8 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Bepergian Jauh

7 September, 2020
clock-bold
5 menit membaca

Image 8 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Bepergian Jauh

Melakukan perjalanan bersama keluarga selalu menyenangkan, bukan? Biasanya persiapan pun tidak kalah seru, apalagi jika rute yang dilakukan cukup jauh. Pemilihan kendaraan juga menjadi salah satu faktor kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan tersebut, salah satunya adalah MPV dengan kabin lega. Tak lupa pula benda-benda dan perlengkapan penting yang harus dibawa saat bepergian jauh berikut ini.

Tidak dipungkiri bahwa mengemudi dalam jarak yang jauh, akan menimbulkan kejenuhan, tidak hanya bagi pengemudi, namun juga untuk penumpang. Nah,dalam perjalanan jauh juga diperlukan beberapa barang atau alat penunjang selama perjalanan.

Berikut beberapa barang yang wajib ada di mobil Anda selama perjalanan jauh tersebut, dimulai dari benda kecil namun penting:

Senter

Senter

Anda tidak tahu kapan akan berada di jalan gelap karena minim penerangan di jalan atau saat perlu membuka kap mesin mobil. Jadi, selalu letakkan senter di dalam glove box compartmen tersedia beberapa compartment yang bisa  digunakan di mobil Anda. Pastikan baterai selalu dikeluarkan agar lebih awet dan tidak tibaa-tiba habis saat membutuhkan senter tersebut.

Pilihlah senter dengan jenis lampu yang hemat energi sehingga umur/masa pakai senter tersebut juga tahan lama hingga bertahun-tahun, jadi Anda tidak perlu selalu membeli karena senter cepat rusak. Lebih baik lagi membeli senter dengan fitur baterai yang bisa diisi ulang.

Baca juga: 5 Jalan Ekstrem di Indonesia untuk Menguji Kemampuan Mengemudi

Payung/Poncho

Payung/Poncho

Mengingat kondisi alam Indonesia yang hanya terdiri dari dua musim saja, yaitu hujan dan kemarau, maka kita harus selalu siap sedia payung atau poncho di dalam mobil. Payung yang disiapkan sebaiknya berukuran besar, karena bisa saja saat sedang berkendara dengan orang lain, sehingga payung tersebut harus bisa melindungi 2—3 orang sekaligus ‘kan?

Sementara poncho ada berbagai jenis, namun akan lebih baik jika menyiapkan yang berbahan terpal agar lebih tahan lama, karena bahan plastik lebih mudah robek/bolong apalagi di bagian jahitannya.

Snack dan Minuman

Snack

Anda tidak pernah tahu kapan tiba-tiba lapar saat macet panjang dan sialnya lupa membawa camilan atau  parahnya toko kecil tidak terlihat di sepanjang jalan. Siapkanlah energy bar atau cemilan ringan seperti biskuit dan air mineral dalam kemasan gelas.

Namun lebih baik lagi jika membawa camilan dengan beberapa kotak bekal sendiri atau membawa air dalam wadah botol plastik/baja sehingga isinya selalu segar dan menjaga agar tidak terlalu banyak menggunakan botol plastik kemasan sekali pakai-buang. Hal ini dilakukan agar Anda tetap menjaga lingkungan dari pemakaian plastik yang terlalu banyak.

Baca juga: 5 Perlengkapan Penting Saat Bepergian dengan Anak

Segitiga Pengaman/Segitiga Reflektor

Segitiga Pengaman/Segitiga Reflektor

Ini adalah salah satu alat krusial yang harus ada di mobil. Alat “sederhana” ini berfungsi memberikan tanda atau sinyal kepada pengemudi lain bahwa kendaraan kita dalam keadaan darurat. Plastik yang dominan warna merah ini adalah reflektor yang diharapkan dapat terlihat dari jauh.

Penempatan segitiga pengaman ini pun ada ketentuannya, minimal 3 meter dari jarak mobil kita berhenti, namun sebaiknya diletakkan lebih jauh sekitar 10 meter dari lokasi mobil kita, agar kendaraan dapat melihat dari kejauhan, atau masih ada jarak untuk menghindar, seandainya berada di jalur yang sama dengan mobil kita.

Kotak P3K

Kotak P3K

Disebut juga dengan First Aid Kit, Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) pada kendaraan wajib ada. Biasanya diletakkan di laci depan atau di belakang. Umumnya, isi P3K antara lain adalah; kain kasa, plester berbagai ukuran, salep antibiotic, kain basah antiseptic, gunting, obat merah, perban gulungan berbagai ukuran, senter, pinset, dan tidak sedikit kotak P3K yang berisi panduan pertolongan pertama.

Diharapkan kotak tersebut tidak pernah digunakan selama perjalanan. Perlu diperhatikan bahwa isi kotak ini harus secara periodik diperiksa karena ada beberapa item yang memiliki kadarluasa, sejumlah antiseptik memiliki tanggal kadaluarsa tersebut.

Peralatan atau Perkakas Mobil

Peralatan atau Perkakas Mobil

Walaupun perkakas mobil merupakan standar di mobil, namun tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa sebelum keberangkatan apakah perkakasnya lengkap, karena ada kalanya digunakan untuk keperluan lain yang kemudian terlupakan untuk dikembalikan pada kendaraan tersebut. Yang utama adalah dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng dan lainnya.

Ban Cadangan

Ban Cadangan

Hampir setiap kendaraan memiliki cadangan ban mobil , umumnya diletakkan dibelakang, di bawah lantai bagasi atau di luar bagian bawah tersembunyi di balik bumper belakang. Bila ban cadangan memiliki ukuran yang sama, jangan lupa untuk segera servis ban yang kempis agar saat diperlukan kembali, ban ‘cadangan’ dalam kondisi terisi angin.

Baca juga: 4 Spesifikasi Wuling Confero S Bikin Nyaman Perjalanan

Bila ban cadangan merupakan space saver, harus dicatat bahwa ada batas maksimal dalam berkendara, yaitu tidak lebih dari 80 km/jam dan jangan digunakan pada jarak lebih dari 30 km, karena ini merupakan substitute tyre berukuran yang beda dengan 3 ban lainnya.

Kabel Jumper Aki Mobil

Selalu sedia payung sebelum hujan, selalu sedia kabel jumper aki sebelum soak. Walaupun aki sering diperiksa dan termasuk dalam perawatan rutin, membawa kabel jumper aki adalah keharusan. Karena problema tidak melulu terkait aki, ada kemungkinan masalah kelistrikan, sehingga harus dilakukan jumper. Bila tidak diperlukan, mungkin ada pengemudi lain yang sedang membutuhkan dan Anda ada dan bersedia membantu pengemudi lain.

Keluarga Wuling, itulah delapan benda penting yang harus dibawa saat bepergian jauh. Jaga selalu keselamatan, ya!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer