Cara Independent Suspension Membuat Nyaman Menyetir

9 July, 2020
clock-bold
3 menit membaca

Image Cara Independent Suspension Membuat Nyaman Menyetir

Suspensi merupakan komponen di dalam mobil yang berfungsi sebagai peredam kejut saat kendaraan melintas di permukaan jalan yang tak fata. Suspensi berperan sebagai penghubung antara roda dan bodi kendaraan serta mentransfer semua kekuatan dan torsi antara roda juga bodi, seperti salah satunya pada independent suspension.

Berbicara suspensi, biasanya sering dikaitkan dengan kenyamanan saat berkendara. Pasti sering mendengar mobil dengan suspensi empuk bisa memberikan kenyamanan lebih kepada pengendara. Terdapat dua jenis suspensi kendaraan yakni dependen (rigid) dan independen. Namun yang umum digunakan pada kendaraan penumpang saat ini adalah independent suspension. Sedangkan dependen lebih banyak tersemat pada kendaraan niaga alias mobil komersial.

Cara Independent Suspension Bekerja

 Cara Independent Suspension Bekerja

Dengan independent suspension antara roda yang berada dalam satu poros dapat tetap berperan tanpa mempengaruhi satu sama lain. Gambaran mudahnya begini, jika mobil melewati suatu tanggul atau permukaan yang tidak rata di salah satu sisi maka hanya sisi itu saja yang merasakannya.

Misalnya, tanggul terdapat di bagian sebelah kiri, maka roda kiri saja yang naik dan merasakan sedikit lonjakan tidak dengan ban kanan. Sehingga mereka yang berada di dalam kabin mobil sebelah kiri saja yang akan merasakan lonjakannya.

Independent suspension memiliki konstruksi yang lebih rumit karena terdiri dari banyak komponen. Dengan independent suspension, pusat gravitasi akan cenderung lebih ke tengah.

Baca juga: Jenis Transmisi dan Cara Mengemudi Anda

Keunggulan Mobil dengan Independent Suspension

Keunggulan Mobil dengan Independent Suspension

Mobil yang telah mengusung sistem independen ini disebut-sebut memiliki handling yang lebih baik. Kemampuan meredam guncangan yang bisa dilakukan independent suspension juga mumpuni sehingga para pengendara dan penumpang di dalam mobil bisa lebih nyaman. Tak hanya itu, independent suspension juga membuat radius putar mobil bisa lebih pendek.

Oleh sebab itu, independent suspension banyak dipilih oleh pabrikan untuk disematkan pada mobil-mobil penumpang jenis MPV, SUV, hingga mobil sport sekalipun. Ini dilakukan demi memberi kenyamanan sepanjang pengendara melakukan perjalanan.

Baca juga: 6 Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Harus Dirawat

Kenyaman dari independent suspension juga bisa Anda rasakan ketika mengendarai Wuling Cortez CT. Mobil keluarga dari Wuling ini menawarkan kenyamanan lewat independent suspension di roda belakang. Tentunya tak hanya pengendara, penumpang pun bisa turut merasakan nyamannya duduk di kursi belakang Wuling Cortez CT ini.

Kenyamanan yang ditawarkan Wuling Cortez CT tak hanya lewat independent suspension, namun ada juga fitur Engine Start/Stop Button, Comfortable Tilt Steering, Modern Center Cluster Design with Auto AC, Convenient Electric Front Seat Adjuster, Classy Electric Sunroof, Seat Belt Height Adjuster, Outer Mirror and Power Window Controller, Exquisite Atmosphere Lamp, serta First Row USB Power Outlet untuk membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Sekarang sudah terbayang bukan bagaimana independent suspension membantu suspensi kendaraan menjadi maksimal?

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer