Ukuran Ban Mobil: Artinya, Kode Produksi, Daftar, dan Cara Baca | Wuling

Auto Tips

Ukuran Ban Mobil: Artinya, Kode Produksi, Daftar, dan Cara Baca

19 April, 2022

Image Ukuran Ban Mobil: Artinya, Kode Produksi, Daftar, dan Cara Baca

Ban adalah salah satu komponen terpenting mobil. Selain untuk berfungsi supaya mobil dapat berjalan, ban mobil adalah salah satu komponen penting dalam menjaga keselamatan berkendara Keluarga Wuling. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik mobil harus dapat mengetahui ukuran ban serta jenis ban yang sesuai dengan tipe kendaraan Anda dan bagaimana cara merawatnya.

Ini dikarenakan ban memiliki usia penggunaan, apabila ban sudah mencapai usianya maka sangat dianjurkan untuk menggantinya dengan ban baru yang sesuai dengan tipe mobil yang Anda gunakan.

Sebenarnya tidak sulit untuk membaca ukuran dan spesifikasi ban, karena sebenarnya sudah ada pada kode yang terdapat pada dinding ban.

Wuling mempermudah hidup Anda dengan menghadirkan fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System) pada setiap mobilnya.

Fungsi fitur ini adalah untuk memonitor tekanan angin ban. Informasi terkini soal tekanan mobil akan muncul pada layar Multi Information Display (MID).

Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Anda bisa memantau kondisi ban mobil Wuling kesayangan Anda setiap saat. Berikut ini adalah pembahasan autotips mendetail tentang ukuran ban mobil.

Apa Itu Ukuran Ban Mobil?

Contoh gambar ilustrasi ukuran ban mobil

Contoh gambar ilustrasi ukuran ban mobil

Ukuran ban mobil adalah simbol, angka dan huruf yang menjelaskan besar satuan ban mobil. Angka, huruf dan simbol ini dibuat dalam semacam kode yang telah dibuat standard.

Kode-kode ini menjelaskan ukuran ban mobil mulai dari lebar, hingga diameter ban. Kode inilah yang harus bisa dibaca pemilik mobil agar tahu ukuran ban mobil.

Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Contoh gambar ilustrasi cara membaca ukuran ban mobil

Contoh foto ilustrasi cara membaca ukuran ban mobil

Cara untuk bisa membaca ukuran ban mobil, hanya satu, yaitu memahami kode ban mobil yang ada di sisi ban dan tapak mobil.

Di sisi ban dan tapak mobil tersebut sudah tersedia kode-kode yang harus Anda pahami sebagai pemilik mobil.

Kode yang harus Anda pahami di antaranya, kode regulasi standar teknikal nasional, dan kode iso metrik ban.

Kode Regulasi Standar Teknikal Nasional

Contoh gambar ilustrasi kode regulasi standar teknikal nasional

Contoh foto ilustrasi kode regulasi standar teknikal nasional

Berikut ini merupakan pembahasan kode regulasi standar teknikal nasional mulai dari DOT, ETRTO dan TRA hingga E-mark. Kode-kode ini dibuat untuk menjelaskan standar regulasi dari organisasi-organisasi yang mengeluarkan aturannya.

DOT

Kode DOT adalah urutan karakter alfanumerik yang disematkan ke sisi samping ban agar memungkinkan identifikasi ban juga usianya. DOT ini dirilis oleh Departemen Transportasi AS.

Namun, kode ini digunakan di seluruh dunia. Kode DOT berguna dalam mengidentifikasi ban yang terkena penarikan produk dan atau kadaluarsa dikarenakan usia.

ETRTO dan TRA

ETRTO dan TRA adalah 2 organisasi yang mempengaruhi standar ban nasional. Tujuan keduanya menyelaraskan standar ban dan pelek nasional, untuk ERTO di Eropa dan TRA di wilayah Amerika.

E-mark

Semua ban yang dijual buat penggunaan jalan raya di area Eropa setelah bulan Juli 1997 harus memiliki tanda E. Tanda ini dibagi dua menjadi “E” dan “e” yang diikuti oleh angka di dalam lingkaran dan atau persegi panjang, kemudian diikuti angka selanjutnya.

“E” menunjukkan bahwa ban disertifikasi guna memenuhi persyaratan kinerja, dimensi, dan penandaan peraturan ECE 30. “e” menunjukkan bahwa ban disertifikasi untuk mematuhi kinerja, dimensi, dan persyaratan penandaan Directive 92/23/EEC.

Angka dalam lingkaran dan atau persegi panjang menunjukkan kode negara pemerintah yang berikan persetujuan jenis. Angka terakhir adalah nomor sertifikat persetujuan tipe yang dirilis untuk ukuran dan tipe ban.

Daftar Kode Iso Metrik Ban dan Arti

Contoh gambar ilustrasi daftar kode iso metrik ban dan arti

Contoh gambar ilustrasi daftar kode iso metrik ban dan arti

Berikut ini adalah pembahasan mengenai kode iso metrik ban, mulai dari kelas kendaraan, diameter ban, lebar ban, aspek rasio, bahan ban, tread wear indicator, traction rating hingga load index dan speed index. Contoh kode utama yang harus Anda pahami, yakni P 195/50 R16.

Kode Tujuan Penggunaan

Saat Anda memilih sebuah ban untuk dipasang pada mobil, pastikan terlebih dahulu ban tersebut memang cocok untuk tipe mobil yang Anda gunakan. Untuk mengeceknya Anda bisa melihat pada kode yang tertulis pada bagian sisi luar ban.

Ada 4 kode berupa huruf yang ditempatkan sebelum kode lebar ban. Keempat kode ini memperlihatkan maksud penggunaan dan atau kelas kendaraan dari ban tersebut. Arti kode yang dimaksud adalah:

  • P (Passenger Car),
  • LT (Light Truck),
  • ST (Special Trailer)
  • T (Temporary)

Nah, P pada P 195/50 R16 menyatakan bahwa ban kendaraan ini tujuan penggunaannya adalah untuk mobil penumpang atau dalam bahasa inggris, passenger car.

Kode Lebar Ban

Kode 195 pada P 195/50 R16 adalah kode dari lebar ban kendaraannya, dalam hal ini mobil penumpang.

Arti 195 pada P 195/50 R16 menjelaskan ban memiliki lebar sebesar 195 milimeter (mm). Lebar ban diukur dari titik terluar dinding sisi bagian luar hingga titik terluar dinding sisi bagian dalam.

Kode Aspek Rasio

Kode selanjutnya dari P 195/50 R16 adalah 50. Ini adalah kode yang menjelaskan aspek rasio dari ban mobil.

Adapun aspek rasio dari ban ini adalah 50%. Aspek rasio adalah hubungan di antara tinggi dinding dengan lebar ban.

Semakin kecil besaran aspek rasio, maka semakin rendah tinggi dinding samping ban. Semakin rendah tinggi dinding sisi ban, maka ban lebih mudah menikung. Namun, mengemudi menjadi kurang mulus.

Kode Konstruksi Ban

Pada P 195/50 R16, huruf R menunjukkan kode konstruksi ban. Huruf Ini adalah kode yang menunjukkan konstruksi internal dari suatu ban. Kode ini dapat berupa:

  • R: Radial
  • D: Konstruksi Diagonal
  • B: Belted (Bersabuk)

Kode Diameter Roda

Kode ini berupa angka yang dibuat dalam satuan inci. Angka ini mengindikasikan diameter roda yang ditujukan untuk tempat ban dipasang. Pada P 195/50 R16, kode 16 ini adalah kode diameter roda.

Diameter roda sebesar 16 ini bisa dipasang velg ring berukuran 16. Diameter roda, ada yang berukuran 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, bahkan 23.

Load Index

Hal penting lainnya adalah membaca indeks beban dan kecepatan yang bisa ditoleransi ban yang akan Anda beli. Kode indeks beban dan kecepatan ini bisa Anda temukan di bagian belakang setelah kode ukuran ban mobil Anda.

Berikut adalah daftar kode indeks beban yang terdapat pada mobil Anda:

  • 62 = maksimal beban adalah 265 kg
  • 63 = maksimal beban adalah 272 kg
  • 64 = maksimal beban adalah 265 kg
  • 66 = maksimal beban adalah 300 kg
  • 68 = maksimal beban adalah 315 kg
  • 70 = maksimal beban adalah 335 kg
  • 73 = maksimal beban adalah 365 kg
  • 75 = maksimal beban adalah 387 kg
  • 80 – 89 = maksimal beban adalah 580 kg
  • 90 – 100 = maksimal beban adalah 800 kg

Speed Index

Sedangkan untuk indeks kecepatan dapat Anda temukan setelah kode indeks beban pada ban mobil tersebut. Berikut ini adalah daftar indeks kecepatan yang terdapat pada mobil Anda:

  • J = maksimal kecepatan adalah 100 km/h
  • K = maksimal kecepatan adalah 110 km/h
  • L = maksimal kecepatan adalah 120 km/h
  • M = maksimal kecepatan adalah 130 km/h
  • N = maksimal kecepatan adalah 140 km/h
  • P = maksimal kecepatan adalah 150 km/h
  • Q = maksimal kecepatan adalah 160 km/h
  • R = maksimal kecepatan adalah 170 km/h
  • S = maksimal kecepatan adalah 180 km/h
  • T = maksimal kecepatan adalah 190 km/h
  • U = maksimal kecepatan adalah 200 km/h
  • H = maksimal kecepatan adalah 210 km/h
  • V220 = maksimal kecepatan adalah 220 km/h
  • V230 = maksimal kecepatan adalah 230 km/h
  • V atau V240 = maksimal kecepatan adalah 240 km/h
  • V250 = maksimal kecepatan adalah 250 km/h
  • V260 = maksimal kecepatan adalah 260 km/h
  • W atau V270 = maksimal kecepatan adalah 270 km/h
  • V280 = maksimal kecepatan adalah 280 km/h
  • V290 = maksimal kecepatan adalah 290 km/h
  • Y atau V300 = maksimal kecepatan adalah 300 km/h
  • Z = maksimal kecepatan adalah di atas 240 km/h

Kode Produksi Ban

Kode produksi ban mobil sebenarnya tak ada pengaruh ke masa daluarsa ban, karena masa daluarsa ban terhitung semenjak ban mobil mulai digunakan bukan dari masa produksinya.

Namun Anda bisa melihat kode produksi ban ini untuk mempermudah pengecekan sekaligus merawat ban mobil Anda yaitu produksi tahun berapa dan memberikan tanda masa jaminan ban dari produsen.

Biasanya masa jaminan ban adalah lima tahun sejak ban di produksi. Kode produksi ban ini bisa Keluarga Wuling temukan di sisi luar ban mobil, terdiri dari empat angka dengan lingkaran oval di sekelilingnya.

Letaknya tidak sama antara satu produsen dengan produsen lainnya. Dua angka di depan menandakan pekan dimana ban mobil diproduksi, sementara dua angka di belakangnya adalah tahun pembuatan.

Jadi kalau angka yang tertera adalah 0220, menandakan ban tersebut diproduksi pada pekan ke dua tahun 2020.

Tread Wear Indicator

Di dalam alur ban terdapat garis yang menonjol secara horizontal. Garis itu ialah TWI (Tread Wear Indicator). Fungsi TWI sebagai penanda bahwa ban mobil Anda sudah harus diganti. Ban mobil sebaiknya diganti sesudah TWI menyentuh aspal.

Ini menandakan alur ban mobil tinggal sedalam 1,6 mm dan bahkan kurang. Namun, ada juga ban yang mengaplikasikan TWI dengan bentuk segitiga di area tepi ban. Fungsi TWI itu tetap sama sebagai penanda waktunya ganti ban.

Tread Wear Indicator diletakkan secara merata via alur utama di tapak ban mobil. Jika alur utama rata dengan tingkat tapak, maka ban harus diganti. Jika Anda memiliki pengukur kedalaman tapak ban, maka masukkan batang probe ke dalam alur tapak dan dorong bahu ban hingga rata dengan tapak.

Traction Rating

Spesifikasi traksi tercantum di samping treadwear dalam bentuk huruf seperti AA, atau A, atau B dengan AA sebagai grade tertinggi.

Peringkat traksi adalah ukuran kemampuan ban untuk berhenti di permukaan yang lurus dan basah dalam kondisi yang terkendali.

Itu tidak menunjukkan kemampuan menikung ban di permukaan basah atau traksinya di atas es atau salju.

Temperature Rating

Peringkat suhu adalah pengukuran ketahanan ban terhadap panas yang dihasilkan dalam kondisi operasi normal pada tekanan inflasi yang direkomendasikan.

Nilai suhu berkisar dari A hingga C, dengan A memiliki nilai tertinggi dan karenanya paling tahan terhadap pembangkitan panas.

Membaca Peringkat Kualitas Ban

Membaca-Peringkat-Kualitas-Ban

Contoh gambar ilustrasi membaca peringkat kualitas ban

Kualitas ban akan sangat berpengaruh ke kenyamanan Anda selama berkendara. Apabila menggunakan ban dengan kualitas yang kurang bagus, bisa dipastikan kenyamanan Anda selama berkendara juga tidak akan terlalu baik.

Untuk mempermudah Keluarga Wuling dalam mencari ban berkualitas, berikut ini kami berikan daftar peringkat kualitas terbaik komponen eksterior mobil ini yang bisa dijadikan rekomendasi:

  • Bridgestone
  • GT Radial
  • Dunlop
  • Yokohama
  • Falken
  • Hankook
  • Toyo
  • Continental

FAQ Ukuran Ban Mobil

Berikut ini adalah penjelasan atas pertanyaan yang sering diajukan untuk topik ukuran ban mobil, mulai dari arti kode ban mobil hingga arti kode ban kecepatan.

Apa Arti Kode Ban Mobil?

Biasanya arti kode ban mobil yang dimaksud adalah kode tahun produksi.  Ada empat angka pada kode produksi ban mobil. Dua angka yang ada di depan menandakan minggu produksi ban, dan dua lagi yang ada di belakang menandakan tahun produksi pembuatan ban mobil.

Contoh seperti “0122”, angka 01 artinya waktu dalam minggu ban itu diproduksi, yakni pada minggu ke-01. Untuk dua angka 22 yang ada di belakang ialah tahun pembuatan, yaitu 2022.

Apa Arti Kode Ban Kecepatan?

Kode ban kecepatan adalah kode ban yang dibuat berdasarkan maksimal batas kecepatan ban dapat dipacu. P artinya kecepatan maksimal punya batasan 150 km per jam, Q punya batasan 160 km per jam, R punya batasan 170 per jam, S punya batasan 180 km per jam, T batasannya 190 km per jam, H batasannya 210 km per jam, V batasannya 240 km per jam, W batasannya 270 per jam, dan Y batasannya di atas 300 km per jam.

Apa Arti Kode Ban LT?

LT adalah singkatan untuk Light Truck. Jika ada huruf LT pada ban, maka artinya ban itu digunakan untuk truk ringan. Ban untuk truk ringan ini dirancang untuk penggunaan pada kendaraan yang mampu membawa barang yang berat dan atau bisa menarik trailer.

Keluarga Wuling, memahami ukuran ban mobil dan menyesuaikannya dengan spesifikasi mobil adalah hal sangat penting dilakukan.

Ini tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan selama berkendara, namun juga lebih ke faktor keselamatan.

Menggunakan mobil Wuling Confero S, tidak membuat Anda khawatir lagi. Karena fitur canggih TPMS pada Confero membuat Anda bisa memantau kondisi ban mobil setiap saat.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik