5 Cara Mudah Mengatasi Stres Saat Mengemudi - Wuling Motors

Lifestyle

5 Cara Mudah Mengatasi Stres Saat Mengemudi

30 Agustus, 2019

Image 5 Cara Mudah Mengatasi Stres Saat Mengemudi

Mengemudi di jalan raya tidak semudah dibayangkan, tidak sekadar gas, rem, kopling, ganti gigi, pegang kemudi dan menuju lokasi tujuan. Satu hal yang pasti adalah dibutuhkannya konsentrasi, karena dalam mengemudi di jalan raya harus saling menghormati dan berkendara secara santun. Bagaimana caranya? Yaitu menghindari terjadi nya tabrakan atau menyerempet dengan mobil lain. Fitur sensor parkir sangat berguna karena memberikan informasi bila ada kendaraan yang mendekat dengan kendaraan kita.

Tetapi apa jadinya bila pengemudi tidak bisa lagi mengatasi berbagai hiruk-pikuk yang terjadi di jalan raya; baik dari sepeda motor, transportasi umum, atau pengemudi lain. Pengemudi bisa mengalami stress saat mengemudi.

Banyak factor yang bisa menyebabkan seorang pengemudi mengalami stress saat di jalan, antar lain;

  • Berangkat kerja dalam keadaan tergesa-gesa
  • Kemacetan di jalan, dari yang sedang hingga berhenti total dalam waktu lama
  • Di klakson dari pengemudi di belakang
  • Salah jalan dan harus memutar dalam jarak yang jauh
  • Anak rewel di dalam mobil
  • Berselisih paham dengan seseorang, baik yang berada dalam mobil maupun dalam komunikasi Bluetooth dari audio entertainment

Berikut adalah 5 cara sederhana agar terhindar dari balada stress saat mengemudi di jalan menggunakan mobil kesayangan Anda;

  1. Berangkat lebih pagi
    Memang berangkat lebih pagi berarti mengurangi waktu Anda beristirahat, tetapi berangkat lebih pagi bisa memberikan Anda waktu ekstra di jalan agar tidak perlu terburu-buru dan masih ada banyak waktu bila kondisi jalan tidak menentu, seperti tiba-tiba ada kecelakaan yang menyebabkan jalan mengalami macet yang cukup padat.
  2. Mendengarkan music favorit
    Pasti Anda memiliki stasiun radio favorit untuk menemani saat berangkat ke kantor atau saat pulang, bahkan penyiar favorit pun dapat mengurangi stress saat di jalanan yang padat. Atau mendengarkan lagu favorit dari ponsel Anda yang terhubung dengan audio kendaraan, tidak hanya dapat mengurangi kecemasan Anda saat mengemudi, tapi kadang juga bisa membawa Anda kembali ke masa kecil, sehingga membawa kenangan yang indah.
  3. Membawa Air Minum
    Perjalanan di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya dan Bandung tidak bisa diprediksi hari dan jam kepadatannya. Kadang kita butuh air minum untuk menurunkan stress saat di jalan, apalagi Anda tipikal pengemudi yang gemar bercerita Bersama penumpang lain, pastinya butuh asupan air minum agar tenggorokan Anda tidak kering serta memberikan ketenangan dalam tubuh.
  4. Mematikan Smartphone
    Pasti sebagian dari Anda tidak setuju dengan mematikan smartphone Anda saat dalam perjalanan. Minimal di silent atau di vibrate agar tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara. Bila Anda memiliki banyak sekali Whatsapp Group, tidak ada salahnya untuk di-mute dalam periode 1 jam.
  5. Periksa kondisi kendaraan
    Sebelum melakukan perjalanan, tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda. Baik dari eksterior maupun interior dan mesin. Minimal cek angin ban, air wiper, air radiator, oli dan tentu saja bensin. Semua ini untuk antisipasi saat terjebak macet, namun Anda tenang karena semua fungsi berjalan dengan baik serta bensin Anda masih sangat memadai untuk perjalanan jauh.
Quick Help