Lifestyle

JENIS OLAHRAGA INI BISA DILAKUKAN BERSAMA-SAMA KELUARGA

2 Agustus, 2017

Image JENIS OLAHRAGA INI BISA DILAKUKAN BERSAMA-SAMA KELUARGA

Sibuk bekerja seringkali membuat Anda lupa berolahraga. Sesibuk apa pun, luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga. Aktivitas fisik dapat membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Berikut manfaat yang Anda dapatkan jika rutin berolahraga:

1.       Menghalau Penyakit

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke. Olahraga memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik high-density lipoprotein(HDL), menurunkan kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
  • Mengendalikan diabetes. Olahraga mengurangi lemak tubuh sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes yang tidak memerlukan asupan insulin.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.Olahraga teratur dapat mengurangi beban tubuh sehingga mampu menurunkan tekanan darah bagi pemilik riwayat tekanan darah tinggi.
  • Mencegah nyeri punggung.Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh berkat olahraga dapat membantu mencegah nyeri punggung.
  1. Menangkal obesitas. Jika dilengkapi nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan sekaligus mencegah obesitas yang memicu berbagai penyakit.
  2. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua. Berlari atau latihan aerobik terbukti dapat menunda keterbatasan fisik yang dialami saat lanjut usia.
  3. Menekan risiko osteoporosis. Olahraga angkat beban secara teratur dapat membantu pembentukan tulang sekaligus mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia seperti osteoporosis.

5.       Meningkatkan kualitas hidup

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi juga bisa meningkatkan kualitas hidup. Beberapa di antaranya:

  • Memperbaiki suasana hati.  Olahraga dapat menstimulasi zat kimia pada otak sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.
  • Menumbuhkan kepercayaan diri. Olahraga teratur juga bisa membuat Anda lebih percaya diri terhadap penampilan Anda.
  • Mengatasi stres.Efek psikologis dari olahraga yaitu dapat mengurangi depresi dan ketegangan.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.  Olahraga teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.
  • Mengembalikan gairah seksual. Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gairah untuk kaum perempuan dan menekan kemungkinan masalah disfungsi ereksi bagi kaum pria.
  • Menikmati waktu menyenangkan.Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan teman dan keluarga saat melakukannya bersama-sama.

Jenis olahraga bervariasi dari yang gratis hingga yang memerlukan pembayaran, dilakukan di dalam atau luar ruangan, contohnya sebagai berikut:

  1. Lari atau jalan pagi

Olahraga paling mudah dan tanpa biaya. Dapat dilakukan di kompleks rumah atau di taman sekitar tempat tinggal Anda yang terdapat jalur joging. Bila Anda memiliki anjing peliharaan, Anda dapat membawanya untuk ikut lari pagi. Bila ingin suasana berbeda, Anda dapat juga membawa keluarga lari pagi bersama di jalan utama saat Car Free Day.

  1. Bersepeda

Anda dapat mengajak keluarga bersepeda bersama. Seperti joging, bersepeda dapat dilakukan di sekitar rumah atau di jalan utama pada saat Car Free Day.

  1. Berenang

Berenang sangat menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga di klub olahraga dekat tempat tinggal atau main di waterpark yang tentunya sangat menarik bagi anak-anak juga orang tua.

  1. Bermain bola

Olahraga menggunakan bola seperti tenis, tenis meja, basket, sepak bola juga dapat dilakukan bersama keluarga. Tidak perlu menunggu jumlah pemain lengkap semua untuk bermain basket atau sepak bola. Hal yang terpenting yaitu bisa berlatih melempar dan menggiring bola basket atau mengoper dan menendang bola sepak.

  1. Badminton

Bermain badminton sangat baik untuk ketangkasan serta melatih otot tangan dan kaki.

  1. Outbound

Permainan dalam outbound bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk berolahraga karena bisa melatih otot, keseimbangan tubuh, dan keberanian.

  1. Olahraga di pusat kebugaran

Sekarang beberapa pusat kebugaran atau gym menyediakan kelas senam bagi anak-anak. Jadi, orang tua dapat berolahraga bersama keluarga di pusat kebugaran.

Jika Anda belum rutin berolahraga, segera mulai berolahraga. Anda bisa memilih jenis olahraga yang Anda suka, akan lebih seru dan mengasyikkan jika dilakukan bersama keluarga.

http://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga

https://id.theasianparent.com/7-jenis-olahraga-bersama-keluarga-yang-menyenangkan/3/