Tips Merawat Power Window Mobil

29 May, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image Tips Merawat Power Window Mobil

Secara umum, hadirnya teknologi power window memang memudahkan para pengguna mobil untuk menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Dulunya harus menggunakan tuas, sehingga perlu tenaga yang lumayan besar.

Teknologi power window juga tetap memiliki risiko kerusakan yang lumayan besar, karena bisa membuat kaca sulit dibuka dan ditutup. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat teknologi power window di mobil, agar tetap bagus.

1. Pakai Seperlunya

Pakai Seperlunya

Sebuah barang pasti akan mudah rusak saat penggunaannya terlalu berlebihan dan untuk merawat power windows mobil lebih awet, maka Anda bisa menggunakannya dengan seperlunya. Jika udara sudah masuk dengan menurunkan jendela sedikit, maka tidak perlu jendela mobil dibuka dengan lebar.

Pastikan Anda menjaga supaya tombol power window tidak dipencet oleh sembarangan orang, apalagi oleh anak-anak. Jika penggunaan dilakukan secara serentak dan terus menerus, maka potensi kerusakan pada power windows mobil sangatlah tinggi.

2. Bersihkan Kaca Jendela

Bersihkan Kaca Jendela

Ketika Anda selalu rutin membersihkan kaca jendela mobil, maka akan membuat power window mobil lebih awet. Jika berbagai kotoran tidak segera dibersihkan, maka bisa masuk ke bagian dalam dinamo power window dan pada akhirnya akan membuat dinamo tersebut menjadi macet.

Rutin membersihkan kaca jendela mobil juga bisa mencegah berbagai kerusakan di komponen power windows dan akan menghindarkan karat. Pembersihan bisa dilakukan menggunakan alat pembersih kaca khusus atau menggunakan kanebo yang permukaannya halus.

3. Bawa Mobil ke Bengkel Spesialis Secara Rutin

Bawa Mobil ke Bengkel Spesialis Secara Rutin

Banyak sekali pengendara yang menyepelekan peran penting bengkel spesialis pintu, padahal bengkel bisa membantu para pemilik mobil untuk mencegah kerusakan pada power windows. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel spesialis pintu minimal 6 bulan sekali.

Perawatan untuk power windows mobil bisa dilakukan dengan menambahkan pelumas supaya tidak macet karena bisa membersihkan area power windows agar terhindar dari debu yang menempel. Semakin sering di cek, maka power windows akan semakin tahan lama.

4. Cek Kondisi Karet Pada Kaca Mobil

Cek Kondisi Karet Pada Kaca Mobil

Karet pada kaca mobil yang sudah kotor atau getas akan membuat kinerja dari power windows menjadi bermasalah. Kotoran yang menempel akan membuat karet di bagian kaca mobil menjadi rontok dan akan masuk ke bagian sela-sela mobil, sehingga akan menimbulkan karat.

Pastikan Anda memperhatikan kondisi karet mobil dan jangan ragu untuk mengganti karetnya, jika kondisinya sudah mulai mengeras. Karet kaca mobil yang sudah mengeras akan membuat power windows cepat rusak dan bisa juga menimbulkan baret pada mobil.

5. Power Windows Harus Tetap Dipakai

Power Windows Harus Tetap Dipakai

Apabila mobil Anda sering dipakai sendiri dan jarang membawa orang lain, maka Anda harus tetap mengecek kondisi power windows kaca bagian belakang. Jangan sampai power windows menjadi macet akibat terlalu lama tidak dipakai.

Power windows merupakan fitur yang menggunakan sistem mekanik, sehingga sangat perlu untuk dipakai supaya kinerjanya tetap normal. Minimal Anda buka tutup dalam 3 kali sehari, agar power windows tidak macet dan karatan.

Keluarga Wuling, hanya dengan menekan sebuah tombol, maka sekarang menurunkan dan menaikkan kaca jendela jadi lebih cepat. Bahkan, sekarang untuk membuka kaca mobil bisa dilakukan dengan menggunakan panel yang berada di sisi pengemudi. Namun tetap membutuhkan.

Wuling dengan produk terbarunya Almaz RS memudahkan hidupmu dengan hadirnya fitur Voice Command WIND yang mendukung perintah suara berbahasa Indonesia. Dengan hadirnya WIND, kamu bisa mengontrol membuka atau menutup kaca tanpa menggunakan tombol power window sebagai alternatif pengaturan kaca mobil. Sehingga tombol power window pada Almaz RS kamu bisa jauh lebih awet.

Mudah bukan cara agar power window mobil Anda lebih awet? Yuk, biasakan lakukan tips-tips di atas dan sayangi mobil Anda!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer