PENTINGNYA MAKAN BERSAMA DALAM KELUARGA - Wuling Motors

Lifestyle

PENTINGNYA MAKAN BERSAMA DALAM KELUARGA

3 Agustus, 2017

Image PENTINGNYA MAKAN BERSAMA DALAM KELUARGA

Saat ini, kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat sulit untuk bisa berkumpul bersama. Di pagi hari, semua sibuk mempersiapkan diri untuk aktivitas masing-masing, siang hari anak-anak di sekolah dan orang tua sibuk bekerja, malam harinya orang tua terkadang pulang larut melebihi jam waktu makan malam. Meskipun teknologi banyak membantu komunikasi satu sama lain, tetapi pertemuan secara fisik pasti memiliki arti berbeda dibanding hanya berkomunikasi via suara atau bertatap muka lewat layar telepon seluler.

 

Tradisi makan bersama keluarga sudah mulai hilang dalam keseharian kita. Padahal, banyak penelitian mengungkapkan manfaat makan bersama keluarga terutama untuk pertumbuhan anak-anak. Berikut manfaatnya:

  • Nutrisi lebih baik

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tingkat nutrisi pada keluarga yang makan bersama lebih baik dan risiko terkena berbagai penyakit serta obesitas menurun. Anak-anak dan orangtua akan lebih banyak makan sayuran sehingga mendapatkan lebih banyak vitamin dan nutrisi.

  • Performa anak-anak lebih baik di sekolah

Menurut sebuah penelitian tahun 2005 di Universitas Columbia, remaja yang makan bersama keluarga mereka setidaknya lima kali seminggu lebih mungkin mendapat nilai yang lebih baik di sekolah. Anak-anak yang makan dengan keluarga mereka juga bersikap lebih positif tentang masa depan mereka.

  • Meningkatnya komunikasi

Makan malam bersama keluarga memberi kesempatan untuk berkomunikasi. Percakapan selama makan memberi kesempatan bagi keluarga untuk menjalin ikatan dan terhubung satu sama lain.

  • Mengembangkan keterampilan sosial

Makan bersama membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial. Mereka belajar menjadi pendengar yang baik dan sabar menunggu sementara orang lain berbicara.  Mereka juga menjadi ingin tahu tentang orang lain, bukan hanya fokus pada diri sendiri.

  • Mengajarkan sopan santun di meja makan

Makan bersama merupakan kesempatan yang baik bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anak sopan santun di meja makan.

  • Mengurangi penyalahgunaan zat

Menurut sebuah penelitian oleh Pusat Nasional Ketergantungan dan Penyalahgunaan Zat di Universitas Colombia, keluarga yang tidak makan malam bersama tiga setengah kali lebih rentan terhadap penyalahgunaan resep dan obat lainnya.

  • Hubungan baik

Makan malam bersama memperkuat ikatan keluarga. Anak dapat menggunakan waktu makan malam untuk membicarakan hal-hal penting. Hal ini juga bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak terutama saat mereka menghadapi masalah-masalah yang lebih sulit di usia remaja.

  • Lebih hemat

Membeli makanan di luar tentunya lebih mengeluarkan biaya daripada makanan yang disiapkan di rumah. Untuk jangka panjang, makan bersama di rumah adalah penghematan.

  • Meningkatkan cita rasa anak-anak

Makan bersama berarti memasak makanan yang umum untuk seluruh anggota keluarga. Dengan cara ini, anak mengenal makanan baru dan tidak rewel tentang pilihan makanan.

  • Belajar tentang struktur dan rutinitas

Rutinitas membantu anak-anak mengorganisasi diri dan menemukan kemantapan dalam kehidupan keluarga. Makan dengan keluarga secara teratur membuat anak merasakan ketenangan dan kepuasan karena mereka dapat menikmati momen ini setiap hari.

 

Ternyata, banyak sekali manfaat makan bersama keluarga. JIka saat ini Anda jarang melakukannya, segera atur dan luangkan waktu setidaknya dua kali dalam seminggu. Usahakan agar seluruh anggota keluarga dapat hadir dan aktivitas ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

 

http://lifestyle.kompas.com/read/2012/07/03/10201132/10.manfaat.makan.bersama.keluarga

Quick Help