Wajib Tahu! Ragam Service Mobil, Biaya, dan Jarak Waktu

20 October, 2020
clock-bold
4 menit membaca

Image Wajib Tahu! Ragam Service Mobil, Biaya, dan Jarak Waktu

Sebagai pemilik mobil, Anda tidak hanya harus mengetahui bagaimana mengendarai mobil. Tapi juga harus mengetahui bagaimana merawat mobil. Service mobil adalah pemeliharaan mobil yang dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, atau setelah mobil menempuh jarak tertentu. Masing masing produsen mobil, termasuk Wuling, sudah menentukan interval service dengan memberikan rekomendasi jadwal service mobil supaya berkendara setiap harinya selalu aman dan nyaman.

service sering juga disebut sebagai tune up, padahal ini adalah dua hal yang berbeda. service mobil adalah pengecekan berkala pada bagian mobil seperti sistem injeksi, fluida, filter udara, instrumen pada mobil seperti lampu, rem ataupun kopling dan melakukan pengecekan rem tanpa melakukan pembongkaran yang berlebih. Tujuannya adalah memastikan semua bekerja dengan baik supaya tidak berkendala.

Sementara tune up adalah service lanjutan dengan variasi pekerjaan yang lebih banyak supaya performa mesin bisa maksimal. Biasanya mobil yang kurang perawatan akan mengalami penurunan performa, untuk mengembalikan performanya dibutuhkan tune up. Perbedaan lainnya adalah dari segi waktu dan biaya yang lebih tinggi daripada service mobil biasa.

Baca juga: 6 Tips Cara Perawatan Mobil Baru Agar Tahan Lama

Ragam Service Mobil

Ragam Servis Mobil

Ada beberapa jenis service mobil berkala, tergantung dari jenis pekerjaannya. Berikut ini kami berikan informasi mengenai ragam service mobil supaya Anda mengerti apa saja perbedaan masing masing jenis dan pekerjaannya.

  • Service Berkala Mobil 1000 Km

Biasanya ini untuk mobil yang baru dibeli, service ini meliputi pengecekan menyeluruh pada body dan chassis, sistem pendinginan mesin, oli mesin, power steering dan rem transmisi. Service ini sangat diperlukan mengingat mobil baru saja keluar dari dealer dan bengkel resmi akan mengecek apakah semua bagian mesin bekerja normal.

  • Service Dasar

Service ini dilakukan setelah menempuh jarak 30.000 km atau 1 tahun pertama, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Pada tahap ini service yang dilakukan akan meliputi penggantian oli, penggantian filter oli, dan pemeriksaan komponen utama mobil, seperti lampu, ban, dan wiper kaca depan. Selain itu juga akan dilakukan pelumasan pada semua komponen yang bergerak, pengisian minyak rem, dan cairan lain, serta pemeriksaan menyeluruh untuk mengecek adanya kebocoran cairan.

  • Service Menengah

Service ini dilakukan setelah menempuh jarak 20.000 km. Perbedaan dengan sebelumnya, service dasar dilakukan saat mencapai 30.000km pertama. Lalu selanjutnya dilakukan setelah menempuh jarak 20.000 km. Pada tahap ini service yang dilakukan akan meliputi Penggantian filter udara, filter bahan bakar, penggantian busi, pemeriksaan rem, pemeriksaan bantalan roda dan suspensi, komponen kelistrikan, AC dan juga radiator.

  • Service Lanjutan

Service ini dilakukan setelah menempuh jarak 24.000 km berikutnya. Pada tahap ini tidak jarang direkomendasikan mobil melakukan tune up untuk mengembalikan performa mesin yang menurun. Pada tahap ini service akan dilakukan secara menyeluruh termasuk diagnosa busi, pengecekan oli mesin, kompresor, filter udara, dan sistem canister. Apabila terdapat komponen yang sudah mulai rusak atau aus akan segera dilakukan penggantian supaya performa mobil kembali.

Baca juga: 6 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Estimasi Biaya Service

Estimasi Biaya Service

Besaran biaya service yang harus dikeluarkan untuk setiap perawatan berkala tidak sama antara satu sama lain. Ada beberapa faktor yang dapat membuat biaya berubah seperti harga bahan bakar, keadaan perekonomian, kebijakan pemerintah, nilai tukar mata uang rupiah, dan faktor lainnya. Walaupun bisa ada perbedaan, berikut ini adalah estimasi biaya service berkala saat melakukan service berkala.

  • Service berkala 1000 km, pada umumnya masih gratis
  • Service Dasar, gratis untuk pembelian mobil Wuling (semua tipe)hingga 50.000km atau 4 tahun(tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu) namun pada umumnya service ini berkisar antara Rp 400.000 - Rp 600.000.
  • Service Menengah, gratis untuk pembelian mobil Wuling (semua tipe)hingga 50.000km atau 4 tahun(tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu), namun pada umumnya service ini berkisar antara 1.000.000 - Rp 1.200.000.
  • Service Lanjutan, pada umumnya service ini berkisar antara 2.600.000 - Rp 3.000.000.

Keluarga Wuling, harga diatas adalah estimasi saat melakukan service di bengkel resmi, untuk mengetahui biaya service secara pasti sebaiknya Anda mendatangi bengkel resmi terdekat. Jangan lupa untuk selalu cek buku manual mobil Wuling Anda untuk mengetahui jadwal s perawatan berkala mobil Wuling Anda. Supaya tidak mengalami kesulitan, Anda bisa menggunakan aplikasi Wuling+ untuk mendapatkan pelayanan maksimal dari Wuling.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer