5 Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota dengan Naik Mobil

22 April, 2022
clock-bold
6 menit membaca

Image 5 Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota dengan Naik Mobil

Kita sering menggunakan mobil untuk melakukan perjalanan jarak jauh karena mobil adalah salah satu kendaraan pribadi yang sangat nyaman untuk digunakan. Mobil juga sering dipakai buat perjalanan jarak jauh karena bisa membawa banyak orang sekaligus.

Namun, apabila merasa kalau perjalanan jarak jauh yang Anda lakukan dengan mobil kurang nyaman, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara nyaman naik mobil ke luar kota yang berikut ini. Berikut adalah pembahasan topik lifestyle dari Wuling tentang bepergian ke luar kota secara nyaman mulai dari aturan hingga cara nyaman naik mobil.

Aturan Umum Bepergian ke Luar Kota

Berikut ini adalah aturan umum yang diberlakukan pemerintah Indonesia saat new normal ketika individu bepergian ke luar kota.

  1. Memakai masker kain sebanyak 3 lapis dan atau menggunakan masker medis yang dapat menutup mulut, hidung, dan dagu.
  2. Mengganti masker secara rutin tiap 4 jam, dan segera membuang limbah masker ke tempat yang sudah disediakan.
  3. Rutin mencuci tangan dengan memakai sabun dan air atau hand sanitizer, terutama sesudah memegang benda yang dipegang orang lain.
  4. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter serta hindari kerumunan.
  5. Tak diperkenankan buat berbicara satu arah ataupun dua arah lewat telepon maupun langsung selama perjalanan dengan transportasi umum perkeretaapian, darat, sungai, laut, penyeberangan, danau, dan udara.
  6. Tak diperbolehkan untuk minum dan makan selama perjalanan penerbangan untuk perjalanan yang di bawah 2 jam, kecuali untuk individu yang wajib konsumsi obat yang jika tak dilakukan bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan orang tersebut.

Aturan Tambahan Bepergian ke Luar Kota

Untuk masyarakat yang masih diwajibkan melakukan tes PCR atau swab antigen, maka wajib perhatikan aturan-aturan berikut ini :

  1. PPDN yang sudah dapat vaksinasi dosis pertama, maka wajib menunjukan hasil negatif dari tes RT-PCR. Sampelnya harus diambil di dalam kurun waktu 3 x 24 jam. Selain tes tersebut, bisa memakai rapid test antigen. Sampelnya harus diambil di dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Kedua tes dilakukan sebelum berangkat sebagai syarat perjalanan.
  2. PPDN dengan kondisi kesehatan yang khusus dan atau punya penyakit komorbid yang mengakibatkan pelaku perjalanan tak bisa mendapatkan vaksinasi wajib, maka harus memperlihatkan hasil tes yang negatif dari RT-PCR di mana sampel testnya harus diambil di dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam. Dan atau menunjukkan rapid test antigen di mana sampelnya diambil di dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam. Kedua test dilakukan sebelum individu melakukan keberangkatan sebagai syarat perjalanan. Persyaratan ini wajib melampirkan surat keterangan dokter yang berasal dari Rumah Sakit Pemerintah yang mampu menyatakan bahwa individu yang bersangkutan belum dan atau tak bisa ikut dalam vaksinasi COVID-19.
  3. PPDN yang berusia di bawah 6 tahun bisa melakukan perjalanan bersama dengan pendamping perjalanan dan harus menerapkan protokol kesehatan dengan cara ketat.

Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota

Berikut ini adalah beberapa cara yang membuat pengemudi dan penumpang nyaman ketika bepergian ke luar kota dengan menaiki mobil pribadi.

1. Pilih Mobil yang Tepat

Pilih Mobil yang Tepat

Gambar Ilustrasi Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota

Berkendara saat ke luar kota membutuhkan pemilihan mobil yang tepat. Alasannya, agar bisa memastikan kendaraan tersebut berada dalam kondisi sempurna untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh atau ke luar kota. Ada beberapa rekomendasi mobil yang bisa Anda gunakan untuk bepergian jarak jauh, salah satunya Cortez CT.

Cortez CT merupakan mobil yang sangat nyaman untuk digunakan saat berkendara di jalanan, apalagi untuk perjalanan dengan jarak yang jauh. Salah satu fitur terbaik yang dimiliki Cortez CT adalah sunroof yang bisa digunakan oleh penumpang kendaraan untuk menikmati keadaan sekitar saat kendaraan sedang berjalan. Selain itu juga memiliki jok yang nyaman sehingga tidak akan membuat Anda menjadi pegal-pegal saat berada di dalamnya.

Mobil ini juga memberikan banyak tempat penyimpanan sehingga Anda dan keluarga bisa membawa banyak bawaan saat sedang pergi ke luar kota bahkan didukung fitur hiburan dengan teknologi terkini pada head unit. Fitur-fitur ini akan membuat lupa akan lamanya perjalanan Anda di dalam mobil dan membuat kegiatan menjadi lebih seru.

2. Pilih Waktu Bepergian yang Tepat

Pilih Waktu Bepergian yang Tepat

Gambar Ilustrasi Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota

Waktu perjalanan yang paling baik untuk bepergian menggunakan mobil ke luar kota di Indonesia adalah pada saat musim kemarau. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Mei-September. Bulan-bulan ini biasanya memiliki cuaca yang cerah dan juga kering sehingga cocok untuk bepergian.

Musim hujan di Indonesia biasanya terjadi antara bulan Oktober dan April, yang lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan. Pemilihan waktu sangatlah penting karena waktu bisa menjadi penentu apakah perjalanan Anda bisa berjalan baik atau tidak. Hal ini artinya Anda harus memilih waktu dengan hati-hati saat Anda merencanakan perjalanan Anda.

3. Lakukan Servis Terlebih Dahulu

Lakukan Servis Terlebih Dahulu

Gambar Ilustrasi Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota

Apabila Anda ingin melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan mobil, maka lebih baik Anda memastikan kondisi mobil Anda sudah dalam keadaan terbaiknya. Untuk bisa memastikan kondisi mobil sudah dalam kondisi paling maksimal, Anda bisa melakukan servis di bengkel profesional. Namun, jika mengerti cara melakukan servis mobil sendiri, maka tak perlu ke bengkel. Dengan melakukan servis sendiri Anda bisa menghemat lebih banyak uang.

Servis dilakukan supaya mobil Anda bisa dalam keadaan terbaik. Hal ini karena Anda akan melakukan perjalanan jauh dan pastinya tidak mau ada masalah saat melakukan perjalanan. Pastikan untuk melakukan ragam servis mobil yang diperlukan di bengkel yang sudah resmi. Maksudnya adalah supaya petugas yang melakukan servis melakukan pengecekan mobil secara benar terhadap semua komponen mobil yang Anda miliki.

4. Pelajari Jalur yang akan Dilewati

Pelajari Jalur yang akan Dilewati

Gambar Ilustrasi Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota

Bukan hanya memastikan kalau cuaca sedang bagus dan juga mobil sedang dalam keadaan terbaik, tetapi, Anda juga harus memastikan rute jalan yang akan Anda lalui nanti. Anda harus mencari tahu informasi lebih mengenai tempat-tempat yang akan Anda kunjungi nantinya. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menemukan dan mengunjungi tempat tersebut dengan lebih mudah.

5. Menjaga Kebugaran Tubuh dan Fokus

Menjaga Kebugaran Tubuh dan Fokus

Gambar Ilustrasi Cara Nyaman Bepergian ke Luar Kota

Jaga kebugaran tubuh Anda, dan selalu perhatikan jalanan dengan baik saat sedang mengendarai mobil. Kelalaian yang dilakukan oleh pengemudi merupakan salah satu faktor besar yang menyebabkan banyak terjadinya kecelakaan di jalanan. Salah satu kelalaian yang paling sering dilakukan adalah tidak fokus saat mengendarai mobil sehingga terjadi kecelakaan.

Hal ini bisa terjadi saat pengemudi sedang berbicara atau bercanda dengan penumpang. Banyak pengemudi yang juga mengendarai mobil saat sedang menelpon dan banyak hal lainnya. Lebih baik untuk tidak berbicara saat sedang mengendarai kendaraan atau bercanda dalam porsi yang sewajarnya agar konsentrasi saat berkendara tetap terjaga. Jangan juga menelpon orang lain saat sedang mengendarai kendaraan karena sangat berbahaya.

Itulah penjelasan topik trivia tentang aturan dan beberapa cara nyaman naik mobil ke luar kota yang bisa kami berikan. Cara-cara di atas sepatutnya harus diketahui oleh semua pengemudi yang ada. Namun terkadang paling sering diabaikan oleh pengemudi karena dianggap sangat biasa dan tidak terlalu penting, padahal sebenarnya akan mempengaruhi kualitas perjalanan saat berkendara ke tempat yang jauh.

Jadi, pastikan untuk menjaga kondisi diri sendiri dan juga kendaraan yang Anda kendarai supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Gunakan juga mobil yang sesuai dengan medan perjalanan Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer