Tips Merawat Komponen Penting Pada Kaki-Kaki Mobil

18 September, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Tips Merawat Komponen Penting Pada Kaki-Kaki Mobil

Menjaga kondisi mobil agar tetap prima adalah hal yang wajib dilakukan untuk terhindari dari hal buruk selama perjalanan. Sebagaimana manusia, mobil pun mempunyai komponen  berjalan selain mesin yang menjadi 'jantung' dan 'otak' dari mobil itu sendiri. Komponen bagian bawah atau kaki-kaki pada mobil merupakan salah satu komponen penting yang membuat mobil berjalan sehingga perlu dijaga dan dirawat agar nyaman digunakan.

Komponen kaki-kaki tersebut memiliki beberapa bagian di antaranya:

Tie Rod dan Ball Joint

Tie rod berfungsi untuk meneruskan putaran dari steer mobil ke roda-roda sehingga roda dapat berputar ke kanan atau kiri sesuai dengan kemudi yang dipacu. Ball joint berfungsi sebagai sumbu roda atau pengikat antara knuckle atau as roda terhadap sayap (arm) untuk melakukan pergerakan belok ke kanan dan kiri. Pemeriksaan yang paling mudah Anda terapkan adalah dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda tempat tie rod berada. Tie rod memiliki sebuah komponen berupa bantalan bola untuk bergerak.

Apabila Anda mendengar suara yang timbul dari komponen tersebut, berarti bantalan bola sudah mulai kendur dan aus. Pemeriksaan fisik komponen juga dapat Anda lakukan. Apabila tie rod beserta ball joint tersebut telah luka atau sudah tidak halus berarti komponen sudah aus.

Baca juga: 6 Cara Merawat Wiper Mobil

Shockbreaker

Shockbreaker memiliki fungsi untuk meredam guncangan atau hentakan ketika mobil melaju di berbagai kondisi jalan seperti jalan yang rusak, berlubang, bergelombang, dan sebagainya. Untuk mendeteksi kerusakan pada shockbreaker, Anda cukup mendengarkan apakah terdapat suara gemuruh yang bising dan keras ketika mobil sedang dikendarai.

Bushing Stabilizer

Bushing Stabilizer terletak di link stabilizer yaitu bagian komponen mobil untuk penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Cara mendeteksi bushing stabilizer yang bermasalah dapat Anda lakukan dengan mendengar adanya suara mendecit atau suara gemuruh ketika Anda mencoba untuk mengerem mobil.

Bushing Arm

Bushing arm merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting terhadap kinerja suspensi kendaraan. Bushing arm memiliki bentuk seperti tabung besi dan diisi dengan karet. Komponen ini berfungsi sebagai titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya.

Pemeriksaan dan pendeteksian kondisi bushing arm dapat Anda lakukan dengan mencermati arah laju mobil yang dikemudi. Bila kemudi cenderung melenceng ke kanan atau ke kiri serta bagian roda terdengar suara gemuruh, hal tersebut menandakan bushing arm telah bermasalah.

Baca juga: 6 Cara Simpel Melakukan Perawatan Interior Mobil

Bearing

Bearing atau bantalan roda merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi penting bagi putaran roda dan kestabilan laju mobil. Untuk mendeteksi kerusakan komponen satu ini cukup mudah, dengarkan apakah terdapat suara bising pada roda kendaraan. Bearing yang bermasalah dapat Anda ketahui jika roda yang diputar mengeluarkan suara yang bergemuruh.

Ban

Kasus yang kerap terjadi pada ban ialah beberapa bagian ban yang terkikis setelah mobil melakukan perjalanan jauh. Meski tingkat terkikisnya ban kadang tidak terlihat dengan jelas, namun efeknya cukup terasa. Ketika hal tersebut terjadi, perotasian atau penggantian ban merupakan langkah tepat mengatasi permasalahan agar ban mobil tetap awet dan kenyamanan suspensi terus terjaga.

Mengingat fungsinya yang cukup vital, penting untuk Anda melakukan maintenance kaki-kaki mobil Anda. Untuk menjaga kondisi kaki-kaki mobil selalu prima, dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjaga tekanan angin ban dalam kondisi ideal.
  2. Menghindari rute dengan kondisi jalan yang jelek, jika terpaksa melewati jalan yang jelek, jagalah konsentrasi dan hindari lubang serta kurangi kecepatan.
  3. Melakukan pengecekan dan servis berkala di bengkel spesialis kaki-kaki mobil, cobalah untuk tidak menunda pebaikan kaki-kaki mobil bila sudah dirasakan ada gejala tidak normal.
  4. Gunakan ukuran pelek dan ban sesuai anjuran pabrikan, coba untuk tidak memodifikasi kaki-kaki mobil melewati batas kemampuan mobil itu sendiri.
  5. Tidak membebani mobil dengan muatan melewati batas yang ditoleransi.
  6. Berkendara secara wajar dan santun di jalan.

Itulah 6 komponen kaki-kaki mobil yang sebaiknya Anda jaga dan rawat. Pastikan selalu berkendara dengan aman, ya!

 

Sumber: carusermagz.com, beritabaru.com, belionderdil.co.id & shirosetiawan.wordpress.com

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer