Sejarah Hadirnya Mobil Listrik di Dunia | Wuling

Life Style

Sejarah Hadirnya Mobil Listrik di Dunia

24 Oktober, 2021

Image Sejarah Hadirnya Mobil Listrik di Dunia

Banyak orang yang mengira bahwa mobil listrik adalah mobil terobosan baru yang baru ditemukan belakangan ini. Padahal mobil listrik sudah sangat lama ditemukan, bahkan lebih dari 100 tahun yang lalu.

Namun sejarah mobil listrik tersebut belum diketahui banyak orang. Sebenarnya mobil listrik sudah mulai ditemukan dan dikembangkan sejak akhir tahun 1800-an dan awal 1900-an. Supaya lebih menambah pengetahuan Anda mengenai mobil listrik, maka Anda bisa membaca artikel ini.

Sejarah Mobil Listrik di Dunia

Sejarah Hadirnya Mobil Listrik di Dunia 1 1000x569

Sejak tahun 1890-an sudah banyak pabrikan mobil yang menghadirkan mobil listrik, namun hanya beberapa saja yang mengalami perkembangan dan salah satunya adalah Camille Jenatzy. Salah satu kelebihannya yaitu memiliki kecepatan yang tinggi.

Kecepatan mobilnya melesat sampai dengan 105 km per jam pada tahun 1899 dan saat itu terbilang super cepat. Bentuk awal mobilnya menyerupai sebuah roket, namun seiring waktu mulai dikembangkan sesuai dengan minat masyarakat.

Jika membicarakan sejarah mobil listrik dunia tentu tidak bisa dilepaskan dari Baker Motor Vehicle karena menjadi perusahaan otomotif yang memproduksi berbagai komponen kendaraan listrik. Perusahaan mulai berdiri pada tahun 1899 dan berakhir pada tahun 1914.

Salah satu mobil buatan Baker pernah dibeli oleh penemu bohlam lampu yaitu Thomas Alva Edison karena desain baterai nikel yang dipakai pada mobil Baker hasil buatan Thomas sendiri. Kelebihan baterainya adalah memiliki daya tahan yang lumayan bagus.

Pada tahun 1960, Baker Electrics sudah memproduksi 800 mobil listrik dan kala itu menjadikan salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di dunia. Bahkan masih ada kolektor yang memiliki kendaraan Baker tersebut di masa sekarang.

Pernah Digunakan Untuk Taksi

Pernah Digunakan Untuk Taksi

Mobil listrik pernah dijadikan kendaraan taksi pada tahun 1897 dan penggunaan ini dilakukan di Amerika Serikat. Nama armada taksinya adalah New York City dan kendaraan tersebut dibuat oleh Electric Carriage dan Wagon Company Philadelphia.

Pada era tersebut memang ada beberapa produsen mobil listrik yang mulai memunculkan produk-produk terbaiknya seperti Baker, columbia, Riker, Milburn, Studebaker, Anderson dan masih banyak yang lainnya.

Mobil listrik memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan mobil bensin karena mobil listrik tidak memiliki getaran, tidak mengeluarkan bau dan tidak berisik. Namun, waktu itu pemilik mobil listrik hanyalah orang-orang kaya karena harganya sangat tinggi dibandingkan mobil yang memakai mobil mesin bensin.

Zaman itu memang sangat banyak wanita yang memakai mobil listrik karena dianggap lebih gampang buat dioperasikan ketimbang mobil dengan mesin bensin biasa. Sejak tahun 1911, New York Times pernah menobatkan mobil listrik sebagai mobil yang paling ideal untuk dipakai. Bukan hanya bersih, namun juga sangat senyap.

Era Penurunan Mobil Listrik

Era Penurunan Mobil Listrik

Pada era 1910 sampai dengan 1930, perkembangan mobil listrik memang sangat menurun dan meredup. Banyak produsen mobil listrik yang gulung tikar karena harga mobil listrik terlalu mahal dan bermanuver menciptakan mobil bermesin bensin dengan harga yang lebih ringan.

Ford Motor Company menjadi perusahaan mobil raksasa asal Amerika Serikat yang waktu itu membuat harga mobil bensin mengalami penurunan yang sangat drastis. Perusahaan tersebut menghadirkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau dan hasilnya sangat mantap.

Penjualan mobilnya melesat sangat tajam dan mobil rilisan Henry Ford tersebut menjadi barometer mobil produksi mobil masal yang terjadi di dunia. Sekitar tahun 1930-an, penggunaan mobil listrik sudah mulai ditinggalkan.

Namun saat itu sudah banyak ahli dan pemilik mobil bensin yang sudah memiliki pikiran untuk memiliki mobil yang ramah lingkungan. Apalagi pada tahun 1930-an sampai 1950-an harga bensin mengalami peningkatan akibat adanya isu kelangkaan bakar fosil. Hal itu membuat banyak perusahaan otomotif besar gulung tikar dan imbasnya banyak perusahaan otomotif bermesin yang mulai bermunculan.

Kebangkitan Era Mobil Listrik

Kebangkitan Era Mobil Listrik

Pada tahun 1960-an sampai 1990-an mobil listrik mulai kembali dipopulerkan dan Henney Kilowatt membuat sebuah mobil listrik pada tahun 1961 yang dibuat dengan basis Renault Dauphine. Usaha dari Henney Kilowatt tidak sia-sia karena membuat banyak perusahaan otomotif besar yang mulai mencoba mengembangkan kendaraan listrik.

Pada era 2000-an, krisis ekonomi memang melanda dunia dan banyak perusahaan otomotif yang beralih ke mobil kecil yang bermesinkan hybrid dan listrik. Pada tahun 2004, mulailah banyak mobil listrik terbaik yang populer di masyarakat dunia.

Sementara di Indonesia pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah diramaikan dengan perkembangan mobil listrik. Saat itu Dahlan Iskan sebagai menteri BUMN meminta Ricky Elson untuk mengembangkan mobil listrik buatan Indonesia. Namun saat uji coba, mobil listriknya mengalami masalah sehingga belum dapat digunakan dengan baik.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik