INGIN CEPAT LANGSING? YUK BERSEPEDA! | Wuling

Life Style

INGIN CEPAT LANGSING? YUK BERSEPEDA!

13 November, 2017

Image INGIN CEPAT LANGSING? YUK BERSEPEDA!

Selain mudah dilakukan, olahraga bersepeda banyak memiliki sisi menyenangkan sehingga diminati banyak orang. Tidak mengenal batasan usia, dari anak-anak hingga lansia bisa melakukan olahraga ini, cukup menyesuaikan dengan kemampuan dan medan yang dilewati. Olahraga bersepeda bisa dikategorikan menjadi empat kelompok, yaitu:

1. Downhill

Aliran sepeda ekstrim ini biasanya dilakukan untuk menuruni bukit yang terjal dan curam. Sepeda yang digunakan juga berbeda. Idealnya sepeda downhill memiliki rangka dan suspensi yang lebih tebal karena harus bisa meredam benturan pada jalanan turunan.

2. Cross Country

Melakukan jenis olahraga sepeda lintas alam ini berarti Anda harus melalui jalur yang beragam; dari jalur di tengah hutan hingga jalur berkonblok yang menghubungkan setiap jalurnya.

3. BMX

BMX atau bicycling motocross adalah kreasi anak muda di California, Amerika Serikat yang menggabungkan sepeda dengan fleksibilitas dan ketahanan motocross.

4. City Cycling

Olahraga ini tingkat keekstrimannya cenderung relatif. Intinya adalah anda bersepeda di jalanan kota yang beriringan dengan kendaraan bermotor dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda jika dilakukan secara rutin:

  1. Memperbaiki kardiovaskular

Bersepeda termasuk olahraga kardio, karena dengan bersepeda kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi akan meningkat. Juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Makin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular, makin rendah risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Banyak anggota tubuh yang bekerja pada saat Anda bersepeda. Mulai dari kaki yang mengayuh hingga mata yang waspada. Jika aktivitas itu dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

  1. Merawat sendi

Selain otot, sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.

  1. Menjaga berat badan

Berkat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik, dan otot terlatih adalah pembakaran kalori atau tingkat metabolisme tubuh ikut meningkat. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan yang seimbang untuk menghindari risiko kegemukan.

  1. Menurunkan tingkat stress

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorphin yang memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif dan mengurangi rasa sakit. Ditambah dengan bagusnya pemandangan saat bersepeda, maka penurunan level stres dalam tubuh akan makin signifikan.

  1. Menurunkan risiko penyakit-penyakit lain

Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya risiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

Selain beberapa manfaat di atas, ada beberapa efek samping yang perlu anda perhatikan:

  1. Sepeda tidak dianjurkan bagi orang yeng memiliki masalah dengan sendi dan juga nyeri rematik.
  2. Bersepeda diketahui bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.
  3. Gerakan berulang yang dilakukan saat bersepeda bisa menyebabkan masalah pada lutut, hal ini terjadi jika ada peningkatan dalam intensitas, jarak yang terlalu cepat penggunaan sadel yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  4. Jika suka menggunakan sepeda gunung maka cenderung berisiko mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan sepeda gunung umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi dan jalur yang ekstrim.
  5. Ada kemungkinan mengalami kesemutan penis akibat adanya iritasi pada batang penis karena menggunakan sadel yang terlalu lama dan disertai dengan suhu panas di sekitar penis saat mengayuh sepeda, seperti diungkapkan Dr Andri Wanananda MS dalam konsultasi detikHealth.

Supaya anda aman dan nyaman dalam bersepeda, jangan lupa untuk melakukan hal berikut:

  • Periksa sepeda mulai dari kondisi rem hingga ban.
  • Kenakan pelindung kepala, siku, dan lutut. Karena ini adalah bagian yang paling fatal jika anda terjatuh.
  • Pastikan anda terlihat. Anda mungkin bersepeda di jalanan umum dan dalam kondisi gelap. Pasanglah lampu dan gunakan baju yang berwarna terang atau yang berbahan glow in the dark supaya dapat terlihat oleh pengguna jalan yang lain.
  • Jaga sikap berkendara. Jika jalanan tidak menyediakan trek khusus untuk sepeda, jangan menyerobot hak pejalan kaki.

Bersepeda akan lebih menyenangkan jika dilakukan di udara yang segar dan bersih, biasanya terdapat di pinggiran kota yang masih banyak terdapat pohon-pohan dan bebas polusi. Sambil bersepeda, sekaligus bisa piknik bersama keluarga. Untungnya kabin Wuling yang luas mampu menampung banyak orang  dan barang sekaligus. Untuk sepeda, tidak perlu khawatir karena bisa diletakkan di bagian atas mobil.

Jenis olahraga bersepeda mana yang Anda minati? Yuk mulai bersepeda!

http://www.alodokter.com/mari-telaah-manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan

https://health.detik.com/read/2011/02/24/101214/1578081/766/manfaat-dan-efek-samping-olahraga-sepeda