Kenali Fungsi Strut Bar Pada Mobil Anda | Wuling

Life Style

Kenali Fungsi Strut Bar Pada Mobil Anda

21 Oktober, 2021

Image Kenali Fungsi Strut Bar Pada Mobil Anda

Mobil adalah jenis kendaraan yang tersusun dari berbagai elemen di dalamnya dan salah satunya adalah strut bar. Pada dasarnya, strut bar kurang begitu populer dan keberadaannya seringkali dikesampingkan, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui elemen mobil ini.

Untuk menemukan strut bar dalam mobil sangatlah gampang dan bisa ditemukan oleh pemula sekali pun. Dengan mengetahui letaknya, maka Anda bisa merawat dengan baik dan bisa memaksimalkan penggunaannya.

Sekilas Tentang Strut Bar

Sekilas Tentang Strut Bar

Strut bar adalah elemen yang hanya bisa ditemukan pada jenis mobil tertentu saja dan elemen ini terbuat dari batang besi atau logam yang menghubungkan bagian bodi atau sasis mobil di bagian kiri dan kanan. Pada dasarnya, titik yang dihubungkannya bisa satu atau lebih di masing-masing bagiannya.

Strut bar sengaja dipasang untuk menghubungkan bagian sisi kanan dan kiri strut tower menjadi mounting point dari sebuah shockbreaker ke bagian sasis mobil. Hadirnya strut bar tentu membantu menstabilkan kondisi mobil.

Fungsi Strut Bar Pada Mobil

Fungsi Strut Bar Pada Mobil

Strut bar berfungsi untuk menambahkan sifat kaku atau rigid pada suspensi mobil, sehingga pada saat mobil dibelokkan akan terjadi tekanan di bagian permukaan jalan dan strut bar akan menjaga tekanan di kedua sisi mobil, sehingga menjadi lebih seimbang.

Ketika tekanan pada mobil berjalan lebih seimbang, maka handling mobil saat berbelok akan semakin optimal dan stabil. Bukan cuma itu, strut bar juga dapat mengurangi gejala body roll yang terjadi pada mobil.

Secara umum, body roll atau limbung adalah kondisi di mana mobil berada di luar jalur atau terlempar. Body roll biasanya terjadi pada saat mobil berada dalam kecepatan yang tinggi. Dengan adanya strut bar, maka kondisi mobil bisa lebih stabil.

Pemasangan strut bar sangat tergantung dari tujuan penggunaan mobil. Jika mobil yang sering dipakai dalam kecepatan tinggi dan sering di pakai untuk melintasi jalan bebas hambatan atau tol, maka pemasangan strut bar sangatlah direkomendasikan.

Hadirnya strut bar akan membuat mobil lebih stabil saat melaju dan mobil juga akan lebih mudah untuk dikendalikan. Apabila mobil lebih sering di pakai pada jalanan perkotaan yang macet, maka pemasangan strut bar tidak direkomendasikan.

Pemasangan strut bar juga bisa dilakukan dengan melihat jenis mobilnya. Setidaknya ada beberapa jenis mobil yang kualitas handlingnya kurang bagus, sehingga perlu menambahkan pemasangan strut bar untuk meningkatkan kualitas handling mobil.

Jenis mobil yang sudah memiliki high roof MPB sangatlah memadai, sehingga tidak perlu menambahkan lagi strut bar karena bisa membuat tingkat kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang.

Cara Pemilihan Strut Bar

Cara Pemilihan Strut Bar

Penjual elemen atau komponen mobil di Indonesia sangatlah banyak, baik yang menjual secara online atau offline. Dengan pilihan yang sangat banyak, maka Anda bisa memilih komponen strut bar yang sesuai keinginan dan kemampuan anggaran.

Kini, Anda juga bisa lebih mudah dalam membeli komponen mobil yang berasal dari luar negeri. Ada banyak sekali Marketplace atau website penjualan asal luar negeri yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan komponen mobil terbaik

Penjual strut bar tidak hanya berasal dari merek besar dan ternama, namun banyak juga yang menyediakan strut bar kustom dengan harga yang lebih murah. Secara kualitas tentu strut bar yang berasal dari produsen resmi yang lebih unggul.

Untuk jenis strut bar kustom, biasanya bagian desain menjadi aspek yang sangat penting. Pada dasarnya, desain strut bar yang tidak sesuai akan membuat komponen mobil lainnya menjadi rusak saat proses pemasangan dilakukan.

Tidak hanya soal desain saja, namun Anda juga perlu memperhatikan mengenai kualitas material dari strut bar. Jika strut bar terbuat dari bahan yang kurang bagus, maka akan berdampak buruk buat kondisi mobil. Sampai saat ini, strut bar dengan bahan dasar alumunium menjadi jenis yang unggul dan banyak beredar di pasaran.

Apakah Boleh Melepaskan Strut Bar Mobil Bawaan?

Apakah Boleh Melepaskan Strut Bar Mobil Bawaan?

Melepaskan strut bar tentu boleh saja untuk dilakukan, namun sangat tidak disarankan. Pabrikan mobil pasti sudah membuat mobil dengan tingkat kenyamanan yang tinggi dan pemasangan strut bar pasti dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Jika melepaskan strut bar bawaan atau standar, maka kualitas dari handling mobil akan menurun secara drastis dan akan membuat keselamatan dalam berkendara menjadi menurun pada saat mobil dipakai dalam kecepatan tinggi.

Ketika strut bar dilepaskan, maka pastikan mobil tidak dipacu dalam kecepatan tinggi dan tidak berbelok dengan agresif. Namun untuk standar keamanan yang baik, pelepasan strut bar bawaan sebaiknya tidak dilakukan.

Nah, jika Anda berkendara dengan Wuling Cortez CT saat berkecepatan tinggi akan terjaga aman karena memiliki suspensi nyaman dan empuk, meski sedang berbelok atau menghadapi berbagai medan sekalipun. Mobil MPV ini mengedepankan kenyamanan untuk segala perjalanan Anda saat melalui berbagai situasi jalan.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik