Fungsi Filter Bensin Mobil dan Cara Membersihkan, Ketahui! | Wuling

Auto Tips

Fungsi Filter Bensin Mobil dan Cara Membersihkan, Ketahui!

23 Juni, 2022

Image Fungsi Filter Bensin Mobil dan Cara Membersihkan, Ketahui!

Filter bensin memang memiliki peranan yang cukup signifikan, karena bisa membantu menjaga performa mobil. Bagian ini sangatlah penting, namun masih banyak pengemudi yang tidak tahu mengenai filter bahan bakar.

Jika lalai dalam melakukan perawatan terhadap filter bensin mobil maka akan sangat merugikan pengendara. Secara umum filter bahan bakar memang sulit dibuka, namun tetap bisa dibersihkan untuk menghilangkan berbagai kotoran yang mengendap.

Apabila kotoran yang menumpuk sudah terlalu parah, maka sebaiknya Anda mengganti filter udara yang baru. Karena kotoran yang mengendap terlalu lama akan sangat sulit dibersihkan dan biasanya memakan waktu yang lama.

Fungsi Filter Bensin Mobil

Sebelum Anda membongkar dan berupaya membawa mobil Anda ke bengkel karena ada masalah pada filter bensin. Sebagiknya ketahui dulu 4 fungsinya berikut ini. Supaya Anda bisa melakukan tindakan yang tepat.

1. Menyaring Kotoran

Menyaring Kotoran

Secara umum, fungsi utama dari saringan filter bahan bakar mobil yaitu untuk menyaring berbagai kotoran yang terdapat di dalam bahan bakar. Apabila tidak ada proses penyaringan, tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan pada mobil.

Pastikan Anda membersihkan saringan kotoran secara rutin, agar kebersihan saringan terjaga dengan baik. Proses ini bisa dilakukan di rumah, karena sangat simpel. Namun jika kotoran yang menempel terlalu banyak, maka Anda bisa membawa mobil ke bengkel.

2. Penyaring Elemen Air Dalam Bahan Bakar

Penyaring Elemen Air Dalam Bahan Bakar

Filter bensin juga berfungsi untuk menyaring berbagai elemen air yang biasanya terdapat di bahan bakar. Bukan tidak mungkin bahan bakar bisa bercampur dengan air dan penyebab pencampurannya sangatlah bervariasi.

Keberadaan air yang tidak tersaring, tentu akan menghambat performa mobil. Dengan adanya filter bahan bakar, maka risiko pencampuran bahan bakar dengan elemen lain bisa dihindarkan dan tentunya membuat performa mobil tetap stabil.

3. Alat Untuk Menurunkan Kecepatan Aliran Bahan Bakar

Alat Untuk Menurunkan Kecepatan Aliran Bahan Bakar

Filter bahan bakar juga berfungsi untuk menurunkan aliran kecepatan bahan bakar yang disalurkan ke berbagai bagian atau ruang pembakaran. Dengan begitu, maka mobil bisa melaju dengan stabil dalam berbagai kondisi jalan.

Dengan adanya penurunan aliran bahan bakar, maka berbagai komponen dan partikel berbahaya tidak akan tersalurkan ke ruang pembakaran. Jika komponen atau partikel lain masuk ke ruang pembakaran, maka akan menimbulkan endapan di bagian bawah.

4. Mencegah Saringan Bahan Bakar Tak Tersumbat

Mencegah Saringan Bahan Bakar Tak Tersumbat

Saat saringan bahan bakar mengalami penyumbatan, maka tahanan dalam aliran bahan bakar akan semakin meningkat atau bertambah. Apabila hal ini sudah terlanjur terjadi, maka akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke karburator mobil lebih banyak dan membuat boros penggunaan bahan bakar.

Pada saat mesin melakukan perputaran yang tinggi, maka mesin mobil pastilah membutuhkan kiriman bahan bakar dalam jumlah yang besar dan hal ini akan membuat tenaga mesin semakin menurun, karena kurangnya pasokan bahan bakarnya.

Pasokan bahan bakar akan disalurkan dari tangki bahan bakar, karena adanya penyumbatan di bagian saringan bahan bakar. Apabila anda sering kehabisan bahan bakar di area mesin, maka akan membuat saringan mobil menjadi tersumbat.

Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil

Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil

Secara umum, kebersihan dari sebuah bahan bakar sangatlah penting untuk dijaga, karena kotoran sedikit saja bisa membuat aliran bahan bakar terhambat dan hal ini akan mengganggu sistem kerja bahan bakar.

Kotoran yang menyumbat di saringan juga membuat mobil menjadi sulit di-starter atau dihidupkan, hal ini disebabkan aliran bahan bakar yang tersumbat. Maka, pastikan Anda membersihkan filter bahan bakar secara rutin.

Anda tidak perlu repot-repot membawa mobil ke bengkel, karena proses pembersihan kotoran bisa dilakukan dengan sangat mudah. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan filter bahan bakar, agar terhindar dari kotoran yang menempel.

1. Cari Letak Saringan Bahan Bakar

Cari Letak Saringan Bahan Bakar

Sebelum anda masuk dalam proses pembersihan saringan bahan bakar, pastikan sudah mengetahui dulu letak saringan bahan bakarnya. Letak saringan bahan bakar di setiap mobil biasanya berbeda-beda, tergantung dari jenis mobilnya.

Saringan bahan bakar ada yang alirannya menuju ke karburator atau sistem injeksi. Apabila sudah benar, maka anda bisa mengurutkan kembali untuk bisa mencapai filter mobil Anda. Dengan mengetahui letaknya, maka Anda bisa melakukan proses selanjutnya.

2. Pastikan Tidak Ada Bensin Yang Terkena Semprot

Pastikan Tidak Ada Bensin Yang Terkena Semprot

Untuk melakukan perawatan filter bensin mobil, maka anda bisa mencoba untuk membuka klem yang berada di saluran bahan bakar dan biasanya berada pada jarak 4 inci di bagian keluar serta masuknya selang.

Klem juga harus dikencangkan dengan menggunakan obeng jenis datar kepala. Kemudian Anda bisa menutup selang dengan memakai klem dan hal ini akan memastikan tidak adanya bensin yang terkena semprot alias aman.

3. Siapkan Wadah di Bawah Filter

Siapkan Wadah di Bawah Filter

Bagi Anda yang ingin membersihkan filter bahan bakar, maka bisa dilakukan dengan cara menyiapkan wadah dan diletakkan di bawah filter bensin. Lalu anda bisa membuka bagian tutup klem, kemudian lampirkan filter untuk selang.

Ketika melakukan buka tutup klem tersebut, anda bisa tarik bagian selang pada filter dan biarkan bensin keluar. Apabila Anda melepaskan semua selang, maka biarkanlah semua bensin yang tersisa di dalamnya keluar dengan lancar.

4. Mulai Bersihkan Filter Bensin

Mulai Bersihkan Filter Bensin

Anda bisa masuk ke tahapan pembersihan filter pada bensin mobil. Silahkan pegang bagian filter bahan bakar dan masukkan selang ke bagian dalamnya. Selanjutnya tinggal semprotkan filter bahan bakar dengan memakai cairan khusus.

Silahkan anda pasangkan nozzle pada bagian semprotan dan masukkan ke ujung lainnya yang menuju ke dalam filter serta semprotan. Biarkanlah semua datang dan keluar dari dalam botol tersebut, lalu anda tinggal mengulangi langkah ini dari kedua ujung botol.

5. Menyadap Permukaan Filter

Menyadap Permukaan Filter

Cara ini cukup dengan melakukan penekanan pada bagian filter atau Anda juga bisa memakai obeng dengan melakukan penekanan pada bagian pegangannya. Pastikan bahwa Anda bisa menyadap semua bulatan pada permukaan filter bensin mobil dengan baik.

6. Semprotkan Sekali Lagi dan Keringkan

Semprotkan Sekali Lagi dan Keringkan

Lalu anda bisa menyemprotkan sekali lagi dan bisa menyemprotkan filter bahan bakar dengan alat semprot. Apabila sudah disemprot, pastikan anda keringkan filter bahan bakar kurang lebih satu jam.

7. Pasang Kembali

Pasang Kembali

Apabila sudah yakin jika filter bahan bakar bersih, maka Anda bisa memasang kembali filter bahan bakar ke posisi yang awal atau semula. Pastikan melakukan pemasangan dengan tepat, agar filter bahan bakar atau bensin bisa bekerja secara optimal.

8. Ganti Filter Jika Diperlukan

Ganti Filter Jika Diperlukan

Jika kondisi filter bensin sudah buruk atau rusak, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membeli filter bensin mobil yang baru dan disesuaikan dengan spesifikasi mobil yang dimiliki.

Kapan harus ganti filter bensin mobil?

Filter bensin mobil merupakan penyaring yang memiliki fungsi untuk membersihkan bensin dan menyaring bensin dari berbagai kotoran dan partikel sebelum akhirnya nantinya dikirim ke fuel pump mobil.

Tangki bensin yang karatan bisa menyebabkan bensin terkontaminasi sehingga filter ini sangat penting untuk membuat proses pembakaran menjadi lebih bersih dari kotoran dan karatan. Anda bisa melakukan penggantian filter bensin mobil pada bengkel setiap melakukan servis berkala dan biasanya Anda tidak harus membayar biaya yang cukup besar.

Anda bisa melakukan penggantian setiap mobil mencapai jarak 40000 KM atau setiap 2 tahun sekali. Anda harus memastikan kalau komponen ini sudah diperiksa saat Anda melakukan servis berkala.

Apa yang Terjadi Jika Filter Bensin Kotor?

Filter bensin bisa kotor, dan bila sedang dalam keadaan ini akan menimbulkan akibat yang buruk. Berikut ini adalah beberapa akibat yang bisa terjadi.

Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masih mobil sulit untuk menyala, seperti adanya masalah pada busi atau aki. Namun hal ini juga bisa mengartikan kalau bahan bakar yang mengalir ke ruang bakar memiliki jumlah yang kurang.

Kendaraan membutuhkan bahan bakar dalam jumlah tertentu supaya mesin bisa menyala. Kalau penyaring bahan bakar kotor atau bahkan tersumbat maka aliran bahan bakar ini akan menjadi terbatas dan tidak konsisten sehingga mesin mobil akan sulit untuk dinyalakan.

Mesin Mobil Mati Mendadak

Filter bahan bakar yang tersumbat bisa menyebabkan mobil mati mendadak karena jumlah bahan bakar yang mengalir ke tangki menjadi berkurang. Kalau filter dibiarkan dalam keadaan yang kurang optimal untuk waktu yang cukup lama maka kerja mesin akan menjadi terhambat.

Masih mobil mungkin bisa dinyalakan saat bahan bakar masih tersedia cukup pada saluran bahan bakar tetapi saat bahan bakar ini berkurang maka mesin bisa mati secara tiba-tiba. Ketika Anda melewati tanjakan atau menaikkan akselerasi, Anda pastinya membutuhkan bahan bakar yang lebih tetapi karena adanya masalah pada penyaring, kebutuhan tersebut tidak bisa dipenuhi.

Lampu Indikator Mesin Menyala

Ada banyak alasan yang menyebabkan lampu indikator mesin bisa menyala dan untungnya hampir semua kendaraan modern memiliki sensor internal sehingga mesin bisa memberitahu pengendara ketika ada masalah.

Kode yang biasanya muncul saat adanya masalah pada bahan bakar adalah P0171 atau P0174. Pemilik mobil bisa menggunakan OBD2 scanner atau membawa mobil ke bengkel supaya bisa mengetahui masalah yang terjadi. Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan membeli mesin ini pada e-commerce dengan harga mulai dari Rp272.000.

Performa dan Tenaga Mobil Menurun

Pengendara mobil biasanya lebih mengetahui tenaga dan performa yang dihasilkan oleh mobilnya sehingga ketika terjadi penurunan performa atau tenaga maka mereka akan langsung sadar. Hal ini biasanya lebih terasa ketika sedang melewati jalanan yang menanjak karena kurangnya asupan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mobil. Penurunan performa mesin memang tidak selalu terjadi karena penyumbatan penyaring bahan bakar tetapi hal ini bisa menjadi salah satu penyebab dan Anda harus langsung mencari tahu penyebabnya kalau hal ini terjadi.

Bagaimana Cara Kerja Filter Bahan Bakar Bensin?

Filter bahan bakar biasanya terletak sebelum pompa. Bensin merupakan sumber panas yang akan diubah menjadi energi. Bensin ini berasal dari tangki, mengalir menuju pipa, lalu disaring dengan saringan bahan bakar dan dipompa untuk disalurkan ke karburator.

Pada karburator, bensin akan dicampur dengan udara supaya bisa menjadi panas dan nanti bisa diubah menjadi energi. Pada beberapa mobil, sisa dari bensin yang tidak habis akan dikembalikan lagi ke tangki mesin dan bensin yang kembali ke tangki juga memiliki fungsi untuk mendinginkan.

Bensin yang berasal dari tangki masuk ke bagian luar elemen dan nanti mengalir menuju lubang tengah supaya bisa keluar. Tentunya akan ada kotoran dan air yang terbawa oleh bensin karena memiliki sifat yang lebih berat dan nantinya akan tertahan pada bagian bawah bak saringan.

Kotoran yang menumpuk ini nantinya akan mengganggu aliran bensin yang dipompa untuk bisa dialirkan menuju ke karburator. Kalau hal ini terjadi maka sangat wajar kalau mobil akan tersendat-sendat saat digunakan.

Apa Akibat Saringan Bensin Tersumbat karena Kotoran?

Saringan bensin yang tersumbat karena banyak kotoran akan menimbulkan dampak. Apa saja dampaknya? Berikut ini pembahasan akibatnya.

Mobil menjadi Endut-endutan

Saat Anda mengendarai mobil dan Anda merasa kalau mobil Anda tersendat-sendat maka bisa dipastikan kalau filter bahan bakar sedang tersumbat. Sumbatan ini bisa terjadi akibat adanya kotoran atau benda lain. Penyumbatan ini bisa membuat ruang dan sistem pembakaran menjadi tidak lancar.

Ketika Diam Putaran Mesin Tidak Normal

Hal lainnya adalah saat mesin dalam keadaan diam tetapi putaran mesinnya tidak normal. Atau ketika rpm-nya dinaikkan, putar mesin tidak normal. Kalau mobil Anda mengalami hal ini maka Anda harus langsung melakukan pengecekan.

Biasanya terdapat endapan pada tangki mobil dan membuat filter bensin menjadi tersumbat. Hal ini akan lebih parah kalau Anda lama tidak menguras tangki bahan bakar. Hal ini bisa membuat kemungkinan filter bensin tersumbat menjadi lebih besar.

Supaya saluran bensin bisa tetap bekerja dengan baik maka Anda harus langsung membersihkannya. Kalau filternya ternyata sudah rusak maka Anda harus langsung menggantinya dengan yang baru supaya hal ini tidak akan terjadi lagi.

Adanya Korosi pada Tangki Bahan Bakar

Selain yang terjadi ketika filter bensin kotor adalah terdapat korosi pada tangki bahan bakar. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang mengendap dalam waktu yang cukup lama karena tangki bahan bakar tidak pernah dibersihkan. Apalagi ketika usia mobil sudah tua, Anda harus melakukan pengecekan dan membersihkannya sesering mungkin supaya korosi tidak mengendap terlalu banyak.

Demikian ulasan lengkap mengenai apa itu fungsi dan cara membersihkan filter bensin mobil Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda keluarga Wuling sekalian.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik