Masih di Jalan? Ini Tips Buka Puasa di Mobil

27 February, 2024
clock-bold
3 menit membaca

Image Masih di Jalan? Ini Tips Buka Puasa di Mobil

Memasuki bulan Ramadan umat muslim di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia wajib menunaikan ibadah puasa hingga sebulan penuh. Nah, di bulan penuh berkah ini hampir sebagian orang sangat menantikan waktu berbuka puasa, terlebih lagi bersama keluarga, teman, sahabat atau kerabat yang lama menanti. Hanya saja, ada saatnya Anda harus berada di jalan saat detik-detik berbuka puasa karena satu dan lain hal. Bagi Anda yang kerap berbuka puasa di dalam mobil sebaiknya perhatikan tips buka puasa berikut.

Bawa Bekal

Bawa Bekal

Bekal yang dibawa dari rumah akan sangat berguna ketika buka puasa, apalagi kalau Anda masih terjebak di dalam mobil dan tengah kemacetan. Pastikan bekal yang dibawa ini cemilan atau buah-buahan yang menyehatkan, dan memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Salah satu makanan yang dianjurkan seperti kurma atau Anda juga bisa membawa makanan ringan atau minuman yang dapat mengisi energi seperti roti, kue, biskuit, dan lainnya. Disarankan jangan membawa makan berat seperti nasi dan lauk pauknya.

Nyalakan Radio

Nyalakan Radio

Penggunaan radio akan sangat penting terlebih selain dapat berfungsi sebagai media hiburan, radio juga akan jadi sumber informasi atau pengingat waktu berbuka puasa, lantaran suara adzan maghrib berkumandang. Selain mengandalkan radio, Anda bisa juga menggunakan smartphone. Dengan berbagai aplikasi bernuansa Islami saat ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui informasi jadwal adzan. Anda bisa mengaktifkan notifikasi adzan agar tak perlu repot-repot mengecek ponsel karena bisa berbahaya ketika dilakukan saat berkendara.

Menepi Terlebih Dahulu

Menepi Terlebih Dahulu

Jika waktu berbuka puasa tiba, sebaiknya Anda terlebih dahulu menepi. Pasalnya, mengemudi sambil makan melanggar aturan lalu lintas.  Akan tetapi, ketika menepi, pastikan tidak sembarangan, agar menghindari kendaraan lain yang juga mungkin sedang mengejar waktu ingin berbuka puasa. Jikapun kondisi jalanan macet, tentunya Anda harus lebih berhati-hati. Menyantap kudapan berbuka puasa ini penting agar pengendara bisa kembali berkonsentrasi ketika berkendara.

Perlengkapan Kebersihan

Perlengkapan Kebersihan

Tak ada salahnya ketika hendak berbuka puasa maka tangan Anda harus tetap higienis. Oleh karena itu, tak ada salahnya membawa hand sanitizer atau paling tidak tisu basah untuk membasuh tangan. Selain itu, sediakan juga tempat sampah kecil di dalam mobil untuk membuang sisa-sisa makanan dan minuman serta bungkus plastik dan lainnya. Sesudahnya, Anda bisa mencari tempat sampah dekat rumah dan segera membuangnya untuk menghindari kuman-kuman terkumpul di dalam mobil.

Tetap Waspada dan Konsentrasi

Tetap Waspada dan Konsentrasi

Tak sedikit pengemudi yang ketika sedang puasa gaya mengemudinya berubah. Bisa jadi dia tetap ingin melanjutkan perjalanan karena ada makanan berat yang menanti di rumah atau ingin segera membeli makanan di restoran, sehingga yang dilakukan adalah kebut-kebutan.

Tentu saja hal tersebut jangan dicontoh, karena akan sangat berbahaya baik dialami diri sendiri maupun orang lain. Jadi, tetaplah waspada dan konsentrasi untuk keselamatan Anda.

Nah, itulah beberapa tips buka puasa di jalan saat dalam mobil agar tidak membahayakan diri dan nyaman ketika harus berbuka puasa di jalan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer