Ketahui Simulasi Perhitungan Kredit Mobil yang Benar

7 October, 2021
clock-bold
5 menit membaca

Image Ketahui Simulasi Perhitungan Kredit Mobil yang Benar

Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia, karena mobil memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan motor. Kredit menjadi cara untuk mendapatkan mobil dengan biaya yang lebih ringan. Sudah banyak bank atau leasing yang memberikan simulasi kredit mobil, sehingga kredit menjadi lebih gampang.

Konsep dari perhitungan kredit mobil sangatlah penting untuk dipelajari sebelum Anda memutuskan membayar down payment (DP) dan memiliki cicilan untuk kredit. Ada beberapa cara sederhana untuk mempelajari simulasi perhitungan kredit mobil.

Simulasi Perhitungan Kredit Mobil yang Perlu Diketahui

Simulasi Perhitungan Kredit Mobil yang Perlu Diketahui

Saat Anda ingin memiliki mobil baru atau bekas dan ingin membelinya dengan cara kredit, maka cari tahu dahulu mengenai perusahaan leasing yang menyediakan layanannya. Pastikan Anda memilih perusahaan leasing yang sudah berpengalaman, ya.

Setiap perusahaan leasing biasanya menyiapkan berbagai penawaran kredit, sehingga Anda bisa memilih kredit yang sesuai keinginan. Dalam memilih leasing Anda perlu berhati-hati, karena tidak semua perusahaan dapat dipercaya.

Ada beberapa kriteria leasing yang recomended untuk Anda pilih, seperti memberikan penawaran uang muka yang bersaing, jangka waktu kredit yang fleksibel, bunga yang lebih ringan dan penawaran harga yang realistis bersaing dengan para kompetitor.

Untuk menambah wawasan, Anda bisa mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan kredit mobil di laman internet. Bukan cuma itu, Anda juga bisa bertanya secara langsung ke perusahaan atau bank yang menyediakan layanan kredit agar mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Jika pemahaman Anda sudah mulai lengkap, maka selanjutnya bisa langsung menyesuaikan kebutuhan dana untuk kredit mobilnya dan pastikan sesuaikan dengan kondisi keuangan. Jangan sampai cicilannya terlalu besar, sehingga nantinya memberatkan perekonomian Anda.

Penyesuaian kondisi keuangan akan sangat berguna untuk menentukan uang muka atau DP yang akan dibayarkan pertama kali. Tak hanya itu, hal ini juga akan berpengaruh terhadap penentuan angsuran cicilan mobil tiap bulannya.

Pada dasarnya, semakin besar jumlah DP yang Anda keluarkan, maka lebih berpeluang untuk mendapatkan kredit dengan cicilan yang ringan. Untuk melakukan cicilan ringan, Anda bisa meminta diskon DP ke pihak leasing.

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil yang Tepat

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil yang Tepat

1. Tentukan Uang Muka

Ketika Anda membeli mobil kisaran harga 150 jutaan dan ketetapan uang muka atau DP 20%, maka Anda harus mengeluarkan uang muka sekitar 30 jutaan. Secara umum, jumlah minimal uang muka biasanya akan ditetapkan oleh pihak leasing atau bank yang akan memberikan kredit.

Persentase 20% adalah jumlah uang muka paling umum yang seringkali ditemukan. Supaya Anda lebih memahami mengenai rumusan uang muka 30 juta di hasilkan dari mana, Anda bisa memahami rumus perhitungan di bawah ini:

  • Uang Muka = 20% x Total Harga Mobil.
  • Hasilnya, 20% x 150 juta = Rp. 30 Juta.

2. Tentukan Jumlah Pokok Kredit

Jika Anda sudah mendapatkan jumlah uang muka yang diperlukan tentu harus langsung menghitung jumlah sisa kredit atau pokok kredit yang perlu dibayarkan. Mengetahui hasilnya sangatlah gampang, karena rumusannya sangatlah simpel, yaitu:

  • Pokok Kredit = Total Harga Mobil - Uang Muka
  • Hasilnya, Rp. 150 Juta – Rp. 30 juta = Rp. 120 Juta.

3. Tentukan Jumlah Bunga Kredit

Saat sudah mendapatkan pokok kreditnya tentu Anda bisa langsung menghitung besaran tarif bunga yang perlu di bayar. Sama halnya dengan menghitung pokok kredit, untuk menentukan atau menghitung jumlah tarif juga sangat gampang.

Cara menghitungnya bisa Anda mulai dengan mengalikan pokok kredit dengan besaran tarif bunga yang biasanya ditentukan sesuai dengan jangka waktu atau tenor kredit yang sudah disepakati dengan pihak leasing.

  • Tarif Bunga = Pokok Kredit x Tarif Bunga Sesuai Persentase

Jika Anda mengambil tenor kredit selama 3 tahun, maka persentase tarif bunganya sekitar 8%. Hasilnya, Rp. 120 juta x 8% = Rp. 9,6 juta x 3 Tahun = Rp. 28,8 juta.

4. Tentukan Jumlah Cicilan

Jumlah cicilan kredit mobil bisa Anda lakukan dengan cepat, karena sangat gampang caranya. Setelah berhasil memperoleh besaran bunga kredit yang perlu dibayarkan selama 3 tahun, maka Anda bisa langsung masuk dalam perhitungan besaran kredit.

Cara menghitungnya adalah dengan menambahkan pokok kredit dengan tarif bunga dan langsung dibagi dengan tenor atau jangka waktu kreditnya.

Hasilnya, (Rp. 120 juta + Rp. 28,8 juta) : 3 tahun (36 bulan) = Rp. 4.133.333.

5. Tentukan Biaya Administrasi & Biaya Asuransi

Tarif asuransi kendaraan yang di kredit juga sangat perlu untuk dihitung, agar keuangannya jelas. Cara menghitungnya yaitu 9,5% (jumlah biaya asuransi untuk tenor 3 tahun) x total harga mobil = 9,5% x Rp. 150.000.000 = Rp. 14.250.000.

Bukan hanya asuransi, Anda juga bisa menghitung biaya administrasi yang perlu dikeluarkan saat melakukan kredit mobil. Total biaya administrasi kredit mobil untuk tenor 3 tahun biasanya sekitar Rp. 550.000.

Biaya Total untuk pembayaran awal kredit mobil ialah: Uang Muka + Tarif Asuransi + Cicilan Bulan Pertama + Administrasi = Rp. 30.000.000 + Rp. 14.250.000 + Rp. 4.133.333 + Rp. 550.000 = Rp. 48.933.333.

Kredit Mobil dengan Wuling Finance

Kredit Mobil dengan Wuling Finance 

Nah, bagi Anda yang berencana membeli mobil Wuling, kami memberikan layanan proses kredit Wuling Finance dengan lebih mudah dan nyaman melalui teknologi terkini. Wuling Finance menawarkan langkah praktis dan mudah untuk proses kredit.

Pertama, kami akan memastikan kelayakan Anda untuk melakukan kredit, jika diterima selanjutnya adalah menghitung pembayaran bulanan. Setelah itu, Anda bisa memilih mobil Wuling yang diinginkan dan mengajukan permohonan keuangan. Setelah semua proses diterima, Anda bisa mulai melakukan pinjaman uang dan bawa mobil Wuling Anda.

Untuk melakukan pembayaran, Anda dapat memilih sistem pembayaran kredit melalui via ATM, Internet Banking, Mobile Banking, atau teller di bank. Hubungi customer care Wuling di 0800-111-5050 untuk detail kredit mobil di Wuling Finance.

Demikian ulasan lengkap mengenai simulasi atau gambaran perhitungan kredit mobil yang tepat. Semoga semua penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer