9 Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi, Anti Repot

27 February, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image 9 Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi, Anti Repot

Mudik alias pulang kampung sudah menjadi bagian dari tradisi lebaran di Indonesia. Banyak moda transportasi yang bisa menjadi pilihan mulai dari pesawat terbang sampai dengan mobil pribadi. Dikarenakan arus mudik yang padat, dibutuhkan kesabaran dan tips khusus supaya acara mudik lebaran menjadi lancar dan menyenangkan, terutama kalau anda memiliki balita yang biasa nya mudah rewel. Membawa balita dalam perjalanan jauh tentunya cukup merepotkan, apalagi jika ini adalah perjalanan pertama anda bersama si kecil. Beberapa hal ini harus menjadi perhatian bagi keluarga yang memutuskan untuk mudik lebaran bersama balita. Di bawah ini penjelasan detail artikel lifestyle tips mudik lebaran bawa bayi.

1. Cek Kesehatan Anak

Tips Mudik Lebaran - Cek Kesehatan Anak

Gambar Ilustrasi Tips Mudik Lebaran - Cek Kesehatan Anak

Sebelum bepergian sebaiknya periksakan dulu kesehatan sang buah hati. Tidak ada salahnya untuk menanyakan pendapat dari dokter anak kepercayaan, jika terindikasi kesehatan yang kurang baik, ada baiknya mempertimbangkan kembali jadwal keberangkatan.

2. Membawa Obat-Obatan Standar P3K

Tips Mudik Lebaran - Membawa Obat-Obatan Standar P3K

Gambar Ilustrasi Tips Mudik Lebaran - Membawa Obat-Obatan Standar P3K

Kita tidak tahu apa yang terjadi selama perjalanan. Parasetamol, minyak kayu putih, plester atau obat merah bisa disertakan dalam daftar barang yang akan dibawa. Meskipun tidak selalu digunakan, tetapi obat-obatan standar akan sangat menolong meredakan saat sakit mulai menyerang.

3. Menyiapkan Pakaian yang Nyaman

Menyiapkan Pakaian yang Nyaman

Gambar Ilustrasi Menyiapkan Pakaian yang Nyaman

Sebaiknya orang tua mempertimbangkan bahan pakaian yang akan dikenakan si kecil. Apalagi, pakaian yang dipilih untuk dikenakan selama perjalanan. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat, bahannya bertekstur halus dan tidak banyak ornamen. Pakaian sebaiknya mudah dilepaskan, hal ini memudahkan jika dalam perjalanan tiba-tiba si kecil muntah atau buang air.

Baca juga: 6 Tips Safety Riding Agar Berkendara Menjadi Aman

4. Menyiapkan Baju Hangat atau Selimut

Menyiapkan Baju Hangat atau Selimut

Gambar Ilustrasi Menyiapkan Baju Hangat atau Selimut

Jangan pernah melupakan jaket, baju hangat, atau selimut. Terlebih bila perjalanan yang ditempuh memiliki jarak cukup jauh.

Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, pakaian hangat sangat penting untuk dibawa. Tentu anda tidak ingin si kecil terserang flu atau masuk angin selama bepergian, kan?

5. Memisahkan Pakaian dan Perlengkapan Bayi 

Memisahkan Pakaian dan Perlengkapan Bayi 

Gambar Ilustrasi Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

Membawa tas kecil yang terpisah adalah keharusan jika membawa anak-anak. apalagi kalau sang buah hati masih berusia balita bahkan bayi.

Tas khusus ini harus menampung semua kebutuhan anak selama perjalanan saja.Pakaian ganti, handuk kecil, minyak telon, minyak kayu putih sampai popok  harus ditempatkan di dalam tas ini. Tujuannya supaya anda tidak repot jika si kecil harus berganti pakaian.

6. Membawa Mainan

Membawa Mainan

Gambar Ilustrasi Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

Mainan kesayangan si kecil dapat membantunya tenang selama berada di perjalanan. Pilihlah mainan yang mudah dibawa dan yang menjadi favoritnya. Jangan sampai mainan favoritnya tertinggal, yang malah membuat si kecil gusar.

7. Membawa Makanan Kecil dan Minuman

Membawa Makanan Kecil dan Minuman

Gambar Ilustrasi Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

Pilihlah makanan yang berkalori cukup, tidak mudah basi dan tidak merepotkan. Roti, biskuit, buah bisa menjadi pilihan. Hal yang terpenting adalah memastikan perut anak tidak pernah kosong. Perut yang kosong membuat pertahanan tubuhnya melemah. Efeknya, si kecil rentan terkena penyakit. Apalagi jika menggunakan kendaraan umum. Bisa saja, penumpang lain sedang sakit, sehingga tidak sengaja sang buah hati tertular. Selain makanan, kebutuhan cairan si kecil tetap harus terjaga. Meski terasa berat, tapi minuman akan menjaga si kecil terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Keluarga

8. Pastikan Kendaraan Nyaman

Tips Mudik Lebaran - Pastikan Kendaraan Nyaman

Gambar Ilustrasi Tips Mudik Lebaran - Pastikan Kendaraan Nyaman

Memilih kendaraan yang sesuai akan membantu kenyamanan anak di perjalanan. Baik dari sisi keamanan, kebersihan maupun kenyamanan selama perjalanan. Jika anda merasa tidak sreg dengan kendaraan tersebut, jangan ragu untuk membatalkan perjalanan anda.

9. Pelajari Cara Melakukan Pertolongan Pertama

Pelajari Cara Melakukan Pertolongan Pertama

Gambar Ilustrasi Pelajari Cara Melakukan Pertolongan Pertama

Pelajari tata cara pertolongan pertama yang standar. Mulai dari cara menangani luka, bayi yang tersedak, sampai memberikan pijatan lembut bagi si kecil. Tujuannya supaya anda tidak panik jika mendadak bayi atau balita terluka. Dan anak bisa segera ditolong.

FAQ Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan beserta jawabannya untuk topik artikel trivia, tips mudik lebaran bawa bayi.

Apa Saja Daftar Barang Bawaan saat Mudik Lebaran Bawa Bayi?

Berikut ini daftar barang bawaan saat mudik lebaran bawa bayi:

  1. Selimut untuk menutupi bayi atau Anda saat menyusui
  2. Tisu kering dan tisu basah
  3. Popok sekali pakai
  4. Alas untuk mengganti popok
  5. Kantong plastik berbagai ukuran untuk menyimpan popok kotor, pakaian atau selimut kotor
  6. Krim ruam popok
  7. Botol kecil desinfektan tangan
  8. Dot ekstra
  9. Sabun bayi
  10. Lotion bayi
  11. Beberapa mainan favorit bayi Anda

Jika anda merasa ragu-ragu dan merasa tidak siap untuk melakukan perjalanan mudik lebaran dengan si kecil, sebaiknya ditunda di lain waktu. Dan bagi yang berencana untuk bepergian bersama si kecil, jaga selalu kesehatan si kecil supaya perjalanan mudik nanti dalam kondisi kesehatan yang prima.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer