Kenali Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor untuk Mobil Baru

27 February, 2024
clock-bold
3 menit membaca

Image Kenali Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor untuk Mobil Baru

Saat membeli mobil baru, Anda akan mendapatkan faktur mobil berupa selembar kertas yang wajib disimpan. Faktur mobil atau faktur kendaraan bermotor merupakan bukti pembelian resmi yang didapatkan ketika seseorang membeli kendaraan. Tidak bisa dipungkiri, bahwa faktur mobil memiliki fungsi yang esensial meskipun hanya berbentuk lembaran kertas.

Lantas, apa itu faktur pembelian mobil dan apa saja fungsinya? Mengapa faktur kendaraan bermotor tidak boleh hilang? Nah, untuk Anda yang penasaran dengan jawabannya, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Faktur Kendaraan Bermotor

Seperti yang sedikit disinggung di atas, faktur kendaraan bermotor adalah dokumen pembelian kendaraan bermotor yang sah. Di dalam sebuah faktur terdapat informasi penting terkait pembelian kendaraan, seperti nama pembeli, nama toko atau dealer, harga beli mobil, nomor rangka dan nomor mesin, serta informasi lainnya yang tidak kalah penting.

Faktur mobil diperoleh setelah Anda secara sah telah membeli kendaraan bermotor dari toko atau dealer resmi. Faktur dibuat oleh pihak penjual dan akan diberikan kepada pembeli bersamaan dengan dokumen penting lainnya seperti STNK dan BPKB. Faktur tersebut perlu untuk disimpan oleh pembeli salinannya disimpan oleh penjual.

Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor

Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor

Mengingat fungsinya yang esensial, faktur kendaraan bermotor tidak boleh hilang. Berikut merupakan beberapa fungsi faktur kendaraan bermotor yang perlu Anda tahu:

1. Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor yang Sah

Faktur pembelian kendaraan bermotor berperan sebagai bukti pembelian kendaraan yang sah dan valid. Faktur diperoleh secara resmi dari dealer dan dapat digunakan untuk mengurus pembuatan STNK dan BPKB. Faktur mobil juga diakui oleh kepolisian dan pihak berwenang lainnya.

2. Bukti Legalitas

Fungsi faktur mobil berikutnya adalah sebagai bukti legalitas atas kepemilikan kendaraan bermotor selain STNK dan BPKB. Bukti legalitas ini sangat penting terutama ketika Anda hendak menjual kembali mobil tersebut atau hendak membeli mobil bekas.

3. Syarat Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Fungsi lain dari faktur kendaraan bermotor adalah sebagai persyaratan dalam pengajuan kredit mobil bekas. Ketika faktur pembelian mobil ada, maka kemungkinan untuk kredit mobil diterima menjadi lebih besar.

4. Dasar Menghitung Pajak

Faktur mobil juga bisa dijadikan dasar penghitungan pajak kendaraan bermotor. Faktur memuat informasi mengenai harga jual kendaraan sehingga bisa dipakai untuk menghitung pajak yang harus dibayar.

5. Penentu Premi Asuransi

Berikutnya, faktur kendaraan bermotor juga berfungsi sebagai penentu premi asuransi. Sebelum Anda membeli asuransi kendaraan, pihak asuransi akan mengecek keaslian faktur kendaraan terlebih dahulu untuk menentukan premi.

Bagaimana Jika Faktur Hilang?

Meskipun tidak boleh hilang, nyatanya banyak kasus di mana faktur mobil hilang karena sebab tertentu. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengurus kembali untuk mendapatkan faktur baru. Namun dalam hal ini, Anda perlu menyertakan STNK dan BPKB yang asli. Anda bisa mengurusnya melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sebagai jasa pengurusan faktur terpercaya.

Berikut merupakan cara mengurus faktur yang hilang melalui ATPM:

  1. Hubungi ATPM terdekat di kota Anda
  2. Siapkan dokumen pendukung seperti KTP, STNK. dan surat keterangan hilang dari kepolisian
  3. Isi formulir permohonan
  4. Bayar biaya pembuatan faktur baru
  5. Tunggu konfirmasi ATPM mengenai kapan faktur baru bisa diambil
  6. Ambil faktur dan simpan di tempat yang aman

Untuk mengurus faktur yang hilang, Anda membutuhkan sejumlah biaya yaitu antara Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu. Oleh karena itu, pilihlah ATPM legal yang terpercaya dan telah bekerja sama dengan kepolisian.

Itulah beberapa hal terkait faktur kendaraan bermotor yang perlu Anda tahu. Sebelum membeli mobil, baik baru atau bekas, pastikan faktur mobil tersebut ada dan simpanlah baik-baik faktur tersebut di tempat yang aman. Nah, bagi Anda sedang mencari kendaraan baru yang nyaman dan juga ramah lingkungan, Almaz Hybrid dapat menjadi pilihan tepat terutama untuk Anda yang berdomisili di kota besar dengan fitur-fitur inovatif dan performa optimal.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer