Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

27 April, 2022
clock-bold
7 menit membaca

Image Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Pada kondisi kembalinya PSSB selama pandemi COVID-19 sekarang ini, tidak memungkinkan untuk mencuci mobil Anda ke tempat cuci steam mobil, karena berisiko di lingkungan umum dan pekerja tidak tahu riwayat kesehatannya. Oleh karena itu para pengendara disarankan untuk tahu bagaimana cara mencuci mobil sendiri di rumah, baik itu sisi eksterior maupun interiornya, seperti layaknya pekerja di car wash mobil dengan tips berikut.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukannya sendiri, Anda hanya perlu mempersiapkan perlengkapan mencuci mobil Anda dan memperhatikan cara mencuci mobil di rumah berikut ini.

Cara Mencuci Mobil di Rumah yang Benar

Saat Anda memutuskan untuk mencuci mobil di rumah daripada di tempat cuci mobil, maka pastikan cara yang Anda pakai adalah yang benar. Dengan mencuci mobil secara benar, maka akan membuat body mobil terlihat memukau. Berikut ini adalah autotips terkait beberapa langkah dari cara mencuci mobil di rumah yang benar.

Siapkan Semua Peralatan Mencuci

Tips Cara Mencuci Mobil di Rumah Ala Profesional

Gambar Ilustrasi Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Agar tak repot bolak-balik karena tangan licin penuh busa sampo mobil, sebaiknya Anda sudah menyiapkan semua peralatan seperti selang air, ember, dan spons.

Usahakan untuk menyiapkan tiga ember. Satu ember diisi campuran sampo mobil dan air, kemudian ember lainnya diisi air bersih. Tujuannya agar kotoran bisa benar-benar bersih. Apabila Anda hanya menggunakan satu ember, ada kemungkinan kotoran yang ada di mobil bisa-bisa kembali menempel karena penggunaan ember yang sama.

Satu ember lagi digunakan khusus untuk membersihkan ban. Bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban dan pelek biasanya lebih kotor. Dengan menyiapkan ember khusus ini, Anda terhindar dari memindahkan kotoran di ban ke bodi mobil. Jangan lupa untuk lap kering dan cairan pemoles mobil juga disiapkan di sekitar Anda mencuci.

Baca juga: Cara Merawat Mobil di Musim Hujan

Mulailah Mencuci

Mulailah Mencuci

Gambar Ilustrasi Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Setelah semua peralatan sudah siap, segeralah mencuci mobil Anda. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan seluruh permukaan mobil dengan campuran cairan sampo dan juga air. Pastikan sampo yang digunakan khusus untuk membersihkan mobil, agar tidak memberikan kerusakan pada cat mobil serta bagian eksterior lainnya.

Segera Bilas dan Keringkan

3. Segera Bilas dan Keringkan 1024x583

Gambar Ilustrasi Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Cara mencuci mobil di rumah selanjutnya, usai membubuhkan seluruh permukaan mobil dengan sampo, segera bilas mobil. Hal itu dilakukan agar cairan bekas sampo tak membekas di permukaan mobil. Anda tentu tak ingin cat mobil baru Anda memiliki noda-noda putih bekas sampo, bukan? Segeralah lap mobil dengan menggunakan lap bersih atau kanebo.

Mencuci Ban

Mencuci Ban

Gambar Ilustrasi Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Usai seluruh bodi mobil dicuci dan dilap dengan bersih, Anda bisa memulai mencuci ban. Ban sengaja dicuci paling akhir karena letaknya berada di bawah sehingga tak berpotensi mengotori bodi mobil. Bila ada, siapkan sikat gigi kala mencuci ban. Ini dapat membantu Anda menjangkau sela-sela ban yang sulit tersentuh tangan.

Baca juga: Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

Memoles Mobil

Memoles Mobil

Gambar Ilustrasi Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Supaya mobil tetap bersih dan mengkilap, Anda bisa menggunakan cairan waxing. Ini membantu agar cat mobil Anda terlihat lebih mengkilap dari biasanya. Penggunaan cairan wax juga dapat menjaga cat mobil dari kotoran bersifat korosif yang menempel seperti kotoran burung. Gunakan juga cairan ini untuk memoles ban agar bersih lebih sempurna.

Bersihkan Bagian Interior

Bersihkan Bagian Interior

Gambar Ilustrasi Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Interior mobil merupakan bagian yang paling sering tersentuh tangan. Untuk itu, Anda sebaiknya rajin untuk membersihkannya secara rutin. Bisa menggunakan lap dan juga cairan pembersih interior yang aman. Hindari penggunaan hand sanitizer di interior karena kandungan alkohol di dalamnya berisiko merusak bagian dalam mobil tersebut.

Peralatan Mencuci Mobil di Rumah

Untuk dapat menjalankan cara mencuci mobil yang benar di rumah, maka Anda memerlukan beberapa peralatan mencuci. Ada pun beberapa peralatan cuci mobil di rumah yang dimaksud mulai dari shampo mobil hingga mesin steam.

Shampo Mobil

Saat Anda memutuskan untuk mencuci mobil di rumah, maka Anda memerlukan peralatan cuci mobil seperti shampo mobil. Dengan menggunakan shampo mobil, maka body mobil Anda akan bersih dan berpenampilan mengkilat. Pemilihan shampo mobil ini perlu perhatian khusus ya. Dalam kata lain, tidak boleh sembarangan.

Kadar PH dalam shampo mobil tak boleh terlalu tinggi ya. Bila amat tinggi, maka akan berdampak kepada terkikisnya lapisan cat mobil Anda, dan mampu membuat warna mobil menjadi kusam tak menarik. Cara mudah untuk memilih yang aman bagi setiap body mobil adalah memilih produk shampo mobil yang mengandung formula PH seimbang. Nah, formula PH yang seimbang ini aman loh untuk digunakan buat semua tipe cat mobil.

Tak lupa liat kandungan lainnya. Cari yang mengandung premium polymer ya. Kandungan tersebut berguna untuk membuat mobil tetap berkilau dan cat pada body terjaga. Kandungan ini membuat body jadi aman juga saat dilapisi wax. Kandungan lain yang perlu diperhatikan adalah anti-static agent yang berguna untuk mencegah air dan debu menempel pada body mobil.

Spons Pencuci Mobil

Dalam mencuci mobil, perlu peralatan cuci mobil berupa spons pencuci. Peralatan cuci mobil di rumah ini harus punya kemampuan buat menghasilkan banyak busa yang asalnya dari shampo mobil. Tak hanya itu saja, spons ini pun harus punya daya serap yang tinggi.

Tersedia banyak spons pencuci yang dijual online dan offline. Anda bisa mencari yang memiliki dimensi yang cukup besar, seperti 17,5 x 11,5 x 5 cm. Dimensi besar ini bertujuan agar Anda dapat menjangkau banyak bagian body mobil dengan gampang. Tak lupa, cari spons pencuci yang lembut ya. Tujuannya agar body mobil Anda tidak tergores saat spons digunakan.

Selang dengan Gun Sprayer

Anda perlu selang dengan gun sprayer agar dapat menjangkau beberapa bagian sulit terjangkau seperti kolong mobil. Peralatan cuci mobil di rumah ini perlu memiliki fungsi gun sprayer yang berbeda seperti jet, shower, mist, full, flat, center dan cone. Tak lupa cari yang berbahan kualitas tinggi agar saat dipakai aliran air tetap lancar. Pastikan panjan selang kurang lebih 15 m agar fungsinya untuk menjangkau bagian sulit dapat optimal.

Lap Pengering Mobil

Anda perlu lap pengering mobil setelah selesai mencuci mobil. Peralatan cuci mobil di rumah ini harus lembut dan mempunyai daya serap tinggi. Lembut agar lap tak menggores body mobil. Daya serap tinggi agar air bekas cucian dapat terserap semua, sehingga tak meninggalkan sisa yang mampu mengakibatkan timbul jamur atau bercak pada body mobil. Pastikan dimensi lap pengering mobil cukup besar, kurang lebih 430 x 320 mm dan daya serap air hingga 280 ml agar proses pengeringan mobil menjadi singkat.

Wax Mobil

Biasanya, setelah mencuci dan mengeringkan mobil, ada langkah selanjutnya, yakni melapisi mobil dengan lapisan wax. Tujuannya adalah agar body mobil tetap terlihat mengkilat. Agar tampilan body mobil mengkilap memukau, Anda dapat memilih wax yang berbahan hard shell finish. Selain kilauan yang memukau, daya tahannya bisa sampai 60 hari.

Sarung Tangan Pencuci

Anda perlu memiliki sarung tangan khusus untuk membersihkan mobil. Sarung tangan ini bisa mempermudah Anda dalam membersihkan kotoran dan mengatasi alergi. Terkait dengan kemampuan membersihkan kotoran, pastikan Anda mencari sarung tangan yang berbahan microfiber.

Ember Lipat

Ember merupakan peralatan cuci mobil di rumah yang wajib Anda punyai. Mau dengan cara tradisional ataupun dengan selang sprayer dan mesin steam, Anda masih perlu menggunakan ember. Untuk dapat mempermudah penyimpanan dan lebih fleksibel, maka Anda dapat membeli ember lipat. Anda perlu memastikan bahan ember lipat ini waterproof agar tak bocor. Pastikan juga kapasitasnya cukup besar kurang lebih mampu menampung air sebanyak 9 - 11 liter.

Mesin Steam Pressure Washer

Untuk menyempurnakan proses pencucian mobil Anda, tak ada salahnya memiliki mesin steam. Namun, pastikan ukurannya tak terlalu besar serta memiliki performa yang tangguh. Cari mesin steam yang memiliki daya sebesar 1400 watt dengan kapasita 6,5 liter per menit. Untuk mempermudah mobilitas, pastikan mesin steam punya handle dan roda.

Membersihkan mobil memang penting. Jangan sampai mobil kesayangan Anda, seperti Wuling Almaz, yang memiliki tampilan premium dan modern, tidak dijaga kebersihannya. Dengan cara mudah mencuci mobil di rumah ala profesional seperti di tempat cuci steam mobil, hasilnya bisa memuaskan. Yuk, dicoba info trivia terkait cuci mobil ini!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer