Lifestyle

CARA TEPAT DAN BIJAK MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

13 November, 2017

Image CARA TEPAT DAN BIJAK MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai, di mana alat tersebut dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan berbagai barang dan jasa yang dibelinya di tempat-tempat yang bisa menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant). Hampir setiap orang memiliki kartu kredit, bahkan lebih dari satu kartu. Berapa banyak kartu kredit yang Anda miliki?

 

Selain memudahkan cara membayar, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan secara lebih mudah dengan kartu kredit, misalnya booking hotel online, pembelian tiket pesawat atau transaksi online lainnya. Hal ini tentu saja memberi banyak keuntungan buat nasabah. Banyak manfaat yang didapat nasabah mulai dari kemudahan pembayaran, bunga yang rendah, hingga diskon dan promo yang ditawarkan. Ternyata tidak semua pemegang kartu kredit mengetahui cara menggunakan kartu kredit yang aman dan tidak membuat utang semakin menumpuk. Jika anda pintar dan jeli maka akan dapat promo menarik keuntungan secara maksimal dari kartu kredit.

 

Berikut beberapa tips menggunakan kartu kredit dengan bijak, supaya anda tidak terlilit hutang akibat penggunaan kartu kredit yang tidak tepat :

 

  1. Hindari hutang

Kartu kredit bukan fasilitas pinjaman atau dana lebih yang diberikan oleh bank secara cuma-cuma. Pahami dengan baik bahwa semua transaksi yang kita lakukan dengan kartu kredit adalah hutang yang harus kita bayarkan jika tagihan telah datang.

  1. Hindari memiliki banyak kartu kredit

Tidak ada gunanya memiliki banyak kartu kredit. Gunakan hanya 1 atau 2 kartu kredit terbaik yang memberikan banyak keuntungan.

  1. Sesuaikan limit kredit dengan pendapatan anda

Jangan sampai anda memiliki sejumlan kartu kredit yang limitnya sangat jauh jumlahnya dari pendapatan tetap setiap bulannya. Hal ini sangat berbahaya bagi keuangan anda, terutama jika sulit dalam mengontrol pembelanjaan.

  1. Tutup yang tidak perlu

Lakukan penutupan pada kartu kredit yang memang tidak/jarang digunakan, kemudian pilih kartu kredit yang paling banyak memberikan keuntungan bagi kita. Hal yang dapat menjadi pertimbangan : besaran bunga yang dikenakan bank, penawaran dan fitur yang diberikan oleh bank, berbagai macam biaya yang harus kita bayarkan, dan juga berbagai macam keuntungan yang bisa kita dapatkan.

  1. Lakukan penutupan secara bertahap

Jika memiliki rencana untuk menutup beberapa kartu kredit yang anda miliki, lakukan penutupan secara bertahap. Jangan melakukan hal tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan mempengaruhi BI Checking anda.

  1. Jangan berbelanja melebihi limit

Gunakan kartu kredit pada batas limit yang wajar, sekitar 40% dari limit yang diberikan oleh bank.

  1. Pilih kartu kredit dengan suku bunga terendah

Anda bisa mempertimbangkan bank dengan suku bunga terendah, hal tersebut terutama jika anda memiliki kebiasaan tidak melunasi seluruh tagihan setiap bulannya.

  1. Lunasi semua tagihan

Sebisa mungkin lakukan pelunasan terhadap semua pembelanjaan dan juga berbagai biaya yang timbul di dalam kartu kredit anda, terutama iuran tahunan. Jangan sampai sejumlah hutang dan tunggakan membuat skor kredit anda menjadi buruk di mata bank.

 

Berikut adalah beberapa contoh transaksi yang lebih mudah dan menguntungkan jika memiliki kartu kredit dibandingkan jika anda harus membayar tunai :

  • Belanja hemat dengan kartu kredit di supermarket.

Saat ini ada banyak supermarket yang bekerjasama dengan kartu kredit tertentu, bahkan menjadi co brand beberapa bank penerbit kartu kredit. Sering ada penawaran cicilan tanpa bunga atau 0%, dan menawarkan cashback untuk seluruh pembelanjaan, atau diskon 5% saat membeli barang-barang berlabel khusus.

  • Pesan kamar hotel lebih mudah dan murah dengan menggunakan kartu kredit

Penawaran khusus tersebut dapat dimanfaatkan saat melakukan pemesanan kamar hotel, terutama bila kamar yang dipesan masuk kategori hotel berbintang. Liburan anda dan keluarga akan lebih hemat hingga jutaan rupiah tergantung berapa besar promonya.

  • Pesan tiket pesawat aman dan nyaman dengan menggunakan kartu kredit

Saat ini banyak maskapai penerbangan yang gencar melakukan promosi dan potongan harga bagi pengguna kartu kredit dari bank tertentu, karena maskapai penerbangan tersebut sudah menjalin kerja sama bisnis dengan bank penerbit kartu kredit tersebut.

  • Belanja online

Saat ini hampir semua situs belanja menempatkan pembayaran lewat kartu kredit sebagai prioritas. Bahkan, bagi pemegang kartu kredit ada penawaran khusus seperti: diskon, bunga rendah, cicilan tanpa bunga atau cicilan 0% dan promo lain dari beberapa situs. Syaratnya adalah semua transaksi dilakukan online dan menggunakan kartu kredit.

  • Membeli peralatan elektronik

Ada banyak ritel yang memberikan keuntungan bila membeli peralatan elektronik dengan menggunakan kartu kredit. Seperti: promo menarik, diskon besar-besaran, cashback, dan cicilan tanpa bunga atau 0%.

Bagaimana cara menggunakan kartu kredit tergantung bagaimana pola pikir dan gaya hidup anda. Jangan terlena dengan banyaknya keuntungan yang akan didapat sehingga membuat anda jadi sembarangan menggunakan kartu kredit.  Gunakan dengan bijak dan bayar dengan disiplin. Jika anda telah berkeluarga dan belum memiliki mobil, ada baiknya membatasi penggunaan kartu kredit untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif dan memulai menabung untuk membeli mobil. Pilihlah jenis mobil bertipe MPV karena dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Untuk menentukan MPV berkualitas dan harga yang bersaing, Anda bisa memilih Wuling.

https://www.cermati.com/artikel/10-cara-benar-menggunakan-kartu-kredit

https://www.cermati.com/artikel/5-transaksi-menguntungkan-hanya-dengan-menggunakan-kartu-kredit