Kenali Fungsi Radiator Mobil, Cara Kerja dan Perawatannya

7 January, 2022
clock-bold
5 menit membaca

Image Kenali Fungsi Radiator Mobil, Cara Kerja dan Perawatannya

Mobil menjadi kendaraan yang kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat mobil harus dirawat sebaik mungkin supaya bisa berfungsi maksimal. Ada banyak bagian mobil yang perlu dirawat oleh pemilik mobil supaya keadaan mobil bisa tetap baik. Salah satu bagian yang harus Anda rawat adalah radiator mobil.

Terkait dengan radiator mobil, artikel ini akan membahas mengenai fungsi dan cara kerja dari alat tersebut serta mengenai cara perawatan dari komponen mesin mobil supaya Anda dapat merawat dengan baik.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai komponen mobil ini supaya Anda bisa lebih familiar akan alat yang ada di dalam mobil ini.

Apa Itu Radiator Mobil?

Apa Itu Radiator Mobil?

Tempat terjadinya pembakaran di dalam mobil agar kendaraan roda empat bisa memiliki tenaga ialah mesin mobil. Pembakaran yang dilakukan di dalam mesin mobil ini bisa mengakibatkan suhu menjadi panas dan terus bertambah selama mesin digunakan. Suhu mesin akan menjadi sangat tinggi karena adanya pembakaran jika Anda berkendara terlalu lama.

Itulah kenapa, penting untuk mobil Anda memiliki sistem pendingin agar suhu di dalam mesin bisa terkontrol dan tidak terjadi overheat. Radiator adalah alat yang bisa digunakan untuk memindahkan panas mesin mobil ke udara. Pada radiator terdapat air yang disebut coolant yang akan berjalan di dalam saluran yang terpasang di sekeliling mesin mobil.

Cairan ini memiliki tugas untuk menyerap suhu panas yang ada di dalam mesin dan dibawa kembali ke radiator. Air tersebut akan didinginkan di dalam radiator dan membuang suhu panas dari mesin tersebut ke udara di luar.

Fungsi Radiator

Fungsi Radiator

Seperti yang sudah kita ketahui, pembakaran yang terjadi di dalam mesin mobil akan mengakibatkan mesin menjadi panas. Suhu yang panas ini akan terus bertambah selama mobil terus nyala dan digunakan. Ini artinya, semakin lama Anda menggunakan mobil tersebut maka suhu panas yang diakibatkan oleh pembakaran mesin juga akan semakin bertambah.

Ini menjadi alasan kenapa mobil membutuhkan sistem pendingin supaya suhu di dalam mesin tidak overheat. Radiator berfungsi untuk memindahkan panas yang ada di dalam mesin mobil ke udara. Radiator akan mengalirkan air ke saluran yang sudah ada di sekitar mesin mobil.

Air ini berfungsi untuk menyerap suhu panas yang ada di dalam mesin dan membawanya ke radiator. Setelah air ini kembali ke radiator, maka air ini akan didinginkan oleh radiator dan suhu panasnya dibuang ke udara.

Cara Kerja Radiator

Cara Kerja Radiator

Radiator yang digunakan sebagai pendingin mesin mobil memulai pekerjaannya sejak air bersuhu netral dialirkan ke saluran yang berada di sekeliling mesin mobil untuk menyerap panas. Dalam keadaan mengalir, air yang disalurkan oleh radiator ini akan menyerap dan membawa kembali suhu panas ke radiator.

Setelah sampai di radiator, air dengan suhu panas ini akan masuk ke dalam upper tank. Pada bagian ini, terjadi proses pendinginan. Air tersebut akan dimasukkan ke dalam inti radiator yang memiliki fungsi untuk membuang suhu panas ke udara.

Agar pembuangan suhu panas dapat menjadi lebih cepat, maka inti radiator ini dibantu oleh kipas radiator untuk menghisap udara supaya terjadi aliran diantara sirip udara pada inti radiator. Setelah suhu panasnya sudah dibuang ke udara dan airnya sudah menjadi dingin lagi, maka air ini akan kembali disalurkan untuk mengelilingi mesin supaya bisa menyerap panas kembali.

Perawatan Radiator Mobil

Perawatan Radiator Mobil

Radiator mobil perlu dirawat agar berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan komponen mobil ini yang Wuling rekomendasikan.

Bersihkan Tangki Radiator secara Reguler

Bersihkan Tangki Radiator secara Reguler

Anda harus sering membersihkan tangki radiator dengan mengurasnya secara berkala dan dilakukan setidaknya dua minggu sekali. Hal ini harus dilakukan supaya komponen yang ada di dalam radiator bisa terhindar dari korosi karena sebagian besarnya terbuat dari logam. Membersihkan tangki radiator juga bisa membantu menjaga temperatur mesin mobil supaya terhindar dari overheat.

Gunakan Air Murni, bukan Air Keran

wuling_image artikel_feb 1 4.2 1000x569

Hal ini yang bisa Anda lakukan supaya radiator mobil Anda tetap terjaga adalah menggunakan air murni, yang bisa Anda dapatkan dari PAM atau air mineral. Namun pastikan untuk tidak pernah menggunakan air keran saat Anda mengganti air radiator. Air keran tidak diperbolehkan untuk digunakan sebagai bagian dari air radiator karena air keran ini memiliki zat besi yang bisa menyebabkan korosi atau karat pada bagian logam yang ada di dalam tangki radiator.

Gunakan Radiator Coolant

wuling_image artikel_feb 1 4.3 1000x569

Anda bisa merawat radiator supaya tahan lama dengan cara menggunakan radiator coolant. Alat ini memiliki fungsi untuk menjaga suhu mesin mobil dan juga mengangkat kotoran serta karat yang ada di dalam tangki mobil.

Memastikan Radiator Sudah Tertutup Rapat

Memastikan Radiator Sudah Tertutup Rapat

Anda harus memastikan kalau radiator sudah tertutup dengan rapat. Hal ini harus Anda lakukan supaya tidak terjadi kebocoran cairan radiator saat cairan ini mengalir membawa suhu mesin yang panas.

Itulah beberapa informasi mengenai radiator mobil yang terbilang dasar sehingga Anda wajib untuk mengetahui semua itu sebagai pemilik mobil. Pastikan untuk mengikuti tips yang kami berikan untuk merawat radiator mobil supaya Anda bisa memiliki radiator mobil yang bekerja dengan baik dan tahan lama.

Apabila Anda memiliki beberapa keluhan mengenai radiator mobil, maka bisa langsung datang ke bengkel andalan Anda untuk melakukan perbaikan terhadap bagian ini. Semoga artikel dapat membantu Anda mengerti apa itu radiator mobil dan bagaimana perawatannya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer