Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak & Cara Mengatasinya

10 July, 2023
clock-bold
11 menit membaca

Image Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak & Cara Mengatasinya

Dinamo starter adalah bagian penting dalam sebuah mobil, karena bisa membantu efisiensi saat menghidupkan mobil. Jika dinamo mobil sudah mulai lemah, tentu akan membuat mobil sulit untuk dihidupkan. Setidaknya ada beberapa penyebab yang bisa membuat dinamo starter mobil cepat rusak. Berikut ini pembahasan artikel autotips selanjutnya tentang ciri-ciri dinamo starter mobil rusak dan cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak / Lemah

Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil yang Rusak Gambar Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil yang Rusak

Apabila dinamo starter mobil mengalami kerusakan, tentu akan menghambat mobilitas Anda. Jika mobil tidak bisa nyala tentu akan memicu munculnya kerusakan di berbagai komponen mobil yang lainnya. Bahkan bisa membuat mobil mati mendadak di tengah jalan dan hal ini pastinya akan sangat merepotkan Anda.

Bagian dinamo starter mobil yang rusak sebetulnya sangat mudah untuk dideteksi, karena ada berbagai tanda atau ciri ciri yang menjadi indikasi yang akurat. Pastikan Anda memperhatikan berbagai ciri kerusakan dinamo starter yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Bunyi Mendesing dan Gemeretak

Bunyi Mendesing dan Gemeretak Gambar Penjelas Bunyi Mendesing dan Gemeretak

Adanya sebuah bunyi yang gemeretak biasanya diakibatkan dari adanya kaitan antara gigi pada gear pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. Ketika Anda menemukan 2 gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang gemeretak.

Pada saat suaranya semakin keras, itu tandanya kerusakan yang terjadi sudah sangat parah. Faktor lain yang sering terjadi yaitu munculnya suara yang sangat mendesing ketika mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi yang mendesing akan terjadi saat bearing one way yang ada di bagian pinion gear mengalami kerusakan.

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada poros armature yang seharusnya memberikan sebuah putaran untuk pinion gear dan malahan berputar dengan sendirinya atau sering disebut dengan starter loss. Kondisi ini akan membuat suara menjadi sangat mendesing, namun tak ada tanda-tanda bahwa mesin akan ikut berputar.

2. Mesin Sulit Untuk Distarter Dalam Kondisi yang Panas

Mesin Sulit Untuk Distarter Dalam Kondisi yang Panas Gambar Penjelas Mesin Sulit Untuk Distarter Dalam Kondisi Panas

Ciri lain dari sebuah dinamo starter mobil yang rusak yaitu membuat mesin menjadi sangat sulit untuk distarter dalam kondisi mobil yang habis dipakai sebentar atau masih dalam kondisi yang panas.

Ketika mobil dibiarkan terparkir dalam waktu yang cukup lama atau mesin dingin, maka mesin akan lebih mudah untuk dinyalakan dan mesin tidak akan menunjukkan gejala apapun. Dengan begitu mobil bisa dipakai dengan lancar dan aman.

Jika Anda mengalami kesusahan dalam menyalakan mobil saat mesin mobil dalam kondisi yang panas, tentu hal tersebut diakibatkan adanya resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar.

Ketika panas mesin mengenai bagian body solenoid, maka nilai tahanan yang berada di dalam kumparan akan semakin membesar. Hal ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan tidak akan bisa mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Pada saat arus listrik tertahan atau tersendat, maka otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

3. Mobil Tak Bereaksi Saat di Starter

Mobil Tak Bereaksi Saat di Starter Gambar Penjelas Mobil Tak Bereaksi Saat di Starter

Ketika adanya reaksi dari sebuah dinamo starter, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda kalau dinamo starter sudah mengalami kerusakan karena tidak kuat memutar mesin. Kemungkinan terbesar penyebab kerusakan adalah putusnya sekering di bagian dinamo.

Sekring yang terputus biasanya akan menandakan bahwa jalur kelistrikannya akan mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut biasanya akan memicu munculnya carbon brush dan gulungan tembaga yang biasanya akan ikut terbakar.

4. Aki Sudah Habis atau Soak

Aki Sudah Habis atau Soak Gambar Penjelas Aki Sudah Habis atau Soak

Ciri dinamo starter rusak juga bisa terlihat dari aki atau baterai yang sudah mulai lemah bahkan aki sudah mulai soak. Ketika aki mobil mulai soak, maka akan berdampak pada sistem starter mobil yang mulai melambat dan tidak memacu suatu sistem perapian.

Kondisi seperti ini sangatlah mudah untuk dikenali lantaran ketika Anda menyalakan mobil akan muncul suara starter yang tidak normal atau putus-putus. Hal itu menandakan bahwa voltasenya tidaklah cukup atau bahkan sangat menurun.

Silahkan Anda mengecek bagian aki mobilnya, karena bisa saja bahwa sambungan baterainya kotor atau korslet dan habis. Jika menemukan aki mobil sudah habis, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Dapatkan informasi terkini dan lengkap mengenai produk dan layanan kami dengan mengunduh brosur kami lewat link di bawah ini!

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Penyebab Dinamo Starter Mobil Menjadi Rusak

Penyebab Dinamo Starter Mobil Menjadi Rusak Gambar Penjelas Penyebab Dinamo Starter Mobil Jadi Rusak

Ketika Anda menemukan starter mobil yang tiba-tiba rusak tentu akan sangat sangat menyulitkan dan membingungkan. Setidaknya ada beberapa penyebab yang biasanya menjadi faktor penting kerusakan pada starter mobil.

1. Dinamo Dipaksa Bekerja

Dinamo Dipaksa Bekerja Gambar Penjelas Dinamo Dipaksa Bekerja

Dinamo starter rusak bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan salah satunya akibat terlalu memaksakan kerja dinamo padahal mesin tidak bisa menyala. Jika kerja dinamo terus dipaksakan, maka akan membuat dinamo starter cepat rusak.

Ketika Anda memaksakan kerja dari dinamo, maka akan membuat dinamo menjadi panas dan saat kondisi dinamo panas, maka berpotensi membakar berbagai komponen lain yang ada di mesin. Pastikan memberikan waktu hingga beberapa menit dan silahkan coba kembali.

2. Bagian Carbon Brush di Dinamo Starter Sudah Habis

Bagian Carbon Brush di Dinamo Starter Sudah Habis Gambar Penjelas Bagian Carbon Brush di Dinamo Starter Sudah Habis

Hal lain yang bisa menyebabkan dinamo starter menjadi tidak dapat berfungsi atau rusak yaitu akibat habisnya carbon brush yang berada di bagian dinamo starter. Ada berbagai tanda yang muncul saat dinamo starter sudah mulai habis yaitu putaran dinamo yang seringkali melemah dan biasanya memunculkan suara yang aneh saat mobil di starter.

Ketika Anda merasa ada sebuah permasalahan dengan dinamo starter mobil, Anda bisa memeriksa carbon brush. Jika bagian tersebut sudah tidak memungkinkan lagi, maka harus segera menggantinya dengan yang baru.

3. Aki Mobil yang Bermasalah

Aki Mobil yang Bermasalah Gambar Penjelas Aki Mobil yang Bermasalah

Penyebab terakhir yang biasanya menjadi kendala starter mobil tidak berfungsi adalah adanya permasalahan di bagian aki mobil. Pada dasarnya, aki mobil merupakan bagian yang paling penting yang menunjang kelistrikan pada suatu mobil.

Ketika adanya permasalahan di bagian aki mobil, maka starter tidak akan berfungsi dengan baik dan hal ini biasanya disebabkan akibat lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil.

Cara Mengatasi Kerusakan Dinamo Starter Mobil

Cara Mengatasi Kerusakan Dinamo Starter Mobil Gambar penjelas Cara Mengatasi Kerusakan Dinamo Starter Mobil

Masalah-masalah pada bagian dinamo starter mobil seringkali menyebabkan mobil menjadi mogok bahkan sampai mati total. Untuk bisa memperbaikinya, maka Anda bisa membawa mobil ke bengkel terdekat dan mobil pasti akan diperbaiki oleh berbagai teknisi terpercaya.

Untuk memperbaiki dinamo starter sendiri di rumah tidaklah terlalu sulit dan ada berbagai cara yang bisa dilakukan:

1. Melakukan Pemeriksaan Bagian Soket yang Otomatis di Dinamo Starter

Melakukan Pemeriksaan Bagian Soket yang Otomatis di Dinamo Starter Gambar Penjelas Pemeriksaan Soket Otomatis di Dinamo Starter

Ketika Anda mendapati bahwa starter mobil tidak berfungsi dengan baik, namun bagian lampu indikator pada dashboard menyala dan berkedip, maka ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.

  • Pastikan Anda melakukan pemeriksaan di bagian soket yang otomatis terdapat pada dinamo starter. Biasanya Anda akan menemukan suatu kabel berukuran kecil yang biasanya terhubung ke bagian dinamo starter.
  • Pastikan Anda memeriksa apakah kondisi kabel kecilnya terputus atau terlepas.
  • Anda juga bisa memeriksa di bagian sekring yang terdapat di bagian relaynya. Ketika Anda melakukan starter relay terdapat bunyi seperti klek, maka kemungkinan besar kerusakan bukan berasal dari bagian relay atau sekering.
  • Jika menemukan permasalahannya terlalu parah, maka harus segera membawa mobil ke bengkel dan pastikan Anda datang ke bengkel yang resmi, agar pelayanan lebih terjamin.
  • Ketika kondisi Anda dalam keadaan yang darurat, maka bisa segera memperbaikinya dengan cara menyalakan mesin mobil dengan cara didorong dari belakang. Namun cara ini sangatlah melelahkan.

Poin-poin tersebut menjelaskan mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil dengan cara memeriksa soket secara otomatis yang berada di bagian dinamo starter. Apabila mengetahui penyebabnya dan mengetahui cara memperbaikinya, maka Anda tidak perlu keluar biaya dalam jumlah yang besar.

2. Lakukan Pemeriksaan Kleman Kabel Aki

Lakukan Pemeriksaan Kleman Kabel Aki Gambar Penjelas Pemeriksaan Kleman Kabel Aki

Pada saat menyalakan mobil dan terdapat bunyi yang menggelitik dengan cukup keras, maka hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi dari aki mobil Anda sangatlah lemah. Hal tersebut membuat aki tidak bisa menyalurkan arus listrik secara maksimal. Bunyi menggelitik tersebut biasanya akan diiringi dengan lampu kontrol dashboard yang akan berkedip.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya:

  • Pastikan Anda memeriksa bagian kleman kabel aki yang biasanya terdapat pada terminal yang positif dan negatif.
  • Pastikan Anda memperhatikan berbagai bagian komponen mobil karena bisa saja ada baut yang kurang kuat atau longgar.
  • Jika tidak ditemukan baut yang longgar atau kotor, maka kondisi aki mobil sedang kurang baik dan perlu penanganan pihak bengkel.
  • Memperbaiki dinamo starter mobil juga bisa dilakukan dengan cara menjumper aki dengan cara mendorongnya. Solusi ini hanya bisa dilakukan pada mobil gigi dan tidak bisa dilakukan pada mobil matik.

Poin diatas menjelaskan mengenai cara memperbaiki starter pada mobil dan cara tersebut hanya bisa dilakukan pada mobil matic. Mobil yang sifatnya matic sangatlah berbeda dengan mobil yang bermesin diesel.

3. Periksa Kabel Aki

Periksa Kabel Aki Gambar Penjelas Periksa Kabel Aki

Jika Anda menyalakan mobil dan semua kontrol pada mobil juga mati, maka mobil tersebut memiliki permasalahan di bagian kabel aki.

  • Pastikan Anda melakukan pemeriksaan setrum mobil, apakah kabel aki bekerja dengan baik dan perbaiki apabila ada beberapa bagian yang longgar. Ketika sudah mencoba untuk memperbaikinya dan kondisinya tetap saja, maka Anda harus segera membawa mobil ke bengkel yang terdekat.
  • Masalah juga bisa terjadi pada berbagai komponen lain di mobil dan masalah tersebut memerlukan perbaikan yang intensif. Pastikan pengerjaan dilakukan oleh teknisi yang sudah profesional, agar hasilnya bisa maksimal.
  • Pastikan Anda segera memperbaiki dinamo starter mobil saat terjadi masalah dan janganlah membiarkan kerusakan terjadi terlalu lama. Apabila dibiarkan begitu saja, maka kerusakan akan merembet ke bagian mobil yang lainnya.
  • Selain berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa memeriksa kabel aki dengan rutin. Kabel yang ada di mobil memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap permasalahan suatu mobil. Pastinya dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk bisa melakukan pemeriksaan kabel dengan baik dan tepat.

Dinamo starter merupakan bagian mobil yang perlu untuk diperhatikan, karena merupakan bagian terpenting pada kendaraan. Jika dinamo starter Anda mengalami kerusakan, maka harus segera memperbaikinya.

Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak

Bicara dinamo, ada kaitannya dengan relay starter mobil. Berikut ini ciri-ciri relay starter mobil rusak.

Tidak Ada Reaksi pada Dinamo Starter

Komponen yang bisa menyalakan dinamo starter pada mobil ini mengalami kerusakan kalau tidak Anda temukan reaksi pada dinamo. Bahkan saat Anda sudah memutar kunci kontak kearah starter atau menekan tombol untuk menyalakan telepon mobil tapi tidak Anda temukan tanda mesin akan menyala. Anda bisa melihat panel yang terdapat pada dasbor kendaraan sudah menyala tetapi mesin kendaraan tidak nyala dan hanya muncul bunyi cetek-cetek. Kalau hal ini terjadi maka artinya ada masalah pada bagian relay starter.

Bodi Relay Starter Mengembung

Kalau sebelumnya adalah tanda-tanda yang bisa Anda lihat dari luar maka yang satu ini membutuhkan Anda untuk membuka kotak relay pada mesin mobil. Hal ini perlu Anda lakukan supaya Anda bisa mengetahui kenapa mobil Anda tidak menyala.

Ketika Anda memeriksa bagian mesin kendaraan, Anda harus melihat bagian relay yang mirip saklar dengan bentuk kotak. Kalau komponen ini berwarna hitam dan mengembung seperti habis terbakar maka relay rusak. Kondisi hitam dan mengembung ini biasanya terjadi karena komponen di dalam relay sudah rusak akibat overheating. Makanya sangat wajar kalau bentuknya terlihat seperti habis terbakar.

Tidak Ada Sambungan Arus Listrik

Ciri-ciri kalau relay starter mobil sudah rusak yang bisa Anda lihat dengan sangat mudah adalah tidak adanya Sambungan listrik. Relay merupakan sistem kelistrikan pada mesin mobil dan kalau sudah tidak ada listrik pasti komponen ini mengalami kerusakan.

Itulah kenapa kamu membutuhkan ohmmeter untuk bisa mengetahui adanya sambungan listrik atau tidak. Kamu bisa menemukan terminal dan lilitan yang bisa menghantarkan arus listrik pada relay starter. Terminal 85 dan 86 memiliki bentuk kumparan yang terhubung dengan kunci kontak. Kalau keduanya terhubung maka kamu bisa memeriksa lebih lanjut dengan cara memberikan arus listrik.

Harga Dinamo Starter Mobil

Harga dinamo starter mobil dapat bervariasi tergantung pada merek, model, dan spesifikasi mobil tertentu.

Selain itu, harga dinamo starter juga dapat dipengaruhi oleh tempat pembelian, negara tempat tinggal, dan faktor-faktor lainnya.

Akan tetapi, untuk di Indonesia kita bisa merujuk dari e-commerce, salah satunya Tokopedia.

Berdasarkan update terbaru 10 Juli 2023, Tokopedia memperlihatkan kisaran harga dinamo starter mobil mulai dari Rp.450.000 hingga Rp2.000.000 ++.

Demikian ulasan lengkap mengenai ciri-ciri dinamo starter mobil rusak dan cara mengatasinya. Semoga pembahasan di atas bisa menjadi referensi terbaik dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa lihat produk andalan kami ya seperti Alvez, Almaz RS, dan Air ev.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer