Mudik Menggunakan Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Ini! | Wuling

Life Style

Mudik Menggunakan Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Ini!

25 April, 2022

Image Mudik Menggunakan Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Ini!

Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik lebaran, setelah sempat melarang karena pandemi COVID-19. Izin ini disampaikan Presiden Joko Widodo pada 23 Maret 2022. Mudik diperbolehkan asal sudah 2 kali vaksin dan 1 kali booster dengan aplikasikan protokol kesehatan yang ketat. Berikut ini artikel lifestyle tentang aturan lebih jelasnya terkait mudik menggunakan mobil pribadi dan hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik.

Aturan mudik dengan menggunakan mobil pribadi

Untuk WNI yang ingin mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi, ada beberapa aturan yang harus ditaati. Peraturan itu disampaikan di dalam Surat Edaran (SE) Nomor 38 Tahun 2022. Surat edaran itu tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dikatakan bahwa tiap pelaku perjalanan dengan transportasi darat harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Aturan itu termasuk: Mengaplikasikan dan mematuhi protokol kesehatan. Protokol yang dimaksud adalah 3M yakni pakai masker, hindari kerumunan, dan cuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun. Aplikasi PeduliLindungi wajib digunakan sebagai syarat melakukan perjalanan. Di dalam aturan itu disampaikan juga tentang sejumlah aturan terkait vaksinasi.

Aturan berkaitan vaksinasi & syarat perjalanan

Aturan itu, yakni untuk individu yang telah diberikan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib perlihatkan hasil negatif dari tes PCR ataupun tes antigen. Adapun, pelaku perjalanan yang telah divaksin dosis kedua, wajib perlihatkan hasil negatif antigen dan PCR. Sampel test antigen diambil dalam jangka waktu 1×24 jam dan PCR 3×24 jam sebelum berangkat. Hasil test itu dipakai sebagai syarat perjalanan. Untuk individu yang hanya divaksin dosis pertama, maka wajib perlihatkan hasil negatif PCR yang sampel testnya diambil dalam jangka waktu 3×24 jam sebelum melakukan perjalanan.

Individu dengan kondisi kesehatan yang khusus dan atau punya penyakit komorbid, maka wajib tunjukkan hasil negatif dari tes PCR. Sampelnya harus diambil maksimal 3×24 jam sebelum berangkat. Selain syarat itu, individu wajib lampirkan surat keterangan dokter yang berasal dari rumah sakit pemerintah. Surat itu harus menyatakan individu yang bersangkutan belum dan atau tidak mengikuti program vaksinasi.

Untuk individu berusia di bawah umur 6 tahun telah dikecualikan atas aturan vaksinasi dan tidak wajib perlihatkan hasil negatif test PCR dan atau antigen. Namun, individu ini wajib melakukan perjalanan bersama pendamping yang telah melakukan vaksinasi dan juga pemeriksaan Covid-19.

Aturan terbaru

Berdasarkan aturan paling baru yaitu Addendum SE Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022, yang menjelaskan tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19, ada pembaruan mengenai individu dalam negeri termasuk pengendara kendaraan pribadi. Untuk individu dengan usia 6-17 tahun dan sudah divaksin dosis kedua, maka dikecualikan dari kewajiban untuk tunjukkan hasil negatif antigen. Namun, wajib melampirkan sertifikat vaksin dosis kedua. Aturan ini mulai diberlakukan pada 19 April 2022.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik

Mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan banyak keluarga. Pertimbangan utamanya adalah lebih hemat biaya, tidak terikat waktu atau jadwal, bisa mampir dan berhenti di berbagai tempat selama perjalanan berlangsung. Meskipun jalur yang dilalui padat dan tidak jarang harus berhari-hari di jalan, tetapi ini tidak menghalangi niat para pemudik untuk tetap menggunakan mobil sebagai alat transportasi pilihan.

Mengingat perjalanan yang padat, jarak tempuh yang jauh, mobil yang digunakan harus disiapkan sebaik-baiknya. Meskipun sepanjang perjalanan terdapat bengkel-bengkel yang khusus melayani kendaraan mudik, tetapi Anda tentu tidak ingin jika terjadi kerusakan pada mobil Anda sehingga perjalanan harus tertunda. Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, persiapkan hal berikut ini dengan baik.

Oli dan Suku Cadang

Oli dan Suku Cadang

Gambar Ilustrasi Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Oli adalah bagian terpenting yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebelum Anda berangkat mudik sebaiknya cek oli mesin mobil Anda terlebih dahulu, pastikan kondisinya layak pakai. Jika hampir melewati batas, ada baiknya Anda menggantinya. Anda juga bisa datang ke bengkel dan meminta mekanik untuk mengecek spare part lain yang biasanya harus diganti setiap beberapa ribu kilometer seperti tali kipas, motor kipas, busi, dan filter oli harus dipastikan masih dalam keadaan layak pakai. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi lampu.

Ban

Ban

Gambar Ilustrasi Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Kenyamanan mobil sangat ditentukan oleh kondisi ban. Pastikan ban mobil Anda tidak dalam kondisi kempes, botak, atau ada jendolan di permukaannya. Sebelum berangkat ada baiknya untuk mengecek tekanan angin, apabila mobil mengangkut muatan penuh, Anda bisa menambah tekanan angin sesuai saran dari mekanik atau petunjuk yang ada di mobil.

Cek juga kondisi fisik ban, tidak ada salahnya untuk meminta bengkel melakukan spooring dan balancing.  Walaupun ada biaya ekstra yang harus dikeluarkan, tapi dijamin mobil akan jauh lebih nyaman saat dikendarai. Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban cadangan, pastikan tekanan angin, dan kondisi ban serep dalam kondisi yang siap pakai jika ban utama mengalami masalah.

Rem dan Kaki-kaki

Rem dan Kaki-kaki

Gambar Ilustrasi Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Rem dan kaki-kaki biasanya dua bagian yang luput dari pemeriksaan untuk berangkat mudik. Padahal kedua komponen ini sangat penting, bukan saja untuk kenyamanan, tapi juga keamanan dalam berkendara terutama jika melakukan perjalanan jauh. Kanvas rem biasanya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai.

Anda juga harus memperhatikan kaki-kaki, jika Anda mendengar bunyi asing saat melewati jalan yang kurang bagus itu adalah salah satu pertanda ada masalah pada kaki kaki. Kalau Anda mengalami hal seperti ini sebaiknya segera melakukan perbaikan di bengkel supaya perjalanan mudik Anda tetap aman dan nyaman.  Jangan lupa untuk selalu mengecek oli gardan dan oli perseneling yang terletak di bagian bawah mobil.

Baca juga: 4 Cara Menata Barang di Dalam Kabin Mobil

Air

Air

Gambar Ilustrasi Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Periksa kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radiator dan ganti dengan air yang baru, kalau perlu tambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal. Cek juga air untuk wiper mobil agar tidak ngadat saat hujan turun. Jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. Jika hujan, wiper yang bagus akan membuat pandangan Anda lebih jelas saat mengemudikan mobil.

Kelengkapan Mobil

Kelengkapan Mobil

Gambar Ilustrasi Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Jika kondisi mobil sudah siap, kini saatnya Anda mempersiapkan kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. Jangan lupa bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman. Terakhir, cek masa berlaku STNK dan SIM Anda, siapa tahu waktunya harus diperpanjang.

Mempersiapkan kondisi mobil sebaiknya dilakukan dua hingga tiga minggu sebelum rencana perjalanan dilakukan. Jika ternyata mobil tidak layak untuk melakukan perjalanan jauh, Anda masih ada kesempatan untuk mencari alternatif lain. Jangan memaksakan untuk berangkat jika mobil dalam kondisi tidak layak, karena ini akan menjadi hal yang sangat merepotkan.

Demikian pembahasan tentang artikel trivia mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Anda sudah siap melakukan perjalanan mudik dengan mobil Wuling? Selamat mudik dan hati-hati di jalan!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik