artinya tidak boleh duduk berdua, baik itu berdampingan maupun berpangkuan. Hal ini sudah dipertimbangkan dengan matang oleh para pembuat aturan lalu litas di negara-negara maju di sana agar ketika terjadi tabrakan, tingkat ancamannya terhadap penumpang lebih rendah.

Apalagi jika yang kita pangku adalah anak bayi—mereka masih membutuhkan fokus perhatian yang tinggi, sehingga jika si bayi duduk dipangku di kursi depan, maka kemungkinannya untuk mengganggu konsentrasi pengemudi pun lebih besar. Ini berbahaya dalam urusan lalu lintas, karena bukan hanya mobil sendiri yang terancam bahaya kecelakaan, namun juga kendaraan dan orang lain yang berada di sek  itarmobilkita. Saking ketatnya peraturan ini, siapapun yang melanggar dapat diancam dengan hukuman denda hingga penjara.

Keselamatan penumpang menjadi satu fokus yang tidak akan pernah Wuling kesampingkan, maka dari itu penting sekali bagi kami untuk menyediakan fasilitas ISOFIX atau akses penyemat kursi bayi ke kursi baris kedua. Anda cukup membeli kursi mobil khusus bayi, dan Anda perlu perhatikan betul bahan dan pengamannya, karena kursi bayi ini juga memiliki sabuk sendiri. Yang juga perlu diperhatikan adalah akses penyematnya harus kompatibel dengan fitur ISOFIX yang Wuling tanamkan di kursi baris kedua tersebut. Namun jangan salah, penyematnya ada di balik celah dudukan dan penyangga punggung pada kursi, jadi Anda jangan langsung tarik benda bulat yang berbentuk seperti kancing itu, ya.

Walaupun peraturan lalu lintas kita belum setertib itu dalam menerapkan peraturan kursi bayi ini, namun Anda tentunya sayang terhadap bayi Anda sendirikan? Maka dari itu, pastikan keselamatan setiap penumpang tetap terjaga dan terkendali saat Anda berkendara. Ingat selalu drive for a better life!

Quick Help