Mengenal Crumple Zone, Fungsi & Cara Kerjanya pada Mobil

4 April, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Mengenal Crumple Zone, Fungsi & Cara Kerjanya pada Mobil

Mobil yang mudah remuk bukan disebabkan karena kualitas mobil yang jelek atau buruk, namun akibat adanya penggunaan teknologi crumple zone atau sering disebut dengan zona benturan.

Banyak sekali pengguna mobil jaman sekarang yang belum mengetahui permasalahan mobil jaman sekarang yang bagian depannya lebih mudah remuk atau ringsek saat terjadinya suatu tabrakan, meskipun tabrakan tidak terlalu keras.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai crumple zone.

Sekilas Tentang Crumple Zone

Sekilas Tentang Crumple Zone Gambar Crumple Zone

Crumple Zone merupakan suatu fitur keamanan struktural terbaru yang sudah banyak diterapkan di berbagai jenis mobil. Penerapan crumple zone adalah untuk membantu melakukan penyerapan energi dampak terjadinya sebuah tabrakan yang mengendalikan deformasi.

Secara umum, deformasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada bagian bentuk atau desain bodi mobil. Perubahan terjadi dari bentuk mobil yang mulus sampai menjadi ringset atau berkerut,

Crumple zone biasanya diletakan di bagian depan dan bagian belakang sebuah mobil. Jika ditempatkan di bagian depan, maka lokasi penyimpanannya berada di bagian ujung depan mobil bahkan sampai dengan ruang kabin.

Fungsi Crumple Zone

Fungsi Crumple Zone Gambar Fungsi Crumple Zone

Crumple zone berfungsi untuk melindungi bagian ruang kabin agar tidak menjadi mudah rusak ketika terjadi tabrakan. Crumple zone bisa membantu untuk mendistribusikan serta mengurangi energi saat adanya benturan sebelum dampaknya sampai ke bagian ruang kabin.

Saat terjadi tabrakan, maka bagian depan mobil akan lebih murah ringsek atau berkerut untuk meredam aliran energi kinetik saat tabrakan dan hal ini akan membuat para penumpang yang berada di area ruang kabin akan lebih aman dari kecelakaan. Peredaman energi akan dilakukan secara otomatis dan fleksibel.

Pada dasarnya, konsep crumple zone pertama kali dipakai atau diperkenalkan oleh Béla Barényi dan penerapannya dilakukan pada mobil Mercedes-Benz Fintail di tahun 1959. Konsep crumple zone juga diterapkan pada kereta api dan paling sering pada kereta api yang mengangkut penumpang.

Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Cara Kerjanya pada Mobil

Cara Kerjanya pada Mobil Gambar Cara Kerja Teknologi Crumple Zone

Mobil yang telah menerapkan teknologi crumple zone akan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, karena bisa lebih meredam saat adanya kecelakaan. Semua benturan keras yang terjadi akan diterima dan akan diserap di bagian crumple zone.

Dengan adanya bantuan teknologi crumple zone, para penumpang yang berada di ruang kabin akan lebih aman. Ketika terjadi kecelakaan, maka bagian luar mobil akan terlihat sangat rusak, namun bagian kabin mobilnya akan tetap bagus atau utuh.

Tabrakan yang paling sering terjadi adalah tabrakan dengan kendaraan lainnya, namun tabrakan juga bisa terjadi dengan benda-benda yang sifatnya permanen. Mobil bisa saja menabrak tiang listrik, tembok sebuah bangunan dan yang lainnya.

Bagian titik mobil yang tabrakan dan terlindungi dengan adanya crumple zone bentuknya akan menjadi melengkung. Bentuknya akan menjadi rusak, karena bermaksud untuk bisa menghentikan energi benturan dan hal ini akan membuat mobil tetap aman.

Jika mobil Anda penyok atau ringset saat terjadi tabrakan, maka anda jangan langsung berpikir buruk pada produsen mobil. Kini, sudah hampir semua pabrikan mobil sudah menerapkan teknologi crumple zone untuk menambah keamanan sebuah mobil.

Pada dasarnya, kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi dimana saja. Intinya anda harus tetap berhati-hati saat berkendara dan hindari berbagai hal tidak perlu saat berkendara, agar terhindar dari kecelakaan yang merugikan.

Untuk Anda pengguna New Almaz RS Pro terdapat fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang ada pada teknologi WISE. Fitur ini sangat membantu pengemudi untuk berkendara dalam berbagai kondisi dan tentunya meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

Beberapa fitur ADAS yang sangat berperan dalam keselamatan berkendara Anda antara lain Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Intelligent Head Beam Assistance (IHMA), Collision Mitigation System (CMS), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Bend Cruise Assistance (BCA), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assistance (LKA) dan Automatic Emergency Braking (AEB).

Itulah paparan mengenai teknologi crumple zone dan pastikan Anda selalu menyetir dengan hati-hati, ya!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer