Lifestyle

HIDUP SEHAT DENGAN FOOD-COMBINING

20 November, 2017

Image HIDUP SEHAT DENGAN FOOD-COMBINING

Banyak di antara Anda yang ingin menurunkan berat badan tetapi merasa bosan dan stres karena banyak larangan dalam urusan makan. Ingin tetap langsing tanpa pusing? Caranya dengan mencoba pola makan food- combining. Food combiningIni adalah pengaturan makanan yang disesuaikan dengan sistem pencernaan alamiah tubuh. Tujuan utama dari pola makan food combining ini adalah membuat tubuh berada di pH darah yang netral antara asam dan basa. Kuncinya adalah menciptakan keseimbangan pada elemen-elemen kimiawi dalam tubuh kita. Khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Food Combining memungkinkan seseorang mengubah berat badannya menjadi normal dengan tetap mengkonsumsi makanan seperti biasanya. Selain itu, food-combining juga mendayagunakan fungsi sistem pencernaan dengan cara menyesuaikan apa yang dimakan dengan kebutuhan asam basa dan siklus alamiah tubuh agar metabolisme tubuh seimbang.

Namun demikian, masih banyak ahli medis dan gizi yang menentang pola makan seperti food-combining food combining ini. Alasannya adalah , secara alamiah setiap makanan mengandung semua unsur gizi dan dicerna melalui saluran yang sama. Para ahli medis berpendapat bahwa sistem pencernaan manusia mampu mencerna secara sekaligus, sehingga metode memisah-misahkan makanan tertentu seperti metode food-combining dianggap sebagai perilaku yang tidak masuk akal.

Daripada Anda penasaran, yuk mari coba lakukan pola makan food combiningini. Berikut adalah beberapa hal mengenai prinsip food-combining food combining menurut Erikar Lebang di bukunya ‘Mitos dan Fakta Kesehatan’:

  1. Mulailah dengan sarapan buah yang berserat, berair, dan manisnya karena matang di pohon. Buah-buahan tersebut misalnya pepaya dan melon. Jika ingin mengonsumsi pisang dan mangga, sebaiknya tidak dimakan sebagai buah pertama yang dikonsumsi pada pagi hari. Konsumsi buah secara repetitif antara pagi hingga jelang makan siang karena buah bersifat cepat mengenyangkan dan cepat membuat lapar.

  2. Buah yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi. Namun hindari buah beralkohol seperti durian, nangka, dan cempedak karena tidak sesuai dengan kriteria buah baik untuk santap di pagi hari.

  3. Sayuran mentah bisa jadi pengganti bila Anda tidak bisa mendapatkan buah. Kenapa mentah? Ketika sayuran dimasak, kandungan pentingnya (magnesium hingga kalsium) sangat mudah rusak. Melalui proses olah yang panjang (dipanaskan terlalu lama), sayuran berubah menjadi makanan tidak berenzim ketika dikonsumsi.

  4. Saat makan siang dan malam, sesuai aturan food-combining, kombinasi yang paling serasi adalah mengonsumsi protein (hewani) dan sayur. Sekali lagi sayuran yang dikonsumsi sebaiknya bukan dalam kondisi yang sudah diproses (misalnya dipanaskan terlalu lama).

  5. Usahakan makan malam sebelum pukul 20.00. Setelah pukul 20.00 hingga 04.00 pagi, tubuh sudah masuk dalam tahap memproses makanan yang telah dimakan, berdasarkan ritme sirkadian. Pada tahap ini, tubuh butuh energi yang besar.

  6. Sayuran dan buah segar berkualitas sangat disarankan untuk dikonsumsi. Diutamakan adalah buah dan sayur organik. Namun jika sulit mendapatkan buah dan sayur organik, pastikan mencuci bersih semuanya sebelum dikonsumsi. Gunakan air yang mengalir deras saat mencuci buah dan sayur.

  7. Saat menjalani food -combining, Anda tidak harus menjalankannya selama seminggu penuh. Anda bisa tetap memiliki hari untuk membolos. Misal di hari Sabtu—Minggu.

Kenapa harus sarapan buah segar? Pukul 04.00—12.00, adalah waktunya ‘sisa proses’ makanan itu dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran, urine, keringat, atau napas. Energi yang sangat besar dibutuhkan tubuh untuk membuang sisa proses makanan tersebut di pagi hari. Agar proses ‘pengeluaran’ tersebut tidak terganggu, sebaiknya pilih makanan yang tidak memberatkan pencernaan, contohnya buah. Buah memiliki sifat ringan, mudah dicerna, dan lengkap unsurnya.

Food-combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Detailnya berikut ini:

  • Makan pagi: awali dengan air hangat dan perasan jeruk nipis/lemon dan lanjutkan dengan sarapan jus buah/buah segar.

  • Makan siang: Protein (hewani) dan sayur atau protein (nabati) dan karbohidrat

  •  Makan malam: Protein (hewani) dan sayur atau protein (nabati) dan karbohidrat

Kenapa protein dan karbohidrat menjadi tidak ideal jika disatukan? Karbohidrat butuh enzim amilase agar bisa dicerna dan diserap tubuh. Sementara protein hewan butuh enzim pepsin untuk mencerna. Dua enzim ini tidak dapat bekerja bersamaan. Enzim amilase akan berhenti saat pepsin diproduksi.

Oleh karena itu menu yang serasi untuk makan siang dan malam Anda adalah: protein hewani dan sayur atau sayur protein dan sayur

karbohidrat. Dua kombinasi tersebut membuat pH netral darah tercapai. Food- combining mendorong terciptanya perilaku makan yang mengoptimalkan masukan dan penyerapan zat gizi dengan cara mengonsumsi makanan yang seimbang saja setiap kali makan. Efek dari kombinasi makanan seimbang ini adalah meminimalkan jumlah penumpukan sisa makanan dan metabolisme, sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan zat makanan menjadi lancar. Dan pemakaian energi tubuh lebih efisien. Kondisi tubuh yang sehat, akan membuat Anda semakin fit dalam berkendara. Selamat mencoba!

https://wolipop.detik.com/read/2012/10/12/155949/2061314/849/tips-untuk-pemula-yang-ingin-coba-food-combining

https://id.linkedin.com/pulse/food-combining-serta-khasiat-manfaatnya-mulyani-mui