Estimasi Biaya Salon Mobil dan Ragam Jenis Perawatannya

29 November, 2020
clock-bold
6 menit membaca

Image Estimasi Biaya Salon Mobil dan Ragam Jenis Perawatannya

Siapa yang tak ingin mengendarai mobil yang selalu mulus dan kinclong? Sekarang tidak hanya Anda saja yang bisa memanjakan diri di salon ataupun spa. Mobil kesayangan Anda pun juga bisa menikmati perawatan di salon ataupun spa supaya selalu mulus dan kinclong layaknya mobil baru.

Saat ini salon atau spa mobil sedang menjamur dan menjadi tren baru di Indonesia. Tempat perawatan mobil ini sangat mudah ditemui di kota kota besar dan menjadi solusi untuk para pemilik mobil yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat mobil kesayangannya di rumah.

Ada berbagai jenis perawatan yang bisa Keluarga Wuling dapatkan untuk mobil kesayangan. Tinggal memilih mana saja perawatan yang Anda inginkan, kemudian para tenaga ahli salon tersebut akan mengerjakan perawatan mobil. Cukup mudah dan simpel bukan? Nah, agar Anda tahu lebih detil, lihat penjelasan artikel lifestyle selanjutnya tentang salon mobil.

Pengertian Salon Mobil

Pengertian-Salon-Mobil Gambar penjelas pengertian salon mobil

Pada dasarnya salon mobil tidak ada bedanya dengan salon kecantikan yang biasa Anda gunakan. Salon mobil akan membersihkan kotoran yang menempel hingga pada bagian yang tidak terlihat supaya mendapatkan penampilan yang bersih dan menarik.

Tidak hanya membersihkan noda yang menempel, salon mobil membersihkan lebih detail seperti noda asam akibat hujan, jamur ataupun material lain yang dapat mengakibatkan baret halus ataupun cat yang menjadi buram pada body mobil.

Perbedaannya dengan auto detailing adalah dari jenis perawatannya. Kalau pada salon mobil lebih fokus pada perawatan body mobil seperti membersihkan kaca menggunakan waxing, menyedot debu dalam kabin, membuat cat menjadi lebih berkilau hingga mencuci seluruh body mobil sampai bersih. Sedangkan auto detailing lebih ke treatment yang jauh lebih detail, seperti baut roda dan mesin mobil.

Dari segi pengerjaan, antara salon mobil dan auto detailing juga berbeda. Salon mobil pengerjaannya hanya sekitar 3-5 jam saja, sementara auto detailing bisa mencapai 7 jam lebih.

Jenis Perawatan Salon Mobil

Jenis-Perawatan-Salon-Mobil Gambar penjelas perawatan salon mobil

Ada beberapa jenis perawatan salon mobil yang bisa Anda pilih. Biasanya antar salon mobil berbeda layanan, namun secara garis besar ada 4 jenis perawatan yang ditawarkan ke konsumen. Mulai dari cleaning, detailing, coating dan fogging & fumigator.

Cleaning

Cleaning Gambar penjelas cleaning

Layanan salon mobil yang pertama adalah cleaning. Layanan ini pasti tersedia di semua salon mobil karena ini adalah layanan salon mobil yang paling utama. Cleaning ini terdiri dari pembersihan semua bagian mobil seperti eksterior, interior hingga ke bagian bawah mobil. Dalam tahapan ini metode yang digunakan masing-masing salon mobil biasanya berbeda-beda, mulai dari mencuci mobil biasa, dry wash, snow wash dan masih banyak lagi.

Tidak jarang salon mobil menyediakan layanan Engine Cleaning dalam paket layanan mereka. Namun untuk layanan ini sebaiknya Anda berhati-hati, jangan melakukan di sembarang tempat karena ini adalah hal yang sangat sensitif.

Sebaiknya lakukan di salon mobil yang memang sudah berpengalaman dalam Engine Cleaning, karena kalau air sampai masuk ke dalam ruang udara maka otomatis ruang bakar juga pasti akan basah oleh air yang dapat menimbulkan masalah fatal pada mesin. Selain itu pada mobil jenis tertentu, ada komponen elektronik yang tidak boleh terkena air.

Detailing

Detailing Gambar penjelas detailing

Layanan ini bertujuan untuk mempercantik tampilan mobil, biasanya metode yang dilakukan pada tahapan ini adalah poles dan waxing. Bertujuan untuk menghilangkan kusam pada permukaan cat mobil, namun sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan karena akan mengikis lapisan cat untuk menghindari penipisan cat mobil.

Sedangkan waxing bertujuan untuk memberikan perlindungan yang menyeluruh pada cat mobil. Pada metode ini, cat akan terhindar dari waterspot, jamur, baret halus ataupun noda yang dapat mengakibatkan cat mobil menjadi kusam. Wax juga dapat mencerahkan cat mobil Anda supaya lebih berkilau.

Coating

Coating Gambar penjelas coating

Layanan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih dibandingkan waxing. Metode yang digunakan salon mobil pada umumnya adalah nano coating dan ceramic coating dengan menggunakan bahan yang berbeda.

Nano coating menggunakan cairan khusus berukuran nano untuk melindungi mobil dari paparan kimia dan oksidasi. Sementara ceramic coating menggunakan cairan khusus dengan kandungan keramik untuk memberikan perlindungan yang lebih baik untuk cat mobil. Selain memberikan proteksi, ceramic coating akan memberikan efek daun talas saat terkena air hujan sehingga meminimalisir waterspot dan tumbuhnya jamur.

Fogging dan Fumigator

Fogging dan Fumigator Gambar penjelas fogging dan fumigator

Fogging sangat efektif untuk membuat interior mobil Anda menjadi jauh lebih wangi dan segar. Biasanya sebelum melakukan fogging, interior mobil akan dibersihkan terlebih dahulu supaya saat melakukan fogging kotoran tidak tercampur.

Selain membuat kabin lebih wangi, fogging berguna untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mobil. Selain fogging ada juga layanan fumigator yang berguna untuk membasmi jamur dan serangga yang bersarang di dalam kabin. Sehingga interior mobil Anda menjadi jauh lebih bersih.

Biaya Perawatan Salon Mobil

Biaya-Perawatan-Salon-Mobil Gambar penjelas biaya perawatan salon mobil

Beragamnya perawatan salon mobil ini memiliki biaya yang berbeda-beda antara satu layanan dengan layanan lainnya. Kalau hanya pencucian mobil biasa berkisar antara 40 ribu - 50 ribu rupiah, tergantung metode yang digunakan. Namun kalau sekaligus dengan Engine Cleaning biayanya berkisar antara 75 ribu - 100 ribu rupiah.

Sementara untuk layanan paket bagian luar biasanya dibedakan berdasarkan penggunaan bahan, namun pada umumnya untuk paket bagian luar tanpa coating berkisar antara Rp 500.000 - Rp 700.000 tergantung metode dan cairan yang digunakan. Sementara untuk paket layanan dengan tambahan coating berkisar antara 3 juta - 6 juta rupiah. Sedangkan untuk layanan interior biaya perawatan salon mobil berkisar antara Rp 500.000 - 1 juta rupiah.

Proses pengerjaan semua layanan ini cukup bervariasi tergantung ukuran dan jenis mobil, mulai dari yang sederhana hanya sekitar 4-5 jam hingga 2 hari apabila jenis ukuran mobil besar.

Dari pemaparan diatas, salon mobil adalah opsi yang bisa Anda pilih untuk membuat tampilan mobil Wuling, terutama menggunakan Almaz Limited Edition, akan membuat mobil ini tetap terawat baik. Melalui sentuhan two tone color yang stylish pada bagian eksterior, varian terbaru Almaz ini memang patut Anda rawat sebaik mungkin.

Jangan sampai Anda terjebak dengan salon mobil murah namun pelayanannya buruk dan menggunakan cairan yang non standar apalagi berbahaya untuk cat mobil anda jangka panjang. Pilih salon mobil yang benar-benar profesional dan berpengalaman dalam bidangnya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer