Tips Memilih Mobil MPV Bekas dengan Bijak

11 July, 2023
clock-bold
6 menit membaca

Image Tips Memilih Mobil MPV Bekas dengan Bijak

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah salah satu mobil yang cukup laku di Indonesia. Mobil tersebut memang sangat diminati oleh keluarga di Tanah Air karena bisa membawa penumpang dalam jumlah yang lebih banyak, dibanding jenis mobil city car. Karena daya tampungnya besar, tentu mobil MPV dapat memberi kenyamanan bagi penumpang yang berada di dalamnya.

Alasan Memilih Mobil MPV

Mobil  MPV memiliki banyak fungsi, sehingga tidak heran bila menjadi kendaraan favorit. Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang memilih mobil jenis ini:

  1. Daya tampung. Umumnya, mobil jenis ini bisa menampung jumlah penumpang yang lebih banyak, yakni hingga 8 orang dibandingkan sedan yang hanya mampu memuat maksimal 5 orang.
  2. Mobil jenis MPV mampu menempuh berbagai medan, seperti jalanan yang berlubang dan banjir.
  3. Anti banjir. Kolong mobil alias ground clearance pada mobil-mobil MPV cukup tinggi dan sangat cocok untuk kontur jalanan di Indonesia yang umumnya tidak stabil.
  4. Harga jual tinggi. Mengingat banyaknya pemintaan akan mobil jenis MPV, membuat harga jualnya cukup tinggi, meskipun sudah dalam kondisi bekas. Sehingga, mobil MPV bisa dijual kembali tanpa khawatir terjadi penurunan harga.
  5. Lahan bisnis. Mobil MPV  mudah dibisniskan, terbukti dengan banyaknya rental mobil yang menyewakannya. MPV dipilih karena mampu membawa lebih banyak penumpang, terutama bila mereka sedang berlibur di suatu tempat bersama keluarga

Tips Membeli Mobil MPV

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli MPV, sebaiknya ketahui tips berikut untuk membantu Anda dalam mendapatkan kendaraan yang sesuai keinginan:

  1. Perhitungkan jumlah penumpang.  Pastikan jumlah tempat duduk dalam mobil tersebut mampu menampung seluruh anggota keluarga.
  2. Fitur keamanan. Mobil MPV memiliki ukuran dan kapasitas yang cukup besar untuk menampung lebih dari 5 orang, sehingga harus dilengkapi dengan fitur keamanan seperti ABS+EBD+BA serta airbags dan seatbelt di bagian penumpang.
  3. Sistem transisi. Umumnya, terdapat dua jenis sistem transisi pada mobil, yakni manual dan otomatis. Perhatikan betul mana yang akan dipilih, mobil matik yang harganya sedikit lebih mahal tapi mudah dioperasikan atau mobil manual yang lebih murah, tapi perawatannya mudah.
  4. Kapasitas mesin mobil. Ada bermacam-macam kapasitas mesin mobil, seperti 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc dan seterusnya. Semakin besar kapasitas mesin, maka tenaga yang dihasilkan akan semakin besar.
  5. Performa mesin dan bahan bakar. Performa mesin pada mobil MPV harus perlu diperhatikan, usahakan mobil tersebut memiliki akselerasi dalam perpindahan gigi yang baik dan konsumsi bahan bakar efisien.
  6. Kenyamanan tempat duduk. Pastikan mobil MPV memiliki tempat duduk yang nyaman, bisa disesuaikan dengan pengendara dan penumpang, terbuat dari material yang berkualitas dan dilengkapi dengan seatbelt di setiap tempat duduk.
  7. Sebaiknya, pilih mobil MPV yang desainnya besar supaya spacenya lebih luas dan tampilan yang menarik didukung dengan fitur-fitur pada interior serta eksteriornya.
  8. Perbandingan harga. Cermat-cermatlah dalam membeli mobil MPV karena harga yang murah belum tentu murahan, sebaliknya harga yang mahal tidak bisa dijadikan patokan bahwa mobil tersebut berkualitas. Lebih baik lakukan perbandingan harga dan spesifikasinya agar memperoleh mobil MPV yang sesuai dambaan.
  9. Ketersediaan layanan purna jual Ketersediaan akan memudahkan konsumen dalam mengklaim garansi, melakukan servis dan mendapatkan suku cadang asli.
  10. Perhitungkan biaya perawatan. Sebelum membeli mobil MPV, bandingkan biaya perawatan antar mobil satu dan lainnya yang sejenis serta perhitungkan anggaran untuk perawatannya yang dikeluarkan di masa depan.
  11. Pertimbangkan nilai jual mobil. Ketika memutuskan untuk membeli sebuah mobil, pertimbangkan nilai jualnya lagi untuk mengantisipasi rasa bosan yang mungkin dialami dan keinginan untuk menukarnya dengan mobil jenis lain.
  12. Lakukan test drive. Untuk memastikan sebuah mobil memenuhi ekspektasi, coba lakukan test drive atau kendarai mobil tersebut sendiri. 

Tips Memilih Mobil MPV Bekas

Membeli mobil bekas MPV untuk keperluan keluarga bisa menjadi pilihan yang bijaksana, namun perlu diingat bahwa memilih mobil bekas juga memiliki risiko tersendiri.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui lima tips memilih mobil MPV bekas yang cocok untuk keluarga. Berikut adalah tips memilih mobil MPV bekas tersebut.

Periksa dengan Teliti Kondisi Mesin Mobil

Tips memilih mobil MPV bekas pertama adalah melakukan pemeriksaan yang teliti terhadap kondisi mesin mobil.

Anda dapat meminta bantuan dari teknisi atau mekanik yang terpercaya untuk melakukan pengecekan kondisi mesin pada mobil yang akan Anda beli.

Pastikan tidak ada kebocoran oli, air radiator, atau zat-zat lain yang tidak semestinya.

Selain itu, perhatikan adanya suara atau getaran yang tidak biasa pada mesin.

Periksa Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Tips memilih mobil MPV bekas kedua adalah memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan.

Pastikan Anda melakukan pemeriksaan terhadap semua dokumen kendaraan mobil. P

astikan STNK, BPKB, faktur, dan buku servis kendaraan dalam keadaan lengkap dan sah.

Anda juga dapat memverifikasi keaslian dokumen kendaraan tersebut melalui kantor Samsat yang berwenang.

Dengan memastikan kelengkapan dokumen kendaraan, Anda dapat menjamin bahwa mobil yang akan Anda beli tidak akan menghadapi masalah hukum di masa depan.

Pilihlah mobil yang Memiliki Kapasitas yang Sesuai

Tips memilih mobil MPV bekas ketiga adalah memastikan mobil yang Anda pilih memiliki kapasitas yang cukup untuk anggota keluarga Anda.

Pilihlah mobil dengan jumlah kursi yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda, dan pastikan mobil tersebut juga memiliki ruang bagasi yang mencukupi untuk membawa barang bawaan keluarga.

Disarankan untuk memilih mobil dengan konfigurasi kursi yang fleksibel agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda.

Perhatikan Kebutuhan Kenyamanan Mobil

Tips memilih mobil MPV bekas keempat adalah memastikan mobil MPV yang Anda pilih memberikan kenyamanan yang baik bagi seluruh anggota keluarga.

Periksa kualitas suspensi mobil, kenyamanan jok mobil, sistem pendingin udara (AC), serta sistem hiburan mobil seperti audio dan video.

Pilihlah mobil yang dilengkapi dengan sistem AC yang mampu memberikan pendinginan yang optimal, jok yang nyaman, serta sistem audio dan video yang berkualitas.

Pilih Mobil Bekas dari Dealer Resmi atau Penjual Terpercaya

Tips memilih mobil MPV bekas kelima adalah membeli mobil bekas dari dealer yang resmi dan atau penjual yang terpercaya.

Pastikan Anda membeli mobil bekas MPV dari dealer resmi atau penjual yang terpercaya. Dengan membeli mobil bekas dari dealer resmi atau penjual terpercaya, Anda dapat memastikan bahwa mobil tersebut dalam kondisi baik dan tidak memiliki masalah.

Pastikan dealer atau penjual memiliki reputasi yang baik, serta memiliki pengalaman yang cukup dalam menjual mobil bekas.

Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, Anda dapat memilih mobil MPV bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga Anda.

Pilihan Mobil MPV Untuk Keluarga Indonesia

Salah satu pilihan MPV untuk keluarga Indonesia adalah Wuling Confero dan Confero S. Confero S memiliki kabin yang lega, sehingga sangat nyaman dikendarai. Seri Confero memiliki kapasitas mesin sebesar 1.500 cc, tenaga 107 HP pada 5.800 rpm, serta torsi maksimum 142 Nm di 3.800-4.400 rpm dan transmisi manual 5-percepatan.

Memilih mobil untuk keluarga tentunya bukan hal yang mudah karena banyaknya pilihan di pasaran. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil jenis tersebut.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer