Lifestyle

Tips dan Rekomendasi Memilih Mobil Keluarga yang Nyaman

18 Juni, 2017

Image Tips dan Rekomendasi Memilih Mobil Keluarga yang Nyaman

Mobil keluarga kini sudah bukan menjadi sebuah barang mewah lagi. Bahkan, salah satu jenis transportasi ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak bisa diabaikan. Terlebih bagi keluarga yang mempunyai anggota cukupbanyak. Bepergian secara bersama-sama menjadi lebih praktis, cepat, dan nyaman jika dilakukan dengan kendaraan ini. Namun, untuk memilih mobil keluarga yang cocok bagi Anda tidak boleh sembarangan, mengingat saat ini banyak sekali produsen mobil yang menawarkan produknya. 

Tips Memilih Mobil Keluarga

Dibandingkan dengan kebutuhan hidup lainnya, mobil mempunyai harga yang cukup tinggi. Anda pastinya tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk yang pada akhirnya membuat Anda kecewa, bukan? Oleh karena itu, ikuti tips berikut ini saat membeli sebuah mobil untuk keluarga tercinta:

  1. Sesuaikan dengan Anggaran/Budget

Pertama-tama, tentukan anggaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Ini adalah langkah penting agar alokasi kebutuhan Anda lainnya tidak terganggu.Apabila Anda tertarik dengan salah satu jenis mobil, tetap pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Anggaran di sini bukan hanya harga beli dari kendaraan tersebut, namun biaya perawatannya juga harus dipertimbangkan. Sebab, biasanya semakin kompleks teknologi yang dimiliki sebuah mobil, biaya perawatannya juga semakin tinggi.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tujuan utama membeli mobil adalah memudahkan transportasi ke mana pun bersama keluarga. Oleh karena itu, agar lebih efektif dan efisien, pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mempunyai anggota keluarga kecil, misal baru mempunyai dua orang anak, mobil dengan jumlah kursi empat sudah cukup untuk Anda miliki. Namun, jika jumlah anggota keluarga Anda cukup banyak, misalnya terdapat orang tua atau kerabat lain, sudah pasti pilihan mobil yang harus dapat menampung seluruh anggota keluarga.

  1. Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar

Biaya bahan bakar merupakan anggaran pokok untuk operasional sebuah mobil. Ke mana pun mobil dikendarai, baik jarak dekat maupun jauh, pasti menggunakan bahan bakar. Mempunyai mobil yang banyak menyedot bahan bakar tentu akan menguras kantong Anda, terlebih jika Anda harus melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. Oleh karena itu, sebelum membeli mobil, cari tahu konsumsi bahan bakar dari mobil tersebut. Pastikan mobil yang Anda pilih bisa menghemat bahan bakar. Dengan begitu, Anda lebih bisa mengendali pengeluaran keuangan Anda.

  1. Mempunyai Fitur Keselamatan yang Lengkap

Keselamatan merupakan faktor utama pada saat berkendara. Hati-hati saja tidak cukup untuk menghindari sebuah kecelakaan. Sebab, bisa jadi kecerobohan orang lain juga akan berimbas pada keselamatan Anda. Oleh karena itu, Anda membutuhkan faktor lain yang dapat menjaga keselamatan selain kehati-hatian Anda. Dan, Anda bisa mendapatkanya dari fitur atau fasilitas keselamatan yang ditawarkan sebuah mobil. Pastikan mobil yang Anda pilih mempunyai fitur keselamatan yang lengkap, seperti seat belt (sabuk pengaman) setiap kursi, sistem penguncian jendela otomatis, airbag (kantong udara), sistem rem ABS yang anti-lock, dan sebagainya.

  1. Mempunyai Ruang Kabin dan Bagasi yang Luas

Saat bepergian bersama keluarga, pastinya akan banyak barang bawaan. Pastikan penumpang bisa nyaman duduk di dalam kabin dan  seluruh barang bawaan tersebut tidak mengganggu kenyamanan duduk penumpangnya. Tempatkan barang-barang tersebut di satu tempat khusus, yaitu bagasi. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang mempunyai ruang bagasi yang cukup untuk membawa barang bawaan Anda dan keluarga.

  1. Mempunyai Fitur Penunjang Kenyamanan

Selain semua hal di atas, satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya saat memilih sebuah mobil, yaitu mempunyai fitur penunjang kenyamanan. Ingat, mobil digunakan untuk melakukan perjalanan bersama seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak dan orang tua. Kenyamanan saat berkendaraan, terlebih saat melakukan perjalanan jauh atau dalam kondisi macet, tentu menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu, beberapa fitur penunjang kenyamanan dalam mobil, seperti AC, tempat duduk yang empuk, ruang kaki yang lega, suara mesin yang tidak mengganggu, serta guncangan yang empuk meski melewati jalan terjal, harus Anda perhatikan. Akan lebih baik lagi jika di dalam mobil juga terdapat beberapa fasilitas audio atau fitur hiburan lain yang dapat mengusir kebosanan anak-anak saat di jalan.

  1. Jaringan Bengkel/Dealer Yang Luas

Ini merupakan hal yang lain juga perlu dipertimbangkan. Pada saatnya nanti, mobil yang Anda miliki pasti akan membutuhkan pergantian sparepart, entah karena memang sudah aus atau karena terjadi kecelakaan. Nah, pada saat seperti ini, Anda membutuhkan suku cadang dengan cepat. Mobil dengan suku cadang yang susah ditemukan, pastinya akan mengganggu Anda. Oleh karena itu, pastikan mobil yang Anda pilih mempunyai suku cadang yang mudah ditemukan.

# Rekomendasi Mobil Keluarga yang Cocok bagi Keluarga Anda

Saat ini, sudah banyak bermunculan varian mobil dengan segala keunggulannya. Salah satu brand yang sangat direkomendasikan bagi Anda adalah Wuling. Tentu bukan tanpa alasan. Berbagai keunggulan ditawarkan oleh Wulingmelalui mobil keluarganya patut untuk dipertimbangkan. Tidak hanya fitur keselamatan yang akan menjaga keselamatan Anda sekeluarga, namun juga performa mobil yang akan membuat pengalaman berkendara Anda dan keluarga lebih menyenangkan. Belum lagi berbagai kenyamanan yang diberikan. Wuling mempunyai dua produk unggulan yang berani bersaing ketat dengan brand lain di pasaran. Nah, berikut ini ulasan lebih lengkapnya dari kedua produk tersebut, sekaligus spesifikasi dan keunggulannya.

  1. Wuling Confero

Mobil keluarga pertama dari Wuling adalah Confero dengan tiga tipe, yaitu Confero 1.5, Confero S 1.5C, dan Confero S 1.5L. Berikut ini spesifikasi lengkap dan keunggulan dari mobil yang dibandrol harga mulai dari Rp 141.800.000.

Spesifikasi Wuling Confero

Confero 1.5Confero S 1.5CConfero S 1.5L
Dimension:

Length

Width

Height

Wheelbase

Front tread

Rear tread

Minimum turning radius

Tank capacity

 

4530 mm

1691 mm

1730 mm (with roof rail)

2,720 mm

1,430 mm

1,450 mm

5,500 mm

42 L

 

4530 mm

1691 mm

1730 mm (with roof rail)

2,720 mm

1,430 mm

1,450 mm

5,500 mm

42 L

 

4530 mm

1691 mm

1730 mm (with roof rail)

2,720 mm

1,430 mm

1,450 mm

5,500 mm

42 L

Engine:

Engine type

Displacement (Cc)

Maximum power

Maximum torque

Fuel

 

4 Cyl in-Line DOHC, DVVT

1,485 cc

107/5,800 Hp/rpm

142/(3,800–4,400) Nm/rpm

Gasoline

 

4 Cyl in-Line DOHC, DVVT

1,485 cc

107/5,800 Hp/rpm

142/(3,800–4,400) Nm/rpm

Gasoline

Transmision:

Type

Gear ratio

 

Final gear ratio

 

5 speed manual

3.729 (1st)

2.085 (2nd)

1.351 (3rd)

1.000 (4th)

0.799 (5th)

3.744 (reverse)

4.889

 

5 speed manual

3.729 (1st)

2.085 (2nd)

1.351 (3rd)

1.000 (4th)

0.799 (5th)

3.744 (reverse)

4.889

 

5 speed manual

3.729 (1st)

2.085 (2nd)

1.351 (3rd)

1.000 (4th)

0.799 (5th)

3.744 (reverse)

4.889

Chassis:

Drive type

Steering type

 

Tilt Steering

Suspension

 

Brakes

 

Tires

Wheel

 

Rear wheel drive

Rack & pinion, electric power steering (EPS)

Available

Front: McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Rear: Coil Spring, Semi Independent Suspension

Front: disc

Rear: disc

195/60 R15

Alloy with machining

 

Rear wheel drive

Rack & pinion, electric power steering (EPS)

Available

Front: McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Rear: Coil Spring, Semi Independent Suspension

Front: disc

Rear: drum

195/60 R15

Alloy with machining

 

Rear wheel drive

Rack & pinion, electric power steering (EPS)

Available

Front: McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Rear: Coil Spring, Semi Independent Suspension

Front: disc

Rear: disc

195/60 R15

Alloy with machining

 

Keunggulan Wuling Confero

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan seri Confero ini. Keunggulan itulah yang membuat salah satu tipe mobil unggulan dari Wuling ini menjadi idola di tengah masyarakat. Berikut ini beberapa kelebihan tersebut:

  • Mempunyai Ruang Kabin yang Luas

Ruang kabin luas yang ditawarkan membuat mobil ini mampu menampung penumpang paling tidak 8 orang sekaligus. Tidak hanya itu, kabin yang luas membuat setiap penumpang yang ada di dalam lebih leluasa dalam bergerak. Hal ini pastinya sangat menguntungkan Anda terutama saat melakukan perjalanan jauh bersama dengan orang tua atau anak-anak.

  • Mempunyai Interior yang Simpel dan Stylish

Dilihat sepintas, interior dari mobil ini memang simple. Namun begitu, bukan berarti mobil ini tidak mempunyai fitur selengkap yang lain. Pada bagian dashboard, diletakkan berbagai fitur menarik, seperti sistem audio, head unit touchscreen, AC, bahkan fitur keselamatan. Fitur keselamatan tersebut antara lain sabuk pengaman, dual airbag, dan sistem pengereman ABS dan EBD. Ini artinya, meskipun simpel, berbagai fitur penting yang wajib ada pada sebuah mobil sudah ada di dalamnya. Dipastikan Anda akan nyaman melakukan perjalanan dengan mobil ini tanpa rasa khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Mempunyai Mesin Pacu yang Andal

Dengan bekal mesin dengan kapasitas 1.485 cc DOHC DVVT dan sistem penggerak roda yang bertransmisi 5 percepatan, membuat mobil mampu melaju sangat ringan. Lebih dari itu, sistem injeksi bahan bakar bensin dengan low MPV tidak hanya memberikan performa maksimal namun juga irit bahan bakar. Keunggulan inilah yang menjadi daya tarik untuk konsumen.

  • Dilengkapi Fitur Pengereman dengan Teknologi Tinggi

Seperti disinggung sebelumnya, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang andal, yaitu ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution). Dengan adanya dua sistem pengereman ini, dipastikan mobil anti selip. Pengereman dapat dilakukan secara sempurna, terutama di saat-saat genting.

  • Dilengkapi Sistem Follow Me Home

Inilah keunggulan Wuling Confero yang tidak dimiliki brand lain. Sistem ini memberikan keuntungan pada saat tiba di rumah dalam kondisi gelap. Lampu mobil akan otomatis tetap menyala sekitar 30 detik, meskipun mesin mobil sudah dimatikan. Dengan kata lain, sistem ini akan memberi bantuan penerangan sementara hingga bisa membuka pintu dalam kondisi terang. Tidak hanya itu, pada bagian kaca juga dilengkapi teknologi canggih yang secara otomatis akan membuat jendela membuka kembali pada saat ada benda yang terjepit.

  • Mempunyai Harga yang Terjangkau

Ini dia keunggulan yang paling banyak diminati konsumen. Harga yang ditawarkan mobil ini sangat terjangkau. Bahkan, bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan brand lain yang mempunyai spesifikasi sama.

  1. Wuling Cortez

Produk mobil keluarga kedua yang ditawarkan Wuling adalah Cotez yang terdiri dari dua tipe, yaitu Cortez 1.5 dan Cortez 1.8. Spesifikasi keduanya membuat mobil tipe ini banyak digandrungi masyarakat. Berikut ini ulasan lebih lengkapnya tentang mobil Wuling yang dibandrol harga sekitar 190 jutaan untuk tipe 1.5 dan 220 jutaan untuk tipe 1.8, baik spesifikasi maupun keunggulannya.

Spesifikasi Wuling Cortez

Cortez 1.5C/SCortez 1.8CCortez 1.8L
Dimension:

Length

Width

Height

Wheelbase

Front tread

Rear tread

Minimum turning radius

Tank capacity

 

4780 mm

1816 mm

1755 mm (with roof rail)

2750 mm

1546 mm

1541 mm

5600 mm

52 L

 

4780 mm

1816 mm

1755 mm (with roof rail)

2750 mm

1546 mm

1541 mm

5600 mm

52 L

 

4780 mm

1816 mm

1755 mm (with roof rail)

2750 mm

1546 mm

1541 mm

5600 mm

52 L

Engine:

Engine type

Displacement (Cc)

Maximum power

Maximum torque

Fuel

 

4 Cyl in-Line DOHC, DVVT

1485 cc

110/5800 Hp/rpm

142/(3800–4400) Nm/rpm

Gasoline

 

4 Cyl in-Line DOHC

1798 cc

129/5600 Hp/rpm

174/(3600–4600) Nm/rpm

Gasoline

 

4 Cyl in-Line DOHC

1798 cc

129/5600 Hp/rpm

174/(3600–4600) Nm/rpm

Gasoline

Transmision:

Type

Gear ratio

 

Final gear ratio

 

6 speed manual

3.583 (1st)

2.050 (2nd)

1.483 (3rd)

1.088 (4th)

0.946 (5th)

0.776 (6th)

3.500 (reverse)

4.353

 

6 speed manual

3.545 (1st)

2.050 (2nd)

1.310 (3rd)

1.031 (4th)

0.864 (5th)

0.725 (6th)

3.250 (reverse)

4.058

 

5 speed i-AMT

3.545 (1st)

2.050 (2nd)

1.310 (3rd)

1.885 (4th)

0.725 (5th)

3.250 (reverse)

 

6 speed manual

3.545 (1st)

2.050 (2nd)

1.310 (3rd)

1.031 (4th)

0.864 (5th)

0.725 (6th)

3.250 (reverse)

4.058

 

5 speed i-AMT

3.545 (1st)

2.050 (2nd)

1.310 (3rd)

1.885 (4th)

0.725 (5th)

3.250 (reverse)

Chassis:

Drive type

Steering type

 

Suspension

 

Brakes

 

Tires

Wheel

 

Front wheel drive

Rack & pinion, electric power steering (EPS)

Front: McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Rear: Coil Spring, Semi Independent Suspension

Front: disc

Rear: disc

205/55 R15

Alloy wheel with machining

 

Front wheel drive

Rack & pinion, electric power steering (EPS)

Front: McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Rear: Coil Spring, Semi Independent Suspension

Front: disc

Rear: disc

205/55 R15

Alloy wheel with machining

 

Front wheel drive

Rack & pinion, electric power steering (EPS)

Front: McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Rear: Coil Spring, Independent Suspension

Front: disc

Rear: disc

205/55 R15

Alloy wheel with machining

Keunggulan Wuling Cortez

Ada banyak keistimewaan yang dimiliki Wuling Cortez ini. Keistimewaan inilah yang membuat mobil ini menjadi incaran baru masyarakat. Berikut ini di antara beberapa keunggulan yang dimiliki mobil keren ini.

  • Mempunyai Model Eksterior yang Modern

Meskipun terlihat biasa, eksterior dari mobil ini sudah cukup modern. Hal ini dapat Anda lihat dari beberapa komponen yang terdapat pada bagian luar body, seperti berikut:

  • Grille depan didesain dengan tiga sisi berlapis chrome.
  • Headlamp didesain dengan model stylish plus lampi LED dan fitur auto lamp.
  • Adanya fog lamp pada bagian bawah mobil menjadi tambahan penerangan di malam hari.
  • Lampu turning belakang mobil diletakkan di dalam stop lamp.
  • Tambahan spoiler yang dilengkapi high mount stop lamp hingga mobil tampak sporty.
  • Mempunyai Model Interior yang Keren

Tak berbeda jauh dengan desain eksterior, desain interior dari mobil keluarga ini juga cukup modern dan fitur yang lengkap. Beberapa fitur interior yang disertakan dalam mobil ini antara lain:

  • Sistem entertainment berukuran 8 inchi dengan menggunakan 2DIN.
  • Sistem navigasi dengan slot USB, SD Card, Aux, maupun langsung terhubung bluetooth.
  • Adanya beberapa tombol yang menghubungkan semua sistem hiburan dengan bagian kemudi. Dengan begitu, pengemudi juga bisa mengendalikan audio dengan lebih mudah tanpa mengganggu aktivitas menyetir.
  • Adanya fitur AC yang menggunakan tombol digital. Ada juga tombol pengaturan agar AC yang ada di tempat duduk baris kedua tetap terjaga.
  • Mempunyai Ruang Kabin yang Luas

Untuk menjamin kenyamanan pengguna, mobil ini didesain dengan ruang kabin yang cukup luas. Sehingga, setiap penumpang dapat bergerak dengan lebih leluasa. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika Anda dan keluarga sedang melakukan perjalanan jauh. Badan tidak akan merasa cepat lelah.

  • Mempunyai Fitur Keselamatan yang Lengkap

Fitur keselamatan merupakan komponen utama dan penting dalam sebuah mobil. Dan Cortez ini memberikan fitur ini dengan lengkap untuk menjamin ketenangan pengendara. Beberapa fitur keselamatan yang ada dalam Cortez antara lain:

  • Sistem pengeraman yang andal, berupa ABS, EBD, dan BA sebagai fitur rem tambahan.
  • Fitur Electronic Stability Control yang dapat menjaga mobil tetap stabil meskipun dikendarai dengan kecepatan tinggi.
  • Fitur Traction Control yang membuat daya cengkram roda lebih kuat sehingga tidak mudah selip meskipun di jalan licin dan berbelok.
  • Fitur rear kamera yang membuat pengendara lebih mudah dalam memarkir kendaraan atau saat kendaraan bergerak mundur.
  • Mempunyai Mesin yang Tangguh

Kapasitas silinder pada mesin Cortez ini cukup besar, yaitu 1,8 liter sehingga dapat menghasilkan daya hingga 129 Hp dengan torsi maksimal sebesar 174 Nm.

Itulah beberapa keunggulan dari mobil dengan brand Wuling. Dari gambaran di atas, pastinya kini Anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk memilih family car terbaik untuk keluarga Anda, bukan? Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang produk dari Wuling, silahkan kunjungi website resmi brand ini di https://wuling.id/cortez Tunggu apa lagi? Segera wujudkan impian memanjakan keluarga Anda dengan mobil keluarga dari Wuling.