Article - Mobil MPV Murah yang Nyaman Untuk Keluarga Kecil Anda

Mobil MPV Murah yang Nyaman Untuk Keluarga Kecil Anda

Mobil MPV murah adalah kendaraan multifungsi yang memiliki banyak kelebihan, yaitu dapat mengangkut banyak penumpang dan barang, mempunyai performa mesin yang tangguh serta harganya relatif terjangkau. Mobil ini selalu menjadi andalan bagi orang yang telah berkeluarga. Sebagai kepala keluarga, mewujudkan keinginan untuk membeli mobil adalah suatu kebanggaan tersendiri. Tapi, ketika baru pertama kali mengusahakannya tentu ada perasaan bimbang dan bingung, apalagi pilihannya semakin banyak.

Mobil Sedan vs Mobil MPV

Sedan dan MPV adalah dua jenis mobil yang paling laku. Tapi, supaya tidak dipusingkan dengan berbagai pilihan, lebih baik sesuaikan mobil tersebut dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini perbandingan mobil sedan dan MPV yang dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan:

Mobil Sedan

  1. Kenyamanan

Bila dibandingkan dengan mobil MPV murah, kenyamanan dari segi interior dan performa lebih unggul. Sedan mempunyai dapur pacu yang lebih besar, tapi halus ketika dikendarai.

  1. Model l ebih k eren

Kalau dilihat dari penampilan, mobil sedan memang lebih keren daripada MPV. Sehingga, ketika mengendarainya, penumpang akan merasa percaya diri.

  1. Uang DP l ebih b esar

Salah satu kekurangan mobil sedan adalah uang DP nya yang lebih besar. Harga mobil sedan sendiri pun lebih mahal, sebab pajaknya lebih tinggi dibanding MPV. Alhasil, banyak orang yang beralih ke mobil MPV murah dengan DP ringan.

Mobil MPV

  1. Kabin l uas

Bodynya yang besar mampu menampung hingga tujuh penumpang atau membawa barang-barang dalam jumlah banyak.

  1. Nyaman u ntuk m udik atau l iburan

Mobil MPV dirancang agar bisa memberi kenyamanan bagi pengendara dan penumpang ketika melakukan perjalanan jauh.

  1. Hemat b ahan b akar dan b iaya s ervis

Selain harganya yang terjangkau, mobil MPV diminati oleh masyarakat Indonesia karena biaya bahan bakar dan servisnya lebih murah.

  1. Kuat m enghadapi b anjir

Menggunakan mobil sedan untuk melewati banjir bisa membuat mesinnya cepat rusak.Tapi, tidak dengan mobil MPV yang memiliki postur lebih tinggi dan mampu menerjang banjir.

 

Tips Menghitung dan Mengumpulkan Dana Untuk Membeli Mobil Baru

Terdapat tiga cara yang bisa ditempuh untuk membeli mobil baru, yaitu:

  1. Mencicil

Cara ini bisa Anda pilih apabila sudah mempunyai dana untuk DP dan biaya administrasi. Biasanya uang muka pembelian sekitar 30% dan biaya administrasi 10% dari harga mobil. Misal untuk mobil dengan harga Rp 190 juta, perhitungannya sebagai berikut:

Uang muka: Rp 190.000.000 x 30% = Rp 57.000.000

Biaya administrasi: Rp 190.000.000 x 10% = Rp 19.000.000

Jadi, total biaya awal yang harus disiapkan adalah Rp 76 juta dengan sisa hutang Rp 114 juta. Bila Anda memilih jangka waktu cicilan tiga tahun, maka perbulannya harus menyiapkan dana kurang lebih Rp4 juta.

  1. Menabung untuk t iga t ahun k e depan

Tips ini sangat efektif bagi Anda yang belum memiliki dana cukup untuk membeli mobil baru dengan memperkirakan harganya di masa depan. Misalnya, harga mobil saat ini Rp190 juta, mungkin tiga tahun lagi akan menjadi Rp247 juta (asumsi kenaikan 10% pertahun). Jadi, Anda bisa menabung sekitar Rp6,9 juta perbulan untuk membeli mobil tiga tahun kemudian.

  1. Menabung u ntuk m enyiapkan DP dan b iaya a dministrasi

Menabung untuk menyiapkan uang muka serta biaya administrasi pembelian mobil bisa dimulai dengan menyisihkan gaji bulanan sebanyak 20% selama tiga tahun. Bila harga mobil tiga tahun lagi menjadi Rp 247 juta, total DP dan biaya administrasinya sekitar Rp 116 juta.

 

Membeli Mobil Keluarga Pertama Anda

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil, seperti kapasitas dan kenyamanannya. Untuk Anda yang masih ragu dalam menjatuhkan pilihan, sebaiknya perhatikan tips berikut:

  1. Kapasitas c ukup

Kapasitas penumpang merupakan pertimbangan pertama saat hendak membeli mobil MPV murah. Hitung jumlah anggota keluarga Anda untuk menghindari kesalahan. Pilih MPV yang berukuran lebih besar dan memiliki kapasitas kursi lebih banyak.

  1. Kualitas m esin t erbaik, t api h arga t erjangkau

Saat akan membeli mobil, sesuaikan dengan budget Anda, mengingat sekarang ini banyak mobil MPV murah di Indonesia yang menawarkan berbagai kelebihan. Pastikan harga yang ditawarkan tersebut sebanding dengan bahan bakar yang irit, biaya perawatan murah dan tentu saja kenyamanan dalam berkendara.

  1. Desain m obil n yaman

Dalam membeli mobil keluarga pertama Anda, jangan lupa untuk mempertimbangkan desain mobil yang nyaman. Seperti, posisi kursi, airbag atau kantong angin pengaman, sabuk pengaman, jok spesial untuk anak dan sebagainya.