Apa Sebenarnya Fungsi Spoiler pada Mobil? - Wuling Motors

Lainnya

Apa Sebenarnya Fungsi Spoiler pada Mobil?

31 Oktober, 2019

Image Apa Sebenarnya Fungsi Spoiler pada Mobil?

Spoiler merupakan salah satu komponen yang terpasang pada bagian eksterior mobil, meski kehadirannya ini sering diabaikan. Biasanya, spoiler terpasang di berbagai mobil sport hingga truk pengangkut berat. Tapi semakin ke sini, spoiler justru banyak ditemukan pada mobil-mobil penumpang.

Ada yang memasang spoiler hanya demi mempercantik tampilan mobil, tapi tidak sedikit juga yang memanfaatkan spoiler agar mobil lebih mudah dikendalikan. Jadi, sebenarnya apa fungsi spoiler yang terpasang pada mobil, ya?

Spoiler bukanlah sekadar aksesori pada mobil. Spoiler merupakan bagian dari komponen aerodinamis mobil untuk mengurangi hambatan dan dapat mempengaruhi aerodinamika pada mobil yang Anda pakai.

Menjaga Keseimbangan Mobil

Spoiler berfungsi menambah gaya tekan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Gaya angkat yang terjadi pada mobil ini pasalnya mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi, sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol. Sudah pasti berbahaya, bukan?

Dengan demikian, saat mobil Anda memacu mobil dengan kencang, kemungkinan mobil melayang akan berkurang dengan adanya spoiler yang terpasang di bagian belakang mobil. Itulah fungsi paling penting dari spoiler.

Sementara, mobil-mobil sport berperforma tinggi sekaligus mobil balap biasanya memasang spoiler untuk mendapatkan keuntungan aerodinamis tersebut karena bisa menambah kecepatan.  Sementara pemasangan spoiler pada mobil penumpang biasa ditujukan untuk faktor keamanan tersebut.

Menangkal Kotoran

Bukan hanya itu faktor keamanan saja, spoiler juga berfungsi untuk menangkal debu, pasir dan air hujan di kaca belakang akibat turbulensi udara. Jadi, ketika Anda sedang berkendara di daerah yang banyak debu, berpasir atau sedang hujan deras, maka spoiler bekerja untuk menangkal semua hal itu yang menerpa kaca belakang mobil Anda.

Terlepas dari fungsi tersebut, sebetulnya tak semua mobil yang dijual di Indonesia dipasangkan spoiler. Tapi ada juga pabrikan yang memasangkan spoiler langsung pada mobil, agar para pemiliknya tak perlu kerepotan mencari di tempat aksesori.

Wuling misalnya, yang sudah menyematkan spoiler pada Confero S ACT. Wuling memasangkan spoiler di bagian belakang atas dipadukan dengan high mount stop lamp berupa LED. Selain untuk faktor keamanan, pemasangan spoiler tersebut juga menambahkan kesan mewah pada Confero S ACT terlebih saat mobil sedang mengerem.

Fitur keamanan Confero S ACT bukan hanya spoiler. Sebagai varian tertinggi dari model Confero, seri S ACT juga telah dibekali dengan fitur keamanan seperti ABS, EBD, hingga Tilt Steering. Satu hal yang unik dengan Confero S ACT ini, transmisinya ACT (Automatic Clutch Transmission) merupakan yang pertama di Indonesia. Jadi, mobil ini hanya memiliki dua pedal yakni rem dan gas, namun pergantian gigi tetap dilakukan secara manual.

Itu dia fungsi spoiler yang selama ini terpasang di bagian belakang mobil Anda. Jadi, pastikan mobil Anda sudah memakainya supaya tetap aman selama berkendara di perjalanan, ya.

Quick Help