Kenali Fungsi dan Jenis Gasket Pada Mobil | Wuling

Auto Tips

Kenali Fungsi dan Jenis Gasket Pada Mobil

10 September, 2021

Image Kenali Fungsi dan Jenis Gasket Pada Mobil

Ketika membicarakan komponen-komponen penyusun rangkaian mesin tentu tidak bisa dilepaskan dari gasket, karena komponen ini berperan sebagai penyekat dalam blok mesin yang dirakit menjadi satu. Berkat peranannya yang sangat vital, tentu keberadaan gasket selalu ada dalam sebuah blok mesin

Penggunaan gasket memiliki tujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada bagian air pendingin, kompresi dan gas pembakaran oli. Jika kebocoran terjadi, maka akan menyebabkan berbagai kebocoran pada gas dan nantinya akan menimbulkan berbagai permasalahan pada mesin.

Pengertian Gasket

Pengertian Gasket

Gasket adalah suatu benda yang di pasang atau di rekatkan di atas permukaan dua objek yang berbeda. Gasket mobil berisikan cairan fluida yang bisa mencegah terjadinya kebocoran dan gasket berguna dalam merapatkan atau menempelkan kedua objek tersebut, sehingga terhindar dari kebocoran.

Kebocoran sangatlah berbahaya jika dibiarkan, oleh karena itu gasket mobil dibuat dari bahan yang tahan panas. Sistem kerja gasket yaitu harus bekerja sama dengan sambungannya, sehingga kemampuan sealingnya harus dikaji dengan sangat cermat dan baik.

Secara umum, komponen ini dipakai pada flange untuk menyambungkan berbagai pipa atau sambungan yang lainnya. Bentuknya biasanya menyerupai sebuah kertas yang dipakai untuk merekatkan antara celah besi yang berguna mencegah adanya rembes oli pada bagian mesin yang vital.

Fungsi Gasket Pada Mobil

Fungsi Gasket Pada Mobil

Gasket memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil, berikut ini adalah 3 fungsi utama:

1. Mencegah Kebocoran

Mencegah Kebocoran

Fungsi gasket mobil yang paling utama adalah menjadi penyekat antara cylinder block dan head cylinder. Tujuan penyekatan untuk menghindarkan kebocoran oli, sehingga oli tidak akan masuk ke bagian saluran radiator atau sebaliknya. Hadirnya gasket mobil membuat oli tidak akan merembes ke bagian ruang bakar.

Bukan cuma itu, gasket mobil juga berfungsi untuk mempertahankan kerapatan dan mencegah terjadinya kebocoran saat terjadinya proses kompresi. Dengan adanya gasket mobil, maka ruang bakar bisa tertutup dengan sangat rapat dan hal ini membuat kompresi maksimum bisa terjadi di ruang bakar.

2. Menahan Tekanan

Menahan Tekanan

Fungsi gasket yang lainnya adalah menahan tekanan, agar tidak menyebar dari cylinder head ke bagian celah blok. Pada dasarnya, mesin mobil pasti memiliki blok mesin dan memiliki cylinder head yang dibuat pada bagian atasnya.

3. Menyalurkan Panas

Menyalurkan Panas

Komponen gasket mobil juga berfungsi sebagai penyalur panas dari bagian cylinder block ke blok cylinder head. Gasket paking yang biasanya dipakai atau digunakan adalah packing logam. Secara umum, fungsi ini sangat berkaitan untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Jenis-Jenis Gasket Mobil

Jenis-Jenis Gasket Mobil

Ada beberapa jenis gasket yang sering ditemui di pasaran, berikut ini adalah 9 jenis gasket yang banyak digunakan.

1. Gasket Bahan Kertas

Gasket Bahan Kertas

Gasket yang berbahan kertas menjadi jenis gasket yang memiliki harga paling murah dan jenis gasket ini bisa ditingkatkan, apabila diisi dengan bahan seperti lilin. Jenis gasket ini biasanya dipakai untuk menyegel oli, minyak dan air.

2. Gasket Bahan Kertas yang Dipernis

Gasket Bahan Kertas yang Dipernis

Gasket merupakan sekat yang terbuat dari bahan kertas dan komponen ini juga di buat dari kertas yang sudah dipernis. Bahan ini sangatlah bagus jika dibandingkan dengan bahas kertas biasa. Pada dasarnya, permukaan kertas pernis tidak boleh retak atau rusak, sehingga bisa berfungsi dengan baik.

3. Gasket Bahan Gabus

Gasket Bahan Gabus

Gasket yang berbahan gabus biasanya dipakai pada beban yang rendah dan biasanya dipakai pada permukaan benda yang tidak rata. Kelebihan utama dari bahan ini adalah tahan terhadap cairan pelarut dan minyak, namun bahan ini tidak tahan terhadap air. Ketebalan gasket bahan gabus memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

4. Gasket Bahan Gabus yang di Campurkan Karet

Gasket Bahan Gabus yang di Campurkan Karet

Gasket dengan bahan gabus yang di campurkan dengan bahan elastis nitrile atau neoprene bisa meningkatkan kualitas, sehingga bahan yang dihasilkan akan lebih fleksibel dengan kekuatan yang jauh lebih tinggi. Jenis gasket ini bisa dipakai untuk beban yang rendah hingga beban yang tinggi.

5. Gasket Bahan Karet

Gasket Bahan Karet

Bahan karet adalah salah satu bahan yang terbilang serbaguna, karena bisa dipakai sebagai sambungan untuk mengalirkan air yang dingin dan karet juga sangat tahan terhadap panas. Kebocoran karet pada jenis gasket ini sangatlah berpengaruh, sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

6. Gasket Bahan PTFE/Teflon

Gasket Bahan PTFE/Teflon

PTFE/Teflon adalah jenis bahan gasket yang sangat multifungsi. Secara umum, jenis gasket ini berbahan kimia padat dan biasanya dipakai pada suhu yang rendah. Daya tahan gasket ini sangatlah kuat terhadap zat kimia. Bentuk dari gasket ini dibuat menyerupai tali yang lunak, sehingga bisa dipakai menjadi seal melingkar maupun datar.

7. Gasket Bahan Grafit Berlapis Kain

Gasket Bahan Grafit Berlapis Kain

Jenis gasket mobil ini menjadi jenis yang sangat fleksibel dan memiliki daya tahan yang bagus terhadap panas, sehingga dapat dipakai untuk sambungan yang berguna mengalirkan air panas serta uap. Bukan cuma itu, bahan gasket ini tahan terhadap kondisi yang asam dan basa.

8. Gasket Bahan Logam

Kenali Fungsi dan Jenis Gasket Pada Mobil 3.8 1000x569

Gasket berbahan logam biasanya dipakai saat gasket dari bahan non logam tidak bisa mendukung kinerja dari mesin mobil untuk cegah kebocoran. Jenis gasket berbahan logam terdiri dari gasket semi logam dan gasket logam murni.

9. Gasket Bahan Asbek yang Berlapis Tembaga

Gasket Bahan Asbek yang Berlapis Tembaga

Jenis gasket ini memiliki lapis asbes yang terdiri dari dua lembar baja dan tembaga yang tipis. Bahan ini sangat bagus di pakai pada suhu yang sangat tinggi. Dengan menggunakan jenis gasket ini, maka kebocoran akan terhindar dengan sangat baik.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik