Fungsi dan Cara Merawat Grill Mobil Anda

2 May, 2021
clock-bold
5 menit membaca

Image Fungsi dan Cara Merawat Grill Mobil Anda

Secara umum memang masih banyak pengendara mobil yang belum mengetahui fungsi dari berbagai komponen yang terdapat di bagian depan mobil. Keberadaan grill mobil seringkali terlupakan, karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Pada bagian grill biasanya terdapat sebuah logo perusahaan tersebut. Secara umum grill memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil, sehingga sangat penting dipahami kegunaannya.

Anda yang mengedepankan tampilan stylish dan sporty, New Confero S merupakan varian terbaru Wuling yang memiliki desain grill gagah dan modern. Tampilan grill varian ini semakin sempurna dengan kehadiran projector headlight untuk gaya berkendara Anda setiap harinya. Tentu saja, dengan desain grill modern ini sangat cocok untuk Anda kaum milenial atau keluarga muda yang selalu ingin tampil beda.

Fungsi Grill Mobil

1. Saluran Udara

Saluran Udara

Grill mobil merupakan suatu komponen yang membantu memberikan sirkulasi udara pada ruang mesin dan udara akan masuk melalui lubang, sehingga temperatur mobil dalam ruang mesin akan terjaga dengan baik. Grill juga akan membantu proses pendinginan mesin memakai radiator.

Apabila udara tidak bisa masuk dengan baik pada lubang grill, maka temperatur mesin mobil akan meningkat secara drastis dan membuat mesin mengalami overheat. Jika terjadi overheat, maka mobil bisa saja mogok dan harus dibawa ke bengkel.

2. Estetika

Estetika

Grill mobil memang bentuknya semakin variatif dan selalu disesuaikan dengan tampilan mobilnya, sehingga mampu menambah estetika keindahan dalam mobil. Bentuk grill biasanya dipertahankan dengan model yang sama, karena menjadi ikonik dari suatu brand mobil.

Dulunya grill mobil kebanyakan berbentuk persegi panjang dan cara pemasangannya dibuat secara vertikal. Nah, barulah bermunculan grill yang desainnya horizontal. Perkembangan zaman memang membuat grill menjadi lebih beragam.

Kini bentuk grill mobil menjadi lebih beragam seperti bentuk persegi panjang, garis memanjang atau dengan garis vertikal. Grill mobil yang paling populer di jaman sekarang adalah model honeycomb. Model grill ini biasanya ada pada mobil keluaran Eropa, Amerika atau Jepang.

3. Aerodinamis dan Performa

Aerodinamis dan Performa

Grill mobil juga berfungsi untuk menambah aerodinamis pada mobil, hal ini akan menunjang kinerja mobil secara keseluruhan. Saat ini desain grill kebanyakan minim lubang untuk mengalirkan udara ke bagian mesin. Hal ini bertujuan supaya udara yang menabrak area depan mobil dialihkan ke bagian samping atau bagian atas mobil.

Adanya rongga pada grill tentu memungkinkan masuknya banyak udara dan hal ini membuat hambatan udara menjadi lebih besar. Namun jika grill tertutup, maka mobil akan menjadi lebih aerodinamis.

Cara Perawatan Grill yang Tepat

Cara Perawatan yang Tepat

Grill mobil memang ada yang ukurannya besar dan ada juga yang ukurannya kecil, keberadaan grill sangatlah penting bagi sebuah mobil. Grill penting untuk dirawat dengan rutin, karena posisinya berada di bagian depan mobil.

Jangan biarkan grill begitu saja, sehingga banyak debu atau kotoran yang menumpuk. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan bagian grill dan cara pembersihan grill bisa dilakukan dengan beberapa tahapan.

Langkah-langkah Membersihkan Grill Mobil

Kebanyakan grill kotor biasanya disebabkan oleh debu yang menempel dan adanya kotoran dari cuaca hujan. Jika grill mobil tidak dibersihkan dengan rutin, bukan tidak mungkin akan membuat grill terlihat kusam. Pastikan Anda bersihkan grill secara rutin, apalagi saat kondisi cuaca yang tidak menentu.

1. Siapkan Peralatan

Siapkan Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan grill mobil meliputi sikat gigi, kuas, shampo khusus mobil, ian katun dan wax. Semua peralatan biasanya akan dipakai untuk mengelap atau menghilangkan berbagai kotoran yang menempel di bagian grill. Sejatinya, peralatan dan bahan yang diperlukan hampir sama seperti saat Anda mencuci mobil.

2. Campur Shampo Dengan Air

Campur Shampo Dengan Air

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan shampo khusus mobil dengan menambahkan air. Perbandingan shampoo dengan air adalah 1:3 yaitu, 1 kemasan shampoo bisa dipakai untuk 3 liter air. Dengan menggunakan shampoo mobil, maka berbagai kotoran bisa terangkat dan bersih dengan cepat.

Jangan menggunakan shampo untuk keramas, karena fungsinya sangat berbeda. Anda bisa mendapatkan shampo mobil khusus dengan harga yang terjangkau, seperti di minimarket terdekat.

3. Pengolesan ke Grill Mobil

Pengolesan ke Grill Mobil

Apabila Anda sudah mencampurkan shampoo dengan air, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengoleskan cairan ke bagian grill mobil. Cara pengolesannya bisa menggunakan sikat gigi yang permukaan sikatnya lembut, sehingga tidak akan merusak cat dari grill mobil.

Pengolesan harus dilakukan dengan merata sampai menjangkau berbagai area yang tersembunyi. Dengan cara ini, maka seluruh bagian grill mobil akan teroles dengan merata dan shampo akan membuat berbagai kotoran atau debu terlepas dari grill.

4. Proses Menyikat

Proses Menyikat

Setelah proses pengolesan telah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah menggosok seluruh bagian grill mobil. Pastikan anda menggunakan sikat gigi yang permukaannya halus dan sikat dengan teliti, agar tidak ada bagian yang terlewat.

5. Lap Pakai Kain Katun

Lap Pakai Kain Katun

Untuk membuat grill mobil semakin bersih, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengelapnya menggunakan kain katun. Pada dasarnya, kain katun memiliki permukaan yang lembut dan aman dipakai untuk mengelap grill mobil.

Dengan menggunakan lap kain katun, maka kotoran akan hilang dan grill tidak akan tergores, karena lap sangat lembut. Bagian grill yang sudah dioles dan disikat sebelumnya akan lebih mudah untuk dibersihkan dan diserap oleh kain katun.

6. Oleskan Wax

Oleskan Wax

Pengolesan wax merupakan langkah terakhir agar grill tetap keren. Dengan menggunakan wax, maka setiap bagian yang dioles akan lebih mengkilap dan tidak akan mudah kotor. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat dalam pengolesan wax di sekitar grill.

Pengolesan sebaiknya dilakukan secara perlahan dan pastikan Anda memperhatikan berbagai detail kebutuhan saat pengolesan. Apabila pengolesan tidak dilakukan dengan baik, maka bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Perawatan Lainnya

Perawatan Lainnya

Sejak lama memang banyak orang yang menganggap bahwa membersihkan jamur atau kerak putih di bagian grill bisa dilakukan dengan menggunakan odol atau pasta gigi, namun hal ini tidaklah benar. Meskipun digosok secara perlahan menggunakan odol, jamur akan tetap menempel.

Jika mobil Anda telah berusia lama dan jarang dibersihkan, maka bisa memakai obat jamur sebagai solusinya. Jamur pada grill dapat merusak tampilan mobil, sehingga keberadaan jamur harus segera dibasmi.

Saat membiarkan jamur berada dalam waktu yang lama di grill mobil, maka mobil akan nampak jelek dan membuat cat mobil terlihat kusam. Jenis perawatan untuk menghindarkan jamur dari mobil sangatlah banyak, contohnya seperti perawatan cat mobil dengan waxing, coating (nano dan ceramic). Dengan banyaknya pilihan, maka Anda tinggal pilih yang mana yang disuka.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer